9 Manfaat Menonton Film

9-manfaat-menonton-film.jpg

Film merupakan sarana hiburan yang banyak digemari semua orang. Saya yakin hampir semua orang suka menonton film. Ada yang suka menonton film action, comedy, romance, drama atau horror. Kalau saya sendiri suka hampir semua genre film kecuali film yang ada nyanyi sama joget nya seperti kebanyakan film India.

Sekarang ini film digarap dengan serius bahkan memakan dana miliaran sampai triliunan rupiah. Itu semua demi menyuguhkan tontonan berkualitas untuk para penonton baik dari segi cerita, visualisasi, sinematografi, akting dan banyak hal lainnya. Tak aneh industri film menjadi salah satu industri dengan perputaran uang terbesar di dunia.

Di era modern sekarang ini banyak cara untuk menonton film seperti pergi ke bioskop, membeli DVD-nya, menonton di televisi atau mendownloadnya di internet. Saran saya jangan menonton film di TV karena sensor dan pemotongan adegannya membabi buta yang membuat keseruan menonton film itu sendiri berkurang. Sekarang orang-orang lebih suka mendownload film di internet karena lebih efisien.

Baca juga: Situs-Situs Download Film Terbaik

Ada sebagian orang yang menjadikan menonton film sebagai hobi. Jangan pernah meremehkan orang yang suka menonton film karena dari menonton film banyak manfaat yang bisa kita dapat dan kadang banyak orang yang tidak menyadarinya. Kali ini saya akan mencoba memaparkan beberapa manfaat menonton film yang saya tahu dari pengalaman saya pribadi dan dari informasi yang saya dapat dari berbagai media.

Berikut 9 Manfaat Menonton Film versi RegenciPedia:

1. Menghilangkan Stres
Kadang ada saat dimana kita dipusingkan dengan semua urusan di kehidupan kita entah itu urusan pekerjaan, asmara atau yang lainnya. Semua itu bisa membuat kita stres dan bisa sangat bahaya jika kita melampiaskannya pada hal yang negatif seperti minuman keras dan obat-obatan terlarang.

Film bisa menjadi obat yang mujarab untuk menghilangkan stres karena tekanan kehidupan. Tapi, sobat juga harus pilih-pilih film untuk ditonton ketika stres. Usahakan untuk menonton film komedi. Jika sobat sedang galau karena masalah cinta terus malah nonton film romance yang sedih ya sama aja bohong, itu ibarat rumah yang sedang kebakaran terus disiram bensin.

Setiap orang punya genre film pilihannya sendiri untuk ditonton ketika stres. Untuk saya sendiri lebih suka menonton film horror ketika stres, mungkin terdengar aneh tapi saya jujur saya lebih suka menonton film horror ketika stres. Saya merasa rasa takut dan tegang ketika menonton film horror bisa sejenak membuat saya lupa dengan masalah saya. Tapi, kebanyakan orang memilih film komedi untuk menjadi pelipur lara ketik masalah mendera.

Dari pada menjadikan minuman keras dan obat-obatan terlarang sebagai pelampiasan atas rasa stres sobat coba deh sekarang beralih ke film.

2. Mengenal Berbagai Macam Budaya
Ada sebagian orang yang mengatakan kalau orang yang lebih suka menonton film luar negeri seperti film Hollywood dibanding film negeri sendiri itu tidak cinta tanah air. Konyol jika kita menjadikan film kesukaan sebagai tolak ukur cinta seseorang pada tanah air nya.

Menonton film luar akan membuat kita tahu budaya mereka. Seperti halnya menonton film Jepang, kita akan tahu budaya orang Jepang meskipun tidak mendetail tapi kita bisa sekilas melihat budaya mereka. Kita akan tahu kalau prilaku dan budaya kita dengan orang Jepang itu berbeda.

Contoh lainnya di film Thailand. Beberapa film Thailand berani menampilkan percintaan sesama jenis, film Dangerous Boys (2014) adalah salah satunya. Ternyata budaya di Thailand menganggap LGBT sebagai hal yang lumrah bahkan pemerintahnya saja melegalkan hal tersebut.

Sementara film Hollywood akan membuat kita tahu budaya orang barat terutama Amerika Serikat.

Jadi, jangan pernah menegur orang yang lebih suka menonton film luar dibanding film dalam negeri karena ternyata ada hal positif dari itu.

3. Mempelajari Bahasa Asing
Selain mempelajari budaya kita juga akan mempelajari bahasa asing dengan menonton film luar. Kita ambil contoh film Hollywood yang mengajarkan kita bahasa Inggris. Yah, mungkin tidak secara langsung tapi dengan seringnya kita menonton film Hollywood kita akan mulai familiar dengan bahasa Inggris.

Menonton film Hollywood akan membuat pengetahuan kosakata bahasa Inggris kita lebih luas. Untuk mahir berbahasa Inggris tentu menonton film saja tidak cukup karena kita membutuhkan pendidikan formal. Tapi, kosakata alias vocabulary adalah bagian terpenting untuk menguasai bahasa Inggris dan menonton film Hollywood adalah salah satu cara untuk mengembangkannya. Selain memperkaya kosakata, menonton film Hollywood akan membuat kita tahu bagaimana pelafalan setiap kata yang benar. Jika sobat berniat menonton film untuk memperdalam pengetahuan sobat tentang bahasa Inggris cobalah menonton film-film animasi terlebih dahulu karena bahasa yang digunakan biasanya bahasa sehari-hari yang mudah dipahami.

Menonton film bisa menjadi salah satu cara belajar bahasa Inggris yang asyik. Boleh dicoba jika sobat penat belajar bahasa Inggris secara formal.

Baca juga: Cara Menonton Film Dengan Subtitle Indonesia Di Android Dengan MX Player

4. Mempelajari Sejarah
Selain bahasa Inggris, Sejarah adalah salah satu pelajaran yang tidak disukai oleh kebanyakan orang karena terkesan membosankan. Jika sobat mulai merasa bosan belajar sejarah seperti biasanya sobat bisa menjadikan menonton film sebagai alternatif.

Salah satu film sejarah adalah film Pengkhianatan G 30 S/PKI (1984). Film tersebut mengajarkan kita tentang kejadian Pengkhianatan G 30 S/PKI yang terkenal itu. Mungkin tidak secara terperinci tapi mempelajarinya lewat media film lebih menyenangkan dan lebih mudah diserap otak dibanding membacanya di buku atau mendengarkan guru membahasnya.

Dengan menonton film sejarah kita akan tahu peristiwa dan tokoh-tokoh penting di masa lalu. Sekarang ini sudah banyak bertebaran film sejarah baik dari dalam maupun luar negeri yang bisa sobat tonton untuk memperdalam pengetahuan sobat tentang sejarah.

Yang saya rasakan ketika saya menonton film sejarah dan saya suka film itu, saya jadi ingin tahu lebih banyak tentang peristiwa yang diangkat film tersebut. Alhasil saya pun mencari-cari informasi di internet tentang peristiwa tersebut. Contohnya film Dunkirk (2017) karya sutradara Christopher Nolan, film tersebut mengangkat peristiwa Evakuasi Dunkirk pada Perang Dunia II tepatnya pada tahun 1940. Saya takjub dengan film tersebut, bagaimana tidak film tersebut di sutradarai seorang Nolan yang memberikan jaminan bagus di setiap filmnya. Saya pun jadi penasaran dengan Evakuasi Dunkirk dan saya mencoba mencari informasi lengkapnya, saya pun jadi tahu kalau Evakuasi Dunkirk dengan kode Operasi Dynamo adalah evakuasi terbesar dalam sejarah militer dunia. Evakuasi tersebut berhasil menyelamatkan ratusan ribu prajurit Inggris dan sekutu yang awalnya terjebak di pantai dengan ancaman pasukan Jerman di belakang plus serangan udara dari pesawat Jerman yang membombardir.

5. Memperluas Wawasan
Film dokumenter adalah jenis film yang biasanya memberikan pengetahuan umum pada kita meskipun tak menutup kemungkinan genre film lain juga memberikan kita hal tersebut. Sayangnya, kebanyakan orang yang saya kenal tak menyukai film-film dokumenter. Menurut saya, film dokumenter menjadi sarana memperluas wawasan dengan cara yang menyenangkan.

Video Game: The Movie (2014) dan Deep Web (2015) adalah contoh film dokumenter yang bagus untuk menambah wawasan. Video Game: The Movie (2014) adalah tontonan wajib para gamer, melalui film tersebut kita akan tahu perkembangan dunia game dari masa ke masa. Sementara Deep Web (2015) akan menyuguhkan kita pengetahuan tentang dunia hacker. Selain dua film tersebut, masih banyak film-film dokumenter berkualitas lainnya yang pasti bisa menambah wawasan sobat.

Bukan hanya film dokumenter tapi dari genre film lain juga bisa memperluas pengetahuan umum kita. Misalnya dari film perang kita akan tahu kalau dalam perang biasa menggunakan isyarat-isyarat tertentu, kita juga akan tahu beberapa jenis senjata dan hal-hal lainnya.

6. Mengembangkan Imajinasi

"Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan. Pengetahuan terbatas, sedangkan imajinasi seluas langit dan bumi." - Albert Einstein

Imajinasi itu memang penting, Albert Einstein sendiri yang seorang ilmuwan hebat dan diakui dunia membenarkannya. Asal sobat tahu saja kalau ternyata beberapa penemuan Einstein diawali dari imajinasinya, seperti penemuannya yang terkenal tentang relativitas juga kabarnya diawali dari imajinasinya. Bahkan, dunia modern yang kita lihat sekarang mungkin saja berasal dari imajinasi orang-orang hebat dulu.

Untuk seorang seniman tentu saja imajinasi mereka harus luas agar bisa menciptakan karya bagus dan menonton film akan membuat imajinasi kita lebih berkembang. Film fantasy seperti Harry Potter Series, Avatar (2009) dan The Lord of the Rings Series adalah film fantasy yang cocok untuk membuat imajinasi kita semakin berkembang.

Penulis novel, pelukis dan pengarang lagu adalah contoh pekerjaan yang membutuhkan imajinasi tingkat tinggi. Jadi, imajinasi itu memang penting, sama pentingnya dengan ilmu pengetahuan.

7. Memberikan Pesan Positif
Setiap film pasti punya pesan positif yang bisa diambil namun itu tergantung orang yang menonton film itu sendiri. Ketika menonton film usahakan untuk selalu berpikiran positif dan bijaklah dalam mengambil amanat dari sebuah film.

Bahkan Sex Is Zero (2002) yang merupakan film semi juga punya pesan positifnya. Film tersebut mengajarkan pada para cewek agar tidak menilai cowok dari kerennya saja dan film ini memberikan pesan agar para cewek lebih peka serta bisa membedakan mana cowok yang cuma mau enaknya saja dan mana cowok yang benar-benar tulus. Contoh lainnya adalah film Diary of a Wimpy Kid (2010) yang mengajarkan kita arti sebuah persahabatan dan masih banyak lagi film yang memberikan pesan positif lainnya.

Baca juga: #MBF: Diary of a Wimpy Kid (2010), Kisah Kocak Seorang Bocah SMP Yang Mengejar Popularitas Di Sekolah

8. Mendapatkan Inspirasi & Motivasi
Ketika kita sedang dalam keadaan sangat terpuruk kadang kata-kata bijak seperti tak ada gunanya untuk mengembalikan semangat kita. Saya sendiri tidak terlalu suka menjadikan kata-kata bijak untuk membangkitkan kembali semangat karena menurut saya seorang pecandu narkoba sekalipun bisa membuat kata-kata bijak. Kecuali kata-kata bijak yang diucapkan oleh orang-orang yang sudah terbukti sukses baru saya mempertimbangkannya, lebih penting melihat siapa yang mengucapkan daripada apa yang di ucapkan, itu prinsip saya jika menilai kata-kata bijak.

Saya suka risih melihat status bijak seseorang di Facebook padahal faktanya di dunia nyata kelakuannya ancur. Sok jadi motivator padahal kelakuannya saja gak ketulungan. Bukannya tidak boleh memotivasi orang lain malahan itu bagus tapi kan konyol terus-terusan memotivasi orang lain tapi dirinya sendiri gak mau berusaha berubah menjadi orang yang lebih baik.

Oke, maaf malah ngelantur kemana-mana.

Setelah kata-kata bijak dari para motivator sekelas Mario Teguh tak mampu memotivasi sobat maka coba sobat tonton film biografi orang-orang terkenal. Film-film semacam itu biasanya memperlihatkan perjuangan hidup seseorang dari nol sampai menjadi sukses, istilahnya "From Nothing To Something". Salah satu film biografi rekomendasi saya adalah The Pursuit of Happyness (2006) yang dibintangi Will Smith dan anaknya Jaden Smith. Film yang diangkat dari kisah nyata tersebut memperlihatkan perjuangan hidup Chris Gardner yang penuh cobaan hingga akhirnya berhasil menjadi orang sukses.

Baca juga: The Pursuit of Happyness (2006), Film Tentang Perjuangan Hidup Yang Memotivasi

Selain The Pursuit of Happyness (2006) masih banyak film-film biografi yang sangat memotivasi. Alasan kenapa film lebih baik mendongkrak semangat dibanding kata-kata bijak adalah karena melalui film kita disuguhkan visualisasi yang lebih realistis tentang sebuah kisah inspiratif yang bisa memotivasi daripada satu atau dua bait kata-kata bijak. Kita akan sadar kalau bukan hanya kita saja yang pernah terpuruk dan mengalami cobaan di hidupnya, orang-orang yang sekarang berada di puncak pun pernah atau bahkan sering terjatuh tapi mereka memilih bangkit daripada mengeluh. Setelah menonton kisah inspiratif tersebut kita akan menyimpulkan kalau ada dua pilihan yang ada di depan kita, bangkit dan mengikuti jejak si tokoh utama dalam film atau terus terpuruk dan kita tak akan memiliki kisah sehebat yang ada di film tersebut.

9. Membakar Kalori
Manfaat yang satu ini khusus buat film horror saja.

Mungkin terdengar aneh tapi sebuah studi yang dilakukan University of Westminer menemukan fakta kalau ternyata saat menonton film horror tubuh kita bisa membakar sampai dengan 200 kalori. Menarik juga nih, cara diet yang menyenangkan. Tapi, buat kamu yang penakut dan gak suka menonton film horror gak perlu dipaksain lah daripada nanti gak bisa tidur kan ribet.

Itulah tadi 9 Manfaat Menonton Film versi RegenciPedia.

Saya ingatkan selain ada manfaatnya, menonton film juga bisa memberikan beberapa dampak negatif apalagi bagi remaja yang masih labil dan tak bisa membedakan mana yang layak diserap dan mana yang tidak dari sebuah film. So, bijaklah dalam memilih tontonan, setiap film sudah diberikan rating sesuai usia kelayakannya, jadi jangan ngeyel dengan melanggarnya. Saya yakin para sineas membuat film disamping untuk hiburan juga untuk memberikan suatu pesan positif pada penontonnya tinggal bagaimana perspektif setiap penonton itu sendiri.

Tags: Manfaat Menonton Film Horror, Dewasa, Biru, Blue, Hollywood, Bollywood, Animasi, Kartun, Action, Komedi, Sejarah, Fantasy, Romantis, Biografi, Kisah Nyata, Dampak Positif Untuk Kesehatan
.

8 Responses to "9 Manfaat Menonton Film"

  1. film action terbaru paling bagus dan bermanfaat apa ya gan?

    BalasHapus
  2. Nonton film ngilangin stres dan menghilangkan booring

    BalasHapus
  3. Wah saya suka nonton horor tapi kok tetep gendut ya? Padahal membakar kalori.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan tanya sendiri ke University of Westminer, itukan studi mereka saya hanya mengutip saja... Hehe...

      Hapus
  4. Semua point saya sangat setuju gan, sebab saya juga seorang yang benar2 hobi nonton, bahkan di laptop saya saja ada ratusan film gan, walaupun sudah di tonton kadang sering saya tonton ulang untuk mendapatkan manfaat dari point-point yg agan tulis di atas.

    BalasHapus
  5. Memang sih film sebagaimana pun alurnya pasti terselip makna yang dapat diambil

    BalasHapus
  6. Kalau nomor 3 (Mempelajari Bahasa Asing) sepertinya maksa banget kalau saya, sebab selalu pakai subtitle.

    Kalau tahu banyak manfaatnya gini enaknya digalakkan ini nonton film :), sekalian biar dihajar sama istri... wkkwkwk

    BalasHapus

IBX5A538CF69476E

FANSPAGE FACEBOOK