"Nobita Terdampar Selama 3000 Hari", Episode Doraemon Yang Penuh Makna

loading...
nobita-menangis.jpg

"Nobita Terdampar Selama 3000 Hari", Episode Doraemon Yang Penuh Makna - Seperti biasa, pagi hari di hari Minggu saya selalu stand by di depan TV untuk menyaksikan salah satu kartun yang tersisa dari masa keemasan kartun di pertelevisian Indonesia yaitu Doraemon. Sekitar jam 8 pagi di hari Minggu saya rutin menonton Doraemon sambil sarapan pagi, masa bodoh dengan usia saya yang sekarang sudah remaja, Doraemon akan tetap menjadi tontonan favorit saya di hari Minggu. Daripada menonton acara musik yang gak jelas mending bernostalgia ke masa kecil bersama Doraemon. Terima kasih RCTI karena masih menayangkan kartun yang penuh kenangan ini...

Pagi tadi RCTI menayangkan salah satu episode Doraemon yang berjudul "Nobita Terdampar Selama 3000 Hari". Dulu saya pernah punya beberapa komik Doraemon dan kebetulan episode ini ada di komik Doraemon yang pernah saya miliki. Karena saat itu saya masih kecil jadi saya menganggap episode ini biasa-biasa saja tapi setelah menontonnya kembali tadi pagi dengan usia saya yang sudah mulai dewasa saya merasa episode ini sangat istimewa.

Episode "Nobita Terdampar Selama 3000 Hari" ini menceritakan Nobita yang kabur dari rumah setelah ia kesal karena dimarahi ayah dan ibunya akibat ulahnya yang terlalu asyik bermain sampai pulang terlalu malam. Doraemon sempat melarangnya untuk pergi namun Nobita malah menakut-nakuti Doraemon dengan tikus mainan sampai Doraemon pingsan dan akhirnya Nobita pergi dari rumah dengan beberapa alat yang ia ambil dari kantong ajaibnya Doraemon.

Dengan baling-baling bambu akhirnya Nobita sampai di sebuah pulau yang indah dan tentram. Untuk beberapa saat Nobita menikmati tinggal di pulau tak berpenghuni tersebut, rumput yang empuk, pemandangan yang indah dan yang paling penting tidak ada orang tuanya yang akan memarahinya karena pulang terlalu larut atau tidak mengerjakan PR. Sampai ia merasa kelaparan dan kesulitan mencari makan, mulailah perasaan rindu rumah dirasakan oleh Nobita. Ia mulai merindukan kedua orang tuanya dan juga Doraemon. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat tonton episode "Nobita Terdampar Selama 3000 Hari" dibawah ini.


Banyak hal yang bisa kita jadikan pelajaran dari episode "Nobita Terdampar Selama 3000 Hari" tersebut.

Ungkapan "Tak ada tempat seindah rumah" sepertinya benar adanya. Dalam episode ini Nobita kabur dari rumah kesebuah pulau yang indah. Pulau tersebut benar-benar indah dengan pemandangan yang tak mengecewakan. Tapi, tetap saja dengan berjalannya waktu Nobita merindukan yang namanya rumah.

Buat sobat yang sekarang juga sedang merantau jauh dari rumah pasti mengiyakan ungkapan "Tak ada tempat seindah rumah".

Saya memiliki pandangan sendiri untuk arti atau makna rumah. Menurut saya tidak semua bangunan beratap dan berlantai itu rumah, itu bukanlah rumah tapi sebuah hunian atau bangunan. Rumah itu adalah sebuah tempat yang didalamnya terdapat orang yang kita sayangi dan menyayangi kita yang disebut keluarga. Bahkan andai itu sebuah gua jika didalamnya kita tinggal bersama keluarga kita tercinta maka menurut saya itu adalah sebuah rumah.

Episode Doraemon yang sedang saya bahas ini menunjukan pada kita seindah-indahnya tempat tetap tak bisa mengalahkan keindahan sebuah rumah yang didalamnya terdapat keluarga yang harmonis.

keluarga-nobita.jpg

Selain itu episode ini juga mengajarkan kita semua untuk selalu mensyukuri apa yang kita miliki. Nobita kabur dari rumah karena mengira diluar sana ia dapat menemukan sebuah tempat yang jauh lebih indah dari rumah. Ia memang mendapatkan tempat yang indah dimana tak ada yang akan memarahinya walaupun tidur seharian, tidak mengerjakan PR atau bermalas-malasan. Tapi ternyata ia salah, tak ada yang memarahi saja tak bisa memberi Nobita kebahagiaan. Ia mulai merindukan kehidupannya yang dulu, walaupun sering dimarahi orang tuanya karena bermalas-malasan tapi dulu ketika ia pulang ke rumah sudah ada yang menyiapkan makanan, dirumah juga ada Doraemon yang sudah menjadi seperti "buku diary yang berbicara"-nya Nobita. Setiap Nobita mendapat suatu masalah pasti Doraemon menjadi tempat mengadu. Nobita lupa akan semua nikmat yang ia rasakan di kehidupannya dulu, barulah setelah kehilangan semuanya ia menyadarinya.

nobita-merengek-ke-doraemon.jpg

Sobat juga jangan pernah mengeluh dengan kehidupan sobat, jangan pernah berpikir untuk meminta kehidupan yang lain pada Tuhan karena kehidupan yang sobat jalani sekarang adalah kehidupan terbaik yang Tuhan berikan. Percayalah, Tuhan lebih tahu segalanya dibanding kita sebagai makhluknya.

Jangan seperti Nobita di episode ini yang hanya karena sebuah masalah sampai-sampai ia kabur dari rumah dan melupakan nikmat yang sudah ia dapat. Saya sering menjumpai status-status di Facebook yang berisi keluh kesah kehidupan yang dijalani, sebenarnya kalau masih batas wajar itu gak apa-apa lagi pula Facebook kan tempat curhat tapi kalau yang berlebihan dan terkesan lebay saya suka risih melihatnya. Hanya karena sebuah masalah seakan-akan kehidupannya yang paling sengsara, melarat dan menderita di seluruh Galaksi Bima Sakti. Ia mungkin tidak sadar Tuhan sudah memberinya nikmat untuk bisa update status karena ia punya HP, diluar sana banyak orang yang boro-boro untuk punya HP untuk makan sehari-hari saja susah.

Amanat terakhir yang saya dapat dari episode Doraemon yang satu ini adalah jangan mengambil keputusan di saat keadaan hati dan pikiran kita tidak tenang karena keputusan tersebut akan kita sesali nantinya. Saat kita sedang dalam masalah jangan pernah mengambil keputusan dengan tergesa-gesa sebaiknya dengar saran orang-orang di sekitar kita, takutnya nanti kita mengambil keputusan yang salah. Orang yang mengambil keputusan dengan pikiran tenang saja bisa salah apalagi dengan pikiran kacau.

Jadi, episode Doraemon yang berjudul "Nobita Terdampar Selama 3000 Hari" ini mengajarkan kita tentang pentingnya rumah & keluarga, mensyukuri apa yang ada dan jangan mengambil keputusan saat hati dan pikiran tidak tenang. Untuk penutup saya punya sebuah kata-kata, terserah mau disebut kata-kata bijak ataupun omong kosong tapi kata-kata ini muncul di benak saya setelah menonton episode Doraemon ini.

"Daripada tinggal di sebuah istana tanpa siapa-siapa lebih baik tinggal di gubuk dengan keluarga tercinta" - Abdul Aziz

nobita-dan-ibunya.jpg

Tags: Episode Doraemon Terbaik, Paling Berkesan & Istimewa, Paling Bermakna & Berarti, Review Episode Doraemon Terbaru
loading...

6 Responses to ""Nobita Terdampar Selama 3000 Hari", Episode Doraemon Yang Penuh Makna"

  1. Mantap euyy episode Doraemon yang satu ini.

    ReplyDelete
  2. Yang aku suka di episode nobita dan doraemon kali ini pelajaran yang sangat bermakna bagi anak2. Jd bukan sekedar film anime hiburan. Keren pokonya

    ReplyDelete
  3. Saya juga dulu pernah baca komik nya dulu waktu kecil, ternyata benar juga ya, tak ada tempat seindah rumah.:)

    ReplyDelete
  4. mantab saya sangat suka dari kecil nonton doremon sampai anak2 pun suka nonton juga terima kasih infonya

    ReplyDelete
  5. Saya suka sama yang bikin artikelnya

    ReplyDelete

loading...

FANSPAGE FACEBOOK