Lagu-Lagu Terbaik Dari 8 Ball

loading...
rapper-8-ball.jpg
Daftar Lagu-Lagu Terbaik Dari 8 Ball Versi RegenciPedia - 8 Ball adalah seorang rapper berdarah Maluku yang memulai karir sebagai rappernya di tahun 2003 ketika dirinya sedang kuliah di Yogyakarta. Nama aslinya adalah Muhammad Iqbal, ia menggunakan nama 8 Ball (Eight Ball) sebagai nama panggungnya mungkin karena pelesetan dari Iqbal. 8 Ball sudah terbiasa mendengarkan musik sejak kecil dan bagi 8 Ball musik hip hop memiliki daya tarik tersendiri. Bersama para rapper asal Maluku lainnya ia membuat sebuah grup rapper yang bernama The Bakutumbu. Kelompok rapper The Bakutumbu sempat saling serang lewat lagu atau bahasa gaulnya saling ngediss dengan kelompok rapper asal Gorontalo dan Manado yaitu G-Town. Perseteruan kedua kelompok tersebut merupakan perseteruan paling fenomenal sepanjang sejarah hip hop Indonesia.

Saya cukup kesulitan mencari biodata 8 Ball di internet. Sedikit sekali situs yang mengulas rapper yang satu ini, walaupun ada saya tidak bisa menjamin kebenaran informasinya. Mungkin 8 Ball punya alasan tersendiri kenapa tidak terlalu terbuka tentang siapa dirinya. Meskipun begitu, kepopuleran 8 Ball sebenarnya tak perlu diragukan. Ia sudah menjadi salah satu rapper terbaik di Indonesia.

8 Ball bukanlah rapper pertama yang saya tahu, sebelum saya mengenalnya saya terlebih dulu tahu sama Saykoji dan Iwa K. Tapi, 8 Ball lah yang membuat saya menyukai lagu-lagu hip hop.

8 Ball mendapat julukan sebagai "Si Lidah Nista" karena banyak lagu-lagunya yang mengandung lirik-lirik yang liar, nakal, vulgar dan agak keterlaluan. Ia juga dikenal suka sekali ngediss atau menghina musisi-musisi lainnya lewat lagunya. Salah satu lagu diss dari 8 Ball yang paling populer adalah lagu berjudul "Kangen Bitch", lagu tersebut merupakan lagu yang berisi ejekan kepada Kangen Band yang dianggap kampungan dan katro.

Sebenarnya saya merasa julukan "Si Lidah Nista" kepada 8 Ball terlalu berlebihan karena pada kenyataannya lagu-lagu hip hop memang identik dengan kata-kata kasar dan lagu yang berisikan ejekan atau diss di hip hop itu biasa. Lagi pula banyak kok lagu 8 Ball yang tidak berisikan kata-kata kotor bahkan terkesan bermakna dan bijaksana. Awalnya saya juga tahu 8 Ball dari lagu-lagunya yang memiliki lirik nakal tapi ketika saya mencari lagu-lagu 8 Ball yang lainnya persepsi saya terhadap dia berubah. Saya sempat berpendapat kalau 8 Ball memang hanya bisa membuat lagu dengan lirik kasar dan itu sudah menjadi ciri khasnya tapi ternyata saya salah, 8 Ball adalah seorang rapper yang penuh bakat dan kreatifitas. Ia bisa membuat lagu tentang cinta, keluarga dan permasalahan sosial dengan susunan dan pemilihan lirik yang tepat. Saya sekarang berpendapat kalau dia adalah seorang seniman yang luar biasa, dia bukan artis yang jualan tampang di televisi namun minim karya, dia juga bukan penyanyi yang hanya mengandalkan kontroversi tapi dia adalah seorang rapper penuh karya. Kekuatannya terdapat pada lirik yang keren, lagu-lagunya tak perlu iringan musik EDM dari DJ seperti rapper masa kini, dengan hanya permainan gitar pun lagu 8 Ball tetap enak didengar karena seperti yang saya bilang tadi kalau kekuatannya adalah di lirik dan ia sangat pandai memainkan kata di setiap bait lirik lagunya.

Kali ini saya akan mencoba membuat daftar lagu-lagu 8 Ball terbaik berdasarkan penilaian saya.

Berikut Daftar Lagu-Lagu Terbaik Dari 8 Ball versi RegenciPedia:

Hotpants (Ft. E-Check & Agil)
"Hotpants" adalah salah satu lagu dengan lirik nakal dari 8 Ball, dari judulnya saja sudah bisa diprediksi kalau isi lagu ini kurang cocok untuk semua umur.

"Hotpants" menceritakan tentang cewek-cewek yang suka pakai hotpants alias celana pendek. Di lagu ini digambarkan bagaimana cowok-cowok khususnya si penulis lagu menyukai dan selalu tergoda dengan cewek yang suka pakai hotpants.

8 Ball di lagu ini berkolaborasi dengan E-Check & Agil. Lagu ini terdengar keren dengan suara khas mereka dan tentunya liriknya yang vulgar.

Cewek Santai (Ft. Strike Back)
Lagu "Cewek Santai" ini liriknya lebih parah dibanding lagu "Hotpants". Tak tanggung-tanggung di lagu ini ada kata kon*ol dan me*ek. Sangat parah memang.

Terlepas dari liriknya yang vulgar, lagu "Cewek Santai" ini sebenarnya cukup memiliki pesan yang kuat. Dalam lagu ini 8 Ball menyindir cewek-cewek sekarang yang terbawa pergaulan yang kurang baik terlebih di seks bebasnya. Cewek zaman sekarang pada tolol dan mau aja jadi pelampiasan nafsu para lelaki biadab. Mereka rela melakukan hal konyol tersebut hanya biar di bilang gaul dan gak ketinggalan zaman. Buat para cewek yang kelakuannya udah kaya gitu coba deh dengerin lagu ini, semoga aja bisa sadar dan berubah.

DPR Bergoyang (Ft. Maggie)
Pada November 2006 sebuah video porno antara anggota DPR Yahya Zaini dan pedangdut Maria Eva tersebar luas. Akibatnya Yahya Zaini harus dipecat dari keanggotannya di DPR oleh Dewan Kehormatan DPR.

Dari skandal tersebut 8 Ball dan Maggie membuat sebuah lagu berjudul "DPR Bergoyang" yang menjadikan kasus Yahya Zaini sebagai temanya. Sebuah lagu yang cukup bagus meskipun kata-katanya sedikit vulgar tapi memberikan kita pesan agar tidak salah memilih pemimpin. Selain itu, "DPR Bergoyang" mengingatkan kita kalau mereka yang berdasi kadang akhlaknya tidak lebih baik dari pada kita yang hanya sebatas rakyat biasa.

Gemar Goblok
"Gemar Goblok" menceritakan tentang selebritis yang tolol dan hanya jualan tampang, band-band katro dan tayangan di TV yang tidak berkualitas. Intinya adalah dunia entertainment kita yang sudah kacau dan mengedepankan popularitas ketimbang kualitas. Setelah saya berpikir sejenak ternyata lagu ini ada benarnya juga loh, artis-artis Indonesia sekarang hanya bermodalkan tampang dan popularitas. Enggak semuanya gitu kok ada juga beberapa yang memang memiliki skill mempuni.

Matre
Sobat pernah punya pacar yang matre? Ingin ini ingin itu semua yang serba mahal. Cewek matre adalah salah satu jenis cewek yang seharusnya tidak pernah ada di dunia ini.

"Matre" adalah lagu 8 Ball yang menceritakan seorang lelaki yang memiliki pacar seorang cewek matre. Setiap bait lirik lagu ini menunjukan bagaimana sengsaranya si lelaki dengat sifat matre pacarnya. Kalau sobat baru putus sama pacar karena pacar sobat matre coba deh dengerin lagu ini, tenang aja lagu "Matre" ini pembawaannya tidak mellow tapi justru terdengar ceria dan dijamin bisa memotivasi sobat untuk melupakan pacar sobat yang matre.

Eeeaa (Ft. Robe)
Lagu "Eeeaa" ini merupakan lagu 8 Ball di album "Kenalin" yang merupakan album 8 Ball yang dirilis pada tahun 2015 lalu.

Lagu ini merupakan sindiran kepada anak alay yang semakin merajalela. Saya juga sering menjumpai anak alay di Facebook, sehari mereka bisa membuat 10-20 status dan setiap statusnya memakai bahasa penulisan yang hanya mereka sendiri yang tahu. Nama akun sosial media mereka juga kadang-kadang aneh dan membuat kita tertawa. Tapi itu di akun Facebook saya dulu, akun Facebook saya yang sekarang temannya kebanyakan blogger, wapper sama pecinta film & anime jadi status alay sekarang tidak lagi membanjiri beranda Facebook saya.

Dalam lagu ini 8 Ball menyampaikan bagaimana jijiknya dia dengan anak alay. Pembawaannya yang lucu semakin membuat lagu ini menarik, bagian reffnya kocak banget.

Main Ke Rumahmu
Masih dari album "Kenalin", kali ini ada lagu "Main Ke Rumahmu". Lagu ini mungkin terdengar kurang bermakna tapi coba deh sobat dengerin pasti sobat enjoy dengan cara 8 Ball membawakan lagu ini. Slow, asik, easy listening pokoknya enak banget nih lagu. Lagu "Main Ke Rumahmu" ini menceritakan seorang lelaki yang main ke rumah pacarnya ketika rumah pacarnya sepi. Tenang saja, walaupun memiliki tema yang agak gimana gitu tapi lirik lagu ini masih dalam batas wajar.

Kenalan
Ini adalah single pertama 8 Ball di album "Kenalin". Lagu "Kenalan" ini menceritakan tentang seorang cowok yang ingin berkenalan dengan cewek yang membuatnya tertarik. 8 Ball menyanyikan lagu "Kenalan" ini dengan ceria dan permainan kata khas 8 Ball di liriknya semakin menambah kualitas lagu ini.

Gak Bisa Romantis (Ft. Robe)
8 Ball di lagu ini berani berinovasi. "Gak Bisa Romantis" merupakan salah satu tanda kreatifitas 8 Ball, di lagu ini 8 Ball menambahkan nuansa reggae, terdengar jelas di permainan gitarnya. Hip hop dikolaborasikan dengan reggae, benar-benar sebuah kombinasi yang sempurna. Jarang loh yang kaya gini.

"Gak Bisa Romantis" merupakan sebuah lagu tentang lelaki yang tak bisa romantis dan cuek sama pacarnya. Boro-boro memberi bunga, menyanyikan sebuah lagu cinta, membuatkan sebuah puisi ala pujangga dan makan malam di tempat indah dibawah cahaya bintang-bintang di langit, si lelaki di lagu ini bahkan tak bisa menjaga sikapnya ketika bersama pacarnya.

Apakah sobat termasuk lelaki yang gak bisa romantis? Kalau iya berarti lagu ini cocok buat sobat.

Menurut saya momen yang paling romantis itu bukan ketika si cowok menyanyikan lagu cinta buat si cewek, bukan juga ketika si cowok membacakan puisi sambil memberikan bunga ke si cewek tapi ketika si cowok datang ke rumah si cewek bersama keluarganya dan berkata kapada orang tua si cewek "Bolehkah saya menikahi puteri bapak?".

Gak Lagi (Ft. Yaser Y.M.T-Y.M.T)
Lagu ini bertemakan percintaan namun dibalut dengan sedikit kelucuan. Lucunya diawal dan dipertengahan lagu ini ada sedikit percakapan yang kocak antara seorang cowok dan mantan pacarnya.

Lagu "Gak Lagi" ini menceritakan seorang cowok yang mantannya kembali mendekatinya namun si cowok tidak mau kembali lagi. Lagu ini harus di dengerin sama para cewek agar mereka tidak dengan mudahnya memutuskan pacarnya hanya karena ada cowok yang lebih baik. Walaupun lagu ini terdengar konyol tapi tetap saja ada amanat yang bisa di ambil dari lagu ini.

Selingkuh
Kembali dari album "Kenalin". Lagu "Selingkuh" ini merupakan lagu dari 8 Ball yang bertemakan percintaan. Fokus ceritanya adalah tentang seorang lelaki yang diselingkuhin pacarnya. Andai band pop yang membawakan lagu ini pasti akan dibuat mellow dan melankolis tapi beda ceritanya dengan 8 Ball yang seorang rapper. Ia menyanyikan lagu yang sebenarnya temanya menyedihkan dengan sangat ceria dan penuh semangat. Dalam lagu ini 8 Ball mencoba memotivasi lelaki yang jadi korban selingkuh untuk bangkit dan melupakan sang mantan, masih banyak yang lebih baik.

Lagu "Selingkuh" ini dibalut dengan musik yang cukup modern dengan sentuhan EDM. 8 Ball sempat membuat lagu ini dalam versi acoustic dan berkolaborasi dengan Gading Marten.

Memori Hujan (Ft. Maggie)
Hujan untuk para remaja sekarang identik dengan galau dan membuat kita tiba-tiba teringat kenangan indah bersama orang tersayang. Tapi, jika sobat menganggap kalau lagu ini bertemakan percintaan hanya karena ada embel-embel hujan di judulnya seperti lagu "Hujan" dari Utopia maka sobat salah besar.

"Memori Hujan" bukanlah love song. Lagu ini menceritakan tentang kenangan kita saat kecil ketika hujan turun. Saat kecil dulu ketika hujan turun kita pergi keluar rumah bersama teman-teman untuk hujan-hujanan dan yang paling memorable adalah ketika kita bermain bola di bawah kucuran air hujan. Lagu ini memang lebih cocok untuk para lelaki, kalau wanita saya tidak tahu apa yang mereka lakukan saat kecil ketika hujan turun. Setelah semua keseruan itu kita dihadapkan pada sebuah konsekuensinya yaitu dimarahi ibu. Yah, saya kadang rindu momen tersebut.

Inilah kenapa saya menyukai lagu hip hop, sebuah hal yang dikira sepele pun bisa di angkat menjadi sebuah lagu di aliran hip hop.

Merantau (Ft. Ngapz)
Dari judulnya saja sobat pasti sudah tahu tentang apa lagu ini. Yah, "Merantau" merupakan lagu yang menceritakan seorang yang merantau ke kota dengan harapan bisa sukses dan membanggakan keluarganya. Untuk sobat yang sekarang sedang merantau silahkan dengarkan lagu ini siapa tahu bisa sedikit memotivasi meskipun pembawaan dan liriknya agak nyeleneh. Suara Ngapz unik juga yah...

Sinis Duluan (Ft. Maggie & 1 Dharma)
Lagu ini adalah jawaban 8 Ball untuk orang-orang yang meremehkan para rapper dengan lagu hip hop-nya. Dalam lagu "Sinis Duluan" ini 8 Ball menjelaskan kalau lagu hip hop itu menjadikan lirik sebagai kekuatannya, instrumen musiknya mungkin kurang menarik tapi itu tertutupi dengan rentetan lirik yang terususun rapi dan terdengar indah.

Menurut saya itu memang benar, hip hop punya lirik yang lebih unggul ketimbang aliran musik manapun. Lagu hip hop itu puisi yang dibacakan dengan nada dan iringan musik sederhana. Kalau tidak percaya coba deh sobat telaah lagi lebih dalam, lirik lagu hip hop jika dibacakan tanpa musik itu akan terdengar seperti puisi. Tentu saja hanya lagu hip hop yang diciptakan para rapper sejati yang memiliki unsur lirik yang kuat bukan dari rapper abal-abal yang cuma ngandelin kontroversi. Sobat pasti tahu lah rapper mana yang saya maksud. Itu loh yang katanya ganteng-ganteng sengklek eh sorry maksudnya ganteng-ganteng swag. Lagu dia mah enggak punya lirik yang keren, rata-rata liriknya absurd. Sayang banget kalau dia terus kaya gitu, padahal dia ngakunya yang terbaik dan udah berani ngehina rapper legend tapi bikin lagu aja ngandelin visualisasi doang.

Maaf nih kebablasan ngomongin orang.!

Biar
Sama seperti lagu "Kenalan" dan "Selingkuh", lagu ini juga masuk ke album "Kenalin". Seperti yang dijelaskan 8 Ball di lagu "Sinis Duluan" sebelumnya kalau lagu hip hop itu kekuatannya dari segi lirik. Di lagu "Biar" ini 8 Ball menunjukan kemampuannya dalam menyusun lirik di sebuah lagu. Bukan hanya sekedar menyusun lirik agar terdengar indah tapi maknanya juga harus jelas.

"Biar" merupakan lagu 8 Ball yang memberikan semangat agar kita tak menghiraukan omongan orang-orang yang hendak menjatuhkan perjuangan kita mencapai impian. Tak perlu ambil pusing dengan bacotan mereka, fokus saja pada apa yang sobat cita-citakan. Nantinya juga mereka akan diam dengan sendirinya ketika sobat berhasil. Permainan kata yang bagus dari 8 Ball semakin membuat lagu ini terdengar bermakna dan memotivasi. Cocok banget buat sobat yang sedang diserang hujatan pencibir atas usaha yang sobat lakukan.

Dream
Lagu "Dream" adalah lagu 8 Ball yang easy listening dengan musik sederhana yang santai. Menceritakan tentang seseorang yang memiliki mimpi besar. Verse 1 menceritakan bagaimana ketika ia kecil ia cuek dengan yang namanya impian. Barulah di verse 2 si aku di lagu ini mulai mempertimbangkan impiannya dan berusaha mewujudkannya sesulit apapun itu.

Lagu ini memiliki lirik yang sangat natural. Semua orang pasti ketika kecil tak peduli dengan cita-cita dan impian, yang penting bahagia hari ini besok mah yah terserah besok. Yah, itulah pemikiran anak kecil. Lagu ini juga menjadi gambaran perubahan dari anak kecil menjadi orang dewasa, khususnya tentang sebuah impian.

Majulah Menang (Ft. N.Y.C.O)
Lagu ini iawali dengan bagian chorus dari lagu "Man In The Mirror" dari Michael Jackson. "Majulah Menang" merupakan lagu motivasi lainnya dari 8 Ball untuk mencapai impian dan kesuksesan. Setiap bait liriknya terus menerus memberikan dorongan agar kita terus berjuang, berhenti mengeluh, jangan banyak bicara dan mulai mengambil langkah untuk menjadi manusia yang berhasil. Tujuan utama lagu ini sepertinya memang untuk menyadarkan remaja sekarang agar mau berusaha dan berhenti mengeluh.

Kebanyakan remaja sekarang ini memang terlalu berleha-leha, enggan berusaha dan banyak mengeluh. Diberi cobaan dikit langsung ngedrop, gagal sekali langsung gak mau coba lagi. Bukan maksud saya sok menasehati,saya juga belum bisa dibilang berhasil, perjuangan saya masih sangat panjang untuk mencapai apa yang saya cita-citakan. Mari kita sama-sama berusaha menggapai impian kita masing-masing, ambil satu langkah sederhana dulu jangan ingin langsung mengambil langkah besar. Hal yang besar bisa diraih dengan memulai hal yang kecil.

Lanjutkanlah
Pernah dengar lagu "Ya Sudahlah" dari Bondan Ft. Fade 2 Black? Yah, lagu "Lanjutkanlah" dari 8 Ball ini bisa dibilang ada kaitannya dengan lagu "Ya Sudahlah".

Jika sobat dengarkan lebih teliti lagi reff lagu "Lanjutkanlah" dan "Ya Sudahlah" menggunakan kalimat yang sama yaitu "Apapun yang terjadi", nadanya pun hampir sama. Yang membedakan adalah kelanjutan dan maknanya.

Saya akan membuat sebuah artikel khusus untuk membahas lebih dalam lagi tentang kedua lagu tersebut, kalau dibahas disini terlalu panjang.

Datang Pergi (Ft. Sufte)
Dalam lagu ini 8 Ball berkolaborasi dengan Yusuf Adam a.k.a Sufte, salah satu rapper yang juga sudah terbukti kreatifitasnya dalam berkarya.

Baca juga: #SBL: "Mereka Bisa Apa?", Lagu Motivasi Untuk Menggapai Impian Dan Mengabaikan Para Pembenci Yang Mencoba Menjatuhkan

"Datang Pergi" menceritakan seorang lelaki yang memiliki pacar yang meninggalkannya lalu datang lagi seenaknya sendiri. Si lelaki di lagu ini sudah muak karena tahu tabiat buruk pacarnya itu hingga akhirnya si lelaki mencoba melupakannya meskipun sulit.

"Datang Pergi" mirip dengan lagu "Gak Lagi" yang sudah saya bahas diatas, sama-sama menceritakan seorang lelaki yang mencoba melupakan mantan pacarnya yang mulai mendekatinya lagi. Cara 8 Ball menyanyikannya juga sama, masih dengan nuansa fun meskipun bertemakan konflik percintaan.

Recommended banget buat sobat yang susah banget ngelupain si doi walaupun udah tahu sifatnya kaya gitu.

Aku Lelaki (Ft. Edeck & Lino)
Lewat lagu "Aku Lelaki" ini 8 Ball memberikan pesan kepada para lelaki bagaimana caranya menjadi lelaki sejati. Lelaki sejati itu tak gampang menyerah, tidak menyakiti yang lemah, tangan dan kakinya digunakan dengan sebaik-baiknya, tidak menjadikan kekerasan untuk menyelesaikan masalah dan tidak suka membuat wanita menangis. Itulah sifat lelaki sejati yang 8 Ball gambarkan di lagu "Aku Lelaki".

Sebuah lagu yang pas untuk menyindir para lelaki yang suka sok jago dan menganggap dirinya lelaki sejati ketika berhasil menyelesaikan masalah dengan kekerasan. Saya sering menjumpai lelaki yang selalu beranggapan kalau perkelahian adalah solusi terakhir menyelesaikan masalah, mereka bahkan tak ragu memvonis seseorang pengecut hanya karena tak berani berkelahi. Itu adalah opini bodoh yang seharusnya dilenyapkan dari pemikiran setiap lelaki. Semoga setelah mendengarkan lagu "Aku Lelaki" ini kita bisa menjadi lelaki yang sebenarnya bukan lelaki dengan pemikiran pengecut.

Jangan Begitu
Dalam lagu "Jangan Begitu" ini 8 Ball menyindir cewek-cewek yang belagu, sombong dan merasa paling cantik. Cocok deh buat cewek sok cantik, dijamin ngena banget. Musik yang asyik dan cara 8 Ball membawakannya dengan enjoy semakin membuat lagu ini enak di dengar. Bisa dibilang ini versi halus dari "Cewek Santai", liriknya tidak ada kata-kata kotor.

Kok
Abaikan saja judulnya yang tidak jelas, faktanya lagu ini merupakan salah satu lagu terkeren dari 8 Ball.

Baca juga: "Kok", Lagu Sindiran Untuk Orang Yang Selalu Merasa Paling Benar

Isi lagu ini merupakan pengembangan dari pribahasa "Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan nampak jelas". Sobat pasti tahu dong arti pribahasa tersebut.

Dengan hanya permainan gitar akustik dan ketukan drum yang slow sebagai instrumennya, makna dan pesan lagu "Kok" sangat mudah kita tangkap. Lagu ini merupakan sindiran untuk orang-orang yang selalu merasa benar dan sangat mudah menyatakan seseorang bersalah. Mereka kadang dengan bangganya menghujat orang yang berbuat salah dan sok memberi nasihat padahal hidup mereka saja belum benar.

Lirik di bagian chorus lagu ini benar-benar keren.

"Yang bikin salah aja menyesal
Yang menghakimi kok masih kesal
Merasa suci tapi membenci
Hati sama otaknya terkunci

Paling bisa kalo komentar
Merasa udah paling benar
Ngga pernah bisa bisa nahan diri
Suka main hakim sendiri"

Terbang Sendiri
Sobat punya temen yang deket kalau cuma ada maunya doang eh pas kita yang butuh dia hilang entah kemana? Kalau teman sobat kaya gitu coba deh dengerin lagu ini sama dia.

"Terbang Sendiri" menceritakan tentang realita persahabatan sekarang. Sulit sekarang mencari teman sejati, pas ada perlunya aja mereka kaya teman sejati, saat kita jatuh mah boro-boro mau nengok. Dalam lagu ini juga diceritakam seorang teman yang baik di depan tapi busuk di belakang.

Selain arti yang keren, lagu "Terbang Sendiri" ini juga terdengar catchy dengan sentuhan musik modern.

Semaikan Kasih (Ft. Maggie)
Jika sobat memiliki anggapan kalau hip hop itu cuma jualan kata-kata kotor, kasar dan liar maka sobat salah. Lagu "Semaikan Kasih" akan mematahkan anggapan sobat tersebut.

"Semaikan Kasih" adalah pesan perdamaian dalam bentuk lagu dari 8 Ball dan Maggie. Liriknya berisi pengingat untuk setiap manusia agar mengesampingkan ego dan ambisi agar damai tercipta. Selain itu, lagu ini juga mengingatkan kita untuk peduli terhadap sesama tanpa memandang latar belakang orang tersebut. Dengan pembawaannya yang mellow dan mendayu-dayu membuat lagu ini semakin cocok didengar sebagai lagu perdamaian.

Hikmah Kehilangan
"Untuk semua yang pernah kehilangan apapun di dalam hidupnya", kata-kata 8 Ball sebagai pembuka lagu ini.

"Hikmah Kehilangan" merupakan lagu motivasi untuk merelakan sesuatu yang pergi dari hidup kita. Lagu ini sama berkualitasnya seperti lagu "Semaikan Kasih" diatas dari segi lirik dan makna. Untuk sobat yang baru saja ditinggalkan oleh orang tersayang coba deh dengarkan lagu "Hikmah Kehilangan" ini dijamin mampu membuat sobat sedikit ikhlas atas kepergiannya.

Kaulah Segalanya (Ft. Irind)
Satu lagi lagu 8 Ball yang memiliki makna luar biasa dan menarik. "Kaulah Segalanya" menceritakan tentang besarnya cinta dan harapan orang tua terhadap anak tercintanya. Lagu ini menggambarkan bagaimana orang tua selalu ada di setiap waktu untuk sang anak dari mulai waktu kecil sampai besar dan mengejar cita-cita. Selain itu, dalam lagu ini 8 Ball memberikan pesan kepada semua anak agar tidak pernah mengecewekan orang tuanya. Keputusan 8 Ball berkolaborasi dengan Irind di lagu ini sangat tepat, suara Irind di bagian chorus yang lembut dan indah semakin membuat amanat lagu ini mudah dicerna. Lagu "Kaulah Segalanya" masuk ke album "Kenalin". Lagu ini cocok buat sobat yang sudah punya anak.

Maaf
Lagu yang benar-benar menyentuh dengan lirik indahnya. "Maaf" merupakan lagu yang berisikan permintaan maaf seorang anak kepada orang tuanya atas semua kesalahannya.

Saat pertama kali mendengarkan lagu ini hati saya langsung tersentuh bahkan saya hampir meneteskan air mata. Yah, saya jujur tidak melebih-lebihkan, saya ini paling mudah tersentuh kalau soal orang tua. Mungkin juga karena lagu ini ngena banget buat saya soalnya saya ini juga punya banyak kesalahan sama orang tua saya. Seharusnya lagu ini diputar di TV dan radio setiap hari ibu atau hari ayah.

Kutunggu Jandamu
Lagu "Kutunggu Jandamu" ini menceritakan seorang cowok yang kisah cintanya berakhir mengenaskan, bagaimana tidak mengenaskan si cewek yang ia cintai malah akan menikah dengan orang lain. Karena rasa cinta si cowok yang terlalu besar ia rela menunggu si cewek sampai menjadi janda. Ngenes banget nih nasib si cowok.

Lirik maupun cara 8 Ball menyanyikan lagu ini terbilang ceria dan tidak bernuansa galau. Yah, meskipun sedikit mellow tapi gak bakalan bikin galau kok.

Palestina (Ft. Jaypey n' Arvisco)
Siapa bilang hip hop gak bisa bikin lagu kemanusiaan? Dengerin dulu lagu "Palestina" dari 8 Ball ini.

Penjajahan Israel atas Palestina sudah mencuri perhatian dunia. Anehnya yang katanya organisasi perdamaian dunia seperti diam saja melihat penjajahan di Palestina padahal sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak bertindak atas kejadian tersebut. Sudah sangat jelas itu adalah penjajahan dan pelanggaran norma kemanusiaan.

8 Ball berkarya lewat lagu untuk mengajak kita agar tidak mengacuhkan tragedi yang sedang menimpa saudara-saudara kita di Palestina. Mungkin kita tak bisa mengirimkan bantuan fisik tapi kita bisa mengirim bantuan lewat do'a kepada mereka disana. Ingat, jangan pernah meremehkan kekuatan do'a.

Duit Ibu Dan Ayah (Ft. Explicit Verbal)
Lagu yang pas banget buat remaja zaman sekarang yang sok gaul tapi uang masih minta sama orang tua. Kali ini anak-anak zaman sekarang yang sok kaya yang menjadi target sindiran 8 Ball lewat lagu "Duit Ibu Dan Ayah".

Dalam lagu ini 8 Ball menyindir remaja sekarang yang bisanya cuma minta uang sama orang tua tapi hidupnya pengen bermewah-mewahan biar di bilang kekinian. Kendaraan pengen yang paling kece, HP pengen yang paling terbaru pokoknya serba kekinian deh. Tapi eh tapi itu duitnya hasil ngemis sama orang tua, haha...

Saya suka risih sama remaja seperti itu. Bukannya enggak boleh minta duit sama orang tua apalagi kalau orang tuanya memang orang yang mampu silahkan saja minta ini minta itu lagi pula itu hak kita sebagai anak, tapi ya sadar diri dong kalau masih minta jangan sok tampil paling keren di seluruh Galaksi Bima Sakti. Tampil sederhana apa adanya lebih baik walaupun nantinya kita tidak mendapat predikat keren dimata orang lain.

Itulah tadi Daftar Lagu-Lagu Terbaik Dari 8 Ball versi RegenciPedia. Saya bukan pengamat musik profesional saya hanya pecinta musik sama seperti sobat. Makna di beberapa lagu yang saya jelaskan di atas juga mungkin tidak semuanya benar karena itu hanyalah menurut pandangan saya saja.

Mohon maaf jika daftar di atas tidak objektif, daftar diatas di buat berdasarkan pendapat dan selera saya pribadi. Mungkin menurut sobat ada diantara lagu-lagu di atas yang tak seharusnya masuk daftar ini atau sebaliknya ada lagu yang menurut sobat pantas masuk dalam daftar namun ternyata malah tidak ada dalam daftar, silahkan menyampaikan kritikannya melalui kolom komentar yang sudah disediakan.

Saya membuat daftar ini sebagai rekomendasi jika kebetulan ada di antara sobat yang sedang mencari lagu terbaik dan enak di dengar dari 8 Ball.

Note: Artikel ini akan terus diperbaharui/diupdate

Sumber referensi: jadihiburan.blogspot.com, asamiwa.wikia.com

Tags: Informasi Lengkap 8 Ball Muhammad Iqbal, Daftar Semua Lagu Album, Biodata, Biografi, Kabar, Berita Terbaru, Terkini, Terupdate, Lagu Terbaik, Terpopuler, Terlaris, Fakta Unik, Makna & Arti Lirik Setiap Lagu 8Ball Rapper, Rap
loading...

0 Response to "Lagu-Lagu Terbaik Dari 8 Ball"

Posting Komentar

loading...

FANSPAGE FACEBOOK