Selamat Hari Kartini! Berikut Fakta-Fakta Tentang Sosok Raden Ayu Kartini

loading...
kartini.jpg

Sobat ingat sekarang tanggal berapa? Yah, sekarang tanggal 21 April 2017. Sobat masih ingat biasanya tanggal 21 April kita sebagai warga Indonesia memperingati apa? Hayo... Lupa yah? Hari ini Jum'at tanggal 21 April 2017 kita memperingati Hari Kartini. Tidak apa-apa kalau sobat lupa saya juga awalnya lupa, kalau saja saya tidak mengecek trending keywords Google hari ini mungkin saya juga tidak akan ingat kalau hari ini adalah Hari Kartini.

Dengan cara apa sobat memperingati Hari Kartini pada tahun 2017 ini? Tidak melakukan apa-apa? Yah, saya juga sebenarnya tidak melakukan apa-apa sih. Karena itulah saya membuat postingan yang satu ini hanya untuk mengenang sosok wanita yang sangat berjasa dalam membangkitkan drajat para wanita di Indonesia.

Untuk mengenal lebih jauh R.A. Kartini mari kita simak Fakta-Fakta Tentang Sosok Raden Ayu Kartini berikut ini:

1. Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah dan meninggal tanggal 17 September 1904 pada usia 25 tahun di Rembang, Jawa Tengah.

2. Kartini lahir dari keluarga priyayi atau kelas bangsawan jawa. Ayahnya bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan ibunya bernama M.A. Ngasirah.

3. Nama asli Kartini adalah Raden Adjeng Kartini. Namun ia tidak suka dengan nama bangsawan yang disandangnya. Oleh sebab itu ia lebih suka dipanggil “Kartini” saja dibanding harus dipanggil Raden Ayu. Awalnya Raden Ayu adalah panggilan dari ayahnya kepada Kartini. Sejak pertama dipanggil dengan Raden Ayu, Kartini sudah merasa tidak nyaman dengan panggilan tersebut. Akhirnya ia mencari tahu apa itu arti Raden Ayu dan ia menganggap nama Raden Ayu bukanlah sesuatu yang pantas dibanggakan.

4. Masih tentang nama. Entah bagaimana asal muasalnya di Belanda ternyata ada jalan yang diberi nama Kartini. Bukan hanya satu tapi ada beberapa jalan yang diberi nama Kartini di Belanda yaitu antara lain di kota Armsterdam, Utrecth, Veerlo, dan Harleem.

5. Buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” dianggap merupakan karya fenomenal dari R.A Kartini. Namun, tahukah sobat kalau sebenarnya R.A Kartini tidak pernah menulis buku tersebut. Adalah J.H. Abendanon yang menyusun buku itu. Buku itu sebenarnya merupakan kumpulan surat R.A Kartini kepada temannya yang kemudian dikumpulkan oleh J.H.Abendanon. Buku itu diberi judul “Door Duisternis tot Licth” yang secara harfiah berarti Habis Gelap Terbitlah Terang.

6. Kartini melahirkan anak pertama sekaligus terakhirnya pada tanggal 13 September 1904 yang diberi nama Soesalit Djojoadhiningrat. 4 hari kemudian tepatnya pada tanggal 17 September 1904 Kartini menghembuskan nafas terakhirnya.

7. Kartini dimakamkan di Desa Bulu, 17 km dari kota Rembang, berbentuk pesanggrahan dengan cungkup atap berbentuk joglo. Tidak hanya makamnya, tetapi juga makam suami dan putranya.

8. Dalam sebuah tradisi pernikahan feodal Jawa, ada momen atau ritual saat sang istri mencium kaki sang suami. Kartini menolak untuk melakukannya, menurutnya itu merupakan salah satu bentuk sebuah penindasan kepada kaum perempuan.

9. Museum RA Kartini terletak di Desa Panggang, Kecamatan Jepara, tepatnya di Alun-alun No.1, Jepara, di sebelah utara Pendopo Kabupaten Jepara.

10. Sekalipun ia adalah tokoh Pahlawan Nasional, hal itu tidak membuat Kartini sepi dari kontroversi. Banyak kalangan sejarawan yang meragukan keabsahan buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Mereka juga meragukan tentang jasa-jasa Kartini sehingga layak menjadi Pahlawan Nasional. Ada pula yang meragukan originalitas buku tersebut, karena tidak pernah ada orang lain yang melihat naskah asli surat-surat R.A Kartini selain J.H Abendonan.

Itulah tadi beberapa Fakta-Fakta Tentang Sosok Raden Ayu Kartini. Semoga bisa menambah pengetahuan sobat tentang pahlawan emansipasi wanita ini. Untuk membaca biografi dan info-info tentang Kartini lainnya sobat bisa mengunjungi halaman Wikipedia tentang Kartini.

Sumber referensi: Andaikata.com, Media.iyaa.com, Trivia.id, Wikipedia.org

Tags: Info Biografi Lengkap Tentang Raden Ayu Kartini, Biodata, Sejarah Kisah Hidup, Fakta Unik Yang Belum Banyak Orang Tahu, Terbaru Dan Terlengkap, Siapa Itu Kartini? Dimana, Kapan, Mengapa, Daftar Tokoh Pahlawan NKRI, Hari Kartini, Kartini Day
loading...

6 Responses to "Selamat Hari Kartini! Berikut Fakta-Fakta Tentang Sosok Raden Ayu Kartini"

  1. patut untuk di contoh untuk para wanita indonesia

    BalasHapus
  2. mantap gan jd ingat masa SD. biasanya lok hari kartini gini g bljr cuman masuk main2.. hahaha

    BalasHapus
  3. Bagi wanita beliaulah yang paling berjasa. Jika tidak ada beliau mungkin para wanita hanya akan ada didapur

    BalasHapus
  4. Wanita tangguh yang menginspiratif banyak wanita indonesia...

    Kunbalnya Om.. zuhaery.Blogspot.com

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK