#SBL: "Hadapi Dengan Senyuman", Saat Cobaan Datang Hadapilah Dengan Senyuman

loading...
dewa-19.jpg
#SBL (Sabtu Bahas Lagu): Saat Cobaan Datang Hadapilah Dengan Senyuman - Sabtu, Gak kerasa udah hari Sabtu lagi...

Berarti saatnya #SBL alias Sabtu Bahas Lagu!

Lagu yang bakalan kita omongin kali ini adalah sebuah lagu lama namun masih terdengar bermakna, "Hadapi Dengan Senyuman" dari Dewa 19. Band yang satu ini sekarang memang sudah bubar tapi karya-karyanya tak akan pernah terlupakan.

Sebelumnya silahkan dengarkan dan simak lagu serta liriknya di bawah!


Lirik Lagu Dewa 19 - Hadapi Dengan Senyuman

Hadapi dengan senyuman
Semua yang terjadi biar terjadi
Hadapi dengan tenang jiwa
Semua kan baik-baik saja

Bila ketetapan Tuhan
Sudah ditetapkan, tetaplah sudah
Tak ada yang bisa merubah
Dan takkan bisa berubah

Relakanlah saja ini
Bahwa semua yang terbaik
Terbaik untuk kita semua
Menyerahlah untuk menang

Dewa 19 adalah sebuah band yang bisa dibilang legenda di belantika musik Indonesia. Band yang di bentuk di Surabaya pada tahun 1986 ini personil awalnya adalah Erwin Prasetya, Andra Junaidi, Wawan Juniarso , Ahmad Dhani dan Ari Lasso. Sepanjang karirnya, Dewa 19 sudah beberapa kali berganti personil hingga pada tahun 2011 band yang sempat terjerat beberapa kontroversi ini akhirnya resmi bubar. Formasi terakhir Dewa 19 adalah Agung Yudha , Andra Junaidi, Yuke Sampurna, Ahmad Dhani, dan Once Mekel.

Buat sobat yang mengalami masa remaja di tahun 90-an pasti deh tahu sama band Dewa 19 ini. Lagu-lagunya seperti "Kangen", "Cinta Kan Membawamu Kembali" dan "Kamulah Satu-Satunya" merupakan lagu cinta paling populer di kalangan remaja kala itu. Lagu mereka memang sangat berkualitas dan mudah diterima khususnya oleh kalangan remaja. Sayangnya, sekarang mereka sudah bubar tapi para personil Dewa 19 kerap kali berkumpul untuk sekedar reuni dan mengadakan konser untuk menghibur para penggemarnya yang masih setia.

Saya memiliki banyak lagu Dewa 19 di ponsel saya soalnya lagu-lagu mereka itu memang mantap. Lagu cinta yang mereka buat memiliki makna yang kuat dan enak di dengar.

Tapi, saya tidak mengambil sebuah lagu cinta dari Dewa 19 melainkan sebuah lagu penyemangat atau motivasi untuk dijadikan pembahasan di #SBL kali ini. Lagu yang berjudul "Hadapi Dengan Senyuman".

"Hadapi Dengan Senyuman" adalah lagu Dewa 19 yang masuk ke album "Laskar Cinta". Album "Laskar Cinta" sendiri merupakan album studio ke-7 mereka yang dirilis pada tanggal 22 November 2004 di bawah label Aquarius Musikindo. Di album ini hanya lagu "Hadapi Dengan Senyuman" yang saya suka, lagu-lagu lainnya seperti "Pangeran Cinta", "Atas Nama Cinta", "Satu" dan "Cinta Gila" kurang menarik menurut saya. Saya lebih suka lagu-lagu Dewa 19 di era 90-an. Karena dibuat di tahun 2004, Once Mekel lah yang menyanyikan lagu ini sebagai vokalis Dewa 19 menggantikan Ari Lasso. Tentu saja Ahmad Dhani juga ikut menyumbangkan suaranya di lagu ini.

Lagu ini dibawakan dengan sangat mellow oleh Dewa 19 namun dengan suara yang kuat dari Ahmad Dhani dan Once. Hanya permainan gitar di awal lalu ada gebukan drum sederhana yang jelas terdengar dan yang semakin membuat syahdu adalah seperti adanya permainan lembut biola yang mengiringi lagu ini. Bagian yang paling membuat saya 'merinding' adalah menjelang akhir sebuah paduan suara yang menggetarkan hati diperdengarkan.

Liriknya memang hanya terdiri dari 3 bait. Yah, meskipun hanya terdiri dari 3 bait yang terus menerus di ulangi tapi lagu ini kalau soal makna dan arti mampu mengalahkan puisi yang terdiri dari puluhan bait.

masalah.jpg
Masalah dan manusia tak akan bisa dipisahkan

Manusia itu tak akan pernah lepas dari yang namanya cobaan dan ujian. Kadang ada di saat kita benar-benar terpuruk dengan keadaan dan berpikir kalau ujian yang kita hadapi terlalu besar.

Lewat lagu "Hadapi Dengan Senyuman" ini Dewa 19 mencoba memberikan motivasi agar kita tetap tegar menerima cobaan yang ada.

"Hadapi dengan senyuman
Semua yang terjadi biar terjadi
Hadapi dengan tenang jiwa
Semua kan baik-baik saja"

Bait pertama dari lagu di atas berisi motivasi untuk merelakan apapun yang terjadi dalam hidup ini. Hadapilah semua masalah dengan tenang, semua masalah ada jalan keluarnya. Tentu saja jalan keluar tersebut tidak akan ditemukan jika kita dalam keadaan panik, marah, mengeluh atau emosi. Tenang adalah kunci utama memecahkan masalah. Memang tidak mudah tetap tenang saat cobaan menerpa tapi jika kita mengambil keputusan bukan saat hati dan pikiran dalam keadaan tenang dijamin keputusan tersebut akan sobat sesali nantinya.

"Bila ketetapan Tuhan
Sudah ditetapkan, tetaplah sudah
Tak ada yang bisa merubah
Dan takkan bisa berubah"

Bagian lirik lainnya dari lagu "Hadapi Dengan Senyuman" diatas memberikan pesan agar kita yakin kalau semua cobaan itu datangnya dari Tuhan. Ingatlah, Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kekuatan umatnya. Jadi, sobat bukannya tidak kuat hanya saja kebanyakan mengeluh.

Kita sebagai manusia tidak bisa merubah takdir yang sudah terlanjur terjadi, kita hanya bisa menghadapi takdir dan mengambil hikmah dari takdir yang sudah Tuhan tetapkan.

Bagian lirik ini sebenarnya terkesan religius. Percaya pada Tuhan dan meyakini kalau jalan terbaik sudah dipilihkan oleh Tuhan untuk kita, tinggal kita menjalaninya dan pasti di ujung jalan ada sebuah keberhasilan, kebahagiaan dan kesuksesan yang sudah menunggu.

Andai semua orang memiliki sikap pasrah kepada Tuhan pasti di Facebook, Twitter, Instagram dan sosial media lainnya tidak akan ada orang yang curhat secara berlebihan. Yah, banyak orang yang mencurhatkan masalah lewat sosial media dan isi curhatannya itu terkesan berlebihan seperti dirinyalah orang yang paling sengsara di muka bumi. Padahal jika mereka menengok kesekeliling banyak orang-orang yang lebih menderita dari mereka dan orang-orang tersebut tidak curhat secara berlebihan di sosial media.

tersenyum.jpg
Senyum adalah simbol kekuatan ketika tertimpa masalah

Seperti judulnya, "Hadapi Dengan Senyuman", pesan lainnya dari lagu ini adalah untuk tetap tersenyum sepelik apapun masalah yang sobat hadapi. Disaat tertimpa masalah, senyum adalah simbol kekuatan dan menjadi pertanda kalau sobat masih tegar menghadapi masalah yang datang.

Seperti yang saya bilang di atas kalau manusia itu tak akan pernah lepas dari yang namanya cobaan. Entah itu besok, seminggu lagi, sebulan lagi, setahun lagi atau kapanpun itu akan ada saatnya sobat berada di titik terendah karena terpaan masalah dan saat itu terjadi ingatlah kalau itu adalah ketetapan Tuhan dan jalan terbaik untuk kita. Yang bisa kita lakukan adalah keep smile, keep strong dan keep calm serta tak lupa pasrah kepada Tuhan akan cobaan tersebut.

mengeluh.jpg
Masih mau mengeluh?

Overall, lagu "Hadapi Dengan Senyuman" adalah lagu penyemangat untuk menghadapi masalah yang enak di dengar dengan musik dan pembawaannya yang tidak lebay. Walaupun hanya terdiri dari 3 bait tapi jika sobat meresapinya lebih dalam maka sobat akan menemukan banyak amanat positif dari lagu ini.

Rate from RegenciPedia: 7,5/10

Sumber referensi: wikipedia.org, kapanlagi.com, hiloshlee.blogspot.com

Tags: Dewa 19 - Hadapi Dengan Senyuman, Makna Dan Arti, Informasi Lengkap, Kabar Terbaru, Terkini, Terupdate, Biografi, Biodata, Fakta Unik, Review Song, Ulasan, Band Dewa 19
loading...

5 Responses to "#SBL: "Hadapi Dengan Senyuman", Saat Cobaan Datang Hadapilah Dengan Senyuman"

  1. Gue banget pokoknya, kalau kena musibah dan sebel selalu hadapi dengan senyuman.

    BalasHapus
  2. Bener banget apapun masalahnya harus selalu dikasih senyuman

    BalasHapus
  3. keren gan, setiap masalah pasti ada solusinya dan hadapi dengan senyuman adalah cara paling bijak...

    BalasHapus
  4. Ini lagu kesukaan ane bget dri dulu gan.

    BalasHapus
  5. keren banget masalah gue jadi berani hadapapi masalah

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK