Aplikasi-Aplikasi Android Yang Harus Dimiliki Para Blogger

aplikasi-aplikasi-android-yang-harus-dimiliki-para-blogger.jpg

Menjadi blogger adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan dan menguntungkan terutama bagi mereka yang suka menulis dan ingin tulisannya di baca oleh orang lain. Meskipun banyak orang yang masih menganggap remeh seorang blogger dan berasumsi bahwa ngeblog adalah kegiatan yang percuma dan membuang waktu saja tapi pada kenyataannya menjadi seorang blogger banyak manfaatnya.

Baca juga: 10 Manfaat Atau Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Menjadi seorang blogger itu tidak gampang, bukan hanya menulis lalu mempublikasikannya saja tapi banyak faktor lain yang harus diperhatikan agar blog kita berkembang. Minimal kalau belum bisa menghasilkan pundi-pundi uang ya blog kita sudah bisa bermanfaat dan dibilang bagus oleh para pengunjung. Jika kita ingin blog kita berkembang maka kita harus rela menyisihkan waktu luang kita untuk urusan ngeblog karena ngeblog itu butuh waktu yang tidak sedikit dan yang paling penting konsistensi.

Kebanyakan orang lebih suka ngeblog memakai PC/laptop karena memberikan banyak kemudahan dan memang idealnya ngeblog itu dari PC/laptop. Tapi, PC/laptop bukanlah barang yang mudah dibawa kemana-mana dan itu menjadi kendala bagi para blogger.

Sementara smartphone yang mudah dibawa kemana-mana kurang diminati para blogger karena dirasa tidak akan efektif dipakai untuk ngeblog. Padahal sebenarnya smartphone pun bisa efektif asalkan kita tahu cara yang tepat untuk menggunakannya.

Blog RegenciPedia ini juga hampir 98% dikelola melalui ponsel smartphone tepatnya ponsel android. Dari mulai mengupload foto, menulis artikel, optimasi SEO dan sebagainya. Seingat saya hanya saat mengedit template saja saya menggunakan PC/laptop.

Sebenarnya ada beberapa blog builder yang responsive untuk smartphone bahkan semua jenis ponsel seperti ponsel java, symbian atau blackberry. Tapi, blog builder terkenal seperti Blogspot tidak termasuk blog builder yang cocok dikelola melalui ponsel.

Baca juga: Blog Builder Terbaik Untuk Ponsel

Ponsel android adalah jenis ponsel smartphone yang paling laris dan banyak digunakan sekarang ini. Dengan kemudahan membawa smartphone kemana-mana seharusnya para blogger harus bisa ngeblog melalui smartphone android agar bisa lebih produktif dan bisa konsisten dalam ngeblog.

Kali ini saya akan memberikan rekomendasi aplikasi-aplikasi android yang wajib dimiliki oleh para blogger agar sobat yang para blogger bisa lebih efektif, efisien dan mudah mengelola blog dari ponsel android.

Berikut daftar Aplikasi-Aplikasi Android Yang Harus Dimiliki Para Blogger Versi RegenciPedia:

Aplikasi Browser Internet (Google Chrome, Puffin Browser, UC Browser, Opera Mini)
aplikasi-internet-browser.jpg
Aktivitas ngeblog adalah sebuah aktivitas yang berkaitan dengan dunia internet maka dari itu kita harus punya aplikasi browser internet yang handal dan memiliki fitur yang mempuni. Setiap ponsel android sudah dibekali dengan browser bawaan tapi saya sarankan jangan ngeblog dengan browser bawaan karena banyak kendala yang akan sobat hadapi.

Setiap aplikasi browser internet punya nilai plus dan minusnya masing-masing jadi saya sangat menyarankan sobat untuk memiliki lebih dari satu aplikasi browser internet dan saya menyarankan sobat memiliki empat aplikasi browser internet dibawah ini:

Google Chrome, aplikasi yang satu ini biasanya sudah otomatis terinstal di ponsel android sobat dari awal. Itu karena Google Chrome adalah aplikasi browser internet buatan Google dan sistem operasi android juga dikembangkan oleh Google jadi wajar saja aplikasi Google Chrome sudah tertanam di ponsel dengan sistem operasi android. Aplikasi ini bisa mengakses hampir semua situs tanpa kendala dan bisa mengelola blog di Blogspot seperti mengatur komentar, mempublikasikan tulisan dan lain-lain.

Puffin Browser, mungkin sobat kurang familiar dengan aplikasi browser internet yang dikembangkan CloudMosa, Inc. ini. Puffin Browser adalah aplikasi browser internet dengan tampilan desktop di ponsel android paling cepat yang saya tahu. Jadi tampilan situs-situs di Puffin Browser itu akan sama dengan yang di PC/laptop, memang aplikasi browser internet lain juga bisa menyuguhkan hal yang serupa tapi seperti yang saya bilang kalau kecepatan Puffin Browser walaupun tampilan situsnya dalam mode desktop tetap luar biasa cepat. Saya lebih sering menggunakan Puffin Browser untuk mempublikasikan tulisan saya di blog.

Cobalah untuk menggunakan Puffin Browser versi jadul karena untuk yang versi terbaru saya kurang puas. Sekarang ini saya menggunakan Puffin Browser versi 4.7.2.2390. Sobat bisa mendapatkannya di situs Uptodown.

UC Browser, berbeda dengan Puffin Browser, UC Browser merupakan aplikasi browser internet yang sudah sangat populer. Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh UCWeb Inc. dan Alibaba Group ini sudah merambah ke berbagai platform seperti java, symbian, blackberry dan iOS. Bahkan di Play Store saja jumlah pengguna ponsel android yang sudah mendownload aplikasi ini mencapai 500 juta lebih, angka sebanyak itu hanya bisa diraih oleh aplikasi yang sudah sangat terkenal.

Kelebihan UC Browser adalah kecepatan downloadnya yang luar biasa gila, sangat layak UC Browser mendapatkan predikat sebagai aplikasi browser internet di ponsel android dengan kecepatan download tercepat saat ini. Kelebihan UC Browser itu sangat diperlukan oleh para blogger apalagi para blogger yang suka mendownload file-file besar untuk keperluan penulisan artikelnya, dengan proses download yang singkat para blogger bisa menghemat waktu, seperti yang kita tahu waktu adalah hal yang penting bagi para blogger.

Opera Mini, Sama seperti UC Browser, Opera Mini juga merupakan aplikasi browser internet yang sudah sangat populer. Aplikasi ini juga dirilis untuk platform java, symbian, iOS dan platform lainnya. Keunggulan aplikasi ini adalah kecepatan browsingnya yang cepat, sangat cocok dipakai berselancar di dunia maya mencari bahan untuk menulis artikel. Selain itu, manajemen bookmark-nya juga mempermudahkan kita mengelompokkan situs-situs yang kita bookmark.

Aplikasi Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Google+)
aplikasi-media-sosial.jpg
Seorang blogger tentu harus aktif di media sosial karena media sosial adalah tempat paling potensial bagi para blogger untuk mempromosikan blognya agar ramai dikunjungi. Kesalahan besar jika seorang blogger kurang aktif di media sosial. Karena itulah seorang blogger harus memiliki setidaknya empat aplikasi media sosial di ponsel android mereka dan keempat aplikasi media sosial tersebut adalah Facebook, Twitter, Instagram dan Google+.

Facebook, Twitter, Instagram dan Google+ adalah empat media sosial dengan jumlah pengunjung yang melimpah dan itu menjadi kesempatan para blogger agar blog mereka bisa dikenal luas. Selanjutnya tinggal bagaimana cara kita mempromosikan blog kita semenarik dan seunik mungkin agar para pengguna media sosial tersebut mau mengunjungi blog kita. Jika sobat enggan menggunakan media sosial tersebut maka sobat sudah melewatkan sebuah kesempatan untuk memperkenalkan blog sobat pada dunia.

Saya sendiri sering menggunakan empat media sosial tersebut untuk mempromosikan blog saya dan Facebook menjadi penyumbang visitor terbanyak pada blog saya dibanding media sosial yang lain. Mungkin itu karena saya sudah cukup tahu seluk beluk Facebook dan cara promosi blog saya di Facebook sudah bisa memilih target pengunjung yang baik dan benar.

Tapi, sobat tidak boleh asal mempromosikan blog sobat di media sosial karena jika tanpa tata cara yang tepat waktu sobat malah terbuang sia-sia dan bahkan bisa berbahaya untuk kesehatan blog sobat sendiri.

WordPress
wordpress.jpg
Seperti namanya, aplikasi yang dikembangkan Automattic, Inc ini merupakan aplikasi untuk mengelola blog yang ada di WordPress baik itu WordPress.com ataupun WordPress.org. Dengan aplikasi ini kita bisa menulis artikel, menyunting komentar, mengedit artikel yang sudah dipublikasikan, memeriksa statistik dan lain-lain. Jadi, dengan aplikasi ini sobat bisa ngeblog di WordPress kapanpun dan dimanapun dengan ponsel android sobat.

Blogger
blogger.jpg
Jika aplikasi WordPress adalah aplikasi android untuk mengelola blog di WordPress, maka untuk sobat yang punya blog di Blogger a.k.a Blogspot bisa menggunakan aplikasi bernama Blogger. Aplikasi ini dikembangkan sendiri oleh pemilik Blogspot yakni Google. Aplikasi ini memungkinkan sobat menulis artikel di blog sobat dengan lebih mudah, selain itu sobat juga bisa mengupload gambar melalui aplikasi ini. Sayangnya, aplikasi ini masih miskin fitur dan banyak fitur Blogspot versi web belum tersedia di aplikasi ini. Google sebagai salah satu perusahaan teknologi raksasa di dunia sepertinya bukan tidak mampu menghadirkan fitur di Blogspot versi web kedalam aplikasi ini tapi Google sepertinya sengaja karena tujuan dari aplikasi ini adalah memfasilitasi blogger agar bisa menulis artikel di ponsel android bukan untuk mengelola keseluruhan blog lewat ponsel android.

Gmail
gmail.jpg
Email sudah menjadi kebutuhan primer bagi para blogger. Karena selain menjadi sarana komunikasi yang luas, saat kita membuat blog hampir pasti kita harus punya email terlebih dahulu.

Para blogger sering saling mengirim file dengan blogger lain dan mereka menggunakan email untuk memfasilitasi aktivitas tersebut. Selain itu, saat kita ingin mengoptimasi blog kita dengan teknik SEO melalui fitur-fitur di berbagai situs di internet kita akan membutuhkan email untuk membuat akun di situs-situs tersebut.

Aplikasi Gmail adalah aplikasi android untuk mengelola email terbaik dan paling saya rekomendasikan. Walaupun aplikasi ini adalah buatan Google tapi aplikasi ini tidak hanya mendukung Gmail yang merupakan layanan email dari Google saja tapi juga mendukung layanan email lain seperti Yahoo, Outlook, Hotmail dan lain-lain.

Google Analytics
google-analytics.jpg
Google Analytics adalah sebuah layanan dari Google yang memungkinkan para blogger untuk memantau statistik visitor blognya. Dengan Google Analytics kita akan tahu berapa banyak pengunjung blog kita dalam sehari, seminggu, sebulan ataupun setahun. Kita juga akan tahu dari negara mana saja visitor kita berasal, apakah mereka menggunakan seluler atau desktop saat mengunjungi blog kita dan apakah mereka datang dari mesin pencari, media sosial atau langsung, kita akan mengetahuinya melalui Google Analytics.

Sekarang kita tidak perlu repot untuk mengetahui statistik blog kita lewat Google Analytics karena dengan aplikasi Google Analytics kita bisa memantaunya hanya melalui ponsel android dimanapun dan kapanpun.

Google Adsense
google-adsense.jpg
Untuk seorang blogger yang mencari pendapatan dari blognya pasti tidak asing dengan yang namanya Google Adsense. Google Adsense adalah sebuah layanan dari Google yang memungkinkan para blogger untuk memasang iklan di blognya dan nanti akan mendapatkan pendapatan dari jumlah klik iklan di blog mereka.

Aplikasi Google Adsense sekarang sudah tersedia di ponsel android. Aplikasi ini berguna untuk mengecek jumlah klik, penayangan, RKT dan penghasilan kita di Adsense. Jadi, kita bisa lebih mudah memantau penghasilan kita di Google Adsense dari ponsel android. Sayangnya aplikasi ini hanya berfungsi untuk memantau statistik penghasilan kita bukan untuk mengambil kode iklan atau mengaturnya. Meskipun begitu, aplikasi ini sudah sangat membantu karena untuk sekedar mengecek statistik penghasilan kita di Google Adsense kita tak perlu membukanya dari web yang pasti lebih ribet dan memakan waktu.

Google Drive
google-drive.jpg
Kapasitas memori ponsel seorang blogger pastinya penuh dengan file-file penting yang sangat berarti untuk keperluan blog. File-file tersebut bisa berupa gambar, video atau musik. Jika sobat memiliki banyak file penting di kartu memori saya sarankan menggunakan layanan Google Drive. Layanan ini merupakan salah satu layanan penyimpanan file dari Google. Jadi, sobat bisa menyimpan file-file penting sobat di Google Drive. Hal ini sangat perlu dilakukan sebagai antisipasi kalau kartu memori atau ponsel sobat rusak.

Aplikasi Google Drive akan membuat sobat lebih mudah memanfaatkan layanan Google Drive. Dengan aplikasi ini sobat bisa lebih mudah mengupload file-file penting sobat ke Google Drive melalui ponsel android.

Evernote
evernote.jpg
Jika sobat ngeblog melalui ponsel android maka jangan menulis artikel langsung di halaman penulisan postingan di blogspot, wordpress atau yang lainnya karena itu sangatlah tidak nyaman. Jika cara menulis kita tidak membuat kita nyaman maka kualitas tulisan kita juga akan sedikit berkurang. Saran saya cobalah menulis artikel di catatan atau note di ponsel android sobat jika sudah selesai tinggal sobat salin dan tempel di halaman penulisan postingan di blog builder yang sobat gunakan.

Pada dasarnya setiap ponsel android sudah dibekali dengan fitur catatan tapi fitur catatan di setiap ponsel berbeda. Ada yang memuaskan dan ada juga yang kurang memuaskan seperti kapasitas jumlah huruf yang terlalu sedikit dan lain-lain. Jika fitur catatan di ponsel android sobat banyak kekurangannya maka sobat diharuskan mendownload aplikasi catatan gratis yaitu Evernote. Aplikasi ini adalah aplikasi catatan yang banyak kelebihannya. Salah satu yang saya suka adalah kita bisa mengelompokkan catatan kita sesuai label yang kita pasang di catatan tersebut jadi walaupun catatan kita banyak tapi kita tidak akan kesulitan menemukan catatan yang kita cari. Selain itu banyak kelebihan lainnya dari aplikasi yang dikembangkan Evernote Corporation ini.

Aplikasi Edit Gambar (Photo Editor, Textgram, Photo Grid)
aplikasi-edit-gambar.jpg
Gambar adalah salah satu komponen penting untuk mempercantik artikel kita di blog. Maka dari itu aplikasi pengedit gambar sangat diperlukan oleh seorang blogger. Bahkan disarankan sobat memiliki lebih dari satu aplikasi edit gambar karena setiap aplikasi edit gambar punya fitur unggulannya masing-masing.

Sebenarnya saya tidak punya aplikasi edit gambar yang bisa direkomendasikan untuk para blogger karena aplikasi edit gambar itu banyak sekali dan saya belum punya waktu untuk mencoba memakainya satu per satu. Lalu Photo Editor, Textgram dan Photo Grid itu apa?

Ketiga aplikasi tersebut adalah aplikasi edit gambar yang saya pakai sekarang untuk keperluan mengedit gambar yang akan di sertakan kedalam artikel. Sobat tak perlu memakai ketiga aplikasi edit gambar tersebut karena aplikasi edit gambar itu banyak dan sobat bisa memakai aplikasi edit gambar mana saja yang menurut sobat terbaik.

Textgram adalah aplikasi untuk menambahkan teks di gambar, Photo Grid untuk membuat kolase dan Photo Editor adalah aplikasi edit gambar biasa hanya saja cara memakainya sangat simple alias sederhana.

SwiftKey Keyboard
swiftkey-keyboard.jpg
Salah satu aplikasi android penting lainnya yang harus di miliki oleh seorang blogger untuk menunjang kegiatan menulisnya adalah SwiftKey Keyboard. Aplikasi ini adalah aplikasi keyboard yang paling cocok untuk seorang blogger. Fitur prediksinya benar-benar membantu para blogger untuk menghindari typo dalam penulisannya, bahkan fitur prediksinya bisa menggunakan lebih dari satu bahasa. Selain itu simbol-simbol yang tersedia di tombol keyboard awalnya adalah simbol-simbol yang umum digunakan para blogger seperti <, >, =, ", :, dan lain-lain.

Jadi, saya sangat menyarankan sobat untuk mengganti keyboard yang sobat gunakan sekarang dengan aplikasi keyboard SwiftKey. Rasakanlah kenyaman menggunakan aplikasi keyboard yang satu ini. Sama seperti aplikasi keyboard lain, sobat juga bisa mengubah tema keyboard sobat agar lebih enak di pandang mata.

Jika di aplikasi edit gambar saya memberi pilihan sobat untuk memilih aplikasi edit gambar mana saja yang sobat suka tapi untuk aplikasi keyboard saya tidak memberikan pilihan lain, saya sangat menganjurkan bagi sobat yang seorang blogger untuk menginstall SwiftKey Keyboard di ponsel android sobat.

Facebook Pages Manager
facebook-pages-manager.jpg
Jika sobat sering menjaring pengunjung dari Facebook khususnya dari fanspage Facebook maka aplikasi Facebook Pages Manager harus terinstall di ponsel android sobat. Dengan aplikasi ini sobat bisa mengontrol halaman Facebook sobat hanya melaui ponsel android. Sobat bisa melihat statistik, notifikasi, membalas pesan, melihat wawasan dan lain sebagainya.

Ya, Facebook memang merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia jadi tak aneh para blogger mencoba mancari pengunjung dari media sosial yang didirikan pada tanggal 4 Februari 2004 ini.

PayPal
paypal.jpg
PayPal adalah sebuah perusahaan yang memberikan layanan jasa transfer uang online ke seluruh dunia. Untuk para blogger sudah pasti tidak asing dengan PayPal karena untuk para blogger yang mencari dollar khususnya bukan dari program Google Adsense pasti punya akun PayPal. Meskipun banyak perusahaan yang menawarkan jasa serupa tapi PayPal lebih populer dan lebih banyak dipakai berbagai program periklanan untuk membayar para membernya.

Aplikasi PayPal sekarang sudah tersedia di ponsel android. Fiturnya juga hampir sama dengan PayPal versi web hanya lebih sederhana dan responsive untuk tampilan ponsel. Lewat aplikasi ini sobat bisa mengecek saldo, mengirim uang dan lain-lain.

Jadi, para blogger selayaknya mempunyai aplikasi ini apalagi untuk yang belum punya rekening bank.

Kamus Besar Bahasa Indonesia
kamus-besar-bahasa-indonesia.jpg
Seorang blogger selayaknya harus tahu banyak kosakata dan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pengetahuan tersebut bisa di dapat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan sekarang ini di jaman teknologi yang sudah sangat canggih KBBI juga tersedia dalam bentuk aplikasi android. Dengan KBBI kita juga akan tahu kata baku dan tidak baku.

Untuk seseorang yang setiap harinya selalu berkutat dengan kegiatan tulis menulis tentu sudah menjadi keharusan bagi para blogger untuk mengetahui kata baku dan tak baku. Bahkan, artikel di blog disarankan menggunakan kata baku karena selain bisa membuat tulisan terlihat lebih profesional kata baku juga akan membuat robot mesin pencari seperti Google lebih mudah memahami isi artikel kita dan akhirnya artikel kita akan mudah terindeks.

Tapi, mengetahui kata baku dan tak baku itu bukan perkara mudah kadang ada saat kita sedang menulis dan kita lupa atau memang dari awal kita tidak tahu mana kata yang baku dan tak baku, nah disinilah peran aplikasi android KBBI ini. Dengan aplikasi ini kita akan dengan mudah mengetahui mana kata baku dan mana kata yang tak baku tanpa perlu akses data internet.

Aplikasi ini dibuat langsung oleh Kemendikbud, jadi tak perlu diragukan lagi ke akuratannya.

Itulah Aplikasi-Aplikasi Android Yang Harus Dimiliki Para Blogger versi RegenciPedia.

Para blogger disarankan memiliki aplikasi-aplikasi di atas agar kegiatan ngeblognya di ponsel android lebih mudah.

Selain aplikasi-aplikasi di atas ada juga aplikasi android lainnya yang direkomendasikan untuk para blogger tapi saya tidak terlalu mengharuskan sobat untuk menginstall-nya. Aplikasi tersebut antara lain Writer, Tumblr, Pocket, Hootsuite, LiveJournal, gReader, WebRank SEO, Imgur, Buffer, SEO SERP Mojo - Rank Tracker dan Dropbox Paper. Setiap aplikasi tersebut memiliki kegunaan yang bisa bermanfaat untuk para blogger hanya saja tidak terlalu penting atau ada yang lebih baik fiturnya dari aplikasi tersebut.

Mulai sekarang cobalah untuk terus konsisten ngeblog walaupun melalui ponsel android!

Tags: Aplikasi Blogger Android Terbaik, Cara Membuat Dan Mengelola Blog Lewat HP Ponsel Android, Handphone Smartphone, Mudah Sederhana, Apps Android For Blogger, Tips dan Trik, Tutorial, Blogspot WordPress, Blog Via Mobile
.

3 Responses to "Aplikasi-Aplikasi Android Yang Harus Dimiliki Para Blogger"

  1. Banyak juga nih aplikasi yang belum ane cobain. Thanks gan referensinya....

    BalasHapus
  2. Cuma 3 yg belum saya punya, evernote, paypal, kbbi.. thank gan infonya..😊

    BalasHapus

IBX5A538CF69476E

FANSPAGE FACEBOOK