"Setia", Salah Satu Karya Terbaik Dari Pongki Barata

loading...
setia-jikustik.jpg


Lirik Lagu Jikustik - Setia

Deras hujan yang turun
Mengingatkanku pada dirimu
Aku masih disini untuk setia

Selang waktu berganti
Aku tak tahu engkau dimana
Tapi aku mencoba untuk setia

Sesaat malam datang
Menjemput kesendirianku
Dan bila pagi datang
Kutahu kau tak disampingku

Aku masih disini untuk setia

Sobat tahu lagu di atas? Lagu legend kaya gitu masa sih sobat gak tahu.

"Setia" menjadi single dalam album "Seribu Tahun Repackaged" yang dirilis pada tahun 2001. Lagu "Setia" ini adalah lagu Jikustik saat vokalisnya masih Pongki Barata. Lagu ini juga diciptakan oleh Pongki.

Berbicara tentang Pongki maka kita mungkin akan teringat bagaimana kepiawaiannya dalam menciptakan lagu khususnya lagu percintaan dengan nuansa sedih. Entah kenapa lagu-lagu cinta buatan Pongki tidak terdengat lebay seperti lagu-lagu cinta saat ini. Dia adalah salah satu penulis lagu favorit saya selain Eross Candra, gitaris Sheila on 7.

Selain lagu "Setia", ada lagu "Untuk Dikenang", "Saat Kau Tak Disini", "Seperti Yang Kau Minta", "Seribu Tahun Lamanya" dan "Puisi" yang menjadi bukti kalau Pongki adalah salah satu song writer terbaik di Indonesia.

Lagu-lagu buatan Pongki memang terdengar sederhana dengan lirik yang simple dan tak perlu penjelasan namun selalu berhasil mengena pada kisah cinta yang selalu dialami para remaja. Begitupun dengan lagu berjudul "Setia" ini.

Sudah bukan satu atau dua orang yang tersentuh dengan lagu ini, entah karena liriknya pas dengan kisah cinta mereka atau hal lainnya. Kalau tidak percaya coba sobat cek komentar-komentar video klip lagu ini di Youtube. Disana tak sedikit orang yang mengatakan kalau lagu ini benar-benar menyentuh bagi mereka dan kerap kali mengingatkan mereka pada seseorang. Tak salah jika saya menyebut "Setia" adalah maha karya dari Pongki, sebagus-bagusnya lagu jika hanya enak ditelinga saja dan tak meninggalkan kesan bagi pendengarnya maka lagu tersebut belum bisa dibilang maha karya.

Jika dilihat liriknya "Setia" sangatlah sederhana dan tidak bertele-tele serta bisa langsung dipahami oleh para pendengarnya. Menceritakan tentang seseorang yang menjunjung tinggi kesetiaan terhadap kekasihnya meskipun ia sendiri tidak tahu dimana kekasihnya, entah sudah menjadi milik orang lain atau bahkan telah tiada. Lirik awal yang mengungkapkan tentang hujan yang membawa kenangan itu sangat realistis. Saya yakin ketika hujan deras sobat pasti teringat pada seseorang terutama kekasih yang telah pergi.

Instrumen lembut dengan adanya permainan biola membuat lagu ini semakin menyayat hati. Apalagi cara Pongki membawakannya seperti sangat menghayati benar-benar menambah nuansa galau lagu ini. Buat sobat yang sedang galau karena putus cinta hati-hati ketika mendengarkan lagu ini karena akan menambah dosis kegalauan sobat dan ujung-ujungnya sobat bisa overdosis karena galau, hehe...

Latar belakang terciptanya lagu ini sebenarnya bukan berdasarkan kisah cinta Pongki tapi lagu ini dibuat Pongki sebagai sindiran kepada temannya yang selalu mengharapkan seseorang yang sebenarnya sudah melupakannya. Lagu yang awal tercetusnya hanya sebagai kejahilan Pongki terhadap temannya berujung menjadi lagu terkenal yang berhasil menyentuh hati banyak orang.

Overall, lagu ini sangat cocok untuk sobat yang sedang patah hati. Lagu ini dibuat sesedih mungkin dan akhirnya berhasil. Lirik sederhana namun dalam, instrumen super sad dan suara Pongki yang mendayu-dayu menjadikan lagu ini penuh dengan nuansa galau namun tidak terkesan lebay. Itulah mengapa lagu ini layak di sebut sebagai salah satu karya terbaik dari Pongki Barata. Jangan lupakan juga video klipnya yang penuh kegelapan, dalam artian sebenarnya.

Rating: 7/10

Sumber referensi: wikipedia.org, kapanlagi.com, detik.com
Sumber gambar: youtube.com

Tags: Jikustik - Setia, Makna Dan Arti, Informasi Lengkap, Kabar Terbaru, Terkini, Terupdate, Biografi, Biodata, Fakta Unik, Review Song, Ulasan, Penyanyi Pongki Barata Jikustik
loading...

4 Responses to ""Setia", Salah Satu Karya Terbaik Dari Pongki Barata"

  1. Karya anak bangsa memang selalu bisa menggugah, tapi sayang terkadang pemerintah memandang sebelah mata gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan kadang lagu yang gak bermutu malah booming dan dibesar-besarka .

      Hapus

loading...

FANSPAGE FACEBOOK