Kisah Misteri Lagu Sephia Dari Sheila On 7

loading...
kisah-misteri-lagu-sephia-dari-sheila-on-7.jpg

Untuk sobat yang remaja di akhir tahun 90-an atau awal 2000-an pasti sudah tak asing dengan grup band asal Yogyakarta, Sheila On 7 (SO7). Pada masanya band yang beranggotakan Duta (vokal), Eross (gitar), Adam (bass) dan Brian (drum) ini sangat berjaya bahkan ketenaran band yang satu ini sampai ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Kalau tidak percaya coba sobat cek komentar-komentar video klip mereka di Youtube, ada banyak orang Malaysia yang berkomentar.

Lagu-lagu SO7 memang tak pernah lekang di makan zaman walaupun terus bermunculan band-band baru. SO7 sudah sangat pantas disebut grup band legend di tanah air. Band ini sudah menjadi band favorit saya sejak saya SD, lagu-lagunya seperti "Yang Terlewatkan", "Mudah Saja", "Pejantan Tangguh", "Sebuah Kisah Klasik" dan lagu hits mereka lainnya tak pernah absen dari playlist ponsel saya.

Kali ini saya akan mencoba membahas misteri yang ada di balik salah satu lagu dari band berjuluk band sejuta copy tersebut, yaitu lagu "Sephia".

Baca juga: Lagu - Lagu Terbaik Dari Sheila On 7

Memangnya ada apa sih dengan lagu "Sephia"? Sebelum saya membahas misteri di balik lagu tersebut silahkan sobat simak terlebih dahulu video klip lagu "Sephia" dibawah ini yang saya ambil dari Youtube!


Lirik Lagu "Sephia"
Hey, Sephia
Malam ini ku takkan datang
Mencoba 'tuk berpaling sayang
Dari cintamu
Hey, Sephia
Malam ini ku takkan pulang
Tak usah kau mencari aku
Demi cintamu

Hadapilah ini
Kisah kita takkan abadi

Slamat tidur kekasih gelapku
Oh Sephia?
Smoga cepat kau lupakan aku
Kekasih sejatimu takkan pernah sanggup untuk melupakanmu
Slamat tinggal kasih tak terungkap
Oh Sephia?
Smoga kau lupakan aku cepat
Kekasih sejatimu takkan pernah sanggup untuk meninggalkanmu

Hey, Sephia
Jangan pernah panggil namaku
Bila kita bertemu lagi di lain hari

Hadapilah ini
Kisah kita takkan abadi

Slamat tidur kekasih gelapku
Oh Sephia?
Smoga cepat kau lupakan aku
Kekasih sejatimu takkan pernah sanggup untuk melupakanmu
Slamat tinggal kasih tak terungkap
Oh Sephia?
Smoga kau lupakan aku cepat
Kekasih sejatimu takkan pernah sanggup untuk meninggalkanmu

Sebenarnya mudah untuk mengetahui makna dari lagu ciptaan Eross Candra ini karena dari liriknya saja sudah jelas tergambar tentang apa lagu ini. Lagu yang masuk ke album "Kisah Klasik Untuk Masa Depan" ini menceritakan tentang seorang lelaki yang punya kekasih gelap alias selingkuhan bernama Sephia. Si lelaki tersebut ingin memutuskan hubungannya dengan Sephia karena si lelaki merasa itu yang terbaik untuk semuanya.

Sebenarnya tidak ada yang aneh dengan video klip, lirik ataupun makna dari lagu ini. Lalu dimana letak misterinya? Letaknya ada pada latar belakang penciptaan lagu ini oleh Eross.

Eross memang mengatakan kalau lagu ini berdasarkan pengalamannya sendiri tapi sobat salah besar jika menganggap kalau sephia dalam lagu ini adalah kekasih gelap Eross. Ini dia misteri latar belakang terciptanya lagu "Sephia".

Cerita Misteri Latar Belakang Terciptanya Lagu "Sephia"

Malam itu Eross seperti biasanya sedang memainkan gitar dan menulis beberapa bait lagu sampai tiba-tiba telepon rumahnya berdering memecah konsentrasinya. Saat di angkat ternyata yang menelepon adalah seorang wanita bernama Sephia, Eross awalnya kebingungan karena ia tak mengenal seorang wanita bernama Sephia.

Sephia mengaku jika dirinya adalah fans SO7. Eross pun bertanya dari mana ia mendapatkan nomor teleponnya dan dari mana ia menelepon. Sephia mengatakan kalau ia mendapatkan nomor Eross dari salah seorang fans SO7 lainnya dan ia juga mengatakan kalau ia menelepon dari telepon umum yang ada di depan rumah Eross. Karena penasaran Eross pun mengecek telepon umum yang ada di depan rumahnya, disinilah kejadian janggal bermula. Setelah Eross mengecek telepon umum di depan rumahnya ternyata tidak ada siapa-siapa disana. Tapi, ia melihat gagang telepon menggantung seperti telah ada yang menggunakannya sebelumnya. Dalam versi yang lebih seram ada yang mengatakan Eross melihat gagang telepon tersebut melayang-layang sendiri seperti ada yang menggunakan.

Setelah kejadian misterius di malam itu, Eross masih penasaran siapa sebenarnya sosok Sephia. Eross pun mencari informasi dan bertanya-tanya pada para fans dan akhirnya Eross berhasil menemukan alamat rumah seorang wanita bernama Sephia. Setelah mendatangi rumah yang dimaksud ternyata benar itu rumah Sephia dan orang tua Sephia pun mempersilahkan Eross untuk masuk. Eross pun menceritakan kejadian misterius pada malam itu kepada orang tua Sephia, orang tua Sephia justru kaget dan sedih mendengar cerita Eross. Orang tua Sephia akhirnya mengatakan kalau ternyata Sephia sudah meninggal beberapa bulan yang lalu dalam sebuah kecelakaan saat akan menonton konser SO7. Kemudian Eross diajak oleh orang tua sephia ke kamar Sephia, disana tertempel begitu banyak poster-poster SO7.

Lalu, siapa yang menelepon Eross pada malam itu? Apakah arwah Sephia atau hanya kerjaan orang iseng saja? Sampai sekarang itu masih menjadi tanda tanya.

Setelah mendengar penuturan orang tua Sephia, Eross pergi ke makam Sephia ditemani orang tua Sephia. Disana Eross memanjatkan do'a untuk ketenangan salah satu fans berat SO7 tersebut.

Karena kejadian itu, Eross akhirnya menciptakan lagu yang berjudul "Sephia" dengan maksud untuk memberikan penghormatan dan kenangan untuk arwah Sephia di alam sana. Dan Eross pun lantas membuat tulisan “I LOVE SEPHIA” dibelakang gitar kesayangannya dan selalu ditunjukkan kepada penonton disetiap akhir lagu "Sephia" pada tiap-tiap konser SO7.

Selain cerita di atas saya juga pernah membaca versi berbeda dari misteri latar belakang terciptanya lagu "Sephia".

Diceritakan ada seorang lelaki yang menghubungi Eross untuk dibuatkan sebuah lagu. Awalnya Eross tidak memperdulikannya tapi karena terus menerus menghubungi akhirnya Eross membuat sebuah lagu sesuai permintaan si lelaki yang tidak lain dan tidak bukan adalah lagu "Sephia".

Baca juga: Kisah Misteri Lagu Tinggal Kenangan

Setelah selesai, Eross memutuskan untuk datang langsung ke rumah si lelaki dengan maksud menyerahkan lagu tersebut. Alangkah terkejutnya Eross ternyata si lelaki yang dimaksud sudah meninggal beberapa bulan yang lalu karena kecelakaan. Walaupun merasa aneh, Eross dan SO7 memutuskan tetap mempopulerkan lagu tersebut.

Yah, misteri tetaplah misteri. Apakah cerita-cerita misteri tentang latar belakang terciptanya lagu "Sephia" itu benar adanya atau tidak, saya juga tidak tahu pasti. Silahkan tanya langsung pada Eross untuk detail lengkap ceritanya karena saya hanya merangkum cerita dari sekian banyak situs yang membahas misteri lagu "Sephia".

Situs referensi: nyindir.com, kompasiana.com, kumpulanmisteri.com

Tags: Kisah Cerita Misteri Dari Latar Belakang Lagu Sephia Ciptaan Eross Sheila On 7, Kontroversi, Makna & Arti, Lirik, Video Klip, Musik, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Mistis
loading...

11 Responses to "Kisah Misteri Lagu Sephia Dari Sheila On 7"

  1. wah ternyata ada misteri di balik lagu nya ya, makasi info nya gan

    BalasHapus
  2. ternyata gini, pantes deh. thanks gan infonya. btw sheilageng juga gak nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan sih, cuman suka aja sama-sama lagu-lagu mereka.

      Hapus
  3. Nih lagu sering saya dengerin. Saya gak tau ternyata ada mesterinya wkwkwk

    BalasHapus
  4. keren nih artikel detail banget materinya, good job gan

    BalasHapus
  5. lagu favorit gue pas masih sd nih haha. emang sih pernah denger2 misteri lagu sepia cuma yah namanya anak kecil waktu dulu masih blm paham haha. sama kayak lagunya yg jangan kau pergi meninggalkan diriku.

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK