#SBL: "Mereka Bisa Apa?", Lagu Motivasi Untuk Menggapai Impian Dan Mengabaikan Para Pembenci Yang Mencoba Menjatuhkan

loading...
sufte-ft-nadya-mereka-bisa-apa.jpg
#SBL (Sabtu Bahas Lagu): "Mereka Bisa Apa?", Lagu Motivasi Untuk Menggapai Impian Dan Mengabaikan Para Pembenci Yang Mencoba Menjatuhkan - Apakah sobat punya sebuah impian? Yah, saya yakin semua orang punya impian dan saya juga yakin impian sobat itu tidak tanggung-tanggung, sobat pasti ingin menjadi orang yang sangat sukses dan berhasil di dunia ini di bidang yang sobat minati.

Lalu apakah sobat sudah mulai mengambil langkah pertama untuk menggapai impian tersebut?

Saya mau curhat sedikit...

Saat saya kecil ketika saya ditanya apa cita-cita saya maka saya tidak ambil pusing saya langsung saja menjawab sebuah cita-cita yang keren seperti menjadi pemain sepak bola, dokter, penyanyi atau apa lah itu yang penting sebuah cita-cita keren. Ketika masuk ke jenjang pendidikan SMP pun saya belum terlalu memikirkan apa yang namanya cita-cita, jawaban saya masih sama ketika ditanya tentang cita-cita. Namun, ketika saya sudah sebesar ini rasanya tidak mungkin ketika saya ditanya tentang cita-cita saya menjawab seperti dulu, saya mulai merenung dan berpikir mau jadi apa saya nantinya.

Sayangnya ketika orang-orang mulai beranjak dewasa impian tinggi di masa kecil seakan memudar dan menjadi omong kosong.

Apa penyebabnya?

Salah satunya adalah kita mulai sadar akan keadaan dan ketidakmungkinan mewujudkan cita-cita tersebut. Saya sendiri merasakan hal tersebut. Impian saya untuk menjadi seorang pemain sepak bola, dokter dan penyanyi hanya terwujud di angan-angan saja.

Sebenarnya itu wajar saja karena saat kita kecil kita belum tahu apa yang kita minati dan bakat apa yang kita punya. Karena itulah saat kita kecil kita asal jeplak ketika ditanya tentang cita-cita.

Saya baru bisa menjawab apa cita-cita saya yang sebenarnya ketika sudah SMA. Saya mulai menemukan apa minat saya dan mencoba mengembangkannya. Bukan pemain sepak bola, dokter atau penyanyi tapi cita-cita saya adalah menjadi seorang penulis dan blogger sukses. Mungkin tidak semegah cita-cita saya saat kecil tapi setidaknya ketika saya ditanya tentang cita-cita saya bisa menjawab dengan jawaban yang ada artinya bukan sekedar omong kosong belaka. Kenapa saya bilang bukan omong kosong, karena saat saya menjawab cita-cita saya menjadi seorang penulis dan blogger sukses saat itu saya sedang berusaha mewujudkannya.

Salah satu langkah kecil saya untuk mewujudkannya adalah dengan menulis di blog RegenciPedia ini. Mungkin terdengar sepele tapi dengan terus menerus menulis di blog ini saya berharap kualitas tulisan saya bisa lebih baik lagi.

Soal cita-cita saya menjadi seorang blogger sukses mungkin sobat bertanya-tanya apa memang menjadi blogger itu menjanjikan. Sobat benar-benar ketinggalan zaman jika menganggap menjadi seorang blogger hanya untuk mengisi waktu luang. Di Indonesia sudah banyak blogger sukses yang menghasilkan puluhan juta perbulannya, salah satunya adalah Eka Lesmana.

Kadang ketika kita sedang melangkahi tangga demi tangga untuk menggapai cita-cita ada saja cobaan yang datang menerpa. Salah satunya datang dari para pembenci yang terus menerus menghina usaha kita agar kita jatuh dan gagal mewujudkan cita-cita.

Jika sobat sedang mengalami hal tersebut ada baiknya mendengarkan lagu yang akan di bahas di #SBL kali ini. Lagu tersebut adalah lagu yang berjudul "Mereka Bisa Apa?" yang merupakan karya dari Sufte dan Nadya.


Lirik Lagu Sufte Ft. Nadya - Mereka Bisa Apa?

Verse 1:
Kadang ada saat kita benar benar yakin
Lakukan apa yang sudah lama di ingin
Namun apa yang terjadi diluar dugaan
Orang-orang disekeliling pun menertawakan

Meragukan yang kita kerjakan hal tak berguna
Cibiran demikian tak mengenakan telinga
Yang bisa mereka tunjukan hanyalah sinis
Coba mematahkan disaat kita optimis

Reff:
Mereka bisa apa selain bicara?
Cuma terus bicara dan tak berguna
Mereka bisa apa selain komentar?
Tak lakukan apapun selain berkoar

Saat semua terwujud, pencibir bungkam
Saat ada hasilnya mulut mereka diam
Hanya kerikil kecil yang ada dijalan
Jangan terlalu hirau dan mari buktikan

Verse 2:
Maju bergolak karena banyak yang menolak
Hadir rasa ragu gusur yakin hati dan otak
Ucapan merendahkan coba curi impian
Tolak mentah mentah dan jangan pernah biarkan

Mereka tak tahu yang sedang kau lakukan
Sebuah cita-cita yang kau yakin wujudkan
Tak berguna dengar suara sumbang mencibir
Usah pedulikan bila sampai jadi buah bibir

Back to Reff

Verse 3:
Tunggu saja saat kau bisa membuktikan
Apa yang tadinya sempat mereka ragukan
Dewasa bersikap, jadi penawar yang mujarab
Beri sebuah pembuktian dari gagal yang kerap

Jatuh itu bangun, bukan buat mundur
Buktikan kau bukan puing yang telah hancur
Sisa semangat tersimpan bekal untuk maju
Meski terus datang tanggapan yang tak setuju

Back to Reff

Verse 4:
Sudah berulang kali ada banyak bukti
Siapa yang berhasil lewati celaan pasti
Yang dibayangkan hasil, gagal diulang
Terus begitu hingga muncul emas di dulang

Pencela tersadar, bahkan hendak meniru
Itu bukan lagi sebuah hal yang baru
Saat kita berhasil semua mata terbuka
Tak ada yang tak mungkin sudah ada buktinya

Back to Reff (2X)

Sobat sudah tahu siapa itu Sufte? Oke, kalau belum tahu mari kita bahas dulu siapa itu Sufte!

sufte.jpg
Yusuf Adam a.k.a Sufte

Nama aslinya adalah Yusuf Adam, ia adalah seorang rapper asal Jakarta yang lahir pada tanggal 15 Agustus 1996. Ia mulai menyukai dunia musik rap sejak tahun 2008 dan memulai karirnya sebagai rapper sejak kelas 2 SMP tahun 2009 di Bekasi. Saya tidak tahu kenapa ia menggunakan nama Sufte sebagai nama panggungnya. Informasi tentang rapper yang satu ini juga sangat minim di internet.

Sementara untuk Nadya, saya tidak tahu Nadya mana yang berkolaborasi di lagu ini dengan Sufte. Ada kemungkinan Nadya Almira Puteri yang pernah ikut Indonesian Idol 2014 atau juga Nadya Fatira atau bisa juga Nadya lainnya.

Oke, mari kita bahas lagunya!

"Mereka Bisa Apa?" adalah sebuah lagu dari Sufte yang berkolaborasi dengan Nadya. Sufte di lagu ini menyanyikan bagian verse-nya sementara Nadya menyanyikan bagian reff-nya. Lagu ini hanya di iringi permainan gitar sederhana dan gebukan drum yang santai, dengan instrumen yang seperti itu membuat kita bisa lebih mendalami makna dan amanat dari lagu ini.

Saat saya baca-baca di komentar video lagu ini di Youtube ada akun bernama Rizky Mic yang mengatakan kalau lagu ini liriknya mirip lagu "Biar" dari 8 Ball dan pembawaan di bagian reff-nya juga mirip dengan lagu 8 Ball yang berjudul "Kenalan", ia pun mempertanyakan apakah Sufte plagiat? Memang sih bagian reff-nya mirip lagu "Kenalan" tapi Sufte kemudian mengkonfirmasi kalau lagu ini sudah ada sejak tahun 2013, baru di upload di tahun 2014 dan di Youtube baru di upload di tahun 2017 ini jadi lagu ini sudah ada jauh sebelum lagu "Kenalan" dari 8 Ball dirilis. Ditambah ternyata 8 Ball juga ikut terlibat di lagu ini.

Ini adalah salah satu lagu hip hop terbaik yang paling saya suka dari segi lirik dan makna. Lagu ini juga menjadi satu-satunya lagu hip hop yang liriknya sampai saya hafal karena keseringan memutarnya. "Mereka Bisa Apa?" sudah seperti lagu anthem buat saya.

"Mereka Bisa Apa?" liriknya berisi motivasi kepada kita agar kita tetap semangat menggapai impian meskipun orang-orang di sekeliling meragukan, menertawakan dan meremehkan. Tak jarang ketika kita sedang melakukan usaha menggapai cita-cita ada saja orang yang mengolok-olok usaha kita. Mereka akan mengeluarkan kata-kata sinis untuk menjatuhkan semangat kita hingga kita percaya kalau kita tidak akan pernah menggapai impian kita.

Dalam lagu ini Sufte memberi pesan kepada kita agar kita tidak memperdulikan perkataan mereka. Abaikan saja toh nanti ketika kita sudah berhasil mereka akan terdiam seribu bahasa. Percayalah dengan usaha yang sobat lakukan sekarang, semustahil apapun impian sobat jangan pernah putus asa karena perkataan para pencibir. Bagian reff lagu ini sangat memotivasi saya, bukan hanya untaian kata biasa tapi ini adalah sebuah karya yang luar biasa.

Saya heran kenapa Sufte tidak populer padahal ia memiliki lagu sekeren ini. Dibandingkan rapper ganteng-ganteng swag yang cuma jualan kontroversi seharusnya Sufte lebih tenar karena sudah terbukti karyanya. Yah, dasar media sekarang mudah banget di manipulasi.

Verse 1 menceritakan usaha kita yang awalnya dipenuhi optimisme malah diremehkan orang lain. Verse 2 dan 3 menggambarkan semakin derasnya cobaan dari para pembenci tapi itu tak boleh jadi halangan menggapai puncak. Verse 4 dengan jelas memberikan kita motivasi kalau sudah banyak orang sukses yang awalnya di remehkan.

Lagu ini bukan omong kosong, sudah banyak buktinya orang-orang yang usahanya dihina tapi kemudian membuat penghina bungkam dengan kesuksesan usahanya. Salah satu contohnya yaitu penulis novel Harry Potter, J. K. Rowling. Siapa sih yang gak kenal kisah Harry Potter? J. K. Rowling adalah orang dibalik kisah dunia sihir tersebut. Ia sekarang menjadi salah satu wanita terkaya di Inggris karena kesuksesan buku novel yang sudah diadaptasi menjadi film tersebut. Menurut sobat apakah usaha Rowling menuju kesuksesan berjalan mulus? Tentu saja tidak, asal sobat tahu saja ia pernah ditolak 12 penerbit sebelum akhirnya berhasil menerbitkan novel Harry Potter seri pertamanya lewat penerbit kecil Bloomsbury. Bahkan ia sempat disuruh menjadi pegawai kantoran saja dari pada menjadi penulis buku.

jk-rowling.jpg
J. K. Rowling

Selain J. K. Rowling masih ada Steve Jobs pendiri perusahaan Apple dan Jack Ma pendiri e-commerce terbesar si China, Alibaba. Usaha mereka awalnya diremehkan namun lihat sekarang mereka adalah salah satu orang tersukses di dunia. Saya yakin setiap orang sukses di dunia juga punya cobaannya masing-masing sebelum mencapai kesuksesannya sekarang.

Lagu "Mereka Bisa Apa?" menjadi penyemangat saya dalam menggapai cita-cita saya untuk menjadi penulis sukses dan blogger sukses. Saya sampai harus berdiam diri dirumah demi meningkatkan kualitas tulisan saya sembari terus memajukan blog RegenciPedia ini. Ketika remaja lelaki seusia saya pada umumnya sering keluar rumah saya malah terus dirumah, memang terlihat aneh sampai ada orang yang bilang saya seperti perawan karena jarang keluar rumah.

Saya tidak tahu apakah saya akan berhasil menjadi penulis sukses dan blogger sukses, yang penting saya sudah berusaha. Kita sebagai manusia diwajibkan berusaha dan berdo'a kalau soal hasilnya nanti itu urusan Tuhan, kita tak perlu ikut campur. Saya yakin hasil tak akan mengkhianati perjuangan.

Walaupun nantinya saya gagal menjadi seorang penulis sukses dan blogger sukses saya tidak akan menyesal dengan perjuangan saya selama ini karena saya percaya Tuhan punya rencana yang lebih baik. Saya juga punya kata-kata yang memotivasi saya selama ini.

"Lebih baik menyesal karena telah melakukan sesuatu dari pada menyesal karena tak melakukan apapun"

Intinya dari lagu "Mereka Bisa Apa?" ini kita tidak boleh terjatuh oleh omongan orang lain, terus berusaha, terus berjuang, terus melangkah untuk meraih mimpi dan jadikan itu sebagai jawaban semua omong kosong para pencibir.

"Bermimpilah setinggi langit agar bila kau terjatuh kau akan terjatuh diantara bintang-bintang"

Ingat! Sobat juga jangan malah menjadi pencibir yang meremehkan usaha orang lain karena akan sangat menyebalkan jika orang yang sobat remehkan nantinya lebih sukses dari sobat. Hargai setiap usaha orang lain jika ingin usaha sobat dihargai.

Rate from RegenciPedia: 9/10

Sumber referensi: sufteofficial.blogspot.com

Tags: Sufte Ft. Nadya - Mereka Bisa Apa?, Makna Dan Arti, Informasi Lengkap, Kabar Terbaru, Terkini, Terupdate, Biografi, Biodata, Fakta Unik, Review Song, Ulasan
loading...

2 Responses to "#SBL: "Mereka Bisa Apa?", Lagu Motivasi Untuk Menggapai Impian Dan Mengabaikan Para Pembenci Yang Mencoba Menjatuhkan"

  1. Iya jga sih om, 99% impian masa kecil saya pun juga padam entah krna keadaan atau krna terganti hal lain yg mungkin ga berguna. Btw ijin streaming di yt ya bos buat dnger lagunya :D

    BalasHapus
  2. keren danget lagunya ,izin share ya gan via fb :)

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK