23 Game Super Nintendo Entertainment System (SNES) Terbaik Sepanjang Masa

loading...
super-nintendo-entertainment-system.jpg
logo-snes.jpg

Super Nintendo Entertainment System (SNES) adalah konsol game rumahan keluaran Nintendo yang merupakan suksesor konsol game rumahan Nintendo sebelumnya, Nintendo Entertainment System (NES). Jika NES hanya mengusung video game 8-bit, SNES tampil dengan video game 16-bit. Itu membuat game-game SNES lebih unggul dari segi grafik dibanding pendahulunya tersebut.

SNES pertama kali dirilis pada tahun 1990 di Jepang dan Korea Selatan disusul di Amerika Utara pada tahun 1991, Eropa dan Australia pada tahun 1992 serta Amerika Selatan pada tahun 1993. Di Jepang konsol game yang masuk ke generasi keempat ini biasa disebut Super Famicom sementara di Korea Selatan biasa disebut Super Comboy.

Dibanding dengan pendahulunya SNES memang menunjukan kemajuan yang sangat signifikan, baik itu dari segi grafik ataupun gameplay. Game-game SNES juga sudah terdapat opening cerita dari game tersebut tidak seperti game-game NES yang langsung main tanpa memberikan gambaran cerita dari game tersebut. Di konsol ini juga sudah bertebaran game-game RPG yang menarik. Game balap dan olahraga juga ada di SNES tapi jujur saja saya tidak terlalu suka game balap dan olahraga di SNES, yah meskipun ada sih beberapa yang saya suka tapi tidak banyak.

Saya akan mencoba membuat list game-game terbaik dari konsol SNES, semoga bisa jadi referensi buat kamu yang mencari game-game SNES yang seru.

23.Super Mario Kart
Seperti yang saya bilang tadi diatas, saya tidak terlalu menyukai game balap di SNES dan Super Mario Kart adalah satu dari dua game balap di SNES yang saya sukai. Game ini merupakan game pertama dari Mario Kart Series yang sampai sekarang masih terus berjalan. Rilisan terbarunya adalah Mario Kart 8 yang dirilis untuk konsol Wii U.

Super Mario Kart dirilis Nintendo pertama kali pada tanggal 27 Agustus 1992 di Jepang. Game ini ternyata laku keras dan menduduki peringkat 3 dalam daftar game terlaris SNES dengan penjualan yang mencapai 8,7 juta kopi. Sebenarnya itu wajar karena game ini memang sangat fun dan akan membuat kita lupa waktu apalagi jika kamu memainkannya berdua bersama temanmu. Ditambah di dalam game ini ada nama besar seperti Mario yang berhasil mendongkrak penjualan game ini.

22. Illusion Of Gaia
Illusion Of Gaia adalah game RPG buatan Quintet yang dirilis pada tanggal 1 September 1994. Mungkin kamu tidak familiar dengan game ini tapi percayalah ini bukan game RPG ecek-ecek.

Di Eropa game ini lebih dikenal dengan judul Illusion Of Time. Game ini memiliki rangkaian cerita yang seru ditambah grafik yang memuaskan untuk sekelas game RPG di SNES. Kamu di game ini akan memainkan Will seorang penjelajah. Diceritakan Will bertemu sesosok makhluk aneh bernama Gaia di sebuah tempat misterius. Gaia memberitahu Will untuk meninggalkan rumahnya dan mulai menyelamatkan dunia dari sebuah komet yang akan datang. Yang unik dari game ini adalah kamu akan menemukan beberapa tempat yang benar-benar ada di dunia nyata seperti Reruntuhan Inca, Angkor Wat, Tembok Besar Cina dan Piramida.

21. Chrono Trigger
Saya yakin kalau kamu pecinta game RPG pasti tahu game yang satu ini, yah Chrono Trigger. Game ini dirilis pada tanggal 22 Agustus 1995 oleh Square yang terkenal dengan game-game RPG nya yang melegenda seperti Final Fantasy dan Kingdom Heart.

Keunggulan dari game ini menurut saya terletak pada segi cerita yang sangat menarik. Di game ini kamu akan memainkan karakter bernama Crono dan jika cerita sudah mulai panjang kamu juga bisa memainkan 5 karakter lainnya dari era yang berbeda. Loh koq dari era yang berbeda? Yah, di game ini kamu akan melintasi waktu ke masa depan dan masa lalu untuk mencegah bencana yang akan datang. I swear, cerita di game ini sangat kompleks dan rumit.

20. Kirby Super Star
Mungkin game ini kelihatan imut dan lebih cocok dimainkan oleh wanita tapi jujur saja saya benar-benar menikmati game ini. Dirilis pada tanggal 20 Sepember 1996, Kirby Super Star menjadi installment kedelapan dari Kirby Series.

Yang membuat saya suka game dengan karakter balon pink ini adalah karena terdapat banyak mini-game yang seru. Dengan begitu game ini jadi tidak membosankan dan mampu mengusir rasa jenuh.

19. Batman Returns
Batman adalah salah satu karakter superhero paling terkenal dan disukai banyak orang dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Jadi, ketika film Batman Returns yang dibintangi Michael Keaton booming pada tahun 1992, Konami langsung mengadaptasinya menjadi sebuah game beat 'em up untuk SNES di tahun 1993.

Grafik serta gameplay game Batman Returns sangat mirip dengan Final Fight. Meskipun gameplay nya sangat mainstrem tapi karena mengadaptasi tokoh superhero terkenal game ini lumayan sukses di pasaran. Sekedar info, di level kelima kamu akan menggunakan batmobile dalam aksi kejar-kejaran dengan para gangster.

18. Alien Vs Predator
Alien Vs Predator dibuat oleh developer Jorudan dan dipublikasikan oleh Activision pada September 1993.

Mungkin tak ada yang spesial dari grafik maupun gameplay game ini tapi entah mengapa saya menyukai game ini. Ada satu item di game ini yang membuat saya bertanya-tanya apakah item tersebut menguntungkan atau merugikan untuk kita? Jika kita mengambil item tersebut maka karakter yang kita mainkan menjadi tidak terlihat alias invisible. Di lain sisi itu menguntungkan karena lawan jadi tidak bisa melihat kita tapi di lain sisi itu juga merugikan karena kita juga jadi tidak bisa melihat karakter yang kita mainkan. Tak jarang saya kehilangan HP (Health Point) gara-gara item ini karena sialnya jika karakter kita tak sengaja menabrak lawan maka lawan akan tahu keberadaan kita dan akan langsung menyerang.

17. Street Fighter II Turbo: Hyper Fighting
Ini dia game fighting yang sangat populer pada awal era 90an. Setiap seri Street Fighter selalu menjadi rival Mortal Kombat setidaknya itulah yang terjadi sebelum Tekken mulai muncul ke permukaan.

Street Fighter II Turbo: Hyper Fighting sendiri adalah sub-series dari Street Fighter II bersama dengan Street Fighter II: Champion Edition. Seri Hyper Fighting memang bukanlah satu-satu nya seri Street Fighter yang dirilis di SNES tapi entah mengapa hanya seri ini yang berhasil memikat saya. Gameplay memang sama dengan seri lainnya tapi grafik, kontrol dan keluwesan karakter berhasil dimaksimalkan di seri ini.

16. Wild Guns
Wild Guns adalah game karya Natsume yang lumayan kreatif karena menggabungkan genre third-person shooters dan genre light gun. Aslinya game yang dirilis Juli 1995 ini bergenre shooting gallery. Sepengetahuan saya ini adalah satu-satunya game di SNES yang bergenre shooting gallery.

Selain karena gameplaynya yang terbilang unik dan menarik, musuh-musuh yang tersaji di game ini juga anti-maenstream. Ada bandit sampai robot raksasa dan gilanya kita hanya menggunakan karakter yang bersenjatakan pistol. Satu hal yang membuat saya semakin menyukai game ini adalah karena di beberapa momen game ini akan memacu adrenalinemu salah satunya adalah momen ketika musuh sudah muncul seabreg dan membuat kamu kewalahan.

15. Super Punch-Out!!
Sebenarnya cukup banyak game tinju yang saya temui di SNES tapi hanya Super Punch-Out!! yang benar-benar saya sukai. Game bergenre olahraga ini dirilis pada tanggal 14 September 1994.

Yang membuat saya menyukai game ini bukan karena grafik atau gameplaynya tapi karena kegilaan dan kekonyolannya. Di game ini kamu akan menggunakan seorang petinju bernama Little Mac. Kamu akan melawan karakter-karakter gila dengan jurusnya yang juga tak kalah gila.

14. Donald In Maui Mallard
Di Amerika Utara game ini lebih dikenal dengan judul Maui Mallard in Cold Shadow. Dirilis pada 28 November 1996, game ini membuat sang karakter utama Donald Duck menjadi seorang ninja.

Ini adalah salah satu game arcade di SNES yang memiliki tingkat kesulitan sangat rendah mungkin karena HP yang diberikan terbilang cukup banyak. Musuh-musuhnya pun tak menyulitkan kita untuk menyelesaikan setiap level yang ada.

13. Mighty Morphin Power Rangers: The Fighting Edition
Siapa yang tidak kenal Power Rangers? Yah, para pahlawan pembela kebenaran ini memang sudah sangat populer apalagi di era 90an. Karena itulah akhirnya developer game ternama asal Jepang yaitu Natsume membuat game Mighty Morphin Power Rangers: The Fighting Edition.

Dari sekitar 4 game Power Rangers yang dirilis di SNES hanya game Mighty Morphin Power Rangers: The Fighting Edition yang terbilang memuaskan. Sebenarnya game ini adalah game fighting yang karakternya adalah Megazord dan para monster. Jadi, di game ini kamu tidak akan memainkan rangers biru, merah, hijau, kuning ataupun putih. Tapi jangan kecewa dulu, gerakan-gerakan di game sangat luwes dan tidak kaku.

12. Final Fight Series (Final Fight, Final Fight 2 & Final Fight 3)
Kepopuleran franchise game rilisan Capcom ini memang tak perlu diragukan lagi. Bahkan seri pertama dan kedua yang dirilis di SNES berhasil masuk dalam daftar 50 game SNES terlaris sepanjang sejarah.

Di NES dulu saya pernah memainkan Mighty Final Fight dan saya memang suka game tersebut tapi sayangnya Mighty Final Fight tidak terdapat fitur multiplayernya dan itu membuat saya kecewa. Akhirnya, di SNES lah harapan tersebut menjadi kenyataan. Game Final Fight di SNES terdapat fitur multiplayernya dan membuat petualangan menghajar para preman dan mafia semakin seru.

11. F-Zero
F-Zero adalah game balap yang dirilis pada tanggal 23 Agustus 1991. Game ini cukup sukses di pasaran dengan berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 2,8 juta kopi.

F-Zero bersetting pada tahun 2560 dimana manusia dan alien sudah hidup berdampingan. Teknologi pun semakin maju termasuk di bidang balapan Formula One. Game ini memang cukup menantang dengan banyaknya rintangan yang ada ditambah gameplay yang memakai HP.

10. SimCity
Game yang satu ini sudah sangat terkenal terlebih di PC. Game ini memungkinkan kamu menjadi seorang wali kota dan mengatur kotamu sendiri. Game yang sangat adiktif dan mampu membuat kita lupa waktu. Kebayangkan serunya mengatur tata letak kota kita sendiri.

9. Mortal Kombat Series (Mortal Kombat, Mortal Kombat 2, Mortal Kombat 3 & Ultimate Mortal Kombat 3)
Pastinya kamu tahu dengan franchise yang terkenal dengan kesadisannya ini. Di setiap konsol Mortal Kombat memang selalu berhasil mencuri perhatian tak terkecuali di SNES.

4 seri Mortal Kombat dirilis untuk SNES dan semuanya memukau dengan grafik dan gameplay yang hampir sama. Karakter-karakter ikonik dari franchise ini seperti Liu Kang, Sub-Zero, Kitana dan Scorpion tidak absen di setiap seri Mortal Kombat di SNES.

8. Super Bomberman Series (Super Bomberman, Super Bomberman 2 & Super Bomberman 3)
Melanjutkan kesuksesan di konsol sebelumnya, tak tanggung-tanggung Hudson Soft selaku developer resminya membuat tiga seri Super Bomberman yang dirilis 3 tahun berturut-turut yakni pada tahun 1993, 1994 dan 1995.

Meskipun dari tiga serinya yang dirilis di SNES tidak ada satupun yang mencatatkan penjualan yang fantastis tapi menurut saya game ini tetap berhasil karena menyuguhkan game Bomberman yang lebih berwarna dan grafiknya lebih menawan dibanding pendahulunya. Musuhnya pun semakin bervariasi dan memberikan tantangan yang lebih. Kamu harus coba memainkan game ini dalam mode multiplayer bersama temanmu dijamin lebih seru, gokil dan kocak.

7. Super Mario All-Star
Super Mario All-Star adalah kumpulan game remake Super Mario sebelumnya yang dirilis di NES seperti Super Mario Bros, Super Mario Bros 2, Super Mario Bros 3 dan Super Mario Bros: The Lost Level.

Super Mario All-Star yang dirilis Nintendo pada 1 Agustus 1993 ini memang gameplaynya hampir mirip dengan game-game Super Mario yang diremake hanya saja grafik yang lebih fresh dan adanya fitur save yang akan membantumu menyelesaikan game ini.

6. EarthBound
EarthBound adalah game RPG rilisan Nintendo pada tanggal 5 Juni 1995. Game ini memiliki konsep yang menarik dan unik berbeda dengan game RPG lainnya. Sebenarnya EarthBound masih menceritakan pahlawan yang menyelamatkan dunia tapi para pahlawan tersebut adalah para anak kecil. Yang lebih gokilnya lagi peralatan yang dipakai para anak kecil dalam pertarungannya menyelamatkan dunia terkesan aneh dan nyeleneh seperti pemukul baseball, yoyo dan wajan. Keunggulan EarthBound juga terdapat di ceritanya yang penuh misteri dan membuat kita bertanya-tanya.

5. Donkey Kong Country Series (Donkey Kong Country, Donkey Kong Country 2: Diddy's Kong Quest & Donkey Kong Country 3: Dixie Kong's Double Trouble!)
Donkey Kong Country Series hadir dengan grafik 3D yang memukau di era SNES. Karena itulah penjualan 3 seri Donkey Kong Country laris manis, Donkey Kong Country terjual sebanyak 9 juta kopi dan menjadi game SNES terlaris kedua sepanjang masa dibawah Super Mario World. Bahkan 2 sekuelnya pun masuk dalam 15 besar game SNES terlaris tersebut.

Donkey Kong Country selain menghadirkan grafik 3D juga memberikan keseruan yang lebih dengan musuh yang lebih bervariasi dan bala bantuan dari para binatang sahabat Donkey Kong yang memeriahkan permainan. Musik di game-game Donkey Kong Country juga sangat ikonik.

4. Harvest Moon
Ini dia game yang melakukan inovasi di ranah game RPG. Jika game RPG biasanya menyuguhkan kisah heroik para pahlawan menyelamatkan dunia dengan magic dan pertarungan penuh darah maka Harvest Moon tidak seperti itu.

Game rilisan Natsume ini memiliki konsep pertanian. Kamu akan memainkan seorang anak laki-laki yang harus mengurus kebun dan peternakannya. Game ini adalah awal franchise game Harvest Moon yang sampai sekarang masih diperbaharui. Anehnya di SNES game Harvest Moon ini memang tidak terlalu sukses dari segi penjualan. Yah, mungkin karena grafik yang masih kaku tapi bagi saya yang seorang pecinta game Harvest Moon game ini sudah lebih dari cukup untuk game pertama dari sebuah game series.

3. The Legend Of Zelda: A Link To The Past
Ini dia game andalan Nintendo di dunia game RPG. Nintendo merilis game ini pada tanggal 13 April 1992 dan berhasil terjual sebanyak 4,6 juta kopi. Seri A Link To The Past menjadi installment ketiga dari The Legend Of Zelda Series.

Petualangan Link menyelamatkan negeri Hyrule memang sangat menarik untuk di ikuti. Memainkan game ini membuat kita merasa ikut masuk kedalam cerita The Legend Of Zelda yang epik dan penuh misteri.

2. Final Fantasy VI
Di Amerika Utara game ini lebih dikenal dengan judul Final Fantasy III. Sebenarnya ini bukanlah satu-satunya seri Final Fantasy yang dirilis untuk SNES, masih ada Final Fantasy IV dan Final Fantasy Mystic Quest tapi Final Fantasy VI inilah yang membuat saya ketagihan memainkannya.

Game ini berhasil membuat saya ikut larut dalam jalinan ceritanya. Konflik cinta, pengkhianatan, dendam dan persahabatan tersaji apik di game ini. Saat memainkan game ini saya merasa sedang menonton sebuah film action namun penuh drama.

Awalnya saya meremehkan game ini tapi ternyata saya salah, seri Final Fantasy inilah yang membuat saya penasaran ingin memainkan seri Final Fantasy yang lain.

1. Super Mario World & Super Mario World 2: Yoshi Island
Terjual sebanyak 20 juta kopi sekaligus menjadi game terlaris di SNES, mendapatkan rating 94,44% dari GameRankings dan rating 10/10 dari Game Informer sepertinya sudah menjadi bukti kepantasan game ini berada di puncak list yang saya buat ini. Untuk seri Yoshi Island meskipun penjualannya berada jauh dibawah pendahulunya tapi jujur saya lebih menyukai seri Yoshi Island.

Kedua game Super Mario World tersebut memang sangat fun dan asyik dimainkan untuk waktu lama. Seri pertama memiliki cerita yang sama seperti Super Mario Bros yaitu menceritakan Mario yang mencoba menyelamatkan putri Toadstool yang diculik Bowser.

Untuk seri Yoshi Island memiliki cerita yang berbeda. Kamu akan memainkan para dinosaurus Yoshi untuk menyelamatkan bayi mario dari monster Magikoopa bernama Kamek.

Baca Juga: 17 Game NES Terbaik Sepanjang Masa

Itulah tadi daftar game Super Nintendo Entertainment System terbaik menurut penilaian saya. Mungkin kamu punya rekomendasi game lain yang pantas masuk daftar ini, silahkan tulis nama gamenya di kolom komentar agar bisa menambah referensi para pembaca yang mencari game SNES terbaik.

Sumber/Referensi: wikipedia.org

Tags: Rekomendasi Game Super NES, Daftar Game SNES Terseru Sepanjang Sejarah, Game SNES Terkeren, Terlucu, Terlaris, Termahal, Tersukses
loading...

2 Responses to "23 Game Super Nintendo Entertainment System (SNES) Terbaik Sepanjang Masa"

loading...

FANSPAGE FACEBOOK