Cara Menonton Film Dengan Subtitle Indonesia Di Android Dengan MX Player

cara-menonton-film-dengan-subtitle-indonesia-di-android-dengan-android.jpg

Menonton film adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain sebagai sarana hiburan juga bisa menghilangkan stres, menambah pengetahuan dan mendapatkan motivasi. Memang benar menonton film bisa memberikan kita beberapa manfaat yang kadang tidak kita sadari.

Baca juga: 9 Manfaat Menonton Film

Namun untuk sebagian orang memiliki beberapa halangan untuk menonton film. Contohnya orang yang tinggal di desa dan jauh ke bioskop tentunya tak bisa menonton film-film terbaru ditambah toko kaset pun juga tak ada. Maka alternatif terakhir adalah mendownload film melalui internet. Di jaman yang serba canggih sekarang ini sobat hanya perlu smartphone atau PC/laptop dan koneksi internet untuk menonton film favorit sobat karena situs-situs download film sekarang sudah bertebaran di internet.

Baca juga: Situs-Situs Download Film Terbaik

Sobat sebenarnya bisa menonton film di televisi tapi tahu sendirikan bagaimana sensor dan pemotongannya yang membabi buta dan malah membuat film itu sendiri terkesan aneh. Untuk saya sendiri kurang berminat menonton film di TV.

Ketika mendownload film berbahasa asing yang menjadi persoalannya adalah masalah subtitle. Untuk sobat yang sudah pandai berbahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang atau yang lainnya mungkin tidak menjadi masalah tapi kebanyakan orang Indonesia belum melek soal bahasa asing jadi subtitle sangat penting untuk memahami jalan cerita sebuah film.

Sebenarnya di beberapa situs download film seperti Cinemaindo, Dramaindo dan LK21 subtitle indonesianya sudah otomatis menempel di filmnya tapi ada juga situs download film yang filmnya masih polos alias tidak ada subtitlenya seperti Ganool. Tak selamanya film dengan subtitle yang otomatis menempel itu lebih baik karena ada beberapa yang subtitlenya tidak sinkron dengan filmnya, ada yang subtitlenya terlalu cepat atau juga terlalu lambat, kalau sudah begitu kita hanya bisa pasrah. Sementara film yang masih polos kita bisa memilih-milih subtitlenya yang pas dengan filmnya, jika subtitle yang satu tidak cocok kita bisa mencari lagi yang lain.

Kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana yang menurut saya harus di ketahui oleh sobat yang suka menonton film berbahasa asing di ponsel smartphone yaitu tutorial Cara Menonton Film Dengan Subtitle Indonesia Di Android Dengan MX Player.

Bisa dilihat dari judul artikel ini sobat terlebih dulu harus mendownload aplikasi pemutar video android bernama MX Player. MX Player sendiri merupakan aplikasi pemutar video untuk ponsel smartphone khususnya android yang dikembangkan oleh J2 Interactive. Sobat bisa mendownloadnya di Play Store atau 9Apps, ukurannya tidak terlalu besar kok lebih besar ukuran video bo*ep yang biasa sobat download... Hehe... Ayo ngaku ajalah...

Bisa dibilang ini adalah aplikasi pemutar video terbaik di android dengan fitur yang seabreg salah satunya fitur penambahan subtitle ini. Di Play Store sendiri aplikasi ini mendapat nilai 4,5/5 sementara di 9Apps mencapai 4,9/5.

Setelah mendownload aplikasinya selanjutnya sobat harus punya film yang belum di hardsub alias masih polos dan tentu saja subtitlenya. Sobat bisa mendapatkan subtitlenya di situs Subscene, disana tersedia banyak subtitle Indonesia untuk berbagai film. Biasanya di setiap subtitle disana disertakan keterangan untuk film ini dan kualitas ini seperti kualitas cam, hdrip, web-dl, bluray dan lain sebagainya. Usahakan subtitlenya sama dengan kualitas film yang sobat download.

Baca juga: Pengertian Berbagai Kualitas Film Yang Biasa Dijumpai Ketika Mendownload Film Di Internet

Selanjutnya sobat taruh film tersebut dan subtitlenya dalam satu folder yang sama dan samakan nama film dan subtitlenya. Lihat gambar di bawah!
Contohnya seperti di gambar, "Happy Death Day (2017).mkv" adalah filmnya dan "Happy Death Day (2017).srt" adalah subtitlenya. Oh iya, srt itu adalah format subtitlenya, ada banyak format subtitle selain srt seperti vtt, pjs, mpl dan lain-lain. Tenang saja MX Player mendukung hampir semua format subtitle.

Biasanya subtitle di situs Subscene dibungkus dalam file zip atau rar jadi sobat harus mengextract nya terlebih dulu dengan aplikasi file manager seperti X-plore File Manager, ZArchiver atau semacamnya. Sobat belum bisa mengextract file? Hello, udah berapa lama pegang hp android? Mengextract file itu gampang yang susah itu ngelupain mantan... Hehe...

Kalau sobat memang benar belum bisa silahkan cari tutorialnya di si Mbah Google, saya tidak akan menjelaskannya disini karena akan memperpanjang artikel ini.

Ingat pastikan subtitlenya berformat srt, vtt, pjs atau format subtitle lainnya bukan zip atau rar karena yang saya tahu tidak ada subtitle berformat zip atau rar.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas selanjutnya silahkan buka aplikasi MX Player. Lihat gambar dibawah!
Sobat akan melihat tanda bertuliskan "srt", tulisannya tergantung format subtitlenya.

Silahkan sobat putar filmnya melalui aplikasi MX Player dan filmnya akan menampilkan kenangan bersama mantan... Eh maaf maksudnya akan menampilkan subtitle seperti gambar di bawah ini.
Jika subtitle tidak muncul maka file subtitlenya mungkin rusak jadi silahkan sobat cari file subtitle lainnya. Tapi, selama saya memutar film dengan subtitle di MX Player saya tidak pernah mengalaminya.

Sampai disini sobat sebenarnya sudah selesai memutar film dengan subtitle di ponsel smartphone melalui aplikasi MX Player.

Tapi, kemungkinan subtitle tidak sinkron alias tidak pas bisa saja terjadi. Itu biasanya terjadi karena subtitle yang sobat download untuk film The Avengers (2012) kualitas web-dl misalnya sementara film The Avengers (2012) yang sobat download itu kualitas bluray, itulah kenapa saya menyarankan sobat untuk mendownload subtitle untuk kualitas film yang sama seperti filmnya.

Tenang saja aplikasi MX Player punya solusinya tanpa harus mencari subtitle lainnya. Perhatikan gambar dibawah!
Saat memutar video tekan titik tiga disudut kanan atas, maka akan muncul beberapa pilihan selanjutnya pilih "Teks film" lalu pilih "Sinkronisasi" maka akan muncul opsi untuk mengatur kecepatan subtitlenya seperti gambar dibawah ini.
Lalu sobat tinggal atur saja, jika subtitlenya terlalu cepat tekan tombol "-" atau jika subtitlenya terlalu lambat tekan tombol "+" sampai subtitlenya dirasa pas dengan filmnya.

Selain ada fitur penyelaras subtitle, di aplikasi MX Player ini sobat juga bisa mengatur jenis font subtitle, warna teks subtitle, ukuran subtitle dan lain-lain. Sobat tinggal klik titik tiga di sudut kanan atas lalu pilih "Teks film" selanjutnya pilih "Pengaturan" maka sobat akan masuk ke menu pengaturan subtitle dimana disana sobat bisa mengatur warna, ukuran dan jenis font teks subtitle.

Itulah tadi tutorial Cara Menonton Film Dengan Subtitle Indonesia Di Android Dengan MX Player. Maaf jika ada kesalahan atau tutorialnya sulit di pahami seperti perasaan wanita.

Semoga bermanfaat untuk sobat yang pecinta film tapi punya beberapa kendala untuk menonton film di bioskop atau membeli DVD-nya dan hanya bisa menontonnya di ponsel smartphone. Silahkan bagikan artikel tutorial sederhana ini jika dirasa bermanfaat.

Tags: Cara Menggabungkan Film Dan Subtitle Di Android, Aplikasi Pemutar Video Android Terbaik MX Player, Aplikasi Nonton Film Offline, Online, Tutorial Singkat, Informasi Lengkap, Link Download

1 Response to "Cara Menonton Film Dengan Subtitle Indonesia Di Android Dengan MX Player"

IBX5A538CF69476E