Google Siap Memerangi Berita Hoax Dan Konten Negatif Dengan Proyek Google Owl

loading...
proyek-google-owl.jpg

Sobat tahu berita hoax? Saya yakin sobat yang sering main di dunia maya tahu apa itu berita hoax. Yah, berita hoax adalah berita yang tidak terbukti kebenarannya alias bohong. Berita hoax belakangan ini memang sangat meresahkan banyak orang.

Masih untung jika berita hoax tersebut dibaca oleh orang yang pintar dan tidak langsung percaya dan mencari tahu terlebih dahulu keakuratan berita yang dibacanya tapi bayangkan jika berita hoax dibaca oleh orang yang cerobah dan langsung "menelan bulat-bulat" apa yang dibacanya dan yang lebih parahnya orang tersebut bisa saja menshare berita hoax tersebut ke media sosial.

Internet seharusnya menjadi tempat untuk mencari pengetahuan baru yang bermanfaat tapi dengan adanya berita hoax internet malah menjadi tempat yang menyesatkan. Dampak hoax yang paling umum adalah merusak nama baik seseorang atau sesuatu. Saya sering menjumpai berita hoax yang menjelek-jelekan reputasi seseorang di internet, sasarannya kebanyakan artis atau politisi. Kalau berita tentang artis dan politisi sepertinya mudah untuk mengetahui apakah hoax atau bukan tapi jika berita atau artikel ilmiah pasti sangat sulit mengetahui keakuratannya.

Saya tidak habis pikir kenapa ada orang yang membuat berita atau artikel hoax di Internet. Kenapa mereka tidak membuat postingan yang sewajarnya saja bukan menyebar fitnah. Sepertinya, mau sampai kapanpun berita hoax akan selalu bertebaran di internet karena itulah Google sebagai situs search engine yang paling banyak digunakan orang mencoba memerangi berita hoax dengan proyek terbarunya, Proyek Google Owl.

Apa Itu Proyek Google Owl?
Proyek Google Owl adalah sebuah proyek dari Google untuk membersihkan hasil pencariannya dari berita hoax dan konten negatif. Google Owl memungkinkan pengguna search engine Google melaporkan konten-konten dari sebuah web yang diduga hoax atau memberikan dampak negatif. Dibawah kotak pencarian, Google akan menyediakan sebuah tombol untuk para pengunjung klik ketika hasil pencarian dianggap kurang baik. Setelah itu para karyawan Google akan memeriksanya.

Dari info yang saya dapat para pengguna Google juga bisa melaporkan sebuah situs web jika kontennya di anggap menyesatkan. Lalu situs tersebut akan di cap buruk oleh Google dan akhirnya sulit muncul atau bahkan tidak akan muncul pada hasil pencarian Google.

Jadi, walaupun blog sobat sudah SEO tapi suka memposting berita hoax dan ada yang melaporkannya ke Google maka ranking blog sobat di Google akan turun. Mulai sekarang untuk sobat para blogger buatlah postingan yang berkualitas agar bisa berada di page one Google. Jangan terlalu mementingkan trik SEO ini itu, buatlah blog sobat berkualitas dengan konten yang bukan hoax.

Proyek ini juga membuat Google tak hanya menggunakan algoritma untuk menentukan ranking sebuah web tapi juga penilaian manusia. Google akan merilis fitur-fitur dari proyek Google Owl secara perlahan dibeberapa negara terlebih dahulu sementara di Indonesia fitur tombol laporkan yang merupakan salah satu fitur proyek ini belum tersedia jadi bisa dibilang negara kita belum terjamah proyek Google Owl ini.

Sumber: Cnnindonesia.com

Apa Itu Proyek Google Owl, Project Google Owl, Anti-Hoax Oleh Google, Algoritma Terbaru, Informasi Lengkap, Fakta Unik Seputar, Pengertian & Penjelasan
loading...

16 Responses to "Google Siap Memerangi Berita Hoax Dan Konten Negatif Dengan Proyek Google Owl"

  1. thanks gan infonya. baru tahu tentang proyek google owl

    BalasHapus
  2. google makin tajem juga nihh wah keren gan

    BalasHapus
  3. waduh artikel hoak bakalan di buang nih sama google.v

    BalasHapus
  4. bermanfaat sekali nih artikel jadi tambah wawasan, apalagi sekarang banyak berita hoax..

    BalasHapus
  5. mantab nih dengan begini pembuat berita hoax g bsa berkutik lagi

    BalasHapus
  6. Saya sangat setyuju dengan berita ini karena mengingat sosmed sekarang sudah terlalu banya berita hoax

    BalasHapus
  7. google makin jozz! btw thanks infonya gan, bermanfaat , menambah wawasan

    BalasHapus
  8. keren juga google sekarang, moga proyek ini bisa berjalan lancar biar berita berita hoax makin berkurang....

    BalasHapus
  9. thanks gann, ane baru tau kalo google ada proyek owl..

    BalasHapus
  10. Nah kan kalo gini saya kan jadi tenang, semoga cepat terwujud proyeknya google ini

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK