5 Game Dengan Biaya Produksi Termahal Di Dunia

game.jpg

Industri game menjadi sebuah industri raksasa dengan perputaran uang yang tak sedikit bahkan mampu menyaingi industri film dan musik di ranah hiburan. Game diminati banyak orang entah itu anak-anak, remaja atau bahkan orang tua.

Di zaman sekarang game dibuat dengan sangat serius oleh para produsen agar bisa memuaskan para pemainnya. Dari segi visualisasi, cerita dan gameplay dibuat sebagus mungkin bahkan dengan biaya yang fantastis.

Jangan kira untuk membuat game tidak dibutuhkan dana besar. Dari mulai tahap persiapan, produksi, promosi dan pemasaran itu memakan biaya yang besar. Bukan jutaan atau ratusan juta tapi sampai miliaran bahkan triliunan rupiah harus rela digelontorkan produsen game untuk menghasilkan game berkualitas. Tapi, semua itu juga bukan tanpa perhitungan, jika game tersebut berhasil maka produsen akan mendapat keuntungan berlipat dari yang mereka keluarkan.

Lantas, game manakah yang memakan biaya termahal dalam pembuatannya?

Berikut 5 Game Dengan Biaya Produksi Termahal Di Dunia:

5. Shenmue II (US$ 132 Juta)
shenmue-ii.jpg
Diposisi kelima ada game Shemue II. Game ini dikembangkan oleh Sega AM2 dan dipublikasikan oleh Sega untuk konsol rumahan mereka, Dreamcast. Dirilis pertama kali pada tanggal 6 Desember 2001 di Jepang, Shenmue II merupakan game kedua dari Shenmue Series dimana game pertamanya dirilis pada tahun 1999 silam. Pada tanggal 28 Oktober 2002, Shenmue II dirilis untuk konsol Xbox pertama kali di Amerika Utara.

Mengusung genre open-world dan action-adventure Shenmue berhasil memukau banyak orang. Kita di game ini akan memainkan seorang remaja yang jago bela diri bernama Ryo Hazuki yang pergi ke Hong Kong untuk membalaskan dendam kematian ayahnya.

Pembuatan game Shenmue II memakan biaya sebesar US$ 132 juta atau sama dengan Rp. 1,7 triliun. Mungkin menjadi game termahal yang pernah di produksi Sega.

4. Star Wars: The Old Republic (US$ 200 Juta)
star-wars-the-old-republic.jpg
Siapa yang tidak tahu Star Wars? Berawal dari seri filmnya, Star Wars sudah diadaptasi kedalam beberapa media seperti TV Series, komik, novel termasuk game. Kepopuleran Star Wars tak perlu dipertanyakan lagi.

Pada tahun 2011 sebuah game RPG online (MMORPG) berjudul Star Wars: The Old Republic dirilis. Game ini dikembangkan oleh BioWare Austin dan dipublikasikan oleh EA untuk PC. Game ini dijual seharga US$ 60 dan ada biaya berlangganannya juga untuk menjadi member premium.

Diperkirakan biaya produksi Star Wars: The Old Republic mencapai US$ 200 juta atau Rp. 2,6 triliun. Dana besar yang digelontorkan itu untuk membuat dunia luar angkasa yang futuristik dengan bermacam robot, alien dan makhluk aneh lainnya. Star Wars: The Old Republic mencatatkan hasil yang memuaskan dengan 1 juta pelanggan di tiga hari awal perilisannya.

3. Call of Duty: Modern Warfare 2 (US$ 250 Juta)
call-of-duty-modern-warfare-2.jpg
Call of Duty: Modern Warfare 2 adalah sebuah game first-person shooter (FPS) yang dibuat oleh Infinity Ward dan dipublikasikan oleh Activision. Game yang dirilis di seluruh dunia pada tanggal 10 November 2009 ini dibuat untuk Xbox 360, PlayStation 3 dan PC. Game ini merupakan installment ke-6 dari Call of Duty Series dan sekuel langsung dari Call of Duty 4: Modern Warfare.

Mode campaign di game ini mengikuti kisah unit pasukan khusus Task Force 141 yang diketuai Soap MacTavish dan pasukan United States Army Rangers, dimana mereka memburu ketua partai Ultranasionalis Rusia, Vladimir Makarov.

Beberapa website game mengklaim Call of Duty: Modern Warfare 2 sebagai salah satu game FPS terbaik sepanjang masa. GameRankings memberi rating game ini 93,57% untuk versi Xbox 360, 93,42% untuk versi PlayStation 3 dan 87,84% untuk versi PC sementara Metacritic memberi game ini rating 94/100 untuk versi Xbox 360 dan PlayStation 3 untuk versi PC mendapat rating 86/100. Game ini terjual 4,7 juta kopi hanya dalam waktu 24 jam sejak perilisannya di Amerika Utara dan Inggris.

Dari total biaya pembuatan, promosi dan pemasaran Call of Duty: Modern Warfare 2 memakan biaya US$ 250 juta atau sama dengan Rp. 3,3 triliun.

2. Grand Theft Auto V (US$ 265 Juta)
grand-theft-auto-v.jpg
Siapa yang tidak kenal dengan serial game Grand Theft Auto (GTA)? Saya yakin anak cowok sekarang pasti pernah memainkan salah satu seri GTA setidaknya satu kali seumur hidupnya, atau minimal kalau belum pernah memainkan pasti mereka pernah mendengarnya dan tahu ada game bernama GTA. Ditempat rental PS, game GTA menjadi game yang wajib ada, gak asyik kalau gak ada GTA.

GTA V adalah game open-world action-adventure yang dikembangkan oleh Rockstar North dan dipublikasikan oleh Rockstar Games. Game ini dirilis pada tanggal 17 September 2013 untuk PlayStation 3 serta Xbox 360 dan pada tanggal 18 November 2014 untuk PlayStation 4 serta Xbox One sementara untuk PC baru dirilis pada tanggal 14 April 2015. GTA V menjadi pemuas dahaga para fans setelah seri terakhir GTA dirilis tahun 2009 silam yakni GTA: The Ballad of Gay Tony, itupun berupa episodic expansion packs. Namun, penantian panjang tersebut tarbayar lunas dengan dirilisnya GTA V yang unggul hampir di semua hal dibanding seri sebelumnya. Masih bertempat di kota fiksi bernama San Andreas, dunia yang bisa dijelajahi di GTA V lima kali lebih luas dari pendahulunya. Fitur multiplayer di game ini mencapai 30 pemain.

Untuk game sebagus GTA V, Rockstar harus merogoh kocek total US$ 265 juta atau sama dengan Rp. 3,5 triliun untuk produksi dan marketing. Namun, dana sebesar itu sudah terganti di hari pertama perilisannya, GTA V meraih keuntungan sebanyak US$ 800 juta sejak satu hari dirilis dan hanya dalam waktu tiga hari sejak perilisannya GTA V berhasil meraih US$ 1 miliar. Guinness World Records juga mencatat GTA V sebagai game dengan angka penjualan terbanyak dalam waktu 24 jam, game dengan pendapatan terbesar dalam 24 jam dan game yang paling cepat mendapatkan pendapatan US$ 1 miliar sepanjang masa.

Destiny (US$ 500 Juta)
destiny.jpg
Inilah dia game dengan biaya produksi termahal dunia jatuh kepada game Destiny, sebuah game yang dikembangkan oleh Bungie dan dipublikasikan oleh Activision. Destiny dirilis pada 9 September 2014 untuk konsol PlayStation 3 , PlayStation 4 , Xbox 360 dan Xbox One. Destiny sendiri merupakan game yang akan membuat si pemain menjadi penjaga kedamaian planet Bumi khususnya dari para alien. Game ini mengusung massively multiplayer online game (MMO).

Dari biaya pengembangan, promosi, distribusi dan lainnya dijumlahkan mencapai angka US$ 500 juta atau setara dengan Rp. 6,5 triliun.

Itulah tadi 5 Game Dengan Biaya Produksi Termahal Di Dunia. Selain game-game diatas ada 5 game lainnya yang masuk 10 besar game dengan biaya produksi fantastis yaitu Max Payne (US$ 105 juta), Too Human (US$ 100 juta), Red Dead Redemption (US$ 100 juta), Disney Infinity (US$ 100 juta) dan Tomb Raider (US$ 100 juta).

Sumber referensi: jalantikus.com, wikipedia.org

Tags: Game Termahal Di Dunia Sepanjang Masa Sejarah, Fakta Unik Dunia Game Permainan, Informasi

2 Responses to "5 Game Dengan Biaya Produksi Termahal Di Dunia"

  1. Uang nya kalo di rupiahin berapa itu ya gan, wkwk

    BalasHapus
  2. Dari kelima game diatas, belum ada yang pernah ane coba gan, kayaknya GTA V keren tuh dan grafiknya juga oke :)

    BalasHapus

IBX5A538CF69476E