7 Kelebihan Mengelola Blog Download

loading...
download.jpg

Apakah sobat seorang blogger? Niche apa yang sobat usung di blog sobat? SEO, blogging, bisnis, hiburan, cerpen atau download.

Yah, niche blog terbaru sekarang yang banyak digandrungi oleh para blogger adalah niche download. Sebenarnya ini sama sekali berlawanan dengan artian blog itu sendiri.

Blog adalah salah satu jenis website yang berisi artikel-artikel dari si penulis bisa berupa catatan harian si penulis atau tentang sesuatu yang dikuasai oleh si penulis. Itu adalah pengertian blog dulu, sekarang pengertian blog sudah jauh berkembang dan berubah. Tak lagi hanya berisi catatan harian, kini blog sudah bergeser menjadi portal berita seperti detik.com, tribunnews.com dan kapanlagi.com hanya saja diselipkan dengan opini-opini si penulis di setiap artikelnya dan dengan bahasa penulisan yang terkesan bebas.

Banyak sekali niche atau tema untuk di angkat di blog. Sekarang ada blog yang membahas seputar otomotif, film, musik, kesehatan, politik, SEO, berita yang sedang viral dan lain-lain. Semuanya sama, sama-sama menyajikan sebuah bacaan untuk para pengunjung blog tapi beda dengan blog dengan niche download. Blog download tidak menjadikan bacaan sebagai sajian utamanya melainkan sebuah file yang bisa diunduh oleh para pengunjungnya.

Saya tidak tahu dari mana asal muasal istilah blog download tersebut. Mungkin karena orang-orang membuat blog di blog builder seperti Blogspot namun tidak mengisinya dengan artikel berisi tulisan melainkan dengan postingan-postingan yang berisi link download film, musik, game dan lainnya.

Mengelola sebuah blog download adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang lewat internet. Blog dengan niche apapun pada dasarnya bisa menjadi lumbung uang kita di internet.

Kali ini saya akan mencoba memaparkan beberapa kelebihan atau keuntungan mengelola blog download berdasarkan apa yang saya tahu dan pengalaman saya menjadi pengelola blog download selama ini. Saya sekarang tidak lagi mengurus blog download karena saya lebih memilih fokus ke blog artikel saya ini.

Berikut 7 Kelebihan Mengelola Blog Download versi RegenciPedia:

1. Banyak Dicari/Peminat
Sobat pasti pernah mendownload sebuah file di internet, entah itu file musik, video, gambar atau game. Tak dapat dipungkiri kegiatan download mendownload di internet adalah salah satu hal yang paling digemari. Bagaimana tidak, dengan hanya bermodalkan perangkat ponsel atau PC dan kuota sobat sudah bisa memiliki film, lagu atau game yang sobat inginkan.

Jika sobat mengelola blog download dengan adanya fakta tersebut maka itu bisa menjadi sebuah keuntungan.

Saya pernah melihat statistik situs download film LK21 (LayarKaca21) di histats dan saya terkejut bukan main, pageviews situs tersebut mencapai 10 juta perhari. Amazing! Blog artikel mana yang memiliki pageviews sebanyak itu?

Itu adalah salah satu bukti kalau blog download lebih diminati ketimbang blog artikel.

2. Mudah Mendapat Visitor Tetap/Loyal
Visitor tetap/loyal adalah pengunjung blog yang akan terus kembali lagi mengunjungi blog kita bisa setiap hari, 2 hari sekali, 3 hari sekali atau seminggu sekali. Pokoknya si pengunjung tersebut akan kembali lagi mengunjungi blog kita secara berkala bahkan bisa mengingat alamat blog kita, itulah yang dinamakan visitor tetap/loyal.

Poin nomer 2 ini masih bersinggungan dengan poin yang pertama. Dengan banyaknya orang yang mencari blog download, tugas sobat selanjutnya hanyalah untuk memikat mereka dengan blog download sobat agar mereka menjadi visitor tetap blog sobat.

Saran saya setelah blog sobat memiliki visitor tetap usahakan agar sobat sebisa mungkin konsisten untuk update di blog sobat karena jika tidak bukan tidak mungkin visitor tetap blog sobat akan kabur dan mencari blog download lain. Istilah "Lebih sulit mempertahankan daripada mendapatkan" bisa berlaku disini.

3. Kuantitas Lebih Diutamakan Daripada Kualitas
Jika di blog artikel ada anggapan "lebih baik memiliki sedikit konten namun berkualitas daripada memiliki banyak konten tapi tidak berkualitas" maka untuk pengelola blog download anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Semakin banyak konten atau file yang ada di blog download maka semakin terlihat baik pula blog download tersebut di mata pengunjung.

Standar kualitas sebuah konten atau file di blog download itu sebenarnya cukup membingungkan dan tak menentu. Seorang pengunjung akan mencap bagus sebuah blog download jika di blog download tersebut ada file yang ia cari. Jadi, semakin banyak file yang sobat posting di blog download sobat maka semakin besar pula kemungkinan pengunjang menilai blog download sobat bagus karena bisa saja file yang pengunjung cari ada diantara banyaknya file yang sudah sobat posting.

Jadi, buat sobat yang seorang pengelola blog download jangan terlalu berpikir panjang ketika ingin memposting sebuah file. Jangan terlalu diperhitungkan apakah file tersebut akan ada yang mandownload atau tidak dan jangan ragu untuk memposting sebuah file hanya karena file tersebut sedang tidak viral. Posting, posting, posting dan posting, itulah yang harus sobat lakukan.

Ini sebuah kenyamanan loh buat sobat yang sekarang menjadi pengurus blog download. Disaat pengelola blog artikel harus memakai otaknya untuk merangkai kata agar menjadi tulisan yang enak di baca di sebuah artikel, sobat hanya tinggal upload file dan posting di blog. Enak bukan...

4. Tampilan Tidak Terlalu Diperhatikan
Berbeda dengan blog artikel yang sangat memperhatikan tampilan blog agar terlihat menarik saat pengunjung datang, blog download sedikit mengabaikan soal tampilan. Para pengunjung tidak akan mencap blog download itu buruk meskipun memiliki tampilan kurang menarik asalkan ada file yang mereka cari di blog download tersebut. Percuma sebuah blog download memiliki tampilan unik dan menarik tapi filenya kurang memadai.

Jadi, untuk sobat yang mengelola blog download saya sarankan jangan terlalu pusing dengan tampilan blog sobat, cukup fokus dengan file-file yang akan sobat share. Tapi, bukan maksud saya untuk benar-benar mengabaikan tampilan blog download sobat sampai tampilan backgroundnya hanya putih saja. Cukup pilih tampilan yang simple dan usahakan jangan terlalu ramai dengan widget-widget yang tidak penting.

5. Mudah Melakukan Promosi
Saya sudah membuktikannya sendiri, melakukan promosi blog download itu terbilang mudah. Kuncinya adalah memanfaatkan media sosial terutama Facebook.

Caranya jika sobat mengelola blog download film maka sobat tinggal masuk ke grup Facebook pecinta film atau semacamnya dan sobat tinggal promosikan blog download sobat disana. Banyak kok grup-grup Facebook pecinta film dan bergabunglah di banyak grup tersebut agar hasilnya maksimal. Sobat tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk promosi hanya dibutuhkan waktu dan sedikit usaha saja dengan cara tersebut.

Begitu pula dengan blog download game, lagu atau yang lainnya. Sobat hanya perlu mencari grup Facebook yang berhubungan dengan blog download sobat dan sobat bisa melakukan promosi disana.

Sebelum melakukan promosi pastikan blog download sobat sudah memiliki banyak konten untuk di download. Jangan melakukan promosi ketika blog download sobat masih minim konten karena itu akan sia-sia. Ibaratnya seperti kita mempromosikan warung makan yang ternyata di warung makan tersebut tidak ada makanannya, ya sama aja bohong.

Jika sobat ingin melakukan cara promosi di Facebook seperti yang saya jelaskan di atas sebaiknya berhati-hati. Jangan gunakan akun Facebook utama sobat, sebaiknya sobat harus punya khusus sebuah akun Facebook untuk melakukan promosi tersebut. Usahakan juga akun Facebook tersebut sudah berumur bukan yang baru di buat karena akun Facebook baru rentan terkena banned. 4 akun Facebook baru saya yang saya buat khusus untuk melakukan teknik promosi tersebut juga dibanned karena dianggap melakukam tindakan spam.

6. Lebih Cepat Menghasilkan Pendapatan
Mungkin untuk poin nomer 6 ini agak subjektif. Tapi, asalkan sobat sudah tahu cara mengelolanya pasti lebih cepat menghasilkan pendapatan dibanding blog artikel. Dari pengalaman saya, mengurus blog download lebih cepat menghasilkan ketimbang blog artikel.

Salah satu faktor yang membuat blog download lebih cepat menghasilkan pulus adalah jaringan iklan yang tidak ribet. Blog artikel memang punya Google Adsense (GA) yang dikenal sebagai jaringan periklanan berbasis PPC terbaik tapi untuk diterima GA bukanlah hal yang mudah. Meskipun blog download memang tak mungkin diterima GA tapi masih banyak alternatif jaringan periklanan lain seperti Wap4dollar, Popcash, Yllix atau pemendek url seperti Adf.ly. Blog download bisa langsung memasang iklan-iklan dari jaringan iklan tersebut tanpa harus ada konfirmasi diterima atau tidaknya blog download sobat. Sobat tinggal daftar di jaringan iklan tersebut dan langsung bisa memasang iklan. Berbeda dengan GA yang harus ada tahap review dulu terhadap blog kita sebelum iklan bisa tampil.

Saya disini menyebutkan lebih cepat bukan lebih besar. Karena saya tidak tahu berapa penghasilan paling besar admin blog download dan blog artikel. Kabarnya ada pengurus blog artikel yang penghasilannya mampu mencapai 50 juta perbulan sementara untuk pengurus blog download saya kurang tahu karena pengurus blog download itu kebanyakan tertutup soal perhasilan mereka.

7. Tak Perlu Keterampilan Menulis
Yang namanya blogger itu memang sudah selayaknya memiliki keterampilan dalam bidang menulis karena blog dan tulisan itu selalu berkaitan. Tapi, pengelola blog download adalah pengecualian.

Baca juga: Blog Builder Terbaik Untuk Ponsel

Blog download tidak mengharuskan pengelolanya untuk pandai menulis. Meskipun tak membutuhkan keterampilan menulis bukan berarti mengelola blog download itu semudah membalikan telapak tangan. Memang tak dibutuhkan keterampilan merangkai kata tapi pengurus blog download harus mengetahui banyak hal. Contohnya jika sobat ingin membuat dan mengurus blog download film maka sobat harus tahu film-film terbaru, cara menggabungkan film dan subtitle karena sekarang film dengan hardsub lebih diminati, file hosting terbaik agar film yang sudah sobat upload awet, cara mengconvert film ke berbagai resolusi dan hal-hal lainnya. Tapi, kalau sobat sudah handal dan tahu seluk beluk mengurus blog download seharusnya hal-hal tersebut tak menjadi masalah.

Bersyukurlah sobat yang mengurus blog download karena tak perlu pandai dalam menulis. Saya sebagai seorang blogger yang mengurus blog artikel tahu betul bagaimana sulitnya mencari ide artikel sampai membuat artikel dengan baik dan benar agar enak dibaca pengunjung. Belum lagi masalah SEO yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Itulah tadi 7 Kelebihan Mengelola Blog Download versi RegenciPedia. Kelebihan dan keuntungan tersebut akan sobat rasakan jika mengurus blog download. Tapi, mengelola blog download juga memiliki kekurangan dan resiko tersendiri seperti melanggar hak cipta, rentan dibanned dan kekurangan-kekurangan lainnya.

Baca juga: 6 Kekurangan Mengelola Blog Download

Sumber referensi: seiroshare.com
Sumber gambar: pixabay.com

Tags: List Daftar Keuntungan, Kelebihan, Keunggulan, Positif Mengelola Mengurus Blog Dengan Niche Download, Fakta Unik, Informasi Lengkap, Saran Kepada Admin Author Web Download
loading...

8 Responses to "7 Kelebihan Mengelola Blog Download"

  1. Mantap gan.


    Ditunggu kunbalnya.
    www.membukapintu.net

    BalasHapus
  2. bener gan, saya lagi coba coba bikin situs download game gratis :D
    Adakah saran untuk Nubi ini mas gan -/\-

    BalasHapus
  3. ane setuju gan. ane jg lagi stak gk bikin2 artikel di blog ane. kek nya boleh dicoba tu bikin blog download ��

    BalasHapus
  4. betul banget gan, saya juga menyediakan blog tentang download film

    BalasHapus
  5. Enaknya blog download gampang diselipin iklan di tombol downloadnya haha..

    BalasHapus
  6. Pengetahuan yang baru bagi saya yang masih awam...

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK