Blog Builder Terbaik Untuk Ponsel

loading...
blog-builder-ponsel.jpg

Daftar Blog Builder Terbaik Untuk Ponsel Versi RegenciPedia - Memiliki sebuah blog bukanlah hal yang sulit di zaman sekarang. Hanya dengan bermodalkan kuota untuk mengakses internet dan peralatan yang bisa dibilang sederhana sobat sudah bisa memiliki sebuah blog dan menerbitkan tulisan didalamnya. Sobat tidak perlu PC atau laptop, dengan ponsel android, blackberry, symbian bahkan java sekalipun sobat bisa membuat sebuah blog. Tentu saja bukan di Blogspot atau Wordpress, karena 2 blog builder paling populer tersebut kurang optimal untuk pengguna HP. Sebenarnya blog di Blogspot bisa dikelola melalui smartphone android, blog ini pun merupakan blog yang berada di bawah naungan Blogspot yang saya kelola melalui ponsel tapi tetap saja ada beberapa hal yang lebih baik di akses menggunakan PC atau laptop seperti saat mengedit template. Lalu blog builder mana yang semua fiturnya bisa di akses oleh handphone atau ponsel?

Sebelum saya membahas daftar blog builder terbaik khusus mobile user ada baiknya sobat simak penjelasan singkat apa itu blog!

Blog adalah salah satu jenis website di internet. Pada awalnya blog adalah tempat menulis catatan pribadi, jadi bisa dibilang blog adalah diary online. Namun, semakin kesini blog juga terbagi lagi menjadi beberapa kategori tergantung niche (tema) tulisan yang di usung blog tersebut. Yang terbaru ada istilah blog download yaitu sebuah blog yang menyediakan link download film, musik atau game. Istilah tersebut sepertinya hadir karena orang-orang membuat blog di beberapa blog builder seperti Blogspot dan Wordpress namun tidak mengisinya dengan tulisan melainkan dengan postingan-postingan yang berisi link download film, musik dan game.

Lalu apa itu blog builder?

Jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka artinya "Pembangun Blog". Jadi blog builder adalah sebuah situs yang menyediakan jasa pembuatan sebuah blog, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Tenang saja, semua blog builder untuk ponsel yang ada di dalam daftar di bawah itu free alias gratis. Sobat hanya perlu membeli kuota internet untuk mengaksesnya.

MyWapBlog (MWB) adalah blog builder khusus ponsel yang berhasil meraih kesuksesan besar di Indonesia. Uniknya, blog builder yang satu ini bukanlah buatan orang Indonesia melainkan orang India bernama Arvind Gupta. Tapi, entah kenapa MWB lebih populer di Indonesia dibanding di negaranya sendiri.

Saya membuat blog pertama saya di MWB karena dulu saya hanya punya ponsel berbasis java. Sekarang MWB sudah ditutup oleh Arvind Gupta pada tanggal 15 November 2016 dengan alasan yang kurang jelas. Untungnya, blog saya di MyWapBlog sudah saya jual sebelum MWB ditutup. Tapi, saya tetap saja merasa sedih ketika MWB ditutup karena disanalah saya pertama kali mengenal dunia blogging, belajar kode HTML dan menulis postingan.

Berkaca dari ditutupnya MWB yang menuai banyak kontra, sekarang pengguna ponsel harus lebih hati-hati memilih blog builder untuk ponsel jika tidak ingin kecewa di akhir. Akan sangat menyakitkan jika blog sobat sudah memiliki SEO yang baik dan juga reputasi yang tinggi lalu blog builder yang menaungi blog sobat tiba-tiba ditutup. Oleh karena itu saya membuat daftar ini sebagai rekomendasi untuk sobat yang ingin terjun ke dunia blogging tapi hanya punya ponsel dan bingung memilih blog builder khusus ponsel mana yang akan sobat gunakan.

Berikut Daftar Blog Builder Terbaik Untuk Ponsel versi RegenciPedia:

BlogPonsel
blogponsel.jpg
BlogPonsel (BP) hadir setelah MWB ditutup. Setelah MWB tidak aktif lagi memang banyak orang yang berlomba-lomba membuat blog builder untuk ponsel meskipun dengan kualitas yang kurang menjanjikan. Namun berbeda halnya dengan BP, blog builder yang satu ini sangat serius untuk memuaskan para membernya.

Yang membuat saya merekomendasikan blog builder ini adalah karena BP dikelola oleh lebih dari 1 orang berbeda dengan MWB dulu yang hanya dikelola oleh 1 orang yaitu Arvind Gupta. Dengan begitu kemungkinan BP berumur panjang bisa terjamin dengan kontribusi lebih dari 1 orang.

Banyak subdomain yang bisa sobat pilih di BP seperti blogponsel.net, blogwaper.com, mwapblog.com, waper.co, blogponsel.me dan lain-lain. Tentunya semuanya tersedia gratis untuk sobat. Untuk fitur-fiturnya di BP sobat bisa mengupload file dengan batas size 3 MB per file dan tersedia juga fitur import url upload. Tak lupa sobat juga bisa memparkir domain TLD yang sudah sobat beli jika sobat kurang suka dengan subdomain dari BP. Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah multiblog, dengan adanya fitur ini sobat tidak perlu membuat akun lagi jika ingin membuat blog baru, cukup 1 akun untuk banyak blog. Masih ada fitur-fitur lainnya di BP seperti safelink, periklanan, edit template dan ruang obrol seperti di MWB dulu, semuanya bisa di akses secara optimal via handphone. Sayangnya, BP tidak mendukung kode javascript (JS) baik di isi postingan ataupun di dalam template sama seperti MWB dulu. Dengan begitu sobat tidak akan bebas memasang iklan di blog sobat untuk mendapatkan penghasilan. Sebagai alternatif, BP menyediakan fitur safelink dimana di halaman safelink tersebut sobat bisa memasang iklan dengan kode JS. Fitur safelink hanya bisa dimanfaatkan secara optimal oleh blog download sementara untuk blog artikel kurang berguna.

BP juga sudah punya grup di Facebook yaitu BlogPonsel.net - Blog Ponsel Gratis Indonesia. Silahkan sobat bergabung di grup tersebut untuk bisa berdiskusi dengan member BP yang lain. Admin BP juga cukup mudah dihubungi, ada Roki Saputra, Dauzzh dan Mudza.

NextWapBlog
nextwapblog.jpg
Sama seperti BP, NextWapBlog (NWB) juga muncul setelah MWB wafat. Sebenarnya fitur-fitur yang disuguhkan NWB hampir sama dengan BP seperti multiblog, parkir domain, edit template, import url upload dan fitur-fitur lainnya. Selain jenis tampilan yang lebih fresh, satu hal yang membedakan NWB dengan BP adalah adanya fitur module AGC.

Apa itu module AGC? Saya kurang tahu apa tepatnya fitur module AGC karena walaupun saya pernah membuat blog di NWB tapi saya belum belajar untuk mendalami fitur tersebut. Katanya sih fitur tersebut khusus untuk para member yang ingin membuat blog download, AGC adalah singkatan dari Auto Generated Content jadi dengan fitur tersebut sobat tidak perlu lagi repot-repot mengupload file untuk blog download sobat karena fitur tersebut akan otomatis mengambil konten video dan musik dari Youtube atau Soundcloud untuk dipasang di blog download sobat. Fitur ini kabarnya sangat disukai oleh para pengelola blog download.

Saya kurang tahu berapa orang yang mengurus blog builder yang satu ini, admin NWB yang saya tahu adalah Harry Nararya. NWB juga punya grup di Facebook yaitu NextWapBlog.com.

Baca juga: Cara Mendaftar Dan Membuat Blog Di NextWapBlog.com

Saya pernah punya blog di BP dan juga NWB, keduanya merupakan blog download film. Bukan maksud membandingkan, blog saya di NWB ternyata lebih SEO dibandingkan blog saya di BP padahal saya melakukan trik SEO yang sama untuk kedua blog tersebut. Saya tidak tahu mengapa, mungkin benar NWB lebih baik dari segi SEO dibanding BP atau ada penyebab lainnya bukan dari blog buildernya. Entahlah!

Baca juga: Cara Memverikasi Blog Di Nextwapblog Ke Google Webmaster Tools (Search Console)

NWB support JS loh jadi sobat bisa bebas memasang iklan di blog sobat untuk mendapatkan pendapatan dari blog tersebut.

WapBlog.ID
wapblog.jpg
Berbeda dengan 3 blog builder khusus HP sebelumnya yang hadir setelah MWB ditutup, WapBlog.ID (WBID) sudah ada saat MWB masih eksis. Blog builder ini dulu selalu berada di bawah bayang-bayang MWB, namun setelah MWB tutup WBID tetap saja tak bisa menjadi nomor 1 karena kemunculan BP dan NWB. Blog builder inilah yang membuat saya menjual blog saya yang ada di MWB, WBID support kode JS tak seperti MWB yang melarang membernya menggunakan kode JS dengan alasan SEO. Karena hal itulah saya dulu pindah dari MWB ke WBID agar saya bisa bebas memasang iklan di blog saya.

Pada awalnya WBID bernama IdnBlogger.Com lalu sekitar bulan Juni 2015, blog builder ponsel lainnya yakni IndoWapBlog resmi bergabung dengan IdnBlogger.Com dan akhirnya terciptalah WBID. Untuk fitur di WBID ada multiblog, edit template, parkir domain dan lain-lain. Subdomain di WBID ada bloger.id, fastblog.net, gratiss.info dan masih banyak lainnya.

Wapka
wapka.jpg
Sebenarnya Wapka lebih condong sebagai wap builder dari pada blog builder. Tapi dengan munculnya istilah blog download jadi tak apa-apalah Wapka di sebut sebagai blog builder karena Wapka sangat cocok untuk sobat yang ingin membuat blog download. Karena itulah saya tidak merekomendasikan Wapka untuk sobat yang ingin membuat blog artikel, memang sih di Wapka juga bisa membuat blog artikel tapi jangan deh karena itu bukan tempatnya. Membuat blog artikel di Wapka itu ibarat menanam padi di gurun pasir, sangat tidak cocok dan mustahil berkembang.

Membuat sebuah blog di Wapka tidak semudah membuat blog di BP, NWB ataupun WBID karena sobat harus tahu kode-kode tertentu. Saya pernah mencobanya dan coba tebak bagaimana hasilnya, GATOT alias gagal total walaupun saya sudah membaca tutorialnya dari Google. Sebenarnya jika saya mau menguliknya lebih dalam insya allah saya pasti bisa tapi dasar sayanya saja yang malas waktu itu. Itulah kenapa saya tidak merekomendasikan sobat untuk membuat blog artikel di Wapka, bikin blognya saja susah ditambah lagi sobat nanti harus berjuang lagi mengisinya dengan tulisan yang berkualitas jadi 2 kali lipat kan perjuangan sobat. Kalau ada yang simple kenapa harus pilih yang ribet.

Berbeda dengan sobat yang ingin membuat blog download, Wapka adalah jawabannya. Mungkin jika sobat belum tahu cara dan kodenya pasti akan kesulitan tapi jika sudah tahu dan sudah menguasai seluk beluk Wapka pasti sobat nyaman membuat blog download disana. Tak sedikit orang yang telah sukses mengurus wap atau blog download di Wapka dan menghasilkan ratusan dollar perbulannya.

Fitur-fitur di Wapka tak perlu dipertanyakan lagi, Wapka sudah lama berdiri jadi fiturnya sangat komplit. Bahkan dengan wapka sobat bisa membuat sebuah situs sosial media seperti Facebook, tapi tentu saja sobat harus sudah ahli di Wapka.

Itulah tadi Daftar Blog Builder Terbaik Untuk Ponsel versi RegenciPedia.

Dari pada sobat menghabiskan kuota untuk hal yang tidak jelas seperti melakukan bom like dan stalking mantan di Facebook lebih baik sobat berkarya lewat aksara di blog. Tidak ada alasan saya hanya punya HP android, blackberry, symbian atau bahkan java, sekarang sudah ada blog builder di atas yang akan memfasilitasi sobat untuk menulis di blog via handphone.

Tak perlu pusing-pusing ingin menulis apa di blog, tulis saja kegiatan sehari-hari sobat di blog dan jadikan blog sebagai diary online. Sensasinya beda loh curhat di blog dan di status Facebook, ditambah curhat di blog akan terlihat keren berbeda halnya dengan curhat di status Facebook yang terkesan lebay. Tapi jangan asal menulis, cobalah untuk memperbaiki tulisan sobat dari hari ke hari. Sebagai langkah pertama, cobalah untuk menerapkan EYD di dalam tulisan sobat. Siapa tahu kalau tulisan sobat sudah bagus dan enak dibaca nanti sobat bisa menjadi penulis yang hebat dan menerbitkan sebuah buku. Di zaman sekarang setiap orang punya peluang untuk sukses.

Sobat tidak punya minat dan bakat dalam menulis? Tidak masalah, cobalah membuat blog download. Sobat punya banyak file game, film dan musik di kartu memori, kenapa tidak di upload ke file hosting di internet lalu bagikan di blog download sobat. Jangan remehkan seorang admin blog download, pendapatan mereka bisa melebihi gaji PNS.

Baca juga: 7 Kelebihan Mengelola Blog Download

Oh iya, jika sobat melihat ada iklan di blog sobat padahal sobat merasa belum memasang iklan jangan panik itu adalah iklan dari blog builder yang sobat gunakan. Iklan tersebut menjadi pemasukan para pengurus blog builder. Para admin blog builder juga butuh pemasukan bukan semata-mata untuk mereka saja tapi juga untuk membayar sewa hosting agar blog buidernya tetap aktif. Jadi, jangan protes jika setiap blog builder di atas punya iklan bawaan, sobat seharusnya mengklik iklan tersebut minimal sekali perhari sebagai bentuk terima kasih karena telah dibuatkan blog builder yang responsive untuk ponsel.

Tags: Blog Builder Terbaik, Terpopuler, Terbaru, Terupdate Terkeren Untuk Ponsel, HP, Handphone, Android, Blackberry, Symbian, Java, Wap Builder, Web Builder, Apa Itu Blog Builder? Pengertian Dan Penjelasan, Fakta Unik, Kabar Terkini, Informasi Lengkap, List of Best Blog Builder For Mobile Phone
loading...

7 Responses to "Blog Builder Terbaik Untuk Ponsel"

  1. thx gan infonya.. nanti mau ane coba yang wapka aja

    BalasHapus
  2. Ane belum pernah nyoba wikiserp, kayaknya bagus

    BalasHapus
  3. Temen ane pake wapka gan :v ane juga dulu pake gak ngerti :v

    BalasHapus
  4. kenapa mywapblog ditutup ya gan? padahal udah banyak yang menggunakan

    BalasHapus
  5. Kalo dulu saya suka wen.ru, wapsite builder buatan rusia. Tapi udah tutup. Kalo buat blog di mywapblog, tapi udah tutup juga

    BalasHapus
  6. Keren gan.. saya juga sebelum pindah ke blogspot saya ngeblog di ponsel. Semoga sukses :)

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK