"Through the Fire and Flames", Lagu Dengan Permainan Gitar Tingkat Dewa

through-the-fire-and-flames.jpg

Official Music Video

Versi Live in Japan

Lirik Lagu Dragonforce - Through the Fire and Flames

On a cold winter morning, in the time before the light
In flames of death's eternal reign we ride towards the fight
When the darkness has fallen down, and the times are tough all right
The sound of evil laughter falls around the world tonight

Fighting hard, fighting on for the steel, through the wastelands evermore
The scattered souls will feel the hell bodies wasted on the shores
On the blackest plains in hell's domain, we watch them as they go
In fire and pain, now once again we know

So now we fly ever free
We're free before the thunderstorm
On towards the wilderness our quest carries on
Far beyond the sundown, far beyond the moonlight
Deep inside our hearts and all our souls

So far away we wait for the day
For the lives all so wasted and gone
We feel the pain of a lifetime lost in a thousand days
Through the fire and the flames we carry on

As the red day is dawning
And the lightning cracks the sky
They'll raise their hands to the heavens above
With resentment in their eyes
Running back from the mid-morning light
There's a burning in my heart
We're banished from a time in a fallen land
To a life beyond the stars

In your darkest dreams see to believe
Our destiny is time
And endlessly we'll all be free tonight

And on the wings of a dream, so far beyond reality
All alone in desperation, now the time has gone
Lost inside you'll never find, lost within my own mind
Day after day this misery must go on

So far away we wait for the day
For the lives all so wasted and gone
We feel the pain of a lifetime lost in a thousand days
Through the fire and the flames we carry on

Now here we stand with their blood on our hands
We fought so hard now can we understand
I'll break the seal of this curse if I possibly can
For freedom of every man

So far away we wait for the day
For the lives all so wasted and gone
We feel the pain of a lifetime lost in a thousand days
Through the fire and the flames we carry on

Berbicara tentang musik keras semacam rock atau metal tentu sekarang bukan lagi eranya. Musik semacam ini punya masa jayanya sendiri yakni pada tahun 80-an dan 90-an. Sekarang Lagu-lagu dengan sentuhan musik modern yaitu EDM lebih laris dipasaran.

Saya pernah menonton sebuah video di Youtube yang berisikan daftar Lagu-lagu terbaik 2017 dan didalamnya hampir tidak ada lagu rock. Lagu-lagu EDM mendominasi. Tak bisa dipungkiri Lagu-lagu seperti itu memang terdengar lebih modern, kekinian dan gaul.

Musisi-musisi rock baik di Indonesia ataupun di luar negeri sudah tidak terdengar lagi gaungnya. Musisi seperti DJ Snake, The Chainsmoker, Alan Walker, Justin Bieber, Camilo Cabello dan Marshmello lebih populer sekarang ini. Oke, itu kenyataan yang pahit buat pecinta musik hardcore.

Ditambah meninggalnya seorang Chester Bennington yang merupakan salah satu pentolan rock internasional membuat genre rock semakin terpuruk.

DragonForce adalah salah satu band power metal asal London yang terbentuk pada tahun 1999. #SBL kali ini akan membahas salah satu lagu unggulan dari DragonForce yang berjudul "Through the Fire and Flames". Saat ini anggota band yang sempat menggunakan nama DragonHeart ini terdiri dari Herman Li, Sam Totman, Vadim Pruzhanov, Frédéric Leclercq, Marc Hudson dan Gee Anzalone. Tapi, saat lagu "Through the Fire and Flames" dirilis vokalis mereka masih ZP Theart bukan Marc Hudson.

Lagu "Through the Fire and Flames" adalah single di album ke-4 DragonForce yang berjudul Inhuman Rampage. Lagu ini dirilis pada tanggal 3 Agustus 2006 berupa CD single dan ditulis oleh Sam Totman dan ZP Theart. Untuk versi albumnya berdurasi tujuh menit sementara untuk versi video klipnya diatas hanya berdurasi kurang lebih lima menit.

Bisa dibilang "Through the Fire and Flames" adalah lagu yang berhasil mengangkat nama DragonForce. Bagaimana tidak, Lagu ini berhasil masuk Billboard Hot 100 tepatnya di posisi 86 dan juga masuk Canadian Hot 100 di posisi 61. Di Amerika Serikat, Lagu ini terjual 1,1 juta kopi dan meraih sertifikat emas dari Recording Industry Association of America.

Biasanya saya memilih lagu yang memiliki makna yang mendalam untuk dijadikan pembahasan di #SBL tapi untuk kali ini sepertinya itu dikesampingkan dahulu. Tak banyak orang membicarakan makna dari lagu ini, kenapa begitu? Karena ketika mendengarkan lagu ini orang-orang akan langsung fokus pada permainan instrumennya baik itu gitar ataupun drumnya. Jelas sekali keunggulan lagu ini terletak pada permainan musiknya terutama gitar. Bahkan, Herman Li dan Sam Totman diberikan porsinya sendiri untuk menunjukan kegilaannya dalam bermain gitar.

Kebanyakan orang mungkin tidak suka dengan musik super berisik tapi ada juga sebagian orang yang malah nyaman mendengar lagu dengan musik edan seperti ini. Tapi, suka atau tidak sobat dengan musik berisik pasti sobat akan bertepuk tangan dengan permainan gitar Li dan Sam. Bukan hanya cepat saja tapi permainannya benar-benar diatur, sangat pantas mereka berdua masuk daftar gitaris tercepat sepanjang masa.

Baca juga: Gitaris-Gitaris Tercepat Di Dunia Sepanjang Sejarah

Dalam video klipnya ditunjukkan Li dan Sam yang saling bergantian memainkan gitarnya, keduanya benar-benar mantap. Saya sebagai penikmat musik biasa tak bisa berkata-kata lagi melihat mereka beraksi. Saya tidak habis pikir bagaimana mereka menggunakan jari seperti itu. Li juga memasukkan suara khas game klasik Pac-Man di permainan gitarnya di lagu ini.

Saat live konser pun mereka bermain sangat bagus. Coba tonton di atas video live konser mereka menyanyikan lagu "Through the Fire and Flames" di Jepang. Kemampuan para gitaris DragonForce memang tidak dibuat-buat.

Karena yang menonjol dari lagu ini adalah permainan gitarnya maka tak heran lagu ini dijadikan salah satu lagu di beberapa game Guitar Hero diantaranya di Guitar Hero III: Legends of Rock dan Guitar Hero: Smash Hits. Bahkan, lagu ini menjadi salah satu lagu tersulit untuk diselesaikan di game tersebut. Saya sendiri mengenal lagu ini lewat game Guitar Hero dan saya sudah merasakan sendiri bagaimana sulitnya menyelesaikan lagu ini di Guitar Hero. Saya bahkan sempat berpikir apakah orang yang membuat game Guitar Hero sendiri bisa menyelesaikan lagu ini, sumpah lagu "Through the Fire and Flames" di Guitar Hero seperti dibuat bukan untuk dimainkan manusia.

Sebenarnya permainan drum dari Dave Mackintosh juga keren tapi tersalip oleh permainan gitar Li dan Sam. Dave Mackintosh sendiri sekarang tidak lagi berstatus sebagai penabuh drum DragonForce, ia hengkang pada tahun 2014 dan digantikan Gee Anzalone. Mungkin jika DragonForce konser sekarang dan membawakan lagu "Through the Fire and Flames" maka sensasinya akan berbeda karena vokalis dan drummer nya sudah berbeda dengan saat lagu ini dirilis.

Kalau berbicara soal makna lagu ini sepertinya agak sulit yah, pertama karena saya belum paham betul bahasa Inggris kedua liriknya memang agak membingungkan sih. Lagu ini semacam lagu perjuangan seseorang melewati berbagai cobaan, bisa ditelaah dari judulnya.

Overall, "Through the Fire and Flames" adalah sebuah lagu berkualitas dari DragonForce. Permainan gitar Li dan Sam tentu menjadi daya tarik utama. Soal makna bisa dikesampingkan, nikmati saja kegilaan mereka memainkan senar gitarnya.

Rating: 7/10

Tags: DragonForce - Through the Fire and Flames, Makna Dan Arti, Informasi Lengkap, Kabar Terbaru, Terkini, Terupdate, Biografi, Biodata, Fakta Unik, Review Song, Ulasan, Trivia, Lyrics, Live, Album, Guitar Hero
.

6 Responses to ""Through the Fire and Flames", Lagu Dengan Permainan Gitar Tingkat Dewa"

  1. Ane sempet nonton tuh di youtube dragon force soalnya sering gw bawain lagunya klo nge nand hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njir, sobat bisa ngebawain lagu "Through the Fire and Flames", mantap jiwa...

      Hapus
  2. ada lagu dragonforce lain yang lebih bagus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak tahu, saya tahunya cuma itu, cek aja di Google...

      Hapus

IBX5A538CF69476E

FANSPAGE FACEBOOK