Review Hasil Drawing Pembagian Grup UEFA Champions League 2017/2018

loading...
uefa-champions-league.jpg

Review Hasil Drawing Pembagian Grup UEFA Champions League 2017/2018 By RegenciPedia - Beberapa waktu lalu drawing pembagian grup UEFA Champions League (UCL) 2017/2018 selesai di selenggarakan. Dari total 32 tim dibagi menjadi 8 grup dengan masing-masing grup beranggotakan 4 tim. Tentu saja ada grup neraka, lalu grup manakah yang layak disebut grup neraka? Simak ulasan hasil drawing pembagian grup UEFA Champions League 2017/2018 dibawah.

Sebelumnya silahkan sobat simak terlebih dahulu hasil drawingnya lewat gambar di bawah ini.
hasil-drawing-grup-ucl-2017/2018.jpg

Review atau ulasan di bawah ini adalah ulasan dari seorang pecinta sepak bola, ingat hanya pecinta sepak bola yah buka pengamat atau yang ahli dalam bidang sepak bola. Jadi, maaf kalau banyak kekurangan!

Grup A
- Basel
- Benfica
- CSKA Moskva
- Manchester United

Banyak orang bilang kalau Manchester United (MU) beruntung masuk dalam grup ini tapi saya sebagai fans MU malah agak deg-degan MU masuk dalam grup ini. Tergabung dengan Benfica dan Basel membuat saya teringat kenangan pahit MU di UCL 2011/2012 saat secara mengejutkan MU yang saat itu masih di nahkodai oleh Sir Alex Ferguson harus finish di posisi ke-3 dibawah Benfica dan Basel. Walaupun begitu saya masih tetap optimis MU akan lolos ke perdelapan final meskipun mungkin tidak akan mudah untuk mencapainya. Kehadiran Lukaku dan kembalinya Ibrahimovic membuat lini depan MU semakin sangar.

Grup A termasuk grup yang memiliki kekuatan merata. Terlepas dari MU, 3 tim lainnya yang melengkapi grup A dipastikan akan bersaing sengit dan sepertinya klasemen akhir grup ini tidak akan memperlihatkan selisih poin yang mencolok. Benfica dan Basel adalah juara musim lalu di liga domestik mereka masing-masing, sementara CSKA Moskva adalah runner up Russian Premier League. Fakta tersebut membuat grup ini layak di perhitungkan.

Prediksi tim yang akan lolos: Manchester United & Benfica

Grup B
- Bayern München
- PSG
- Anderlecht
- Celtic

Saya yakin kebanyakan orang pasti menjagokan Bayern München dan PSG yang akan melaju ke 16 besar dari grup ini. Secara logika memang 2 tim itulah yang akan menguasai grup ini. Anderlecht sudah 2 musim tidak tampil di UCL sementara Celtic musim lalu hanya menjadi juru kunci grup. Baik Celtic maupun Anderlecht merupakan 2 tim yang tak bisa berbicara banyak di ajang ini meskipun Celtic pernah sekali mengangkat "Si Kuping Besar" tapi itu sudah hampir 50 tahun yang lalu. Butuh keajaiban besar jika Celtic atau Anderlecht ingin lolos dari grup ini.

Yang menarik ditunggu dari grup B adalah siapa yang pada akhirnya akan merajai grup ini, apakah Bayern München atau PSG dengan pemain termahalnya.

Prediksi tim yang akan lolos: Bayern München & PSG

Grup C
- Atlético Madrid
- Chelsea
- Qarabağ
- Roma

Malang nasib Qarabağ, jarang-jarang masuk UCL eh pas masuk langsung bergabung ke grup neraka... haha

Grup C adalah salah satu grup neraka di UCL 2017/2018 dengan adanya Atlético Madrid, Chelsea, Roma dan Qarabağ yang akan menjadi pelampiasan. Bukan maksud meremehkan tapi walaupun Qarabağ adalah juara bertahan Liga Azerbaijan tapi tetap saja tidak selevel dengan Roma, Atlético Madrid apalagi Chelsea.

Seperti grup neraka pada umumnya, sulit untuk memprediksi siapa yang akan lolos dari grup C ini. Kalau saya sendiri lebih yakin Chelsea dan Atlético Madrid yang akan lolos. Roma memang kuat dan selalu menjadi penantang serius Juventus dalam perebuatan juara Serie A tapi beberapa musim kebelakang I Lupi kurang menunjukan taringnya di pentas Eropa apalagi sekarang "Sang Pangeran Roma" Francesco Totti sudah gantung sepatu. Ditambah Chelsea sekarang diarsiteki oleh Antonio Conte, seorang pelatih yang tahu betul bagaimana menjinakan "Serigala Ibu Kota". Tapi, itu hanya sekedar hitung-hitungan di atas kertas, di lapangan semuanya bisa berubah drastis.

Prediksi tim yang akan lolos: Chelsea & Atlético Madrid

Grup D
- Barcelona
- Juventus
- Olympiakos Piraeus
- Sporting CP

Tak hanya di grup C, perang antara tim besar dari Itali dan Spanyol juga akan terjadi di grup D.

Juventus memang punya catatan kurang baik ketika bertemu tim-tim besar dari Spanyol di UCL. 3 musim terakhir Juventus 2 kali dihempaskan di final UCL oleh klub besar Spanyol. Pada final UCL 2014/2015 Juventus dilumat Barcelona 1-3 dan pada final UCL musim lalu "Si Nyonya Tua" tumbang oleh Real Madrid dengan skor mencolok 1-4. Musim ini saatnya Juventus membalas dendam, tergabung dengan Barcelona merupakan peluang besar untuk mewujudkannya.

Tapi, Barcelona dan Juventus tak sepantasnya terlalu berfokus untuk menghancurkan satu sama lain di grup ini karena masih ada Olympiakos Piraeus dan Sporting CP yang bukan tak mungkin memberikan kejutan. Terlebih untuk Barcelona yang banyak mendapatkan kritikan karena performa terbaiknya memudar setelah ditinggal Neymar.

Prediksi tim yang akan lolos: Barcelona & Juventus

Grup E
- Liverpool
- Maribor
- Sevilla
- Spartak Moskva

Sepertinya para kopites akan senang dengan hasil drawing pembagian grup UCL 2017/2018, pasalnya Liverpool tergabung dalam grup yang cukup lemah. Praktis hanya Sevilla yang akan menjadi batu sandungan "The Reds" di grup E. Mungkin Spartak Moskva bisa saja menjadi kuda hitam di grup ini jika menilik musim lalu tim asal Rusia ini merupakan juara Russian Premier League mengalahkan CSKA Moskva dan Zenit tapi materi pemain Liverpool dan Sevilla jelas lebih unggul.

Berbicara soal Maribor, tim besutan Darko Milanič ini memiliki peluang kecil untuk lolos, butuh keajaiban besar agar Maribor bisa melaju ke babak 16 besar.

Prediksi tim yang akan lolos: Liverpool & Sevilla

Grup F
- Manchester City
- Napoli
- Feyenoord
- Shakhtar Donetsk

Sama seperti Liverpool, Manchester City juga tergabung dalam grup yang berisikan tim-tim yang tidak terlalu mengerikan. Meskipun begitu, Napoli, Feyenoord dan Shakhtar Donetsk bukanlah tim yang pantas diremehkan. Khususnya Napoli, finish di posisi ke-3 di Serie A dibawah Juventus dan Roma pada musim lalu tim asuhan Maurizio Sarri ini memiliki penyerang-penyerang berkualitas seperti José Callejón dan Insigne.

Peluang Manchester City untuk lolos dari grup ini memang besar sementara menurut saya Napoli, Feyenoord dan Shakhtar Donetsk memiliki persentase peluang lolos yang sama. Ketiga tim tersebut memiliki kekuatan yang hampir sama meskipun Napoli agak sedikit lebih unggul.

Prediksi tim yang akan lolos: Manchester City & Napoli

Grup G
- Beşiktaş
- Monaco
- Porto
- RB Leipzig

Mungkin ini adalah grup yang tidak akan diperhatikan oleh banyak orang karena grup ini berisikan tim-tim yang kurang cetar membahana. Porto bisa dibilang tim dengan materi pemain paling baik di grup ini dan ada Monaco dengan pemain muda berbakatnya yang jadi incaran banyak tim besar, Mbappe. Meskipun grup ini sedikit terpinggirkan tapi persaingan Porto dan Monaco masih layak ditunggu. Apalagi sekarang Monaco bukanlah tim ecek-ecek, musim lalu Monaco berhasil mematahkan dominasi PSG di Ligue 1.

Sementara untuk Beşiktaş dan RB Leipzig, kedua tim tersebut memiliki peluang untuk mengejutkan dua tim lainnya yang jadi unggulan. Tapi, sepak bola tidak selalu memunculkan kejutan, kadang semuanya berjalan secara masuk akal.

Grup H
- APOEL
- Borussia Dortmund
- Real Madrid
- Tottenham Hotspur

Last but not least! Grup H merupakan grup neraka lainnya di UCL 2017/2018 selain grup C. Berisikan 3 tim besar dari 3 liga besar, Borussia Dortmund dari Jerman, Real Madrid dari Spanyol dan Tottenham Hotspur dari Inggris. Sebagai pelengkap ada APOEL dari Siprus.

Sebagai juara bertahan tentu saja El Real paling dijagokan tapi melihat 2 tim lainnya yakni Borussia Dortmund dan Tottenham Hotspur maka pasukan Zinédine Zidane harus lebih waspada. Musim lalu Real Madrid juga satu grup dengan Borussia Dortmund dan Die Borussen berhasil membuat Real Madrid berada dibawahnya pada klasemen akhir. Musim lalu Real Madrid beruntung karena 2 tim lain yang satu grup dengan mereka hanya tim sekelas Legia Warszawa dan Sporting CP namun sekarang ceritanya akan sedikit berbeda karena ada Tottenham Hotspur.

Tottenham Hotspur musim lalu hanya mampu berada di posisi ke-3 di klasemen akhir grup kalah dari Monaco dan Bayer Leverkusen. Sekarang Tottenham Hotspur tergabung dengan grup yang berisikan tim yang lebih kuat dari Monaco dan Bayer Leverkusen, tentu saja ini pekerjaan berat untuk pelatih Mauricio Pochettino.

Tottenham Hotspur, Real Madrid dan Borussia Dortmund mana yang akan lolos? Sulit menebaknya sekarang bahkan saya kurang yakin Real Madrid bisa lolos dari grup ini. Kita lihat saja nanti!

Oh iya hampir lupa kalau di grup ini ada APOEL. Bagaimana peluang APOEL lolos dari grup neraka ini? Sangat sangat sangat kecil, bahkan salah satu pemain APOEL yang juga merupakan kapten tim yaitu Nuno Morais sudah pasrah terjungkal di fase grup dan tidak mau bermimpi terlalu tinggi. Hiks hiks, yang sabar yah... Namun, jangan lupa kejutan yang dibuat Kosta Rika di Piala Dunia 2014 Brazil, tergabung dengan Uruguay, Itali dan Inggris secara mengejutkan Kosta Rika justru mampu memimpin grup neraka tersebut. Bisa jadi APOEL juga melakukannya di UCL musim ini. Tapi, yah sadar diri juga sih...

Prediksi tim yang akan lolos: Real Madrid & Tottenham Hotspur

Diatas hanyalah ulasan dan prediksi saya bagaimana fase grup UCL musim ini akan berjalan. Wajib ditunggu juga bagaimana kiprah 5 tim Inggris di UCL 2017/2018, sudah cukup lama tidak ada klub Inggris yang mengangkat "Si Kuping Besar", terakhir adalah Chelsea pada tahun 2012.

Kita lihat saja apakah prediksi saya akan tepat atau melenceng jauh?! Bagaimana prediksimu di fase grup UCL musim ini?

Sumber referensi: Sports.opera.com

Tags: Prediksi Tebakan Hasil Pengocokan Drawing Babak Penyisihan Grup UCL Tahun Ini, Tim Favorit, Manakah Yang Menjadi Grup Neraka?, Fakta Unik, Informasi Lengkap
loading...

9 Responses to "Review Hasil Drawing Pembagian Grup UEFA Champions League 2017/2018"

  1. Sip deh....
    Info pengamatanya panjang bangetttt 😏

    BalasHapus
  2. Barcelona jos banget dah. Tapi kok ketemu juve lagi ya. Wah"

    BalasHapus
  3. Mantap gan! Ijin bookmarks gan! Thanks.

    BalasHapus
  4. Liverpool masuk digrup yang terbilang mudah, tetapi tidak boleh meremehkan juga

    BalasHapus
  5. Semoga saja juara lagi, bosen tiap Final kalah mulu :3 #ForzaJuve

    BalasHapus
  6. Ayoklah, Juve menang yok lah. Maju Juve.

    BalasHapus
  7. klub ane di zona api nih. semoga tetep bisa lolos lah..

    BalasHapus
  8. liga champions tahun ini sudah seru dari awal, grup H grup neraka mas, patut di tunggu kiprah totenham dengan real madrid

    BalasHapus
  9. saya pegang manchester united aja lahh...

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK