"Unconditionally", Lagu Tentang Cinta Tanpa Syarat

unconditionally.jpg


Lirik Lagu Katy Perry - Unconditionally

Oh no, did I get too close?
Oh, did I almost see what's really on the inside?
All your insecurities
All the dirty laundry
Never made me blink one time

Unconditional, unconditionally
I will love you unconditionally
There is no fear now
Let go and just be free
I will love you unconditionally

Come just as you are to me
Don't need apologies
Know that you are worthy
I'll take your bad days with your good
Walk through the storm I would
I do it all because I love you, I love you

Unconditional, unconditionally
I will love you unconditionally
There is no fear now
Let go and just be free
I will love you unconditionally

So open up your heart and just let it begin
Open up your heart and just let it begin
Open up your heart and just let it begin
Open up your heart

Acceptance is the key to be
To be truly free
Will you do the same for me?

Unconditional, unconditionally
I will love you unconditionally
And there is no fear now
Let go and just be free
'Cause I will love you unconditionally (oh yeah)
I will love you (unconditionally)
I will love you
I will love you unconditionally

#SBL kali ini membahas tentang lagu "Unconditionally" dari Katy Perry. Mungkin tak perlu diperkenalkan lagi siapa itu Katy Perry? "Hot N Cold", "Teenage Dream", "Firework", "California Gurls", "The One That Got Away" dan "Roar" adalah lagu-lagu dari Katy Perry yang mendunia dan pasti salah satunya pernah sobat dengar walau hanya sekilas entah itu di radio, TV atau dimanapun.

Buat yang benar-benar tidak tahu sama dia, Katy Perry adalah penyanyi asal Amerika Serikat dengan nama asli Katheryn Elizabeth Hudson. Ia lahir pada tanggal 25 Oktober 1984 di Santa Barbara, California, USA.

Lagu "Unconditionally" merupakan lagu Katy Perry yang dirilis pada 16 Oktober 2013 dan menjadi single kedua dari album keempat Katy Perry yang berjudul "Prism". Di album tersebut lagu ini menjadi single andalan bersama single "Roar", "Dark Horse" dan "This Is How We Do". Lagu yang berdurasi kurang lebih 3 menit 48 detik ini berhasil mencapai posisi 14 di US Billboard Hot 100 dan posisi 25 di UK Singles.

Lagu ini terdengar romantis bahkan ketika pertama kali mendengarpun saya langsung suka karena entah kenapa lagu ini memberikan ketenangan dengan alunan musiknya yang tidak berisik dan suara Katy Perry yang kuat tapi merdu.

Arti dari kata unconditionally sendiri jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah "Tanpa Syarat". Dari tahu arti judulnya saja apa yang terbesit di pikiran sobat? Apakah lagu ini tentang cinta, persahabatan, kemanusiaan atau sosial?

"I love this song because not only can it be a romantic, intimate song, but it can be about the type of love that a mother has when she sees her first child, or best friends or partners..... It's a transcendent love, it's not just relationship status." - Katy Perry

Dari pengakuan sang pelantun sendiri lagu "Unconditionally" tidak terbatas hanya tentang hubungan cinta yang romantis tapi juga segala jenis hubungan tulus yang menghasilkan cinta tanpa syarat. Bisa jadi antara ibu dan anak atau antara sahabat, jadi makna lagu ini cukup luas tergantung pendengarnya sendiri memilih cara memaknainya mau itu tentang hubungan antara pasangan, keluarga atau sahabat. Satu yang pasti dari lagu ini, "Unconditionally" adalah tentang cinta tanpa syarat namun cinta disini memiliki artian yang luas.

"Unconditionally" ditulis oleh Katy Perry bersama Lukasz Gottwald, Max Martin dan Henry Walter. Inspirasi lagu ini didapatkan Katy Perry ketika dirinya sedang melakukan perjalanan kemanusiaan ke Madagaskar dalam rangka kemitraannya dengan UNICEF. Disana ia mengunjungi sebuah sekolah yang baru dibangun lalu ia mengamati sekelompok anak kecil, ia menyadari tanpa jejaring sosial atau sesuatu yang mewah-mewah mereka masih bisa merasakan yang namanya unconditionally love satu sama lain.

Dari pengakuan serta latar belakang terciptanya lagu ini memang jauh dengan yang namanya percintaan antar kekasih, lagu ini lebih ke apa arti cinta dan bagaimana seharusnya kita memaknai cinta. Yang namanya cinta itu memang seharusnya tanpa syarat, entah itu cinta dalam berpasangan, keluarga atau persahabatan. Mungkin akan banyak orang yang lebih menonjolkan makna lagu ini tentang cinta sepasang kekasih.

Cinta itu sederhana, sifat manusiawi kita yang membuatnya jadi ribet. Harus inilah, harus itulah, tapi saya bilang itu sifat manusiawi jadi itu wajar. Semua orang ingin memiliki pacar, keluarga dan sahabat yang sempurna yang bisa membanggakan dan menyenangkan kita. Tapi, sangat naif jika kita mengaharapkan seseorang yang 100% sempurna di hidup kita, semua orang tahu dan menyadari kalau tidak ada manusia yang sempurna jadi kenapa sangat sulit menerima ketidaksempuranaan pada diri seseorang?

Kembali saya mengingatkan kalau cinta yang saya maksud disini adalah cinta yang ada di lagu "Unconditionally" yaitu cinta yang luas, yang mencakup semua hubungan.

Akan sangat mudah mengatakan kita menerima seseorang apa adanya sebelum tahu kekurangannya. Setelah kita tahu kekurangannya, muncul keraguan dan pertanyaan atas pengakuan kita sebelumnya. Lalu, apakah yang namanya unconditionally love itu ada? Jelas ada, yang paling mudah di temui adalah antara ibu dan anak. Seorang ibu punya cinta tanpa syarat kepada anaknya, ada ibu yang tetap mencintai anaknya segagal apapun anaknya.

Sobat bisa mendengarkan lagu ini untuk mengingat pacar, keluarga atau sahabat pokoknya orang-orang yang sobat cintai.

"Acceptance is the key to be, to be truly free, will you do the same for me?", bagian lirik ini menurut saya adalah yang paling memberi pesan dari keseluruhan lagu "Unconditionally". Menerima adalah kuncinya, dengan saling menerima kita akan bebas menjadi diri kita sendiri dan tak perlu berpura-pura menjadi orang lain. Kita sering menjumpai orang yang mati-matian menjadi orang lain hanya untuk diakui, dicintai atau dikagumi.

Oke, sudah lumayan panjang saya ngelantur tentang makna lagu ini, sekarang kita beralih ke video klipnya.

Video klip lagu ini disutradarai oleh Brent Bonacorso dan pengambilan gambarnya dilakukan di London pada Oktober 2013. Banyak adegan-adegan yang terkesan aneh dan tidak dimengerti apa maksudnya tapi sang sutradara mengatakan kalau itu memiliki makna tersendiri. Pikiran saya tidak sampai pada arti penggambaran yang di buat sang sutradara, saya malah bingung mencari apa artinya. Yang jelas saya benar-benar melihat Katy Perry yang anggun di video klip lagu ini, kecantikannya lebih terekspos di sini. Dibanding video klip lagu "California Gurls" yang menunjukan Katy Perry agak "nakal" saya lebih suka dia di video klip "Unconditionally" yang tertutup namun pesonanya lebih memancar.

Sebenarnya ada dua video klip dari lagu "Unconditionally" yang satunya lagi adalah video klip lirik.

Overall, "Unconditionally" adalah lagu yang bagus dengan makna tentang ketulusan cinta namun tidak sebatas cinta antara kekasih tapi antara sesama manusia. Makna yang bagus tersebut dibarengi dengan pembawaan yang baik oleh Katy Perry yang membuat para pendengarnya hanyut dalam ketenangan dan indahnya pesan yang disampaikan lagu ini. Video klipnya? Lumayan menarik lah tapi penuh adegan metafora yang malah membuat saya bingung.

Rating: 7/10

Sumber referensi: wikipedia.org

Tags: Katy Perry - Unconditionally, Makna Dan Arti, Informasi Lengkap, Kabar Terbaru, Terkini, Terupdate, Biografi, Biodata, Fakta Unik, Review Song, Ulasan, Trivia

0 Response to ""Unconditionally", Lagu Tentang Cinta Tanpa Syarat"

Posting Komentar

IBX5A538CF69476E