Pengertian, Sejarah, Jenis-Jenis Dan Contoh Karakter Anti-Hero

loading...
anti-hero.jpg
Image by gideonsway.wordpress.com

Mungkin kalian pernah mendengar atau mungkin tahu apa itu karakter superhero tapi apakah kalian tahu apa itu karakter anti-hero? Mungkin untuk kalian yang baru pertama mendengarnya akan mengasumsikan kalau karakter anti-hero adalah karakter yang sangat membenci karakter hero/pahlawan dan menganggap kalau karakter anti-hero selalu menjadi antagonis.

Sebenarnya karakter anti-hero bukanlah karakter yang anti terhadap para hero/pahlawan dan karakter anti-hero juga tak selalu menjadi karakter antagonis. Malahan belakangan ini karakter anti-hero sering menjadi karakter protagonis. Lalu apa sebenarnya karakter anti-hero tersebut dan bagamana pengertiannya?

Pengertian Karakter Anti-Hero

Anti-hero adalah sebuah karakter yang ada dalam film, komik, novel atau video game yang tidak punya sifat keberanian, moral, jujur serta prinsip dan idealisme seperti pahlawan pada umumnya.

Jika karakter anti-hero ini dipasang sebagai tokoh protagonis dalam cerita biasanya sang karakter memang melakukan hal baik tapi ia melakukan hal baik tersebut karena terpaksa atau ada maunya bukan semata-mata karena ingin menegakan keadilan. Ada juga yang menegakan keadilan tapi dengan cara yang keras, sadis dan tidak bermoral seperi mengorbankan nyawa orang lain.

Ada juga karakter anti-hero yang dipasang sebagai tokoh antagonis. Karena ia dipasang sebagai tokoh antagonis dalam cerita, sudah pasti ia tak memiliki sifat-sifat kepahlawanan tapi biasanya ia masih sedikit memiliki hati nurani yang membuat ia bisa saja melakukan hal baik secara tiba-tiba.

Intinya, karakter anti hero memutar balikan stereotype karakter protagonis dan karakter antagonis. Bisa saja karakter protagonis punya sifat licik, kejam, sadis dan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Karakter antagonis juga bisa saja memiliki sisi baik dalam dirinya dan masih memiliki hati nurani.

Sejarah Karakter Anti-Hero

Karakter anti-hero sudah ada sejak zaman Yunani Kuno. Dimana mereka muncul dalam drama Yunani klasik dan satir Romawi.

Istilah anti-hero sendiri pertama kali digunakan tahun 1774. Dimana saat itu sudah ada karakter anti-hero yang muncul dalam satir Rameau's Nephew karya Denis Diderot.

Pada abad ke 19, dimana aliran Romantisisme mulai terkenal di kalangan para seniman dan sastrawan, Fyodor Dostoevsky juga menaruh sosok anti-hero dalam karyanya, Notes from Underground.

Popularitas karakter anti-hero mulai populer dan mendapatkan tempat istimewa pada paruh pertama abad ke-20. Dipelopori oleh karakter anti-hero bernama K yang diperkenalkan oleh novelis Franz Kafka, kemudian mereka juga muncul dalam novel-novel Prancis seperti dalam The Stranger karya Albert Camus dan Nausea karya Jean-Paul Sartre.

Seiring berkembangnya industri perfilman di berbagai negara termasuk Hollywood di Amerika, karakter anti-hero juga sama seperti karakter jagoan lainnya, mereka nggak cuma menghiasi komik dan novel tapi juga muncul sebagai karakter dalam film-film.

Jenis-Jenis Anti-Hero

1. Anti-Hero Klasik
Jenis ini menggambarkan seorang hero yg secara fisik dan mental tidak layak atau siap menjadi hero. Bahkan ia sebenarnya tidak mau menjadi hero karena tidak yakin akan kemampuannya atau minder namun situasi memaksanya untuk menjadi hero.

2. Anti-Hero Disney
Jenis ini pada dasarnya adalah seorang Hero Sejati layaknya para hero cerita Disney, hanya saja mereka ogah-ogahan atau tidak ikhlas menjalani perannya sebagai hero. Kalau tidak karena terpaksa, pasti ada kemauan tersembunyi di balik perannya sebagai hero.

3. Anti-Hero Berbahaya
Anti-hero ini adalah hero dengan cara yang salah dan cenderung merugikan orang lain. Pada dasarnya hampir sama dengan Anti-Hero Disney namun ia punya prinsip dan cara tersendiri dalam melaksanakan perannya sebagai hero dan sulit untuk diluruskan oleh siapapun.

4. Anti-Hero Ganas
Anti hero ini cenderung melakukan perbuatan jahat atas nama kebenaran atau idealisme yg ia inginkan. Ia melakukan tindakan yg dapat merugikan orang lain,kerusakan atau mengorbankan orang lain demi kepentingan yang ia anggap baik untuk semua.

5. Anti-Hero Hanya Sebagai Nama
Pada jenis ini, anti-hero tak lebih dari sekedar nama atau menunjukkan dia adalah tokoh utama. Pada kenyataannya apapun yg tokoh ini lakukan bertolak belakang dengan segala aspek hero. Umumnya jenis ini lebih kejam dari penjahat, megalomania, atau bertindak seenaknya sendiri. Minimal, membela yg bayar.

Contoh-Contoh Karakter Anti Hero

1. Deadshot (Suicide Squad)
deadshot.jpg
Deadshot di film Suicide Squad. Image by comicvine.gamespot.com
Deadshot dulunya adalah seorang prajurit negara namun kemudian menjadi pembunuh bayaran. Di film Suicide Squad ia tampil menonjol sebagai tokoh protagonis bersama Harley Quinn. Dalam film tersebut ia diceritakan sudah menjadi seorang tahanan namun ia diberi tugas menyelamatkan dunia dari Enchantress.

Dari keterangan diatas sudah bisa disimpulkan kalau dia adalah karakter anti-hero yang menjadi tokoh protagonis. Ia memang menyelamatkan dunia tapi fakta bahwa ia melakukannya terpaksa karena ada bom dilehernya serta status ia sebagai tahanan karena menjadi pembunuh bayaran membuatnya tak bisa mengelak sebagai karakter anti-hero.

2. Jack Sparrow (Pirates Of The Caribbean)
jack-sparrow.jpg
Jack Sparrow di film Pirates Of The Caribbean. Image by globalgrapevine.co.uk
Jack Sparrow adalah karakter utama di franchise film Pirates Of The Caribbean. Ia memiliki kepribadian yang sulit ditebak dan terkadang ia lebih mementingkan dirinya sendiri dibanding siapapun. Ia bahkan sempat menyerahkan sehabatnya sendiri yaitu Will Turner kepada Davy Jones untuk menebus hutangnya.

Bisa dibilang Jack adalah bajak laut paling licik dan tak segan-segan mengorbankan apapun untuk mencapai tujuannya. Dengan statusnya sebagai bajak laut dan buronan pemerintah ditambah sifatnya yang licik, sepertinya sudah jelas ia adalah karakter anti-hero.

3. Akainu (One Piece)
akainu.jpg
Akainu di anime One Piece. Image by Wikia One Piece
Kali ini saya mengambil contoh karakter anti-hero dari manga One Piece. Saya mengambil sang laksamana armada angkatan laut yaitu Akainu sebagai contoh.

Berbeda dengan dua karakter anti-hero yang telah saya bahas sebelumnya, Akainu di One Piece menjadi tokoh antagonis. Tujuannya memang menegakan keadilan namun cara yang ia ambil sangatlah salah. Ia tak segan-segan membunuh dan menghajar warga atau bahkan seorang marinir yang berani menghalangi caranya menegakan keadilan. Ia bahkan hampir memukul Coby yang merupakan seorang marinir muda dengan pukulan laharnya saat Coby meminta Akainu untuk menghentikan perang di Marineford. Sudah sangat jelas Akainu merupakan seorang katakter anti-hero.

Selain 3 contoh karakter anti-hero diatas sebenarnya masih banyak karakter-karakter anti-hero yang bisa kamu temui di film, komik, novel maupun video game.

Sebelum menutup postingan ini saya ingin menyampaikan sedikit pendapat atau komentar saya tentang karakter anti-hero. Karakter anti-hero menurut saya sangatlah penting untuk dihadirkan dalam sebuah film, komik, novel atau video game karena bisa membuat cerita lebih realistis. Tidak ada manusia yang sempurna, tidak ada manusia yang sepenuhnya jahat, tidak ada manusia yang sepenuhnya baik dan karakter anti-hero mampu menunjukan kepada kita kebenaran akan hal itu dalam sebuah cerita.

Tags: Apa Itu Karakter Atau Tokoh Anti-Hero, Penjelasan Anti-Hero, Contoh Karakter Anti-Hero Di Film Hollywood, Macam-Macam Anti-Hero
loading...

2 Responses to "Pengertian, Sejarah, Jenis-Jenis Dan Contoh Karakter Anti-Hero"

  1. aku malah baru tahu ada sebutan anti hero, padahal mereka juga hero

    BalasHapus
  2. ane pun baru tau ada istilah anti Hero ha-ha-

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK