6 Kekurangan Mengelola Blog Download

loading...
download.jpg

Apakah sobat seorang blogger? Niche apa yang sobat usung di blog sobat? SEO, blogging, bisnis, hiburan, cerpen atau download.

Yah, niche blog terbaru sekarang yang banyak digandrungi oleh para blogger adalah niche download. Sebenarnya ini sama sekali berlawanan dengan artian blog itu sendiri.

Blog adalah salah satu jenis website yang berisi artikel-artikel dari si penulis bisa berupa catatan harian si penulis atau tentang sesuatu yang dikuasai oleh si penulis. Itu adalah pengertian blog dulu, sekarang pengertian blog sudah jauh berkembang dan berubah. Tak lagi hanya berisi catatan harian, kini blog sudah bergeser menjadi portal berita seperti detik.com, tribunnews.com dan kapanlagi.com hanya saja diselipkan dengan opini-opini si penulis di setiap artikelnya dan dengan bahasa penulisan yang terkesan bebas.

Banyak sekali niche atau tema untuk di angkat di blog. Sekarang ada blog yang membahas seputar otomotif, film, musik, kesehatan, politik, SEO, berita yang sedang viral dan lain-lain. Semuanya sama, sama-sama menyajikan sebuah bacaan untuk para pengunjung blog tapi beda dengan blog dengan niche download. Blog download tidak menjadikan bacaan sebagai sajian utamanya melainkan sebuah file yang bisa diunduh oleh para pengunjungnya.

Saya tidak tahu dari mana asal muasal istilah blog download tersebut. Mungkin karena orang-orang membuat blog di blog builder seperti Blogspot namun tidak mengisinya dengan artikel berisi tulisan melainkan dengan postingan-postingan yang berisi link download film, musik, game dan lainnya.

Mengelola sebuah blog download adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang lewat internet. Blog dengan niche apapun pada dasarnya bisa menjadi lumbung uang kita di internet.

Kali ini saya akan mencoba memaparkan beberapa kekurangan, bahaya atau resiko mengelola blog download berdasarkan apa yang saya tahu dan pengalaman saya menjadi pengelola blog download selama ini. Saya sekarang tidak lagi mengurus blog download karena saya lebih memilih fokus ke blog artikel ini.

Berikut 6 Kekurangan Mengelola Blog Download versi RegenciPedia:

1. Tingkat Persaingan Yang Tinggi
Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau ada banyak blog atau situs download di internet, mungkin mencapai ratusan atau bahkan ribuan. Siapkah sobat untuk bersaing dengan blog atau situs download tersebut?

Blog artikel juga sebenarnya banyak saingan tapi blog artikel bisa dibilang mudah untuk berinovasi dengan banyaknya tema yang bisa diangkat. Meskipun ada dua blog artikel bertemakan SEO dan keduanya membuat artikel yang isinya tips untuk meningkatkan ranking blog di Google bisa saja tips kedua blog tersebut berbeda dengan begitu para pembaca tetap akan mengunjungi kedua blog tersebut untuk menambah-nambah referensi.

Bagaimana dengan blog download? Contohnya jika ada dua blog download lagu membagikan lagu "Hadapi Dengan Senyuman" dari Dewa 19 maka si pengunjung hanya akan memilih salah satunya saja dan mengabaikan yang satunya lagi toh lagunya juga sama.

Sobat harus berpikir keras bagaimana caranya memikat orang-orang agar mau mendownload di blog sobat bukan di tempat lain. Jadi, jangan berpikir kalau mengelola blog download itu tak harus memakai otak hanya karena tak dibutuhkan keterampilan menulis. Apalagi jika sobat pendatang baru dan harus bersaing dengan blog-blog download lama yang sudah memiliki reputasi.

Ingin membuat blog download film? Ingat ada LK21, Cinemaindo, Dramaindo dan Ganool. Ingin membuat blog download lagu? Silahkan tengok bagaimana mendominasinya situs Planetlagu dan Waptrick. Ingin membuat blog download aplikasi atau game android? Mungkin sobat belum tahu situs Jalan Tikus. Selain situs-situs tersebut masih banyak blog atau situs download lainnya yang sudah memiliki reputasinya masing-masing.

Sobat ingin berharap mendapatkan pengunjung dari mesin pencari seperti Google dan Bing? Jangan harap. LK21, Planetlagu dan Jalan Tikus sudah menguasainya.

Peluang untuk sukses mengelola blog download sekarang sangat tipis karena para pendahulu sudah sangat kokoh dipuncak. Sobat harus kreatif dan inovatif jika ingin bersaing dengan mereka. Kalau yang sobat tahu hanya upload file lalu membagikan link downloadnya di blog sebaiknya urungkan niat sobat menjadi pengelola blog download karena mengelola blog download tak sesimple itu.

2. Konsistensi Menjadi Suatu Kewajiban
Mengurus blog download tak kalah memakan waktunya dibanding mengurus blog artikel. Sobat harus terus konsisten memposting di blog download sobat bahkan kalau bisa setiap hari. Jangan biarkan orang-orang yang sudah menjadi visitor loyal menunggu update terbaru blog sobat. Seminggu saja blog download sobat tidak di update maka bersiap-siaplah visitor loyal blog download sobat akan menjadi visitor loyal blog download orang lain. Ingat, ada banyak blog download lain yang siap menampung visitor loyal blog download sobat.

Poin nomor 2 ini saya ambil berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang pengunjung blog download. Saya dulu pernah menjadi pengunjung setia sebuah blog download film tapi sekarang blog download film tersebut jarang update alhasil saya pun hijrah menjadi pengunjung setia blog download lain yang lebih sering update.

3. Membutuhkan Modal Yang Tidak Sedikit
Banyak orang beranggapan kalau ngeblog adalah sebuah pekerjaan yang tidak membutuhkan modal. Sebenarnya itu anggapan yang salah karena faktanya baik itu mengurus blog download ataupun blog artikel sama saja membutuhkan modal. Contohnya adalah kuota dan juga waktu kita yang jadi modalnya. Tapi, blog download dan blog artikel punya perbedaan mencolok dalam hal ini.

Untuk serius dalam mengelola blog artikel sobat bisa menggunakan platform blog seperti Blogspot yang gratis dan tak membeli domain TLD juga tidak masalah. Salah satu blog yang berhasil meraih kesuksesan dengan hanya bermodalkan kuota dan waktu adalah blog Strukturkode. Blog tersebut memakai platform gratisan yakni Blogspot dan masih memakai subdomain Blogspot juga tapi kabarnya blog yang dimiliki oleh orang bernama Didin Ajidin ini bisa menghasilkan 10 juta perbulan.

Jika sobat ingin serius mengelola blog download maka sobat diharuskan memiliki uang untuk melengkapi modal membuat blog download, disamping kuota dan waktu yang saya bilang tadi. Tak ada blog atau situs download yang sukses dengan memakai paltform gratisan dan tanpa domain TLD. Normalnya untuk membuat blog download itu di Wordpress Self-Hosted jadi sobat harus membeli hosting dan sebuah domain. Hosting yang bagus untuk memulai membangun blog download itu harganya 500 ribu - 1,5 juta/tahun dan sebuah domain TLD yang direkomendasikan seperti .com .net .org harganya 100 ribu - 200 ribu/tahun. Belum lagi sobat harus mendaftar menjadi premium member di web file hosting yang sobat gunakan agar file-file yang sudah sobat upload tidak terhapus dan tentu saja itu tidak gratis. Kira-kira sobat harus punya total 2 juta ketika akan membangun sebuah blog download secara serius.

Sebenarnya modal sebesar itu tidak termasuk besar untuk memulai sebuah usaha jangka panjang tapi sekali lagi saya tekankan kalau tak ada jaminan sobat bisa sukses mengelola blog download. Pada akhirnya ada kemungkinan uang tersebut akan terbuang percuma dan tak ada hasilnya. Untuk sebuah pekerjaan yang belum tentu ada hasilnya uang 2 juta tentu tidak sedikit. Tapi, resiko harus di ambil jika ingin meraih keberhasilan dan sobat harus siap bagaimanapun hasilnya, mau itu sukses ataupun gagal.

Untuk 3 poin terakhir hanya berlaku untuk pengurus blog download yang file-file yang dibagikannnya melanggar hak cipta.

4. Rentan Dibanned
Pernah melihat sebuah blog atau situs download yang alamatnya selalu berganti? Menurut sobat kenapa blog atau situs download tersebut gonta-ganti alamat terus? Tentu saja itu bukan kemauan sang admin melainkan karena alamat mereka sebelumnya di blokir baik itu oleh operator ataupun pemerintah.

Seperti yang kita tahu, pemerintah sangat tidak menyukai blog atau situs download yang melanggar hak cipta dan masuk kategori ilegal. Yang akan terjadi jika blog download sobat terciduk oleh pemerintah adalah domain blog download sobat tidak akan bisa di akses dan sobat terpaksa harus membeli domain baru.

Ganool adalah salah satu situs download yang sudah beberapa kali berganti domain. Ganool memang situs download film ilegal jadi wajar saja pemerintah terus menerus mencekal domain yang di pakai situs tersebut.

Jangan pernah coba-coba untuk membuat blog download di Blogspot. Mungkin blog download sobat bisa bertahan beberapa waktu tapi ketika blog download sobat sudah berumur dan mulai terdeteksi oleh pihak Blogspot maka bersiap-siaplah blog download sobat bisa lenyap kapan saja. Seperti yang saya bilang di atas kalau ingin membuat blog download idealnya di Wordpress Self-hosted.

5. Pelanggaran Hak Cipta
Ini adalah salah satu bahaya atau resiko yang kadang tak disadari oleh para pengelola blog download. Pelanggaran hak cipta memang sudah dipandang sebelah mata dan menjadi hal yang wajar di zaman sekarang. Tapi, tahukah sobat kalau pelanggaran hak cipta adalah bom waktu bagi pengelola blog download.

Saya pernah dengar curhatan seorang teman di Facebook yang bercerita kalau orang di kampungnya ada yang harus di sidang karena membagikan lagu-lagu berhak cipta di situs downloadnya. Ia sampai harus membayar denda berupa uang yang tak sedikit kepada label rekaman terkait yang merasa dirugikan karena tindakannya tersebut. Katanya ia sampai harus menjual motornya untuk membayar denda tersebut.

Kemungkinan sobat berurusan dengan pihak berwajib karena pelanggaran hak cipta di blog download memang kecil apalagi jika sobat membagikan lagu atau film luar negeri. Artis atau perusahaan terkait terlalu sibuk untuk mengurus hal-hal seperti itu, daripada melaporkan blog download ke pihak berwajib mereka lebih memilih fokus untuk lagu atau film mereka selanjutnya. Ditambah lagi tidak mungkin melaporkan satu per satu blog download yang sudah membagikan karya mereka secara ilegal karena itu terlalu banyak. Jika sobat membagikan lagu atau film luar negeri kemungkinan sobat dilaporkan hanya 2%.

Berbeda halnya jika sobat membagikan lagu atau film lokal, terlebih lagu yang dinaungi label indie. Terkadang label-label indie sangat sensitif terhadap pelanggaran hak cipta sekecil apapun. Jadi, berhati-hatilah jika sobat memutuskan membuat blog download yang akan melakukan pelanggaran hak cipta terhadap pihak lokal.

Hal ini juga menjadi penyebab kenapa kebanyakan pengurus blog download sangat merahasiakan identitasnya.

6. Dosa
Jangan kira hanya blog download video dewasa yang akan menimbulkan dosa bagi pengurusnya, semua blog download yang melakukan pelanggaran hak cipta akan membuat pengurusnya menanggung dosa.

Membagikan file berhak cipta di blog download itu ibarat kita mencuri barang orang lain lalu kita jual. Sudah jelas-jelas itu dosa.

Memang sulit membuat blog download yang tak melakukan pelanggaran hak cipta karena blog download selalu identik dengan pelanggaran hak cipta. Tapi, sobat bisa mencontoh situs Jalan Tikus. Situs tersebut merupakan situs download tapi tidak melakukan pelanggaran hak cipta karena aplikasi dan game yang dibagikan sudah memiliki izin dari si pemilik hak cipta.

Itulah 6 Kekurangan Mengelola Blog Download versi RegenciPedia. Selain memiliki kekurangan, bahaya dan resiko, mengelola blog download juga punya kelebihan sendiri seperti tak perlu keterampilan menulis, banyak yang mencari dan lain-lain.

Baca juga: 7 Kelebihan Mengelola Blog Download

Poin nomor 4, 5 dan 6 merupakan alasan kenapa saya berhenti menjadi pengelola blog download.

Sumber referensi: seiroshare.com
Sumber gambar: pixabay.com

Tags: Bahayanya Membuat Mengurus Blog Download, Efek Negatif, Fakta Unik, List Daftar Kekurangan Web Download Unduh, Resiko, Hukuman, Apakah Membuat Blog Download Itu Dosa?
loading...

13 Responses to "6 Kekurangan Mengelola Blog Download"

  1. Ini yang saya cari terimakasih sangat informatif

    BalasHapus
  2. Padahal saya juga ngelola gan, heheh

    BalasHapus
  3. kalo misalkan saya punya blog donlot pake blogspot dan kemudian saya up ke domain tld, kalo kayak gitu kebaned juga gak gan sama pihak blogspot?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau blognya udah mulai besar dan banyak pengunjung maka blog sobat rentan terdeteksi pihak Blogspot atau kalaupun tidak terdeteksi bisa saja ada saingan sobat yang licik yang akan melaporka blog sobat. Domain TLD gak ngaruh yang ngaruh itu bagaimana sobat menyembunyikan blog sobat sebisa mungkin ahar tidak terdeteksi pihak Blogspot.

      Hapus
  4. Kalau masalah saingan, tergantung kita mau bikin web ttg apa gan, contoh anime. Harus lebih spesifik mau anime yg mana.. Jepang terlalu banyak
    Coba anime China atau Korea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anime itu sebutan untuk kartun dari Jepang. Gak ada yang namanua anime china...

      Hapus
  5. Yg terakhir tentang dosa, itu alasan ane banget knp gx nuat blog download. Tapi gan klo nujukin link nya ajh apa itu juga melanggar hak cipta

    BalasHapus
  6. pelanggan hak cipta sih gan, tapi kalo diselipin di blog dikit2 ga masalah kan hehe cm bantuin sharing :v

    BalasHapus
  7. Memang benar gan, segala sesuatu itu sudah pasti ada resikonya termasuk yang poin terakhir itu.
    Namun semua itu kembali pada diri kita sendiri sih. :D

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK