#SBL: "Kok", Lagu Sindiran Untuk Orang Yang Selalu Merasa Paling Benar

loading...
rapper-8-ball.jpg


Lirik Lagu 8 Ball - Kok

[Verse1]
Siapa perna bikin salah, Ya kita sama
Bisa baru saja atau sudah cukup lama
Akan ada orang suka jadi malaikat
Yang ngasih banyak saran, tapi sambil mengumpat

Yang salah nggak di kasih kesempatan bela diri
Udah buru-buru sama mereka dikebiri
Yang salah sendiri yang hujat keroyokan
Ngumpulin sesamanya, ngumpulin dukungan

Mereka ikut gatel kalo tahu aib orang
Terus ikut ngatur sampai larang-larang
Ngasih makan juga ngga, kok sok peduli
Apa waktu yang salah laper, makan situh yang ngasih

Main hakim sendiri seolah tahu banget
Mencari kesalahan orang yang lagi anget
Seolah paling suci, seolah paling bener
Semangat ngadilin orang kok sampe ngeblinger

[Chorus]
Yang bikin salah aja menyesal
Yang menghakimi kok masih kesal
Merasa suci tapi membenci
Hati sama otaknya terkunci

Paling bisa kalo komentar
Merasa udah paling benar
Ngga pernah bisa bisa nahan diri
Suka main hakim sendiri

[Verse2]
Biasanya mereka ngerasa paling hebat
Seolah mampu bikin orang lain bertobat
Sampe terlalu sibuk sama urusan orang
Yang ngga terjadi biar seru ditambah mengarang

Alasan sesama kita harus mengingatkan
Tapi kenapa malah di tambah penilaian
Diselipin tebak-tebakan sama curiga
Kalo kurang gitu ya, rasanya kurang lega

Kaya nggak ada kerjaan, komentar terus
Merasa jalan hidupnya yang paling lurus
Mental tukang kritik, tukang mengeluh
Ada reaksi balik, kok malah menjauh

Coba disuruh ngaca apa mereka mau
Tapi nomor satu kalau disuruh sok tahu
Semut diseberang laut saja nampak jelas
Gajah di pelupuk mata, kok liatnya malas

Back to [Chorus]

[Bridge]
Ngaca dululah sebelum ngasih masukan
Jangan sama gegabahnya beri tindakan
Tanggapi bijak salah, dengan menjadi contoh
Bukan dengan ego dan terlihat bodoh

Karena menilai orang buatmu terbuai
Merasa paling bener dan merasa pandai
Manusia maju itu belajar dari salah
Takut sama resiko yang di tempuh itu payah

Back to [Chorus] 2X

Saya mengambil lagu hip hop untuk di bahas di #SBL kali ini karena belakangan ini saya lagi kecanduan sama genre musik yang satu ini. Menurut saya hip hop itu genre musik yang keren dan kaya akan lirik yang penuh makna bukan hanya sekedar aksara. Hip hop itu lebih bebas dan luwes dalam mengambil tema tak melulu tentang percintaan bahkan mungkin kebanyakan lagu hip hop itu jauh dari percintaan tapi lebih ke masalah sosial di masyarakat. Namun, sekalinya mengambil tema percintaan, lagu hip hop selalu ngena ke pendengarnya dan langsung ngestuck di kepala.

Sayangnya tak semua rapper mampu membuat lagu hip hop berkualitas, ada rapper yang terkenal bukan karena kualitas lagunya tapi karena kontroversi atau hal lainnya. Tapi, Muhammad Iqbal a.k.a 8 Ball adalah rapper yang benar-benar tahu arti hip hop dan mampu membuat lagu hip hop yang berkualitas.

Buat sobat yang kurang suka sama lagu hip hop wajar jika tak mengenal 8 Ball tapi kalau sobat penggemar musik hip hop pasti pernah mendengar namanya walaupun hanya sekilas. Bisa dibilang 8 Ball adalah salah satu rapper legend Indonesia setara dengan Iwa K dan Saykoji, bedanya 8 Ball memang jarang terekspos media tapi soal kualitas jangan ditanya lagi.

8 Ball punya reputasi sebagai rapper yang sering memakai lirik vurgal dan frontal di lagu-lagunya. Ia juga terkenal sering menyerang lewat lagu artis-artis lain atau istilahnya di hip hop itu ngediss. Bahkan ia sempat di juluki "Si Lidah Nista".

Orang-orang memang tahunya dia itu cuma jago ngediss dan bikin lagu-lagu nakal padahal jika menilik semua lagu 8 Ball anggapan itu jelas keliru. Faktanya banyak lagu-lagu 8 Ball dengan lirik yang sopan dan mengandung isi positif seperti "Semaikan Kasih", "Kaulah Segalanya", "Biar", "Lanjutkanlah" dan lagu "Kok" yang menjadi pembahasan di #SBL kali ini.

Bukan maksud membanding-bandingkan, banyak rapper yang lebih mengedepankan musiknya ketimbang lirik padahal kekuatan hip hop itu ada di lirik. Karena ingin terkesan kekinian banyak rapper menggunakan musik EDM sebagai instrumen lagunya, contohnya Ecko Show. Ecko Show masih mending karena di imbangi dengan lirik yang cukup keren, meskipun lebih keren 8 Ball sih, tapi coba tengok Young Lex. Saya sempat geleng-geleng kepala ketika mendengarkan beberapa lagunya. "Anjay" dan "GGS" menurut saya paling absurd. Ada yang bisa jelasin gak itu lagu tentang apa? Yang saya tangkap sih "GGS" itu tentang orang-orang yang merasa paling keren. Bener gak sih? "Anjay" lebih membingungkan lagi, itu lagu sindiran atau apa sih. Its Oke kalau mau make musik EDM tapi liriknya lebih berkualitas lagi dong jangan muter-muter gak jelas.

Itu hanya opini saya saja tentang musik hip hop, bukan maksud menggurui saya sadar saya bukan pengamat musik profesional tapi tidak salah kan mengemukakan pendapat. Mohon maaf jika ada yang tersinggung atau tersakiti karena opini saya tersebut.

Back to song...

"Kok" adalah salah satu lagu paling menarik dari 8 Ball. Di lagu ini 8 Ball benar-benar menunjukan keahliannya dalam membuat lagu hip hop. Lagu ini kekuatannya murni di liriknya, tak perlu iringan musik modern cukup menonjolkan permainan gitar sederhana bisa membuat lagu ini nyaman di telinga.

Meskipun judulnya agak aneh tapi maknanya mudah kita cermati. "Kok" merupakan lagu sindiran untuk orang-orang yang selalu merasa paling benar dan doyan menghakimi orang lain.

"Lagu itu ceritanya tentang orang-orang yang fokus sama salah kita melulu sih. Disitu gue memposisikan diri juga sebagai orang yang dulunya pernah bikin salah juga, dan mengemas pengalaman apa saja yang didapet ketika mulai banyak orang menghakimi. Penyampaian seperti itu biar lebih mengena pesannya” - 8 Ball menjelaskan, dilansir dari Hiphop Indo.

Pernah dengar pribahasa "Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan nampak jelas"? Itu adalah pribahasa untuk orang-orang yang pintar sekali melihat kesalahan orang lain sekecil apapun kesalahan itu tapi kesalahan dirinya sendiri yang besar seperti tak terlihat olehnya.

Kadang memang ada orang yang seperti itu. Mereka semangat banget menghakimi ketika orang lain berbuat kesalahan, bahkan kata-kata yang keluar dari mulut mereka lebih keren dari pada kata-kata motivasi dari Mario Teguh. Sok bijak, sok menasehati, sok menggurui tapi kata-kata yang mereka ucapkan sebenarnya itu hanya omong kosong karena kelakuan mereka sendiri tak lebih baik dari orang yang mereka hakimi.

Saya sendiri suka risih ketika ada orang yang sok tahu dan sok menasehati seakan-akan dirinya yang paling mulia. Saya cukup sering menjumpai orang-orang yang seperti itu, rasanya ingin saya lawan balik omongan tak berfaedah dari mulut mereka tapi saya tahu berdebat dengan orang seperti itu tak akan ada ujungnya. Mereka akan berdebat berlandaskan opini-opini bodoh mereka sendiri bukan berdasarkan fakta yang ada.

Menasehati sesama manusia itu boleh bahkan wajib. Tapi, kalau dirasa hidup kita sendiri belum benar jangan sok mengurusi hidup orang lain.

Lagu "Kok" ini sangat cocok untuk semua orang sebagai bahan introspeksi diri. Jujur, saya sendiri merasa tersindir ketika pertama kali mendengarkan lagu ini. Setelah mendengarkan lagu ini saya sedikit merenung dan berpikir untuk mencoba menghilangkan sifat sok menasehati dari diri saya.

Sudah seharusnya kita menghilangkan sifat merasa paling benar di semua sendi kehidupan ini. Baik itu dilingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan dimanapun sobat berada.

Baca juga: Lagu-Lagu Terbaik Dari 8 Ball

Overall, Lagu "Kok" merupakan lagu yang penuh makna dan pesan di dalamnya. Dengan musik yang sederhana mampu membuat kita lebih mudah memahami pesan yang disampaikan 8 Ball di lagu ini. Cocok di dengarkan untuk menginstropeksi diri kita sendiri sebelum mengurusi urusan orang lain.

Rating: 8,5/10

Sumber referensi: hiphopindo.net, hip-hopid.blogspot.com

Tags: 8 Ball - Kok, Makna Dan Arti, Informasi Lengkap, Kabar Terbaru, Terkini, Terupdate, Biografi, Biodata, Fakta Unik, Review Song, Ulasan, Penyanyi 8 Ball
loading...

6 Responses to "#SBL: "Kok", Lagu Sindiran Untuk Orang Yang Selalu Merasa Paling Benar"

  1. Ciamik juga tuh kata-kata yang ada dalam lagu.. blak-blakan banget..

    BalasHapus
  2. manteb ada liriknya, jadi gampang kalo mao ngapalin hehehe. btw nice post gan, menarik wkwkw

    BalasHapus
  3. Yaps, betul banget gan, lagu hip hop memang terkadang mengandung unsur sindiran mungkin sebab itu tidak terlalu di sukai oleh masyarakat kita.
    Ya, itu alamiah. Seperti lebih suka nonton sinetron dari pada nonton siraman rohani. :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga yang membuat hiphop beda dengan genre musik lain.

      Hapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK