WOW! Inilah 2 Kampung Yang Disebut Kampung Janda Di Indonesia

loading...
janda.jpg

[Catatan: Gambar hanya sebagai pemanis xD]

Janda adalah sebutan untuk para wanita yang sudah pernah menikah lalu berpisah dengan suaminya dengan alasan bercerai atau ditinggal mati. Sementara janda kembang adalah sebutan untuk janda yang belum memiliki anak dari hasil pernikahannya tersebut. Itulah pengertian janda yang saya dapat dari Mba Wiki.

Nah, beberapa waktu lalu saya secara tidak sengaja membaca sebuah artikel di sebuah blog (saya lupa blog siapa) tentang Kampung Janda. Saya sempat terkejut dengan artikel yang agak nyeleneh tersebut, alhasil saya pun melakukan "ekspedisi" di Google untuk mengetahui lebih banyak tentang Kampung Janda. Akhirnya setelah mencari di Google saya mendapat beberapa artikel tentang Kampung Janda yang di maksud.

Saya mencari tahu tentang Kampung Janda bukan berarti saya suka janda. saya juga tidak berniat mendatangi kampung tersebut, walaupun memang kabarnya "goyangan" janda itu lebih **** tapi yang masih disegel pasti lebih you know lah.

Back to topic. Ternyata ada dua kampung di negara kita tercinta ini yang disebut Kampung Janda yaitu di Kota Bogor dan Kota Banjarbaru.

Kita bahas dulu yang ada di Bogor. Kampung yang dimaksud adalah Kampung Panyarang di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Kampung tersebut memang kebanjiran janda, usianya beragam dari 14 tahun sampai yang sudah lanjut usia sekitar 60-70 tahun. Kalau yang sudah lanjut usia mungkin di bilang wajar menjanda tapi yang masih usia belasan itu jadi tanda tanya, bahkan menurut penuturan Ade Suryadi (ketua RT 05) seperti yang dilansir Bogor.tribunnews.com ada perempuan yang berusia 17 tahun sudah jadi janda dua kali dan 12-14 tahun sudah menikah dan menjadi janda.

Salah satu penyebab banyaknya janda di kampung tersebut karena beberapa tahun lalu sempat terjadi longsor di galian pasir yang menewaskan ratusan orang dan kebanyakan korban pria. Selain itu pernikahan muda juga menjadi faktor pendorong banyaknya janda di kampung tersebut.

Sementara di Kota Banjarbaru ada Kampung Batuah di Kelurahan Kemuning yang juga dijuluki Kampung Janda karena banyak warganya yang berstatus janda. Bahkan, satu rumah di kampung tersebut bisa ada dua atau tiga janda didalamnya.

"Mungkin cuma tiga buah rumah saja yang tak ada jandanya." kata ketua RT 03 Ahmad Norhansah, dikutip dari Makassar.tribunnews.com. Kebanyakan wanita menjadi janda di Kampung Batuah karena ditinggal mati suaminya.

Itulah tadi informasi mengenai dua Kampung Janda di Indonesia. Oh iya, saat saya sedang searching tentang Kampung Janda di Google saya menemukan satu artikel yang cukup berbeda dari artikel-artikel tentang Kampung Janda lain yang saya temui. Artikel tersebut membahas Kampung Janda di Kota Bogor tapi bukan Kampung Panyarang yang saya bahas diatas melainkan sebuah kampung di Desa Sukharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mirisnya, kebanyakan janda tersebut adalah mantan istri simpanan para pejabat atau pengusaha. Wanita disana dinikah siri lalu ditinggal pergi tapi sebelum ditinggalkan para pejabat atau pengusaha tersebut membangunkannya rumah dan tempat usaha seperti warung atau sebagainya. Yang lebih parahnya lagi jika ada seorang wanita yang masih bersuami tapi ada lelaki lain yang menginginkannya maka silelaki bisa mendapatkannya asalkan silelaki ber-uang. Bisa dibilang, ada uang semua bisa diatur. Tapi, entahlah dimana letak pasti kampung tersebut karena di artikel yang saya baca kampung tersebut berada dibawah kaki gunung batu.

Bagaimana, apakah sobat berniat mengunjungi kampung-kampung janda diatas?

Sumber referensi: Wikipedia.org, Makassar.tribunnews.com, Bogor.tribunnews.com, Newsth.com

Tags: Dimana Letak Kampung Janda Bogor Banjarmasin Indonesia? Fakta Unik Kampung Janda Yang Belum Banyak Diketahui Orang, Sejarah, Cerita Asal Mula, Informasi Lengkap Seputar Tentang, Kalimantan, Jawa, Penyebab Alasan
loading...

0 Response to "WOW! Inilah 2 Kampung Yang Disebut Kampung Janda Di Indonesia"

Posting Komentar

loading...

FANSPAGE FACEBOOK