#MBF: My Little Baby, Jaya (2017), Film Drama Korea Menyayat Hati Tentang Seorang Gadis Malang Yang Di Bully Secara Ekstrem

loading...
#MBF (Minggu Bahas Film): My Little Baby, Jaya (2017), Film Drama Korea Menyayat Hati Tentang Seorang Gadis Malang Yang Di Bully Secara Ekstrem - Ini adalah postingan pertama saya di kategori #MBF. Sebuah kategori yang saya buat untuk membahas sebuah film setiap hari Minggu. Saya bukan kritikus film profesional jadi nikmati saja ulasan saya ini jangan terlalu dijadikan acuan bagus tidaknya sebuah film, semua orang punya pendapat masing-masing, beda kepala beda pemikiran.

Film yang akan saya bahas kali ini adalah film drama Korea berjudul My Little Baby, Jaya (2017).

my-little-baby-jaya.jpg
Judul : My Little Baby, Jaya
Sutradara : Yun Hak-Ryeol
Produser : Lee Hyang-Chul
Penulis Naskah : Kim Yeon-ho, Yoon Hak-Ryeol
Rilis : 20 April 2017
Negara : Korea Selatan
Genre : Drama, Crime
Rating IMDb : 7/10
Pemain : Kim Jeong-kyoon, Oh Ye-seol, Hwang Do-won, Kim Saet-byeol, Lee Cheol-hee, Park Se-ah, Yoon Ra-yeong

Sinopsis: Jaya adalah puteri dari seorang lelaki bernama Won-sool yang menderita cerebral palsy (kelumpuhan otak). Tanpa sepengetahuan ayahnya, Jaya menerima tindakan bullying dari murid-murid disekolahnya sampai akhirnya Jaya memutuskan bunuh diri. Setelah mengetahui tindakan yang diterima puterinya dari sebuah diary, Won-sool berniat membalaskan dendam puterinya kepada orang-orang yang pernah membullynya.

Meskipun saya memilih sebuah film drakor (drama Korea) untuk saya bahas di postingan #MBF pertama ini tapi saya bukanlah seorang fans drakor. Saya tertarik menonton film ini karena ada yang bilang kalau film ini bagus dan recommended, ya sudah saya pun mendownloadnya di internet.

Kita diawal akan disuguhkan adegan seorang wanita yang melakukan tindakan bunuh diri dengan cara melompat dari sebuah apartemen, Ternyata itu adalah Jaya (Oh Ye-seol). Adegan itu sudah menjadi pertanda kalau film ini bukanlah film dengan happy ending, buat sobat yang tidak suka film dengan sad ending maka film ini sebaiknya dilewatkan. Kalau saya sih kurang suka film yang memiliki ending terlalu bahagia, saya suka film happy ending tapi yang ada sedikit sad-nya, misalnya ada tokoh utama yang mati atau apalah itu yang penting tidak terlalu bahagia.

Back to film...

Setelah adegan tersebut kita dibawa ke masa lalu. Jaya dan ayahnya Won-sool (Kim Jeong-kyoon) yang menderita kelumpuhan otak berniat pindah ke kota Seoul karena Jaya ingin sekolah di sebuah SMA favorit disana. Walaupun dengan keadaan finansial yang pas-pasan Won-sool mencoba mewujudkan keinginan puteri kesayangannya tersebut. Mereka akhirnya pindah ke kota Seoul dan Jaya bersekolah di sekolah yang dia inginkan.

jaya-dan-ayahnya.jpg
Jaya dan ayahnya

Awalnya semua berjalan sesuai harapan sampai akhirnya teman-teman Jaya mengetahui kalau ia sebenarnya adalah orang miskin dan ayahnya hanya seorang penjual pakaian dalam wanita. Darisanalah semua penderitaan Jaya dimulai, ia diminta mengundurkan diri dari sekolah karena difitnah seorang murid wanita dari keluarga kaya dan terhormat, Hye-seon (Kim Saet-byeol). Setelah keluar dari sekolahpun ia terus mendapatkan tindakan bullying karena Jaya membuat petisi di internet tentang tindakan bullying yang sempat ia terima. Karena merasa terganggu dengan petisi tersebut, teman-teman Jaya yang dulu pernah membullynya datang kerumah Jaya dan melakukan pelecehan terhadap Jaya disana. Sebanyak 4 orang lelaki memperkosa Jaya secara bergilir dan kejadian tersebut di rekam oleh Hye-seon.

Dengan rekaman tersebut Hye-seon mengancam Jaya untuk mencabut petisi yang sempat ia buat, jika tidak maka video pemerkosaan dirinya akan disebarluaskan dan dikirim ke ponsel ayahnya. Jaya dengan terpaksa akhirnya menuruti permintaan Hye-seon namun dengan video rekaman tersebut sebagai ancaman Jaya malah terus menerus di aniaya. Ia dipaksa melayani nafsu teman-teman lelaki Hye-seon, ia dilecehkan dengan cara dikencingi sampai ia harus melayani om-om yang memesannya lewat Hye-seon.

Tak ada jalan keluar bagi Jaya selama rekaman itu masih ada, ia sempat bertanya untuk kembali pindah ke desa kepada ayahnya namun bisnis jualan ayahnya sedang naik disana, Jaya tak mau membuat ayahnya kebingungan lagi.

Ini adalah film yang berhasil membuat saya emosi dan hampir membuat saya meneteskan air mata. Ingin rasanya saya masuk ke dalam film dan membantai semua orang yang membully Jaya. Tindakan bullying yang diterima Jaya sudah terlalu ekstrem dan menyayat hati. Manusia mana yang tidak iba melihat apa yang terjadi pada Jaya, hewan pun bahkan tak layak menerimanya. My Little Baby, Jaya (2017) adalah film yang mengerikan tanpa harus ada darah dan bagian tubuh yang terbelah. Dengan semua pelecehan yang diterima Jaya itu sudah cukup mengerikan.

Cerita tak berakhir di bagian Jaya bunuh diri karena setelah itu bagian yang paling saya tunggu-tunggu akhirnya tiba, yah bagian dimana Won-sool membalaskan dendam Jaya. Setelah mengetahui semua penderitaan puterinya selama ini dari sebuah diary maka Won-sool pertama-tama mencoba melaporkannya ke polisi namun polisi mengabaikan laporan darinya. Memang secara logika laporan dari seorang pengidap kelumpuhan otak yang tidak lancar berbicara dan berjalan dengan hanya sebuah diary sebagai bukti sulit untuk diterima. Setelah tahu bahwa hukum tak bisa memberikan keadilan atas apa yang dialami puteri kesayangannya maka ia memutuskan akan membuat keadilannya sendiri. Ia memulai dengan menyiram sekelompok wanita yang pernah membully Jaya dengan air keras. Untuk para lelaki yang pernah memperkosa Jaya, Won-sool menculik mereka semua dan menghabisinya satu per satu.

Saya kurang puas dengan cara Won-sool membalaskan dendam Jaya. Itu tak sebanding dengan penderitaan Jaya, seharusnya Won-sool membuat mereka mati secara perlahan seperti di potong-potong terlebih dahulu di bagian tertentu. Entah mengapa saat itu pemikiran saya seperti seorang psikopat, mungkin karena saya terlalu terbawa dengan ceritanya.

Akting Kim Jeong-kyoon dalam memerankan sosok ayah yang mengidap kelumpuhan otak layak mendapatkan pujian dan tepuk tangan, ia adalah salah satu artis Korea yang tak hanya bermodalkan tampang. Pun begitu dengan Oh Ye-seol, aktingnya sebagai Jaya juga sangat bagus. Jujur sih Oh Ye-seol benar-benar cantik, bahkan dibeberapa scene saya sempat dibuat gagal fokus. Saya sempat mencari informasi dia di internet ternyata My Little Baby, Jaya (2017) adalah film pertamanya sebagai pemeran utama. Ia sempat tampil di film Pandora (2016) sebagai seorang suster.

oh-ye-seol.jpg
Oh Ye-seol, pemeran Jaya

Walaupun ada adegan pemerkosaan tapi di film ini tak ada adegan yang terbilang vulgar. My Little Baby, Jaya (2017) bukanlah film semi.

My Little Baby, Jaya (2017) memperingatkan kita untuk tidak mencemooh dan menganiaya orang miskin atau pun cacat. Mereka juga manusia sama seperti kita, punya emosi dan bisa marah, ketika mereka sudah marah mereka juga bisa melawan dan menyakiti orang yang membuat mereka marah. Selain itu, film arahan sutradara Yun Hak-Ryeol ini memberikan pesan agar kita lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Siapa tahu ada yang bernasib sama seperti Jaya yang menerima tindakan bullying namun menyembunyikannya. Sudah menjadi tugas kita sesama manusia untuk membantunya.

Baca juga: Ekskul (2006), Film Mengharukan Dan Penuh Pesan Tentang Pembalasan Seorang Siswa Korban Bullying

Overall, My Little Baby, Jaya (2017) menampilkan cerita yang menyentuh hati, mengerikan dan emosional secara bersamaan. Dari segi cerita sudah memuaskan hanya saja seperti yang saya bilang diatas, cara Won-sool membalaskan dendamnya kurang greget ditambah keputusan sang sutradara menampilkan adegan Jaya bunuh diri di awal menjadi sebuah pertanyaan, hal tersebut membuat momen mengejutkan di film ini berkurang karena kita sudah tahu bagaimana nasib Jaya akhirnya. Meskipun dibintangi artis-artis yang masih bisa dibilang belum memiliki ketenaran tapi kualitas akting di film ini tak perlu diragukan lagi. Amanat dan pesan di film ini juga mudah ditangkap meskipun hadir dengan adegan sadis.

Rate from RegenciPedia: 8/10

Sumber referensi: asianwiki.com, wikipedia.org, imdb.com, nontonyukcie.blogspot.com

Tags: Review & Ulasan Film My Little Baby, Jaya (2017), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Movie Drama Korea, #MBF
loading...

3 Responses to "#MBF: My Little Baby, Jaya (2017), Film Drama Korea Menyayat Hati Tentang Seorang Gadis Malang Yang Di Bully Secara Ekstrem"

  1. Mangap tuh filmnya gan, menyentuh hati filmnya..

    BalasHapus
  2. wow seru juga tuh ,pemain korea cantik" :"v

    BalasHapus
  3. saya fans drakor, tapi untuk yang ini belum nonton. thanks yah udah sharing. jadi nambah koleksi buat di download

    BalasHapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK