Lagu-Lagu Bertemakan Tentang Bullying Terbaik

loading...
bullying.jpg

Bullying adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Bullying bisa berupa tindakan lisan yaitu berupa penghinaan dan ancaman bisa juga berupa tindakan fisik seperti pemukulan atau penyiksaan. Tindakan bullying bisa terjadi dimana saja selagi ada interaksi antar manusia seperti tempat kerja, sekolah, rumah tangga dan lingkungan lainnya.

Namun, kebanyakan tindakan bullying terjadi antara pelajar disekolah. Biasanya murid yang memiliki kekurangan dan lugu akan menjadi korban bullying oleh sekelompok murid-murid yang sok keren. Para pelaku bullying biasanya melakukan aksinya beramai-ramai dengan komplotannya untuk menyudutkan si korban baik secara mental atau fisik.

Di Indonesia bullying memang masih jarang terdengar sebagai kasus besar karena sepengetahuan saya tindakan bullying yang dilakukan pelajar ke pelajar lain di Indonesia masih tidak terlalu parah. Tapi, di luar negeri contohnya Amerika Serikat tindakan bullying ini sudah banyak memakan korban. Kalau tidak percaya coba sobat cari di Google. Ada yang sampai bunuh diri karena tidak kuat selalu di bullying setiap hari oleh teman-temannya.

Bullying tanpa kita sadari merupakan tindakan yang sangat berbahaya dan tidak manusiawi. Si korban akan menderita secara fisik atau fsikologis bahkan bisa menimbulkan depresi dan stres.

Ternyata banyak loh lagu-lagu yang mengambil tema bullying. Beberapa bahkan dipopulerkan oleh penyanyi yang dulunya pernah di bullying semasa sekolah oleh teman-temannya.

Mungkin beberapa lagu dibawah tidak ditulis oleh penulisnya sebagai lagu bertemakan bullying tapi saya tetap memasukannya kedalam daftar ini karena menurut saya lagu tersebut sedikit menyinggung tentang bullying. Berikut daftar Lagu-Lagu Bertemakan Tentang Bullying Terbaik versi RegenciPedia:

(Daftar ini diurutkan menurut abjad a-z)

Adam's Song (Blink 182)
"Adam's Song" merupakan lagu Blink 182 yang masuk ke album Enema of the State. Lagu ini ditulis oleh Mark Hoppus dan gitaris serta vokalis Blink 182 saat itu, Tom DeLonge. Lagu ini sempat menduduki posisi 2 di US Hot Modern Rock Tracks.

Lirik "Adam's Song" menekankan pada depresi dan bunuh diri. Sempat beredar rumor jika Mark menulis lagu ini setelah menerima surat dari seorang remaja bernama Adam yang berniat untuk bunuh diri karena tak kuat menjadi korban bully oleh teman-temannya.Tapi rumor tetaplah rumor, Mark tidak memberikan konfirmasi kebenaran berita tersebut. Walaupun di Internet sempat beredar surat terakhir dari Adam sebelum melakukan tindakan bunuh diri tersebut. Coba sobat cari di Google penggalan surat Adam tersebut, baca yang sudah di translate pasti sobat sedih bacanya.

Pada 4 Mei 2000, lagu "Adam's Song" terseret pada sebuah kasus bunuh diri. Greg Barnes, seorang siswa Columbine High School mengakhiri hidupnya sambil memutar lagu "Adam's Song" berkali-kali. Diduga Barnes mengalami depresi karena dia menyaksikan teman baiknya terbunuh karena tertembak. Akhirnya setelah kasus itu Mark mengklarifikasi makna sebenarnya dari lagu bergenre alternative rock dan pop punk tersebut.

"Lagu ini adalah tentang diri Saya yang kesepian saat tur sebelum menemukan wanita yang Saya cintai. Memang lagu ini juga tentang depresi, namun seburuk-buruknya keadaan, pasti ada hal yang lebih baik di sisi lainnya. Pasti selalu ada harapan, dan Kamu bisa mengandalkan sahabatmu yang selalu ada untukmu dan sebagainya.” - Mark Hoppus

Disamping semua kontroversinya menurut saya lagu "Adam's Song" ini jelas bertemakan bullying. Fokus liriknya menceritakan bagaimana perihnya menjadi korban bullying.

Jangan heran kalau sobat tidak pernah melihat lagi Blink 182 memainkan lagu "Adam's Song" dalam setiap penampilan mereka karena Mark Hoppus sudah menyatakan menghapus lagu "Adam's Song" dari setlist live Blink 182.

Bully (Eminem)
Sobat tahu dengan rapper Eminem? Saya yakin sobat tahu dengan rapper kelahiran 17 Oktober 1972 ini. Eminem adalah salah satu rapper terbaik di dunia tapi tahukah sobat kalau ternyata masa kecil rapper yang terkenal dengan lirik lagunya yang sinis ini tidak mudah.

Rapper yang sempat bercita-cita menjadi komikus ini sudah ditinggal pergi ayahnya saat ia baru beberapa hari terlahir kedunia. Alhasil, ia pun hanya tinggal berdua bersama ibunya, Debbie Mathers-Briggs yang punya kebiasaan buruk minum-minuman keras dan meroko.

Debbie sempat beberapa kali terlihat mabuk di tempat kerja hingga membuatnya dipecat dan mencari pekerjaan lagi. Karena sering berpindah-pindah tempat kerja, Eminem pun juga harus ikut berpindah sekolah. Bahkan kabarnya Eminem sempat 10 kali pindah sekolah. Karena itulah ia sering jadi korban bullying di sekolah barunya, biasalah murid baru selalu ada aja yang gangguin. Bahkan Pernah Eminem kecil dihajar sampai tergeletak tak berdaya di tepian jalan. Sambil menangis, tak henti-hentinya dia meraung menahan sakit di bagian rusuk. Setelah diperiksa, cedera yang dideritanya lumayan parah, lima tulang rusuknya patah dan dia harus menjalani rawat inap setelah kondisinya baikan, selanjutnya ia tetep harus ikut program rawat jalan selama 5 bulan.

Masa kecilnya itu sepertinya membuat Eminem ingin mengeluarkan lagu bertemakan Bully dan akhirnya pada album EP Straight from the Lab Eminem mengeluarkan lagu berjudul "Bully". Saya tadi bilang di atas kalau rapper yang satu ini terkenal dengan liriknya yang sinis, yah lagu "Bully" yang satu ini berbeda dengan lagu-lagu bertemakan bully yang lain. Liriknya tidak menggambarkan kesedihan melainkan malah seperti menyampaikan bagaimana puasnya Eminem dengan kesuksesannya dan melihat orang-orang yang membullynya dulu sekarang berada dibawahnya. Walaupun terkesan negatif tapi pelajaran yang bisa diambil dari lagu ini adalah cara terbaik untuk membalas orang-orang yang membully sobat dulu adalah dengan kesuksesan dan prestasi.

Bully (Shinedown)
"Bully" adalah single utama di album Amaryllis milik Shinedown dan dirilis pada tanggal 3 Januari 2013. Lagu yang bergenre hard rock dan alternative metal ini sempat berhasil menduduki posisi 1 di US Mainstream Rock.

Sang vokalis Shinedown, Brent Smith pada Rolling Stone sempat mengatakan makna lagu ini. "Bully" bermakna tentang bagaimana seseorang bertahan ketika orang-orang ingin menjatuhkannya.

Lagu yang sangat memotivasi dengan lirik dan aransemen musiknya. Meskipun Shinedown membawakannya dengan keras tapi tak dapat dipungkiri "Bully" masih lah lagu kemanusiaan yang penuh makna.

Firework (Katy Perry)
Aslinya lagu "Firework" ini lebih condong sebagai lagu penyemangat. Tapi saya rasa lagu yang masuk ke album Teenage Dream ini tetap layak disebut lagu bertemakan bullying lebih tepatnya lagu penyemangat untuk para korban bullying.

Diawal lagu Katy Perry menggambarkan keadaan manusia yang sangat terpuruk. Seperti kantong plastik kosong yang tertiup angin, seperti rumah dari selembar kertas tipis yang bisa runtuh oleh satu tiupan, seperti terkubur sedalam enam kaki dan berteriak tapi tak ada yang mendengarkan. Seperti itulah gambaran manusia yang sedang terpuruk menurut Katy Perry dalam lagu "Firework".

Tapi, Katy Perry memberikan semangat di bagian chorusnya. Kita adalah kembang api yang bersinar terang, kita hanya membutuhkan percikan api (semangat) untuk menyalakannya. Lagu ini cocok untuk lagu penyemangat buat sobat yang pernah jadi korban bullying.

Fuckin Perfect (Pink)
Lagu yang ditulis oleh Pink, Max Martin dan Shellback ini memang memiliki judul yang sedikit vulgar, "Fuckin Perfect". Bahkan karena di anggap terlalu vulgar judul lagu ini dibuat clean versionya dengan judul "Perfect".

Lagu ini menceritakan tentang perjuangan hidup. Sobat akan lebih memahami maknanya jika sambil menonton video klipnya. Video clip "Fuckin Perfect" disutradarai oleh Dave Meyers. Di awal memang kita disuguhkan adegan seorang lelaki dan wanita yang melakukan ML (Making Love) tapi tenang saja itu hanya sebentar. Dengan awal yang negatif dan judul yang juga vulgar mungkin sobat akan menganggap video klip ini tak bermutu tapi tahan dulu argumennya sebelum sobat menontonnya sampai selesai.

Di awali adegan ML, video klip ini sebenarnya cukup mengharukan. Menceritakan tentang kisah hidup seorang wanita yang penuh cobaan dari mulai di campakan, tidak pernah dimengerti orang lain dan selalu disalahkan. Yah, mirip seperti apa yang dirasakan seorang korban bullying. Jadi, kalau sobat adalah korban bullying pasti akan mudah meresapi makna lagu dan video klip "Fuckin Perfect" ini.

Hopefull (Bars & Melody)
Saat saya menonton video klipnya jujur saja saya kurang suka, karena terlalu banyak joged-joged nya yang gak jelas seperti boyband-boyband alay korea. Tapi, kita kesampingkan dulu video klipnya. Faktanya "Hopefull" adalah lagu bertemakan bullying yang sangat indah.

Lagu ini dibawakan pertama kali oleh duo grup Bars & Melody di ajang Britain's Got Talent 2014. Barulah setelah berhasil menjadi juara ke-3 di ajang tersebut duo grup yang beranggotakan Leondre Devries dan Charlie Lenehan ini merilis "Hopefull" sebagai debut single mereka. Lagu ini sempat menduduki posisi 5 di UK Singles.

Kabarnya, "Hopefull" merupakan curahan hati sang rapper cilik Leondre Devries yang pernah dibully. Liriknya menggambarkan bagaimana menderitanya seorang anak kecil yang menjadi korban bully, ketakutan ketika berangkat sekolah, disebut bodoh dan pecundang disekolah, ingin berbicara kepada ibunya namun ia tidak berani.

Lagu ini memang didedikasikan Bars & Melody sebagai lagu anti-bullying. Lagu "Hopefull" ini memberikan motivasi kepada korban bullying agar tetap semangat menjalani hari dan terus percaya kalau harapan itu masih ada.

I'm Not Your Suicide (Michael Sweet)
"I'm Not Your Suicide" adalah lagu kelima di album keenam Michael Sweet yang juga berjudul I'm Not Your Suicide. Michael dan label Big3 Records menyumbangkan sebagian pendapatan dari hasil penjualan lagu ini kepada Childhelp Foundation. Childhelp Foundation sendiri adalah organisasi kemanusiaan yang berdedikasi kepada penanganan dan pencegahan penganiayaan anak. Michael terasa terdorong untuk memberikan bantuan kepada organisasi tersebut setelah mengetahui bahwa hampir setengah dari semua anak-anak yang telah mengalami penganiayaan dan pelecehan mempertimbangkan untuk bunuh diri.

Lagu yang luar biasa dengan liriknya yang menyentuh meskipun dibawakan dengan genre rock. Entah perasaan saya saja atau memang faktanya begitu, lagu-lagu bermakna justru lebih banyak muncul dari lagu dengan musik keras alias rock seperti lagu ini. Lagu ini menurut saya termasuk lagu bertemakan bullying karena diperuntukkan untuk membangkitkan semangat anak-anak yang sedang mengalami penderitaan dan kita tahu menjadi korban tindakan bullying termasuk penderitaan.

Johnny (Craig David)
Sama seperti Eminem, Craig David juga pernah menjadi korban bullying saat masa sekolahnya. Akhirnya, penyanyi dengan nama lengkap Craig Ashley David tersebut menuangkan memori sedihnya dalam sebuah lagu berjudul "Johnny".

Lirik lagu yang masuk ke album The Story Goes... ini benar-benar menyedihkan. Menceritakan seorang yang selalu dibully oleh teman-temannya bahkan sampai dipukuli namun tak ada yang peduli padanya. Ia justru selalu disalahkan atas apa yang tidak ia lakukan.

Dilihat dari liriknya sepertinya Johnny yang dijadikan judulnya di lagu ini bukan anak yang dibully justru yang membully. Sumpah, ini lagu benar-benar menyedihkan bahkan saya yang tidak pernah menjadi korban bullying pun merasa sedih mendengar lagu ini apalagi jika sobat yang pernah mengalami tindakan bullying pasti meneteskan air mata mendengar lagu ini.

Make It Stop/September's Children (Rise Against)
Lagu yang benar-benar keren. Coba tonton video klipnya, pasti sobat akan suka. Dengan musik punk rock lagu "Make It Stop" ini menyuguhkan video klip yang penuh makna dan memberikan kita gambaran bagaimana berbahayanya tindakan bullying untuk masa depan seseorang.

Sebenarnya ada satu hal yang saya tidak suka dari lagu ini. Lagu yang dirilis pada tanggal 30 Mei 2011 ini menjadi bagian dari It Gets Better Project, yaitu sebuah gerakan yang mendukung LGBT.

Kesampingkan dahulu masalah itu. Lagu ini benar-benar keren dengan lirik yang terkesan agak puitis. Fokus utamanya adalah menekankan toleransi antara manusia.

Mean (Taylor Swift)
Taylor Swift dulu sering dibully ketika masa sekolahnya karena rambutnya yang keriting dan selera musiknya (country) yang dianggap aneh oleh teman-temannya. Tapi, Taylor Swift tetap tampil dengan gayanya sendiri walaupun terus menerus dibully dan hasilnya sekarang genre musik yang dianggap aneh oleh teman-temannya lah yang membesarkan nama Taylor Swift hingga sesukses sekarang ini.

Dalam lagu "Mean" ini Taylor ingin menyampaikan motivasi kepada remaja-remaja yang sering dibully oleh teman-temanya karena berani beda. Abaikan omong kosong para pembully dan tetap fokus memikirkan masa dapan karena cara membalas para pembully adalah dengan kesuksesan, itulah pesan yang disampaikan lagu ini.

Untuk kalian para pembully berhentilah membully karena kalian akan malu sendiri ketika orang yang kalian sebut si bodoh, si culun dan si kutu buku nantinya lebih sukses dari kalian.

Mean Girls (Rachel Crow)
Rachel Crow adalah penyanyi jebolan The X Factor USA. Walaupun hanya menjadi juara 5 tapi tak bisa dipungkiri suara wanita yang lahir pada tanggal 23 Januari 1998 ini benar-benar indah dan menakjubkan.

"Mean Girls" adalah single debut Rachel Crow. "Mean Girls" adalah lagu bullying yang sangat cocok untuk didengar oleh para wanita korban bullying. Lirik lagu "Mean Girls" sangat jelas menggambarkan bagaimana menderitanya wanita yang dibully karena berbeda atau memiliki kekurangan. Bagian chorus lagu ini berisi dorongan motivasi untuk para korban bullying agar tidak membiarkan para korban bullying terus menerus berbuat seenaknya.

Video klip lagu "Mean Girls" juga sangat bagus. Diawali curahan hati para korban bullying lalu dilanjutkan dengan beberapa adegan pembullyan yang menyayat hati. Adegan pembullyan di video klip ini kebanyakan hanya berupa tindakan lisan tapi tetap saja sakitnya tak kalah dengan tindakan fisik.

No Money (Galantis)
Sekilas lagu yang dirilis pada 31 Maret 2016 ini sepertinya tidak bertemakan tentang bullying. Mungkin karena genrenya yang EDM dan video klipnya pun tidak berbau bullying sama sekali. Tapi, coba perhatikan lirik lagu "No Money" dari Galantis ini. Kalau perlu terjemahkan di Google Translate biar jelas.

Liriknya menceritakan tindakan bullying berupa pemalakan. Dengan musik EDM yang ceria tentunya lagu ini cocok untuk sobat yang pernah atau sekarang masih sering mengalami pemalakan disekolah. Lagu yang memotivasi dengan musik yang asik buat joged.

Shake It Off (Taylor Swift)
Selain lagu "Mean", Taylor Swift masih punya lagu bertemakan bullying lainnya yaitu "Shake It Off". Lagu yang ditulis oleh Taylor Swift, Max Martin dan Shellback ini berhasil menduduki posisi 1 di US Billboard Hot 100 dan posisi 2 di UK Singles. Lagu ini sangat populer dan saya yakin sobat tahu lagu ini.

Taylor Swift membuat lagu ini khusus untuk para haters yang sering membullyinya. Taylor Swift menggambarkan haters di lagu ini sebagai orang yang hanya bisa melihat keburukannya saja tapi tak bisa atau lebih tepatnya tak mau melihat sisi baiknya. Yah, mirip para pembully yang hanya bisa menilai keburukan seseorang tanpa mereka sadari orang yang mereka bully bisa saja lebih baik dari mereka.

Tapi, berita tidak mengenakan sempat menghampiri lagu yang dirilis pada 18 Agustus 2014 ini. Kabarnya Taylor Swift sempat digugat Rp. 570 Miliar karena beberapa lirik di lagu "Shake It Off" mirip dengan lirik lagu milik Jesse Graham. Saya tidak tahu bagaimana kelanjutan kasus tersebut.

Skyscraper (Demi Lovato)
Selain Taylor Swift ternyata Demi Lovato juga pernah menjadi korban bullying disekolahnya sampai-sampai ia memutuskan untuk homeschooling. Penyanyi yang menjadi pengisi suara karakter Smurfette di film Smurfs: The Lost Village ini sepertinya sangat menentang tindakan bullying. Demi Lovato diketahui pernah menjadi juru bicara untuk organisasi anti-bullying, PACER.

Lagu Demi Lovato yang bisa dibilang bertemakan bullying adalah "Skyscraper". Lagu yang ditulis Toby Gad, Lindy Robbins dan Kerli Kรตiv memiliki lirik yang luar bisa indah dan memotivasi. Demi Lovato membawakan lagu ini dengan penuh penghayatan mungkin karena ia tahu bagaimana rasanya di bully.

" You can take everything I have
You can break everything I am
Like I'm made of glass
Like I'm made of paper
Go on and try to tear me down
I will be rising from the ground
Like a skyscraper
Like a skyscraper"

Di atas adalah lirik di bagian chorus lagu "Skyscraper". Memberikan motivasi untuk para korban bullying. Untuk sobat yang sering menjadi korban bullying percayalah walaupun mereka para pembully terus menyakiti sobat hingga membuat sobat berada di titik terendah tapi percayalah sobat bisa bangkit dari titik terendah tersebut dan nantinya berdiri kokoh seperti Skyscraper (Gedung Pencakar Langit).

Sunrise (Our Last Night)
"Sunrise" adalah lagu milik band Post-Hardcore asal Amerika Serikat, Our Last Night. Bersama lagu Same Old War, lagu ini masuk ke album EP mereka yang dirilis tahun 2013, Oak Island. Lagu ini merupakan salah satu lagu favorit saya.

Our Last Night membuat lagu ini sebagai lagu anti bullying untuk gerakan Anti Bullying yang mereka ikuti. Benar-benar lagu kemanusiaan yang memotivasi. Dengan pembawannya yang tidak "lembek" membuat lagi ini menjadi lagu penyamangat yang sempurna.

Video klipnya yang dirilis pada 7 Januari 2014 semakin memperjelas akan makna anti bullying lagu ini. Diperlihatkan seorang pemuda yang sedang menulis di sebuah ruangan yang gelap lalu datanglah beberapa orang berjubah hitam yang mulai mengganggunya. Setelah terus menerus di ganggu dan si pemuda hampir putus asa lalu ada sebuah tangan yang menariknya dan ia pun berlari ke arah matahari terbit. Lagu ini ditutup dengan sebuah kalimat manis.

"From time to time, there arise among human beings, people, who seem to exude love, as naturally as the sun gives out heat."

Intinya, pesan dari lagu ini untuk para korban bullying adalah jangan pernah menyerah, jangan pernah berkecil hati, jangan pernah merasa malu dengan kekurangan yang sobat miliki dan terutama jangan pernah berhenti untuk meraih mimpi karena di dunia ini semua orang punya hak yang sama untuk hidup bahagia.

Lagu ini terbukti pernah membuat semangat saya bangkit saat saya dalam keadaan terpuruk. Coba kalian tonton versi akustiknya di Youtube gak kalah kerennya sama yang versi full band nya.

Baca juga: Lagu-Lagu Terbaik Dari Our Last Night

Titanium (David Guetta Ft. SIA)
"Titanium" dirilis pada 9 Desember 2011 dan ditulis oleh David Guetta, SIA, Afrojack dan Giorgio Tuinfort. Lagu yang masuk ke album Nothing but the Beat ini sempat menduduki posisi 4 di UK Single.

Sebuah lagu EDM yang penuh makna. Judulnya mungkin terdengar asing. Yah, "Titanium", apa sebenarnya titanium itu? Titanium adalah sebuah unsur kimia jadi mungkin buat sobat yang sekolahnya ngambil jurusan IPA tidak asing dengan nama titanium. Berhubung saya ngambil jurusan IPS jadi saya tidak tahu banyak apa itu titanium. Menurut info yang saya dapat dari Si Mbah Google titanium adalah sebuah unsur kimia yang sangat kuat. Titanium itu sama kuatnya dengan baja namun 60% lebih ringan serta juga tahan suhu tinggi dan tahan korosi. Kebayangkan gimana tahan bantingnya titanium.

Lagu "Titanium" ini memotivasi orang-orang agar bisa sekuat titanium dalam menghadapi masalah-masalahnya. Untuk para korban bullying, lagu "Titanium" ini sangat cocok sebagai lagu penyemangat disaat semangat lagi ngedrop akibat ulah para pembully. Apalagi musiknya yang EDM plus suara khas SIA membuat lagu ini benar-benar unik dan menarik.

True Colors (Artist Against Bullying)
"True Colors" adalah lagu dari sekumpulan penyanyi Kanada yang tergabung dalam Artist Against Bullying. Sekumpulan penyanyi Kanada tersebut adalah Lights, Pierre Bouvier (vokalis Simple Plan), Jacob Hoggard (vokalis Hedley), Fefe Dobson, Kardinal Offishall, Alyssa Reid dan Walk Off the Earth.

"True Colors" dirilis setelah terjadinya aksi bunuh diri yang dilakukan seorang wanita bernama Amanda Todd. Ia disinyalir melakukan tindakan tersebut karena tak kuat selalu di bullying. Sebelum mengakhiri hidupnya, ia sempat mengupload sebuah video ke Youtube. Video tersebut berisi curahan hati Amanda tentang hidupnya yang menderita karena bullying, ia menuliskannya dalam selembaran kertas yang ia tunjukan satu persatu. Jika sobat ingin menontonnya silahkan klik Di Sini.

Lagu ini memiliki makna yang mendalam. "True Colors" memberikan motivasi dan dukungan untuk para korban bullying agar tetap tegar. Jangan pernah menjadi orang lain hanya karena ingin terhindar dari bullying, jangan pernah malu untuk menjadi diri sendiri dan percayalah sobat bisa lebih baik dari para pembully. Lagu yang indah dengan suara-suara yang indah dan tentunya pesan yang indah pula.

Welcome to My Life (Simple Plan)
"Welcome to My Life" dirilis pada tanggal 14 September 2004 dan masuk ke album Still Not Getting Any... yang merupakan album studio kedua mereka. Di chart Canada, lagu yang bergenre pop punk dan alternative rock ini berhasil menduduki posisi 1 sementara di US Billboard Hot 100 menduduki posisi 40.

Lagu ini merupakan salah satu lagu favorit saya bukan hanya karena enak didengar tapi juga karena lagu ini liriknya menyinggung tentang bullying. Lagu "Welcome to My Life" ini menceritakan tentang seseorang yang sedang frustasi dan tidak ada yang mengerti dengan keadaanya. Simple Plan memang tak pernah menyebutkan kalau lagu ini bertemakan bullying tapi sobat pasti setuju kalau lagu ini tentang bullying jika liriknya ditela'ah lebih jauh. Hampir seluruh bagian liriknya menggambarkan bagaimana menderitanya orang yang diacuhkan orang-orang disekitarnya. Jika sobat adalah korban bullying pasti mudah meresapi makna disetiap bait lirik lagu yang ditulis oleh Pierre Bouvier dan Chuck Comeau ini.

Baca juga: Lagu-Lagu Terbaik Dari Simple Plan

When She Cries (Britt Nicole)
"When She Cries" masuk ke album debut Britt Nicole, Say It. Lagu yang berdurasi 3 menit 13 detik ini memiliki kekuatan dari segi lirik.

Lirik "When She Cries" menceritakan seorang gadis yang selalu tersakiti. Setiap hari ia harus berjuang, harus tersakiti dan harus bersembunyi. Lagu ini memang menceritakan penderitaan seorang korban bullying tapi ada bagian lirik "When She Cries" yang memberikan motivasi untuk para korban bullying.

"This is the dark before the dawn
The storm before the peace
Don't be afraid cause seasons change
And God is watching over you
He hears you"

Selalu ada penderitaan sebelum kebahagiaan, percayalah penderitaan akan berganti dengan kebahagaiaan. Meskipun tidak ada orang yang memperdulikan sobat tapi ingatlah Tuhan selalu memperhatikan sobat dan Ia mendengar tangisan sobat. Yah, itulah amanat yang saya tangkap dari penggalan lirik lagu "When She Cries" yang memotivasi tersebut.

You Want a Battle/Here's a War (Bullet for My Valentine)
Jika sobat mencari lagu bertemakan tentang bullying dari genre metal maka "You Want a Battle" lah jawabannya. Lagu dari Bullet for My Valentine ini lebih keras dari lagu "Sunrise" nya Our Last Night yang telah saya bahas diatas, bahkan screamnya lebih "meraung" di lagu ini.

Video klipnya bercerita tentang seorang wanita dan putrinya yang kerap kali disiksa suaminya. Akhirnya, si wanita dan putrinya berencana membalas dendam dengan memberikan obat tidur pada minuman si suami dan diujung video terlihat mereka berdua akan membakar si suami. Memang agak sadis sih. Video klip ini memperlihatkan kalau tindakan bullying juga bisa terjadi dilingkungan keluarga.

Buat para korban bullying yang ingin melakukan perlawanan terhadap para pembully coba deh dengerin lagu ini sebagai pembakar semangat. Dengan musiknya yang metal dan screamnya yang keren pasti mampu melecut semangat sobat untuk melawan para pembully.

(Daftar ini akan terus diperbaharui/diupdate seiring dengan terus bermunculannya lagu-lagu bertemakan tentang bullying)

Itulah daftar Lagu-Lagu Bertemakan Tentang Bullying Terbaik versi RegenciPedia. Walaupun hanya sebuah lagu tapi saya yakin bisa memotivasi sobat yang menjadi korban bullying untuk tetap tegar menghadapi kerasnya hidup ini. Sebenarnya banyak sekali lagu bertemakan bullying tapi hanya lagu-lagu diatas yang menurut saya terbaik dan cocok ditelinga saya. Untuk daftar lengkap lagu-lagu bertemakan tentang bullying bisa sobat simak dibawah!

Fighter (Christina Aguilera)
Piece of Me (Britney Spears)
Flawless (Beyonce)
Who's Laughing Now (Jessie J)
I'll Show You (Justin Bieber)
You Need Me, I Don't Need You (Ed Sheeran)
Don't Laugh at Me (Mark Willis)
Beautiful (Christina Aguilera)
Born This Way (Lady Gaga)
Purple Sky (Greyson Chance)
You Had to Pick on Me (Matt Kennon)
Hey Bully (Morgan Frazier)
They Don't Understand (Sawyer Brown)
Stupid Boy (Keith Urban)
Nothin Grow in Shadows (Jake Owen)
How Do You Like Me Now?! (Toby Keith)
Coward of the Country (Kenny Rogers)
One of These Days (Tim McGraw)
Hate on Me (Jill Scott)
Hero (Superchick)
Jeremy (Pearl Jam)
I Saw It (Barenaked Ladies)
Free Your Mind (En Vogue)
Loser Like Me (Glee)
Outcast (Kerrie Roberts)
Dare to Be Different (Rachel Lynn)
H.A.T.E.U (Mariah Carey)
Born to Be Somebody (Justin Bieber)
Fly (Hilary Duff)
Savin Me (Nickelback)
Haters (Hilary Duff)
Don't You Just Hate Those People? (Jennette McCurdy)
Shame, Shame, Shame (Shirley & Company)
Dem Haters (Rihanna)
Shake Them Haters Off (Kelly Rowland)
Thoughtless (Korn)
Andrew (Bowling for Soup)
Bully (Three Days Grace)
Come Down to Us (Burial)
Disappear (Bullet for My Valentine)
Disasterpiece (Slipknot)
Douchebag (Limp Bizkit)
Drift (Emily Osment)
Elephant (Tame Impals)
Faget (Korn)
Ghost (Jake Miller)
I'm a Monster (Ours)
Insecurity (Jason Dunn)
Invisible (Hunter Hayes)
Its the Hard Knock Life (Cast of Annie)
Just Keep Breathing (We the Kings)
Leave (Michael W. Smith)
Live Like a Warrior (Matisyahu)
Making Plans for Nigel (XTC)
No Love (Eminem)
Nothin But Time (Cat Power)
Nothing to Lose (Billy Talent)
Screaming (James Durbin)
Sea Creatures (SOAK)
Shade (Silverchair)
Sierra (Maddie & Tae)
Sigourney Weaver (John Grant)
St. Joe on the School Bus (Marcy Playground)
Stand Tall (Lauren Irwin)
Stole (Kelly Rowland)
Suburban Smell (The Districts)
They Want My Soul (Spoon)
Ungrateful (Escape the Fate)
Version of Me (Melanie C)
Waking the Demon (Bullet for My Valentine)
We Are Golden (Mika)
We Were Children (Tribes)
Baseball Cap (Faithless)
Don't Jump (Tokio Hotel)
Why's Everybody Always Pickin' on Me (Bloodhound Gang)
Who Says (Selena Gomez)
Hello (Evanescence)

Saya harap dengan artikel ini membuat sobat yang menjadi korban bullying bisa lebih kuat dan tabah menghadapi cobaan-cobaan yang sobat jalani. Terus melangkah jangan dengarkan omong kosong para pembully, buat kesuksesan sobat menjadi pembalasan untuk mereka para pembully.

Sumber referensi: Cewekbanget.grid.id, Dagelan.co, Gadis.co.id, Tehhangatyanti.blogspot.com, Tasteofcountry.com, Buzzle.com, Songfacts.com, Nobullying.com, Rauraur.com

Tags: Lagu Anti-Bullying, Song About Bullying The Best Of The Best, Lagu Yang Bercerita, Makna Lagu, Fakta Unik, Informasi Lengkap, Berita & Kabar, Lagu Penyemangat Motivasi Korban, Terlengkap, Terbaru, Terupdate, Terkeren, Paling, Musik Music Video Clip
loading...

17 Responses to "Lagu-Lagu Bertemakan Tentang Bullying Terbaik"

  1. wah cocok nih buat yg dibully wkwkwk

    BalasHapus
  2. thanks artikelnya, akhirnya jadi referensi lagu untuk disownload.. Hihi

    BalasHapus
  3. Welcome to my life is favorite song..

    BalasHapus
  4. Bullying kerap terkadi masyarakat maupun dikalangan pelajar,,mungkin lagu ini bisa dijadikan sebagai penenang kali ya

    BalasHapus
  5. wah lagunya bener banget tuh, ngena banget hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kang,ane dari tadi dengerin musiknya juga hehee ngenaa..

      Hapus
    2. Sama kang,ane dari tadi dengerin musiknya juga hehee ngenaa..

      Hapus
  6. artikelnya komplit baget keren, tp ngeri juga kalo dibully ya

    BalasHapus
  7. Wah Mantep nih lagu - lagunya gan. enjoy banget ngetik sambil dengerin lagu - lagu hits ini

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Ada yang pop ada yang rock. Macam2 koq Tapi kalau dangdut gak ada. Hehe

      Hapus
  9. skyscraper is one of my favorite๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    Naissss info๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  10. lagunya kesukaan saya tau aja nieh bg :v .. Terus lanjut yah :)

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK