Fakta-Fakta Unik Valentino Rossi

fakta-fakta-unik-valentino-rossi.jpg

Jika kita berbicara tentang Valentino Rossi maka kita sedang membicarakan salah satu nama besar dalam dunia MotoGP. Rossi adalah pembalap terbaik di era 2000-an awal dan masih terus ikut membalap sampai saat ini meskipun usianya sudah tak muda lagi.

Valentino Rossi adalah seorang pembalap MotoGP yang berkebangsaan Itali dan lahir pada tanggal 16 Februari 1979. Nomor yang ia gunakan adalah 46 dan untuk saat ini ia berada di tim Movistar Yamaha. Pembalap yang mengawali karirnya pada tahun 1996 di Moto3/125cc untuk tim Aprilia ini mempunyai julukan "The Doctor".

Sampai saat ini Rossi sudah merengkuh total sembilan gelar juara dunia dengan tujuh diantaranya di kelas utama MotoGP serta sisanya masing-masing di kelas Moto2/250cc dan Moto3/125cc. Itu menjadikannya pembalap MotoGP ketiga tersukses sepanjang sejarah dibawah Giacomo Agostini dengan 15 gelar juara dunia dan Ángel Nieto dengan 13 gelar juara dunia.

Saya sebenarnya tidak terlalu fanatik dengan dunia MotoGP dan saya tidak punya pembalap favorit. Entah itu Rossi, Marquez, Pedrosa atau Lorenzo saya suka semuanya tapi jika dipaksa untuk memilih pembalap favorit maka kebanyakan orang pasti memilih Rossi. Kebanyakan teman saya yang suka MotoGP mengidolakan Rossi.

Kali ini RegenciPedia akan memberikan beberapa fakta-fakta unik tentang Rossi yang mungkin belum sobat tahu yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber di Internet. Berikut daftar Fakta-Fakta Unik Valentino Rossi:

- Rossi sudah menyukai balapan sejak usia lima tahun.

- Rossi pada awalnya hampir saja menjadi pembalap F1 karena dulu sempat memenangkan berbagai perlombaan karting tapi melambungnya harga mobil karting membuatnya mengalihkan fokus pada balapan motor.

- Dilansir dari crash.net, Rossi adalah pembalap MotoGP yang paling populer di media sosial. Total pengikut Rossi dari Facebook, Instagram dan Twitter mencapai 21 juta lebih. Jauh mengungguli pesaing terdekatnya Marc Marquez yang hanya berhasil mengumpulkan 7 juta lebih pengikut dari tiga media sosial tersebut.

- Ayah Rossi yaitu Graziano Rossi juga merupakan seorang pembalap. Menariknya, kelahiran Rossi pada 16 Februari 1979 bertepatan dengan kemenangan ayahnya pada ajang GP 250cc di Rijeka, Yugoslavia.

- "The Doctor" adalah julukan untuk Rossi tapi tahukah sobat kalau ternyata gelar doktor benar-benar ia dapatkan pada tahun 2005 setelah ia lulus dari Universitas Urbino.

gelar-dokter-rossi.jpg
Rossi saat menerima gelar doktor

- Rossi pernah ditunjuk menjadi juri Master Chef Italia.

rossi-menjadi-juri-master-chef-italia.jpg
Rossi saat menjadi juri Master Chef Italia

- Rossi punya desain helmnya sendiri yang ia buat. Desain yang paling sering ia pakai adalah yang bergambar matahari dan bulan, kabarnya itu menggambarkan karakteristik dan kepribadiannya di lintasan.

- "The Doctor" memang julukan Rossi yang paling populer namun sebenarnya Rossi punya julukan yang lain diantaranya "Valentik", "Rossifumi" dan "King of Mugello". Selain itu, komentator MotoGP yakni Toby Moody dan Julian Ryder menjulukinya "Stabilo" karena kegemarannya menggunakan warna kuning neon pada desain leather di motornya. Sementara pembalap Colin Edwards menjuluki Rossi dengan "The Goat". "The Goat" disini bukan artinya kambing loh ya tapi singkatan dari Greates of All Time.

- Rossi menyukai hewan kura-kura bahkan ia pernah membuat stiker kura-kura di helm dan motornya. Aneh ya, Rossi yang identik dengan kecepatan malah menyukai kura-kura yang terkenal lambat.

rossi-memakai-helm-bergambar-kura-kura.jpg
Rossi saat memakai helm dengan gambar kura-kura

- Selain kura-kura, Rossi juga menyukai anjing jenis bulldog. Rossi sempat punya anjing bulldog yang diberi nama Guido sejak tahun 2000 tapi pada tahun 2008 Guido mati. Setelah itu, Rossi memiliki dua anjing bulldog lagi yang diberi nama Cesara dan Cecilia.

- Rossi adalah penggemar berat klub sepak bola Inter Milan. Rossi juga berteman baik dengan salah satu mantan pemain Inter Milan yakni Marco Materazzi. Bahkan, saat Rossi menjadi juara dunia MotoGP pada tahun 2008 dan 2009 klub Inter Milan mengucapkan selamat pada Rossi lewat situs resmi mereka.

- Sebelum memulai balapan Rossi punya semacam ritual yang selalu ia lakukan yaitu berdiri dua meter di belakang motor, memegang sepatunya, menyentuh pedal kanan motornya dan berjongkok.

- Saat wawancara dengan motoGP.com, Rossi mengaku selalu naik dan turun dari motor melalui sisi yang sama.

- Tahukah sobat kalau detak jantung setiap pembalap saat balapan bisa mencapai 190 detak/menit padahal rata-rata detak jantung orang normal sekitar 70 detak/menit. Itu wajar karena MotoGP adalah olahraga yang ekstrem yang bisa membuat setiap pembalap tegang setengah mati. Tapi, Rossi bisa mengontrol detak jantungnya tetap dibawah 100 detak/menit saat balapan. Dr. Claudio Costa yang sudah berkecimpung di dunia balapan lebih dari 30 tahun mengatakan kalau detak jantung Rossi di lintasan tiap menitnya sangat pelan seperti anak kecil yang sedang bermain. Gila, sepertinya Rossi tak pernah tegang di setiap balapan, ia justru seperti menikmatinya.

- Seharusnya Rossi menggunakan nomor satu di motornya karena telah sembilan kali juara dunia tapi ia lebih memilih tetap menggunakan nomor 46 yang juga sempat digunakan sang ayah dulu. Rossi memilih menggunakan nomor satu di bahunya.

- Pada tahun 2009, Forbes menempatkan Rossi di posisi kesembilan dalam daftar atlet dengan gaji tertinggi di dunia.

- Di awal semuanya selalu tak berjalan mulus. Begitu pun musim pertama Rossi di kelas 500cc yang saat itu merupakan kelas utama MotoGP. Rossi memenangkan balapan untuk pertama kalinya setelah delapan kali gagal dan di musim tersebut Rossi hanya memenangi dua seri.

- Saat memenangi MotoGP Belanda pada 2009, dia menjadi pembalap kedua yang mampu memenangkan balapan MotoGP sebanyak 100 kali setelah Giacomo Agostini.

- Pada tahun 2005, buku autobiografi yang berjudul "What If I Had Never Tried It?" dirilis oleh Rossi.

- Rossi sempat memenangkan balapan MotoGP dengan tiga tim berbeda yaitu Aprilia, Honda dan Yamaha.

- Rossi punya tim di Moto3 dan Moto2 yang diberi nama Sky VR46 Racing. Pembalap yang berhak menjadi pembalap utama di tim tersebut adalah pembalap paling berprestasi dari VR46 Academy. VR46 Academy sendiri adalah akademi untuk pembalap muda yang dibuat oleh Rossi.

- Pada tahun 2006, Rossi pernah menguji mobil F1 Ferrari. Dia kalah cepat satu detik di belakang Michael Schumacher, tapi lebih cepat dari David Coulthard dan Mark Webber.

- Pada tahun 2008, Rossi ikut Rally of Great Britain dan menempati peringkat 12.

- Rossi adalah duta Italia yang paling sukses, sehingga dianugerahi penghargaan Winning Italy Award.

- Rossi pernah diancam pembunuhan oleh golongan ultra nasionalis Itali, hanya gara-gara Repsol yang merupakan perusahaan Spanyol mensponsorinya.

- Rossi pernah tersangkut kasus pajak pada tahun 2007 dan akhirnya pada tahun 2008 Rossi membayar kepada pemerintah Itali sebesar €35 juta atau setara dengan Rp.509 miliar.

- Di Playstation 4 dan Xbox One, Rossi memiliki game berjudul Valentino Rossi The Game.

- Rossi adalah pengagum Diego Maradona, dan itu dia tunjukkan dengan mengenakan seragam Maradona setelah memenangkan balapan MotoGP Argentina 2015. Sebagai balasannya, Maradona mengucapkan selamat kepada Rossi melalui Facebook.

rossi-memakai-kaos-maradona.jpg
Rossi saat memakai kaos dengan nama Maradona

- Rossi tidak pernah berpindah merek pakaian balap. Sejak pertama terjun sebagai pembalap profesional, dia selalu memakai Dainese, yang merupakan produk asli Italia.

- Saat Rossi masih sangat muda kedua orang tuanya bercerai dan kedua orang tuanya menikah lagi dengan pasangan masing-masing. Dari pernikahan ibunya dengan suami barunya Rossi punya seorang adik tiri bernama Luca Marini. Luca Marini mengikuti jejak Rossi menjadi pembalap dan kini ia menjadi pembalap di Moto2.

- Rossi punya area pribadi di kampung halamannya di Tavullia yang luasnya mencapai 198 hektare terdiri dari kebun pertanian, kebun anggur, dan track balapnya sendiri. Di track tersebut Rossi biasanya berlatih dengan pembalap-pembalap muda dari VR46 Academy.

rossi-menunjukan-track-balap-pribadinya.jpg
Rossi menunjukan track balap pribadinya yang berada di Tavullia dekat rumahnya

Itulah tadi daftar Fakta-Fakta Unik Valentino Rossi yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber di internet.

Bagaimana? Apakah ada diantara fakta-fakta unik Rossi di atas yang belum sobat tahu. Fans Rossi seharusnya sudah tahu ya!

Sumber referensi: brillio.net, sports.okezone.com, bola.com, loop.co.id, sport.tempo.co, liputan6.com

Tags: Biografi & Biodata Valentino Rossi, Fakta, Berita & Kabar, Terbaru, Terkini, Terupdate, MotoGP, Wikipedia
.

2 Responses to "Fakta-Fakta Unik Valentino Rossi"

  1. Wah ternyata unik juga ya fakta valentino, krain cuma balapan doang, hehe

    BalasHapus
  2. Keren valentino,!! Kebanggaan saat nonton balapan.. walau kadang kalah sih..

    BalasHapus

IBX5A538CF69476E