Apa Itu Algoritma Google Fred?

loading...
algoritma-google.jpg

Setiap tahunnya search engine raksasa Google terus memperbaharui algoritmanya. Hal ini dilakukan agar google tetap menjadi search engine terbaik dengan menampilkan hasil-hasil pencarian terbaik untuk setiap keyword. Untuk tahun 2017 ini Google kembali mengupdate algoritma dengan meluncurkan sebuah algoritma baru yang diberi nama algoritma Google Fred.

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa itu algoritma Google Fred dari beberapa sumber yang saya dapat di internet. Walaupun saya membuat sebuah artikel tentang algoritma Google bukan berarti saya ini seorang pakar SEO ataupun master SEO tapi saya hanya ingin berbagi informasi tentang algoritma Google terbaru kepada blogger lain agar bisa beradaptasi dengan algoritma Google terbaru tersebut. Yah, saya sendiri masih seorang blogger yang belum paham betul seluk beluk SEO. Oke, mari kita bahas apa itu algoritma Google Fred.

Pengertian Algoritma Google Fred

Penamaan algoritma ini menjadi Fred (Algoritma Google Fred) pertama kali diusulkan oleh seorang karyawan Google bernama Gary Illyes. Algoritma Google Fred sendiri akan lebih berfokus ke related link di halaman sebuah web. Algoritma ini akan memberikan penilaian terhadap link yang ada di sebuah halaman. Penilaian tersebut ditentukan oleh relevan tidaknya sebuah link dengan konten yang ada di halaman web tersebut.

Jadi, untuk sobat yang memasang artikel terkait secara otomatis di dalam postingan kemungkinan besar akan mengalami penurunan visitor karena algoritma ini. Algoritma Google Fred akan menurunkan ranking blog sobat di SERP Google.

Untuk sobat yang juga sering menggunakan "Baca Juga" di sebuah postingan tapi link postingannya tidak relevan atau berkaitan maka algoritma ini juga kemungkinan besar akan menghukum blog sobat dengan menurunkan rankingnya di SERP Google. Namun, jika linknya relevan dengan postingan maka bisa jadi algoritma ini justru menaikan ranking blog sobat di SERP Google karena related linknya relevan dan dinilai baik oleh algoritma tersebut.

Contoh related link yang baik dan relevan adalah ketika di postingan yang berjudul "Cara Memverifikasi Blog Ke Google Webmaster" sobat menggunakan "Baca Juga" ke sebuah postingan yang berjudul "Cara Menggunakan Fasilitas Ambil Sebagai Google Di Google Webmaster". Kedua postingan tersebut berkaitan jadi sangat cocok link postingan di tautkan di masing-masing postingan. Sementara jika sobat memasang "Baca Juga" dengan link postingan berjudul "Situs Download Film Terbaik" kedalam postingan yang berjudul "Cara Memverifikasi Blog Ke Google Webmaster" maka jelas algoritma Google Fred akan menganggap itu related link yang salah karena tidak relevan. Itulah mengapa saya mengatakan kalau blog sobat yang memasang artikel terkait secara otomatis di dalam sebuah postingan akan mengalami penurunan visitor, karena biasanya artikel terkait secara otomatis akan asal pilih postingan untuk dipasang linknya dipostingan lain tanpa melihat kerelevansiannya terlebih dahulu.

Selain internal link (link yang mengarah kehalaman lain blog sendiri), algoritma Google Fred juga turut akan menilai external link (link yang mengarah ke situs lain). Jadi, mulai sekarang hati-hati jangan sembarangan pasang link di postingan. Google meluncurkan algoritma ini juga sebagai upaya meminimalisir link spam yang ada di halaman sebuah web.

Baca juga: Pengertian Fenomena Google Honeymoon Period

Untuk blog ini, algoritma tersebut tidak membawa dampak yang signifikan. Trafik blog ini tidak mengalami perubahan yang berarti semenjak algoritma Google Fred dirilis pada 8 Maret lalu. Trafiknya tetap dikisaran 200 PV/hari, hehe masih sedikit. Semoga aja beberapa bulan lagi PV bisa tembus 2000/hari, Amin... Saya sendiri tidak mau ambil pusing dengan hadirnya algoritma Google Fred ini bahkan artikel terkait secara otomatis tetap saya pasang di blog sederhana ini. Kalau sobat, apa yang akan sobat lakukan setelah mengetahui algoritma Google Fred resmi dirilis Google?

Sumber referensi: omblogging.com

Tags: Pengertian Algoritma Google Fred, Terbaru 2017, 2018, 2019, Penjelasan, Syarat, Dampak Positif Negatif, Efek Baik Buruk, Review, Mengapa Visitor Pengunjung Situs Turun Drastis? Kenapa
loading...

16 Responses to "Apa Itu Algoritma Google Fred?"

  1. Kata orang mtk + bahasa Inggris musingin tp gw tetap asik belajar kek gini wkwkwk

    BalasHapus
  2. algoritma terbaru ini sepertinya akan lebih memaksimalkan pelayanan google terhadap para pembaca.

    BalasHapus
  3. algoritma terbaru ini sepertinya akan lebih memaksimalkan pelayanan google terhadap para pembaca.

    BalasHapus
  4. Waah nambah lagi pengetahuan ttg blog, terimakasih kak 😀

    BalasHapus
  5. nyimak gan, tmplate sama punya ane...

    BalasHapus
  6. info ini yang aku cari dari tadi gan thank ya

    BalasHapus
  7. Wah tambah ngeri aja sekarang google yak hihii

    BalasHapus
  8. baru tau aku gan kalo internal link harus saling berkaitan biar nggak di hukum sama google.. wah harus bongkar bongkar blog nih ..

    BalasHapus
  9. Bagaimanapun google susah ditebak. Ada artikel cuma segelintir kata+video atau gambar langsung meroket rangking satu. Check backlink ternyata nofollow semua. Hanya saja tuh web biasanya udah tua, sekali rangking satu sulit tergeser, jadi kayaknya akumulasi klik pas search juga ngaruh.
    Ini cuman opini saya aja, mungkin bisa dites sendiri.

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK