Kisah Misteri Lagu Tinggal Kenangan

loading...
hantu-wanita.jpg

Kalian tahu lagu Tinggal Kenangan yang di populerkan oleh Band Caramel? Yah, saya yakin kalian tahu lagu yang sangat menyayat hati tersebut. Lagu Tinggal Kenangan memang sudah sangat populer di Indonesia baik itu karena lagu ini enak di dengar atau karena misteri yang menyelimuti lagu ini sendiri.

Lagu Tinggal Kenangan memang memiliki kisah misteri di balik masa lalunya. Banyak versi mengenai cerita misteri di balik lagu ini, salah satu yang paling terkenal adalah cerita seorang pelajar kelas 3 SMU Ponorogo bernama Gaby. Pada bulan Juni 2007 sekolah tersebut akan mengadakan acara PENSI (Pentas Seni). Karena Gaby suka nyanyi dan suaranya bagus maka terpilihlah dia untuk tampil di acara tersebut sebagai perwakilan dari kelasnya. Karena bingung mau nyanyi apa, Gaby pun meminta pacarnya untuk memilihkan lagu tapi sang pacar ternyata malah membuatkan dia sebuah lagu yang berjudul Kenangan Terindah.

Beberapa hari sebelum acara PENSI tersebut Gaby dan teman-temannya memutuskan untuk pergi refresing ke Telaga Sarangan, Magetan. Disana mereka menginap dan keesokan harinya Gaby kangen sama pacarnya lalu menghubunginya untuk datang menyusulnya ke tempat tersebut. Akhirnya sang pacar datang menemui Gaby di Telaga Sarangan, setelah melepas rasa rindu sang pacarpun kembali pulang ke Ponorogo. Sayangnya, diperjalanan sang pacar mengalami kecelakaan hebat yang merenggut nyawanya. Gaby tidak tahu dengan kejadian ini karena keluarga pacarnya dan teman-temannya tidak tega memberitahu Gaby.

Gaby pun tahu kematian pacarnya dari pihak sekolah yang mengumumkan turut berduka cita atas kematian pacar Gaby tersebut. Gaby pun syok berat dan sempat pingsan. Acara PENSI pun diundur untuk menghormati nyawa pacar Gaby tersebut.

Tiba saatnya acara PENSI, Gaby menguatkan dirinya untuk tampil dengan lagu yang dibuatkan almarhum pacarnya tersebut. Beberapa lirik lagu tersebut ternyata dirubah oleh Gaby dan judulnya pun ia rubah menjadi Tinggal Kenangan.

Gaby tampil dengan sangat baik dan mendapat tepuk tangan meriah dari penonton. Teman-temannya pun merekam penampilan Gaby tersebut. Setelah selesai tampil Gaby pergi begitu saja. Teman-temannya pun mencarinya kemana-mana namun tidak menemukannya hingga akhirnya Gaby ditemukan tak bernyawa di gudang sekolah karena bunuh diri dengan cara gantung diri.

Kabarnya banyak orang yang mengaku setelah mendengarkan lagu ini mereka didatangi oleh sesosok hantu wanita yang dipercaya sebagai hantu Gaby. Terlebih di bulan Desember yang merupakan bulan kelahiran Gaby.

Banyak versi mengenai kisah misteri dibalik lagu Tinggal Kenangan ini. Ada sekitar 6 versi berbeda yang pernah saya baca di internet namun semuanya memiliki inti cerita yang hampir sama yaitu seorang wanita yang tewas karena bunuh diri lantaran ditinggal mati sang kekasih.

Lantas apakah benar lagu Tinggal Kenangan memiliki latar belakang seperti itu? Setelah saya googling lebih jauh sepertinya kisah-kisah tersebut hanya rumor alias mitos belaka. Menurut saya kisah-kisah menyeramkan tersebut terinspirasi dari novel karya Agnes Davonar yang berjudul Misteri Kematian Gaby Dan Lagunya Jauh. Novel ini sendiri pernah di adaptasi menjadi film layar lebar dengan judul Gaby Dan Lagunya yang dibintangi Karina Nadila, Guntur Triyoga, Leylarey Lesesne dan Rendy Kjaernett.

Baca juga: Misteri Lagu Gloomy Sunday

Sebenarnya Agnes sendiri mengakui kalau novel tersebut terinspirasi dari lagu berjudul Jauh atau sekarang lebih dikenal dengan judul Tinggal Kenangan. Lagu ini didapat Agnes dari salah seorang temannya ketika berada di acara tenis Internasional di Bali. Temannya tersebut memperdengarkan lagu tersebut padanya. Agnes menjadi tertarik pada lagu tersebut, yang kemudian diceritakan kembali dalam bentuk novel.

Lalu siapa pencipta asli dari lagu ini? Ada banyak sekali orang yang merasa penasaran siapa pencipta lagu ini. Hingga seorang pakar telematika Roy Suryo pun turun tangan mengenai masalah ini. Akhirnya ditemukan seorang gadis yang bernama Aby yang berasal dari Makasar yang menyanyikan lagu ini di Youtube.

Wanita yang bernama asli Aby ini mempunyai alasan tersendiri mengapa dirinya tidak pernah muncul selama ini. Dia baru bisa muncul setelah semua urusannya selesai, baru dia berani pergi ke Jakarta untuk mengklarifikasi semua cerita yang beredar mengenai sosoknya dan dari mana lagu itu berasal.

Diceritakan bahwa lagu itu berasal dan diciptakan oleh seorang teman yang bernama Pay yang kala itu bergabung dalam sebuah sanggar yang bernama Sangdipa. Sangdipa ini adalah sebuah sanggar seni kampus. Lagu yang diciptakan oleh Pay ini kemudian dipinjam untuk dipentaskan dalam acara pentas seni dikampus yang ternyata direkam dan di upload di youtube. Sebenarnya lagu ini sudah lama beredar di Makasar dalam bentuk band indie, karena tidak memiliki album lagu ini tidak dikenal oleh masyarakat luas. Band ini hanya dikenal di radio setempat, dan ada kalanya dinyanyikan oleh para pengamen.

Yah ternyata kisah misteri Lagu Tinggal Kenangan itu hanya mitos atau rumor belaka. Saya sendiri sangat menikmati lagu ini dan saya tidak pernah merasakan suasana mengerikan ketika mendengar lagu ini. Mungkin suasana mengerikan terasa ketika kita mendengarkan lagu ini lalu bayangan kenangan-kenangan indah bersama mantan mulai terbayang, sumpah itu benar-benar mengerikan... hehe

Sumber/Referensi: kumpulanmisteri.com, kwalanggo.blogspot.com, wikipedia.org

Tags: Siapakah Gaby Sebenarnaya, Kisah Mistis Penciptaan Lagu Gaby, Lagu Dari Band Caramel, Kontroversi, Apakah Kisah Gaby Itu Nyata?, Siapa Pencipta Lagu Tinggal Kenangan, Klarifikasi, Asli
loading...

18 Responses to "Kisah Misteri Lagu Tinggal Kenangan"

  1. ,wah, cerita gaby ama vidio yg sepeda motor dipelindas truck trailer itu ada hubungannya gk???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh video yang awalnya cewek nyanyi itu yah. Kalau itu saya kurang tahu, tapi kemungkinan besar gak ada hubungannya...

      Hapus
  2. njer ngeri ngeri sedap ane bacanya. Tapi real gak ini gan?

    BalasHapus
  3. Pass banget cerita buat malem nh , lanjut gan ..!!

    BalasHapus
  4. salah satu lagu kenangan gue ama mantan

    BalasHapus
  5. Lagunya sebenarnya asyik, cuma karena dibumbui oleh berita2 hoax yang gak jelas yang rame malah beritanya, bukan lagunya

    BalasHapus
  6. Mitos atau benar no masalah yg penting lagunya ane suka dan enak didengar

    BalasHapus
  7. biarpun mitos kalo disebar melalui berita gosip fenomenal pasti banyak perbedaan pendapat

    BalasHapus
  8. Jadi gini toh kronologinya gan ,
    Btw ane stiap dengerin lagu ini juga hawanya rada merinding nih wkwkk

    BalasHapus
  9. setiap denger lagu ini pasti merindingnya

    BalasHapus
  10. Saya juga udah pernah denger semua rumor yang agan jelaskan.. tapi untuk kepasriannya saya pun masih ragu loh gan

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK