Lagu-Lagu Terbaik Dari Green Day

loading...
green-day.jpg

Lagu-Lagu Terbaik Dari Green Day - Green Day adalah sebuah band punk rock asal California, USA yang dibentuk pada tahun 1986. Sebelum dikenal luas dengan nama Green Day, band yang membangkitkan kembali genre punk rock ini sempat menggunakan nama Sweet Children. Nama Green Day baru digunakan sebelum mereka merilis mini album "1,000 Hours" tepatnya pada tahun 1989. Mereka memutuskan mengubah nama band karena saat itu ada sebuah band lokal yang memiliki nama hampir sama yaitu Sweet Baby.

Saat ini Green Day beranggotakan 3 orang yaitu Billie Joe Armstrong (vokal, gitar, piano & harmonika), Mike Dirnt (bass & backing vokal) dan Tré Cool (drum, perkusi & backing vokal). Sementara untuk jajaran mantan anggotanya ada Raj Punjabi, Sean Hughes, John Kiffmeyer, Aaron Cometbus dan Dave "E.C." Henwood.

Green Day berhasil mendapatkan kejayaannya ketika mereka merilis album studio ketiga mereka yang berjudul "Dookie". Album yang dirilis pada tanggal 1 Februari 1994 tersebut berhasil terjual sebanyak 10 juta kopi di Amerika Serikat. Sayangnya 3 album Green Day selanjutnya tak menuai kesuksesan seperti "Dookie". Album "Insomniac", "Nimrod" dan "Warning" memang tak bisa sepenuhnya disebut gagal karena faktanya album "Insomniac" dan "Nimrod" berhasil mendapatkan platinum status sementara "Warning" mendapatkan gold status. Tapi, tetap saja ketiga album tersebut tak bisa membawa Green Day kepuncak kejayaan seperti album "Dookie" dulu.

Pada tahun 2004, lewat album "American Idiot" mereka kembali mendapatkan popularitasnya. Album tersebut terjual sebanyak 6 juta kopi di Amerika Serikat dan berhasil disukai oleh generasi muda. Sekarang musik punk rock memang agak tergeser dengan musik-musik EDM yang lebih modern tapi saya harap walaupun begitu musisi-musisi punk rock bisa tetap bersaing dan membuat aliran ini tetap eksis.

Sampai saat ini Green Day sudah merilis sekitar 12 album studio yaitu "39/Smooth", "Kerplunk", "Dookie", "Insomniac", "Nimrod", "Warning", "American Idiot", "21st Century Breakdown", "¡Uno!", "¡Dos!", "¡Tré!" dan "Revolution Radio".

Kali ini saya akan mencoba membuat list lagu-lagu terbaik dari Green Day menurut opini dan penilaian saya. Berikut Daftar Lagu-Lagu Terbaik Dari Green Day versi RegenciPedia:

Basket Case
Ini adalah lagu Green Day yang pertama kali saya dengar. Saat itu saya sedang bermain game BMX XXX di PS2 dan lagu ini menjadi soundtrack game tersebut.

"Basket Case" menjadi single ketiga dalam album yang berhasil mengangkat nama Green Day, "Dookie". Lagu yang dirilis pada tanggal 29 November 1994 ini berhasil menduduki puncak US Alternative Songs, posisi 9 di US Mainstream Rock dan posisi 7 di UK Singles. Selain itu, lagu yang ditulis sendiri oleh para personil Green Day ini juga sempat masuk nominasi Grammy Award pada tahun 1995 dalam kategori Best Rock Vocal Performance by a Duo or Group meskipun akhirnya kalah dari lagu "Crazy" milik Aerosmith. Pada tahun 2006, di Mike Davies and Zane Lowe's Lock Up Special di BBC Radio 1, para pendengar memilih lagu "Basket Case" sebagai the Greatest Punk Song of All Time. Sementara pada tahun 2009, Video Hits One menempatkan lagu ini di posisi ke-33 sebagai lagu hard rock terbaik sepanjang masa.

Untuk video klipnya, "Basket Case" juga cukup berhasil. Video klipnya disutradarai oleh Mark Kohr dan berlokasi syuting di Agnews Developmental Center di Santa Clara County, California. Pada tahun 1995, video klip yang awalnya akan dibuat hitam putih ini berhasil masuk 9 nominasi kategori MTV Video Music Awards yaitu di kategori Video of the Year, Best Group Video, Best Metal/Hard Rock Video, Best Alternative Video, Breakthrough Video, Best Direction, Best Editing, Best Cinematography dan Viewer's Choice Award. Namun lucunya tak ada satupun kategori yang dimenangkan "Basket Case", tapi tetap saja menjadi nominasi di 9 kategori MTV Video Music Awards adalah hal yang membanggakan.

Lagu ini menceritakan tentang sang vokalis Billie Joe Armstrong yang mempunyai penyakit panic attack. Ia terkadang suka panik tak jelas secara tiba-tiba hingga ia stres dengan hal tersebut.

"Basket Case" adalah lagu punk terbaik dan pantas di sebut lagu king of punk karena lagu ini berkontribusi besar mengangkat kembali genre punk ke permukaan. Walaupun lagu ini dirilis lebih dari 20 tahun yang lalu tapi dari tahun ke tahun saya merasa lagu ini justru semakin enak di dengar dan tak lekang oleh waktu. Bahkan saat pertama kali mendengarkan lagu "Basket Case" saya pikir lagu ini dirilis tahun 2000-an.

21 Guns
Walaupun "Basket Case" adalah lagu pertama dari Green Day yang saya dengar tapi lagu "21 Guns" lah yang membuat saya penasaran dan ingin mendengarkan lagu-lagu Green Day yang lain.

"21 Guns" adalah single kedua di album ke-8 mereka yang bertajuk "21st Century Breakdown". Lagu yang dirilis pada 25 Mei 2009 ini berhasil mencapai posisi 5 di US Billboard Rock Songs, posisi 36 di UK Singles dan posisi 22 di US Billboard Hot 100 serta sempat masuk nominasi kategori Best Rock Song dan Best Rock Performance by a Duo/Group with Vocals di Grammy pada tahun 2010.

Lagu ini menceritakan tentang tidak pentingnya peperangan. Perang tidak akan menyelesaikan masalah dan hanya akan memakan korban. Di bagian chorus lagu ini sangat jelas seruan untuk berhenti berperang dan melakukan genjatan senjata. Lagu 21 Guns ini pernah menjadi soundtrack di Transformers: Revenge Of The Fallen dan di episode 6 The Vampire Diaries.

Video klip 21 Guns disutradarai oleh Marc Webb yang juga menyutradarai video klip "The River" dari Good Charlotte dan video klip "Disappear" dari Hoobastank. Video klip ini menceritakan sepasang kekasih yang terjebak disebuah ruangan setelah merampok bank dan polisi mulai menembaki mereka. Video klip ini berhasil memenangkan 3 kategori di MTV Video Music Awards pada tahun 2009 yakni kategori Best Rock Video, Best Direction In A Video dan Best Cinematography In A Video.

Wake Me Up When September Ends
Entah mengapa saya suka lagu Green Day yang slow di awal lalu dihentak dibagian reff. Seperti lagu "21 Guns" yang dibahas tadi dan lagu "Wake Me Up When September Ends" ini. Lagu ini diawal hanya di iringi petikan gitar lembut hingga masuk ke pertengahan lagu kita disuguhkan gebukan drum yang keren dari Tré Cool.

"Wake Me Up When September Ends" adalah single ke-4 dari album "American Idiot". Lagu ini juga berkontribusi besar dalam mengangkat kembali nama Green Day di belantika musik dunia. Dirilis pada 13 Juni 2005, "Wake Me Up When September Ends" sempat bertengger di posisi 6 di US Billboard Hot 100, posisi 2 di US Alternative Songs dan posisi 8 di UK Singles.

Banyak orang menyalah artikan kalau lagu ini tentang tragedi penyerangan teroris pada 11 September 2001 yang menewaskan lebih dari 2500 orang. Padahal lagu ini Billie tulis untuk menceritakan tentang kematian ayahnya pada 1 September 1982 karena kanker. Saat ayahnya meninggal, Billie waktu itu baru berusia 10 tahun. Pemakaman ayahnya terlalu menyakitkan baginya dan ia pun meninggalkan pemakaman lebih dulu, berlari ke rumah dan mengunci dirinya di kamarnya. Ketika sang ibu mengetuk pintu kamar, Billie berteriak "Wake me up when September ends".

20 tahun kemudian, pada September 2003 Billie mencurahkan rasa sakitnya lewat lagu ini. Itulah mengapa Billie memasukkan lirik "Like my father's come to pass, 20 years has gone so fast ". Di awal lagu Billie menyebutkan 7 tahun, dia berbicara mengenai 7 tahun antara kematian ayahnya dan pembentukan Green Day. Isi lain lagunya adalah ekspresi rasa sakit Billie saat kehilangan ayahnya.

Lagu ini sangat berarti untuk Billie dan kadang mampu membuatnya menangis. Itulah kenapa "Wake Me Up When September Ends" jarang masuk tracklist Green Day saat konser karena membuat Billie sedih.

Video klip lagu ini disutradarai oleh sutradara kondang Samuel Bayer yang dikenal sebagai sutradara video klip "Smells Like Teen Spirit" dari Nirvana. Menceritakan sepasang kekasih yang diperankan oleh Jamie Bell dan Evan Rachel Wood yang harus berpisah karena si cowok ikut berperang di Perang Iraq.

Baca juga: Lagu-Lagu Terbaik Dari Simple Plan

Know Your Enemy
Dirilis pada tanggal 16 April 2009, "Know Your Enemy" menjadi single perdana di album studio ke-8 Green Day yang bertajuk "21st Century Breakdown". Lagu yang berdurasi 3 menit 11 detik ini berhasil memuncaki US Hot Rock Songs, US Alternative Songs, US Mainstream Rock, posisi 21 di UK Singles dan posisi 28 di US Billboard Hot 100.

Pembawaan lagu ini benar-benar keren dan penuh semangat. Tidak terlalu bising namun juga jauh dari kata mellow, its perfect. Makna yang terkandung di lagu ini juga cukup ambigu dari mulai tentang anti kekerasan sampai pemberontakan kepada pemerintahan yang tak adil.

Video klip "Know Your Enemy" ini disutradarai oleh Motion Theory's Matthew Cullen dan menjadikan Downtown Los Angeles sebagai tempat syutingnya. Video klipnya cukup keren, apalagi saat api menyala di bagian final chorus yang membuat nuansa punk rock semakin terasa.

Boulevard of Broken Dreams
Saya pertama kali denger lagu ini dari teman saya waktu SD. Teman saya itu sangat suka bagian intro lagu ini dan memang tak bisa dipungkiri permainan gitar di intronya benar-benar keren.

"Boulevard of Broken Dreams" ditulis sendiri oleh para personil Green Day dan dirilis pada tanggal 29 November 2004. Lagu yang bergenre alternative rock ini masuk ke album "American Idiot". Di tangga lagu, "Boulevard of Broken Dreams" cukup sukses dengan berhasil menempati posisi runner up di US Billboard Hot 100 dan posisi 5 di UK Singles. Selain itu lagu ini juga berhasil mendapatkan penghargaan Grammy Award for Record of the Year dan beberapa prestasi lainnya jadi tak salah banyak orang bilang ini adalah lagu tersukses dari Billie Joe Armstrong cs.

Lagu ini menceritakan karakter utama di album "American Idiot" yaitu Jesus of Suburbia yang hilang kepercayaan dirinya dan merasa dirinya selalu sendiri tanpa ada yang menemani. Buat sobat yang sekarang sedang merasa sendirian coba deh dengerin lagu ini pasti bisa meresapi maknanya.

Untuk video klipnya, "Boulevard of Broken Dreams" diarahkan oleh Samuel Bayer. Video klipnya tampil klasik tapi catchy dengan penampilan punk ala Green Day. 6 kategori berhasil di menangkan di ajang MTV Video Music Awards pada tahun 2005 oleh video klip ini yaitu kategori Video of the Year, Best Group Video, Best Rock Video, Best Direction, Best Editing dan Best Cinematography.

American Idiot
"American Idiot" dirilis pada 31 Agustus 2004 dan masuk ke album studio ke-7 Green Day yang berjudul sama. Lagu ini berhasil menjadi nominasi di 4 kategori Grammy Awards pada tahun 2005 yaitu di kategori Record of the Year, Best Rock Performance by a Duo or Group with Vocal, Best Rock Song dan Best Music Video. Pada tahun 2009, lagu "American Idiot" berada di nomor 13 dalam Single of the Decade dari majalah Rolling Stone dan pada tahun 2010 Rolling Stone juga memasukan lagu ini dalam The 500 Greatest Songs of All Time, "American Idiot" menjadi satu-satunya lagu Green Day yang masuk daftar tersebut. Tak hanya itu, Video Hits One menempatkan lagu ini di posisi 13 dalam Top 100 Songs of the 2000s pada tahun 2011. Terhitung sampai Juli 2010, "American Idiot" sudah terjual sebanyak 1,3 juta kopi.

Saya awalnya heran kenapa lagu yang memiliki judul cukup kontroversial ini justru bisa laris di pasaran bahkan mendapatkan review positif dari kritikus. Ternyata walaupun memiliki judul yang agak meledek warga Amerika tapi isi lagu "American Idiot" tidak bermaksud menghina warga Amerika. Justru lewat lagu ini Green Day ingin mengingatkan warga Amerika agar tidak mudah dipengaruhi media. Tidak semua yang di sampaikan media itu benar dan "American Idiot" memberikan warga Amerika pesan agar tidak menelan mentah-mentah informasi yang didapat dari media. Jika warga Amerika terus menerus dibodohi media bukan tak mungkin warga Amerika akan menjadi idiot. Idiot disini bukan diartikan keterbelakangan mental tapi idiot dalam artian mudah dihasut dan mudah terpengaruh opini-opini yang belum tentu benar. Tahu sendiri kan zaman sekarang pengaruh media itu sangat besar di segala bidang kehidupan terutama politik.

Mungkin karena makna yang keren itulah, walaupun memiliki judul yang agak kontroversial tapi "American Idiot" justru sukses mendunia. Coba ada musisi tanah air yang berani bikin lagu "Indonesian Idiot", bakalan bagaimana ya reaksi orang-orang?

21st Century Breakdown
"21st Century Breakdown" dirilis pada 21 Desember 2009 dan masuk ke album yang berjudul sama. Dibandingkan lagu-lagu Green Day yang sudah di bahas sebelumnya, "21st Century Breakdown" memang bisa dibilang kalah pamor namun bukan berarti lagu yang bergenre pop punk & alternative rock ini tidak berkualitas.

"21st Century Breakdown" menggambarkan kebobrokan abad 21 dalam berbagai hal termasuk musik. Salah satu bagian lirik lagu "21st Century Breakdown" yang berbunyi "My generation is zero" seperti curhatan Green Day kalau tidak ada penerus mereka yang akan membuat genre punk rock tetap eksis di abad 21. Seperti yang kita tahu sekarang ini punk rock mulai terpinggirkan dengan mulai boomingnya lagu-lagu EDM. Lagu-lagu EDM memang terdengar modern dan asik buat joget tapi menurut saya kalau soal makna dan arti lagu-lagu punk rock jauh lebih bermakna dibanding lagu-lagu EDM.

Harus kita akui di balik kemajuan di abad 21 ada kebobrokan besar-besaran di generasi mudanya terlebih kebobrokan mental. Inilah yang membuat saya menyukai Green Day, mereka berani membuat lagu-lagu yang mengkritik permasalahan sosial di masyarakat.

Dalam video klipnya yang disutradarai oleh sutradara handal Marc Webb ini ada satu scene disturbing. Walaupun tampil keren dengan efek graffiti tapi ada scene dimana 2 tokoh politik pria saling berdebat hingga akhirnya mereka berdamai dan berciuman yah saya tidak salah nulis, berciuman. Scene itu benar-benar menjijikan, walaupun maksudnya adalah menggambarkan persatuan dan kesatuan tapi gak segitunya juga kali...

Jesus of Suburbia
"Jesus of Suburbia" adalah lagu Green Day yang masuk ke album "American Idiot" dan menjadi single ke-4 di album tersebut. Lagu ini memiliki durasi yang cukup panjang yaitu 9 menit 8 detik sementara untuk versi radionya karena dirasa terlalu lama "Jesus of Suburbia" versi radio hanya berdurasi 6 menit 26 detik.

"Jesus of Suburbia" memiliki durasi yang panjang karena lagu ini terdiri dari 5 part (bagian).
Part 1: "Jesus of Suburbia" (0:00 - 1:51)
Part 2: "City of the Damned" (1:51 - 3:42)
Part 3: "I Don't Care" (3:42 - 5:25)
Part 4: "Dearly Beloved" (5:25 - 6:30)
Part 5: "Tales of Another Broken Home" (6:30 - 9:10)

Dari video klipnya, lagu ini menceritakan sosok yang menjadi karakter utama di album "American Idiot" yaitu Jesus of Suburbia. Saya juga merasa lagu ini menceritakan kehidupan anak-anak punk yang tanpa aturan, video klip "Jesus of Suburbia" saya sarankan untuk tidak ditonton oleh anak dibawah umur karena banyak adegan-adegan yang kurang pantas untuk dilihat anak-anak.

Homecoming
Selain sama-sama berasal dari album "American Idiot", "Homecoming" dan "Jesus of Suburbia" juga sama-sama memiliki durasi yang cukup panjang dan terdiri dari 5 bagian.

Part 1: The Death of St. Jimmy
Part 2: East 12th Street
Part 3: Nobody Likes You
Part 4: Rock and Roll Girlfriend
Part 5: We're Coming Home Again

Seperti yang kita tahu kalau "American Idiot" adalah sebuah album konsep yang menceritakan karakter anti-hero bernama Jesus of Suburbia yang diciptakan Billie Joe Armstrong. Di lagu "Jesus of Suburbia" diceritakan kalau Jesus of Suburbia pergi meninggalkan kotanya dan di lagu "Homecoming" ini menurut saya menceritakan Jesus of Suburbia yang sudah lelah dan menyerah, ia pun memutuskan untuk pulang. Lagu ini cocok buat sobat yang sedang merantau dan merindukan kampung halaman.

Baca juga: Pengertian, Sejarah, Jenis-Jenis Dan Contoh Karakter Anti-Hero

Amy
Lagu ini benar-benar keren, sumpah pas pertama kali denger pun langsung suka lagu ini. Apalagi setelah tahu kalau ternyata Green Day membuat lagu ini sebagai tribute untuk Amy Winehouse yang meninggal pada tanggal 23 Juli 2011 karena keracunan alkohol. Emang ya, walaupun lagu "Amy" tampil sederhana dengan hanya di iringi petikan gitar tapi kalau bermakna mulia tetap saja terdengar keren, merdu dan syahdu. Lagu "Amy" ini sangat easy listening dan cocok diputar ketika bersantai.

Lagu yang berdurasi 3 menit 25 detik ini masuk ke album "¡Dos!" yang dirilis pada tahun 2012.

Minority
"Minority" ditulis sendiri oleh para personil Green Day dan masuk ke album yang berjudul "Warning". Lagu ini sempat bercokol di posisi 1 di US Alternative Songs.

Lagu ini memiliki kekuatan dari segi lirik. "Minority" mengajak kita untuk berani menjadi minoritas, untuk apa menjadi mayoritas kalau hanya terjerumus pada kehancuran. Lagu ini memberikan kita motivasi untuk berani beda, selagi itu masih dalam hal positif tak ada salahnya untuk terus dipertahankan.

Sudah banyak orang sukses dengan berani beda dari yang lain. Kita ambil contoh kisah kesuksesan Bill Gates (pendiri Microsoft), Mark Zuckerberg (pendiri Facebook) dan Steve Jobs (pendiri Apple). Disaat orang lain mati-matian untuk mendapat gelar sarjana dari universitas terkenal, mereka bertiga justru mengambil langkah berani beda dengan berhenti kuliah dan lebih memilih fokus ke purasahaan mereka masing-masing. Saat mereka drop-out dari universitas mereka, perusahaan-perusahaan mereka belum sebesar sekarang dan belum ada jaminan pasti Microsoft, Facebook dan Apple akan sukses. Jadi, keputusan mereka berhenti kuliah adalah langkah yang sangat berani. Tapi, dengan perjuangan dan optimisme lihat bagaimana 3 perusahaan mereka sekarang!

So, don't be afraid to be minority...

Last Night on Earth
Green Day bukanlah band yang identik dengan lagu-lagu cinta, genre yang mereka usungpun punk rock jadi pasti agak jauh dari lagu-lagu percintaan. Tapi, jangan kira Green Day gak bisa buat lagu cinta yang bisa bikin pendengarnya galau, kalau gak percaya coba dengarkan lagu "Last Night on Earth". Band-band punk rock seperti Green Day memang jarang membuat lagu cinta tapi sekalinya buat lagu cinta pasti lebih menyayat hati dibanding lagu-lagu cinta dari band-band yang sering bikin lagu bertemakan percintaan.

"Last Night on Earth" adalah lagu Green Day yang masuk ke album "21st Century Breakdown". Lagu ini juga menjadi pembuktian kalau Green Day juga bisa mengeluarkan lagu slow melow yang menyentuh. Lirik lagu ini menceritakan tentang seorang lelaki yang merasa ia tidak akan lama lagi berada di dunia dan hal terakhir yang ingin ia lakukan adalah mengungkapkan betapa besar cintanya pada sang kekasih. Karena Green Day sering membuat lagu tentang perang, banyak orang yang beranggapan kalau lagu "Last Night on Earth" menceritakan seorang lelaki yang akan pergi berperang dan hanya bisa mengirim surat untuk orang yang dicintainya. Bagian lirik "I text a postcard sent to you" dan "If I lose everything in the fire, I'm sending all my love to you" semakin mendukung anggapan tersebut. Dengan pembawaan yang agak mendayu-dayu plus makna yang cukup menyentuh jadi tak aneh lagu "Last Night on Earth" ini berhasil membuat para pendengar galau.

Faktanya, ternyata memang benar kalau para tentara pada saat Perang Dunia II kerap kali mengirim surat kepada keluarga atau orang terkasihnya dan hampir semua isinya sangat menyedihkan, ada yang optimis bisa pulang, ada yang tidak yakin bisa selamat di medan perang hingga isi suratnya sangat menyedihkan. Saya pernah dengar katanya ada buku yang merangkum surat-surat terakhir dari tentara di Perang Dunia II yang kebetulan surat tersebut masih bisa diselamatkan dan dipublikasikan, saya lupa judul bukunya apa.

Holiday
Jangan terkecoh dengan judulnya, meskipun judul lagunya "Holiday" tapi lagi ini sama sekali bukan lagu tentang liburan.

"Holiday" merupakan sebuah single dari album "American Idiot". Dirilis pada tanggal 14 Maret 2005, lagu yang ditulis sendiri oleh para personil Green Day ini sukses di pasaran dan hingga Juli 2010 sudah terjual 1,4 juta kopi. Lagu ini berhasil merajai US Mainstream Rock & US Alternative Songs sementara di US Billboard Hot 100 berhasil menduduki posisi 19 dan di UK Singles berhasil mencapai posisi 11. "Holiday" sempat di putar di film komedi Accepted (2006) dan di salah satu episode CSI: NY.

"Holiday" merupakan lagu Green Day yang berisikan kritikan terhadap pemimpin dan pemerintahan Amerika Serikat saat itu. Banyak orang bilang kalau lagu ini menyindir presiden ke-43 Amerika Serikat yakni George W. Bush. Namun, Billie mengatakan kalau makna lagu ini lebih ke lagu anti perang.

Macy's Day Parade
Tak banyak lagu Green Day yang saya suka dari album "Warning", selain lagu "Minority" lagu yang saya suka dari album studio ke-6 Green Day ini adalah "Macy's Day Parade".

"Macy's Day Parade" tampil dengan sederhana namun enak didengar, permainan drum dari Tré Cool benar-benar easy listening banget. Judul lagu yang dirilis pada tanggal 3 Oktober 2000 ini mungkin mengambil nama sebuah perayaan di Amerika Serikat yaitu Macy's Thanksgiving Day Parade. Saya tidak tahu bagaimana perayaan tersebut dan kenapa Green Day membuat judul lagu ini mirip dengan perayaan tersebut. Lirik lagu "Macy's Day Parade" sepertinya menceritakan tentang pengaruh ekonomi dan betapa tergantungnya manusia terhadap uang.

Good Riddance (Time of Your Life)
Ini adalah satu-satunya lagu Green Day dari album "Nimrod" yang masuk dalam daftar ini.

"Good Riddance" dirilis pada tanggal 17 Oktober 1997. Para fans sempat kecewa dengan lagu ini karena Green Day seperti mulai kehilangan identitas punknya. Yah, "Good Riddance" memang merupakan gebrakan baru Green Day kala itu, dengan permainan gitar akustik yang slow bahkan sesekali terdengar permainan violin membuat orang-orang yang mendengarkan lagu ini mungkin akan beranggapan kalau Green Day bukanlah band punk rock. Meskipun begitu, video klip "Good Riddance" yang disutradarai oleh Mark Kohr berhasil memenangkan MTV Video Music Award di kategori Best Alternative Video pada tahun 1998.

Billie kabarnya menulis lagu ini saat baru putus dengan pacarnya. Ia merasa menyesal karena tidak mensyukuri apa yang ia miliki dan penyesalan itu baru ia rasakan saat ia sudah berpisah dengan pacarnya. Walaupun memiliki latar belakang kisah cinta tapi setelah dirilis lagu ini justru lebih dianggap sebagai lagu motivasi agar tidak menyia-nyiakan waktu dan mensyukuri apa yang kita miliki sekarang. Sebenarnya keputusan Green Day memainkan instrumen lembut di lagu ini sepertinya langkah yang tepat karena agak kurang cocok jika lagu yang memiliki makna mendalam seperti ini dibawakan dengan musik yang keras dan terlalu berisik.

(Daftar ini akan terus saya perbaharui/update seiring dengan terus berkaryanya Green Day)

Itulah tadi Daftar Lagu-Lagu Terbaik Dari Green Day versi RegenciPedia. Saya bukan pengamat musik profesional saya hanya pecinta musik sama seperti sobat. Makna di beberapa lagu yang saya jelaskan di atas juga mungkin tidak semuanya benar karena itu hanyalah menurut pandangan saya saja.

Mohon maaf jika daftar di atas tidak objektif, daftar diatas di buat berdasarkan pendapat dan selera saya pribadi. Mungkin menurut sobat ada diantara lagu-lagu di atas yang tak seharusnya masuk daftar ini atau sebaliknya ada lagu yang menurut sobat pantas masuk dalam daftar namun ternyata malah tidak ada dalam daftar, silahkan menyampaikan kritikannya melalui kolom komentar yang sudah disediakan.

Saya membuat daftar ini sebagai rekomendasi jika kebetulan ada di antara sobat yang sedang mencari lagu terbaik dan enak di dengar dari Green Day.

Sumber referensi: infoakurat.com, zonanesia.net, hipwee.com, fabzincorporate.wordpress.com, alan-dahlan10.blogspot.com

Tags: List Daftar Lagu Terbaik Dari Green Day Sepanjang Masa Sejarah, Makna Setiap Song, Fakta Unik Lirik, Kisah Menceritakan Tentang, Informasi Lengkap, Biografi, Versi RegenciPedia, The Best Song, Arti Lagunya, Terlengkap, Terkomplit, Terbaru, Terkeren, Paling Enak Di Dengar & Bagus
loading...

13 Responses to "Lagu-Lagu Terbaik Dari Green Day"

  1. Mantap bang lagunya green day 100% bagus..

    BalasHapus
  2. yang boulevard of broken dream merupakan lagu favorit ane tuh sejak jaman sekolah dulu. mantap greenday.

    BalasHapus
  3. Mantap lagu anak-anak 90an tapi masih enak di denger in

    BalasHapus
  4. lagu-lagu Green Day emang rata2 enak didenger.. ane paling suka sama Wake Me Up When September End nya..

    BalasHapus
  5. Saya lebih seneng lagu wake me up when september ends gan. Ini lagu legend banget

    BalasHapus
  6. Lagunya billie yang ordinary world juga bagus gan

    BalasHapus
  7. Kebetulan saya kemaren edit audio mix dari green maxy's

    BalasHapus
  8. All hail greenday :3 saya fans banget sama greenday tapi gk lengkap ty gan

    BalasHapus
  9. suka green day waktu masih kuliah...cuma gak lengkap koleksi kasetnya...btw, nice artikel...dengar lagu punk bawaannya selalu semangat hehe...

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK