Fakta-Fakta Unik Sherlock Holmes

fakta-fakta-unik-sherlock-holmes.jpg

Sherlock Holmes adalah karakter fiksi yang diciptakan oleh Sir Arthur Conan Doyle dan pertama kali tampil dalam novel berjudul "A Study in Scarlet" yang dirilis pada tahun 1887.

Sir Arthur Conan Doyle yang memiliki nama lengkap Sir Arthur Ignatius Conan Doyle adalah seorang penulis yang lahir pada tanggal 22 Mei 1859 dan meninggal pada tanggal 7 Juli 1930 di usianya yang ke-70. Selain menjadi penulis ia juga berprofesi sebagai dokter dan lulusan dari University of Edinburgh.

Sherlock Holmes adalah karakter fiksi seorang detektif yang terkenal dengan kepintaran memecahkan berbagai kasus dengan deduksinya. Sulit menggambarkan bagaimana pintarnya Sherlock Holmes dalam memecahkan kasus, untuk kalian yang pernah membaca kisahnya atau menontonnya melalui filmnya mungkin sudah tahu bagaimana kepintarannya. Sherlock Holmes punya seorang teman yang selalu menemaninya memecahkan kasus yakni Dr. Watson.

Cerita asli Sherlock Holmes terdiri atas 56 cerita pendek dan empat novel yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle. Namun, karakter ini terus diadaptasi keberapa media sampai saat ini dan membuat karakter fiksi ini terus di ingat walau sudah satu abad lebih semenjak pertama kali diperkenalkan oleh penciptanya.

Saya termasuk salah satu penggemar Sherlock Holmes. Saya tahu dengan karakter fiksi yang satu ini lewat film Sherlock Holmes (2009) dimana di film tersebut Sherlock Holmes diperankan oleh Robert Downey Jr. sementara Dr. Watson diperankan oleh Jude Law. Namun, saya belum terlalu menyukai Sherlock Holmes saat itu, barulah ketika saya menonton TV series berjudul Sherlock saya mulai menyukai Sherlock Holmes. Dalam serial TV tersebut sang detektif diperankan oleh Benedict Cumberbatch sementara Dr. Watson diperankan oleh Martin Freeman. Aslinya kisah Sherlock Holmes berlatar tahun 1880-an sampai tahun 1900-an namun di serial TV tersebut kisah Sherlock Holmes diadaptasi ke abad 21.

Kali ini saya akan memberikan info fakta-fakta unik mengenai karakter Sherlock Holmes yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber di internet.

Berikut daftar Fakta-Fakta Unik Sherlock Holmes:

- Ketika tidak mendapatkan kasus yang menarik Sherlock akan mudah bosan dan stres, Sehingga Sherlock seringkali menggunakan narkoba untuk pelarian atas rasa stresnya. Jenis narkoba yang sering ia gunakan adalah kokain dan morfin.

- Bisa dibilang obsesi terbesar Sherlock adalah memecahkan sebuah kasus hingga ia tak punya waktu untuk memikirkan dunia percintaanya dan selera wanita Sherlock terbilang sulit ditebak. Namun, Irene Adler adalah salah satu wanita yang berhasil memikat Sherlock itupun karena Irene sangat pintar sampai bisa menjebak Sherlock saat kasus skandal Bohemia.

- Jangankan untuk urusan asmara saking terobsesinya memecahkan sebuah kasus Sherlock kadang bisa sampai lupa makan ketika sedang menangani sebuah kasus apalagi jika kasus yang sulit.

- Sherlock diceritakan mempunyai seorang kakak yang bernama Mycroft Holmes. Kepintaran Mycroft kabarnya mengungguli Sherlock hanya saja karena memiliki tubuh yang gendut sampai susah bergerak maka Mycroft lebih sering bekerja di belakang layar, ia bekerja untuk dinas intelejen Inggris. Di TV series Sherlock, kita menyaksikan Mycroft yang diperankan Mark Gatiss tampil bukan sebagai orang gendut namun ia tetap kebanyakan bekerja di belakang layar.

- Di novelnya, Sherlock diceritakan sangat jago menyamar seperti menjadi joki kuda, pengemis ataupun pria tua yang bungkuk. Bahkan saking jagonya, sahabatnya sendiri yakni Dr. Watson kadang tak mengetahuinya.

- Sherlock Holmes tidak suka dengan popularitas. Bahkan ketika ia berhasil menyelesaikan sebuah kasus ia tidak ingin namanya yang disebut sebagai pahlawan. Alhasil, Inspektur yang menangani berkas kasus tersebut yang disebut pahlawan. Inspektur Lestrade biasanya yang disebut pahlawan disetiap kasus Sherlock Holmes.

- Di dalam novel tidak pernah disebutkan nama asli Inspektur Lestrade. Dia hanya diketahui bernama G Lestrade. Namun, di TV Series Sherlock G dalam nama Lestrade adalah Greg.

- Di novelnya ada kejadian saat Sherlock menghajar babak belur bodyguard musuhnya yang merupakan salah satu petinju professional di London. Sherlock semestinya menjadi petinju professional yang handal tapi ia meninggalkannya dan memilih menjadi detektif. Ini membuktikan selain memiliki otak yang pintar Sherlock juga pandai dalam pertarungan jarak dekat.

- Sherlock punya bawahan para anak-anak jalanan Baker Street. Ia sering menggunakan mereka untuk mencari informasi karena Sherlock merasa pergerakan anak-anak tidak dicurigai orang-orang.

- Jika di setiap cerita ada jagoan yang hebat maka pasti juga ada penjahat yang hebat. Prof. James Moriarty adalah seorang penjahat yang kemampuannya setara dengan sang protagonis utama, Sherlock Holmes. Dia adalah otak dari segala kejahatan di London. Bahkan pihak kepolisian London tak mampu mengungkap kejahatan-kejahatan yang Moriarty buat.

- 221B Baker Street adalah alamat tempat tinggal Sherlock dan Dr. Watson. Ternyata alamat ini benar-benar ada di London loh.

- Banyak pemeran dalam serial TV Sherlock yang saling mengenal baik bahkan memiliki hubungan keluarga. Salah satunya Wanda Ventham dan Timothy Carlton yang berperan sebagai ibu dan ayah dari Sherlock, sementara Sherlock sendiri diperankan oleh Benedict Cumberbatch. Ternyata Wanda Ventham dan Timothy Carlton adalah ibu dan ayah kandung dari Benedict Cumberbatch.

- "The Empty Hearse" adalah episode serial TV Sherlock yang paling banyak ditonton. Episode tersebut merupakan episode pertama di season ketiga. Episode "The Empty Hearse" sangat dinantikan karena di episode sebelumnya Sherlock diceritakan tewas namun ternyata Sherlock masih hidup nah episode "The Empty Hearse" sangat dinanti karena banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara Sherlock memalsukan kematiannya. Total penonton yang menyaksikan episode ini adalah 12,7 juta penonton.

- Pada awalnya Sir Arthur akan menamai Sherlock dengan Sherrinford namun untuk menghargai pemain kriket Sherwin dan Shacklock maka namanya dirubah menjadi Sherlock. Sir Arthur sendiri adalah pemain kriket dan pernah bertanding sejak tahun 1899-1907.

- Mungkin kalian bertanya-tanya darimana Sir Arthur mendapatkan inspirasi untuk membuat karakter Sherlock yang memiliki kejeniusan yang unik ini. Ternyata Sir Arthur terinspirasi dari dosennya di University of Edinburgh yakni Dr. Joseph Bell. Dr. Joseph Bell mampu mendiagnosa pasiennya hanya dari cara berjalan, wajah, pakaian dan hal-hal umum lainnya layaknya Sherlock saat memcahkan sebuah kasus.

- Di London ada sebuah museum yang bernama Sherlock Holmes Museum. Museum ini memang secara resmi bernomor 221B, diberikan sebagai penghargaan pada cerita Sherlock, tapi secara berurutan sebenarnya gedung museum tersebut seharusnya bernomor 239.

- karakter Sherlock Holmes adalah karakter fiksi yang seutuhnya manusia yang paling banyak difilmkan. Total ada lebih dari 200 film yang mengangkat kisah sang detektif ikonik ini dan sudah ada puluhan aktor yang pernah memerankan karakter Sherlock.

- Walaupun Sherlock hanya sebatas tokoh fiksi tapi Sherlock dinobatkan menjadi Honourary Fellow oleh organisasi Royal Society of Chemistry, organisasi kimiawan di Inggris, pada tahun 2002.

Itulah tadi daftar Fakta-Fakta Unik Sherlock Holmes yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber.

Semoga bisa menambah wawasan kalian tentang tokoh fiksi detektif yang satu ini.

Sumber referensi: sherlocked.org, travel.tribunnews.com, ellenconny.com, berpromosigratis.blogspot.com

Tags: Informasi Lengkap Seputar Sherlock Holmes, Biodata & Biografi, Sejarah
.

5 Responses to "Fakta-Fakta Unik Sherlock Holmes"

IBX5A538CF69476E

FANSPAGE FACEBOOK