Misteri Lagu Gloomy Sunday

loading...
gloomy-sunday.jpg

Tahu lagu Gloomy Sunday atau mungkin kamu pernah mendengarnya? Lagu ini populer semenjak dinyanyikan oleh Billie Holiday pada tahun 1941. Tahukah kamu kalau lagu ini pernah disebut sebagai lagu yang penuh misteri karena banyaknya kasus bunuh diri yang berkaitan dengan lagu ini.

Awalnya lagu Gloomy Sunday diciptakan oleh musisi Hungaria Rezső Seress pada tahun 1930 dan liriknya ditulis oleh László Jávor yang merupakan seorang penulis puisi. Lagu ini sebenarnya sudah memiliki latar belakang yang menyedihkan. Awalnya Rezső Seress menciptakan lagu ini untuk menggambarkan kesedihan dirinya yang baru putus dengan tunangannya. Meskipun sempat ditolak oleh beberapa perusahaan rekaman namun akhirnya lagu ini sukses menjadi hits. Setelah lagu itu populer, ia pun menulis surat kepada mantan tunangannya untuk membujuknya kembali bersama. Namun, beberapa hari setelah menerima surat tersebut, mantan tunangan Rezső Seress malah bunuh diri dengan cara meminum racun. Jasadnya ditemukan sedang memegang secarik kertas partitur yang bertuliskan "Gloomy Sunday".

Pada tahun 1968, kali ini giliran Rezső Seress yang melakukan aksi bunuh diri dengan melompat keluar dari jendela sebuah apartemen. Namun, aksinya ini gagal dan ia pun dilarikan ke rumah sakit. Akhirnya di rumah sakit lah ia berhasil melakukan bunuh diri dengan cara mencekik lehernya dengan seutas kawat.

Lagu ini pertama kali menggunakan judul Gloomy Sunday ketika dinyanyikan dalam bahasa Inggris oleh Hal Kemp pada tahun 1936. Liriknya sendiri ditulis ulang oleh Sam M. Lewis menggunakan bahasa Inggris. Barulah pada tahun 1941 lagu ini berhasil mendunia setelah dibawakan oleh penyanyi asal Inggris, Billie Holiday. Dari sinilah kisah lagu Gloomy Sunday sebagai lagu bunuh diri dimulai.

Di Berlin, ada seorang pemuda yang me-request lagu Gloomy Sunday kepada sebuah band. Setelah lagu tersebut selesai dimainkan lalu pemuda ini keluar ruangan dan langsung melakukan bunuh diri. Seminggu kemudian, ada seorang pegawai toko ditemukan gantung diri di kamarnya. Dan ditemukan juga lembar partitur music Gloomy Sunday di kamarnya. Dua hari kemudian, seorang sekretaris muda juga melakukan bunuh diri dengan meracuni diri dengan gas. Dan dalam surat wasiatnya, ia meminta agar lagu Gloomy Sunday dimainkan pada acara pemakamannya. Beberapa minggu kemudian, seorang kakek berumur 82 tahun dari New York, melompat dari jendela lantai tujuh setelah memutar lagu Gloomy Sunday. Ada sebuah kisah lagi yang terjadi di sebuah restoran di Budapest. Seorang pemuda menembak dirinya ketika band musik di restoran itu baru saja memainkan lagu Gloomy Sunday.

Ketika tahu lagu tersebut sudah memakan banyak korban, ditambah lagi situasi yang semakin tak terkendali, pemerintah Hongaria kemudian melarang pemutaran lagu itu di tempat umum. Walau begitu, ketenaran lagu Gloomy Sunday sudah menyebar ke negara lain, dan tentunya juga menambah banyak korban. Di Inggris, lagu itu kemudian dilarang diputar BBC (British Broadcasting Channel) karena terjadi bunuh diri lagi. Beberapa tindakan bunuh diri juga dilaporkan kemudian di Amerika Serikat, namun pemerintah Amerika Serikat tidak melarang pemutaran lagu itu di negaranya.

BBC baru melepas larangan pemutaran lagu Gloomy Sunday pada tahun 2002. Banyak pihak berpendapat jika penyebab banyaknya kasus bunuh diri adalah karena saat lagu itu sedang hits perang juga sedang berkecamuk. Jadi, alasan kuat penyebab orang-orang bunuh diri bukanlah lagu itu melainkan depresi dan frustasi karena kelaparan dan kemiskinan yang disebabkan oleh perang yang sedang berlangsung.

Baca juga: Misteri Simfoni Lagu Karl Mayer, Simfoni Mengerikan Yang Membuat Pendengarnya Gila

Saya sendiri tidak percaya kalau lagu Gloomy Sunday ini menyebabkan orang ingin melakukan aksi bunuh diri karena menurut saya lagu ini terkesan biasa-biasa saja. Tapi, saya akui lagu ini memang sangat bernuansa sedih jadi untuk kamu yang sedang frustrasi dan sedih jangan mendengarkan lagu ini karena akan menambah rasa frustrasi dan kesedihanmu.

Sumber/referensi: bocahiblis.blogspot.com, m.kaskus.co.id, m.liputan6.com

Tags: Sejarah Lagu Gloomy Sunday, Siapa Pencipta Lagu Gloomy Sunday, Lagu Gloomy Sunday Dalam Bahasa Hungaria, Terjemahan, Kasus Bunuh Diri
loading...

9 Responses to "Misteri Lagu Gloomy Sunday"

  1. Menakutkan enang,apalagi kalo didengerin pas jam 12 malam keatas :o

    BalasHapus
  2. wah ngeri juga ya, ternya lagu juga ada misterinya
    makasih bro infonya

    BalasHapus
  3. Ada ada aja inspirasi nulisnya. Tapi saya bukan penikmat musik sejati sejingga baru pertama kali dengar tentang gloomy sunday.

    BalasHapus
  4. ngeri cuy
    enak dengerin dangdutan mah :D

    BalasHapus
  5. jadi ngeri baca penjelasannya wkwk misteri banget

    BalasHapus
  6. Wkwk, uni lagu suara nya khas banget tempo doeloe, tapi ini masih mending daripada karlmayer - reverse, bikin stres, paranoid, ketakutan sendiri, serasa ada yang ngikutin

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK