The Walt Disney Company Resmi Akuisisi 21st Century Fox

disney-membeli-21st-century-fox.jpg

Akhirnya setelah proses yang yang cukup rumit, The Walt Disney Company mengeluarkan pernyataan resmi kalau mereka berhasil mengakuisisi 21st Century Fox dengan biaya pembelian yang fantastis yaitu $52,4 miliyar atau setara dengan Rp. 681 triliun. Ini menjadi rekor dalam sejarah pengakuisisian sebuah perusahaan.

Sobat bisa membaca pernyataan resmi dari pihak Disney melalui tautan ini.

Sempat dikabarkan gagal, ternyata sekarang Disney berhasil membeli hampir seluruh aset Fox terutama di bidang hiburan perfilman. Pembelian itu termasuk 20th Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Fox 2000, 20th Century Fox Television, FX Productions, Fox21, FX Networks, National Geographic Partners, Fox Sports Regional Networks, Fox Networks Group International, Star India dan saham milik Fox di Hulu, Sky dan Endemol Shine Group. Sementara untuk jaringan Fox Broadcasting, Fox News Channel, Fox Business Network, FS1, FS2 dan Big Ten Network masih tetap berada di bawah kendali Fox.

Dengan terjadinya pengakusisian ini maka Disney semakin menegaskan kedigdayaannya. Disney memang sedang gencar-gencarnya melebarkan hak kekayaan intelektualnya, pada tahun 2006 Disney mengakuisisi Pixar senilai $7,4 miliar, Marvel Entertainment pada 2009 senilai $4 miliar, Lucasfilm pada 2012 senilai $4,06 miliar. Kini perusahaan yang awalnya didirikan oleh dua bersaudara Walt Disney dan Roy O. Disney ini menjadi konglomerasi media terbesar kedua di dunia dalam nilainya setelah Comcast.

Salah satu hal yang menjadi sorotan dari pembelian ini adalah akan terwujudnya Marvel Cinematic Universe (MCU) dengan karakter-karakter X-Men dan Fantastic Four di dalamnya. Seperti yang kita tahu Disney memegang hak atas film-film dari Marvel termasuk MCU-nya, sementara X-Men yang sebelumnya dimiliki Fox sudah jatuh ke tangan Disney jadi Disney bisa dengan leluasa memasukan karakter X-Men ke MCU. Layak ditunggu bagaiamana MCU setelah pulangnya X-Men dan Fantastic Four ke Marvel Studios.

x-men-and-fantastic-four-join-mcu.jpg

Selain memiliki X-Men dan Fantastic Four, Disney juga berhak atas franchise film top seperti Alien, Predator, Planet of the Apes, Kingsman, Die Hard, Avatar, Ice Age dan Maze Runner. Franchise Star Wars juga dipastikan sepenuhnya milik Disney/Lucasfilm.

Bagaimanakah Disney mengeksekusi franchise-franchise tersebut? Apakah tetap mengutamakan tontonan untuk semua umur atau berani sampai membuat film dengan rating R? Itu menjadi pertanyaan banyak orang, terutama melihat Deadpool yang bukan konsumsi semua kalangan. Melihat MCU yang selalu "ramah" bagaimana Deadpool dengan kegilaannya bisa diterima disana? Apakah menghilangkan citranya atau Disney berani bereksperimen? Entahlah, kita tunggu saja.

Satu yang pasti, Disney kini menjadi perusahaan raksasa yang mendominasi. Bahkan kabarnya Disney akan mancabut film-filmnya dari jaringan Netflix dan menayangkannya di jaringannya sendiri.

Sumber referensi: cinemags.id, economy.okezone.com

Tags: Pembelian Aset Perusahaan Terbesar Abad Ini, Kabar Terbaru Terkini Disney Dan Fox, MCU Ada X-Men, Wolverine
.

0 Response to "The Walt Disney Company Resmi Akuisisi 21st Century Fox"

Posting Komentar

IBX5A538CF69476E

FANSPAGE FACEBOOK