Game-Game Android Membangun Kota, Desa Atau Suatu Tempat Terbaik Sepanjang Masa

game-membangun-kota-desa-atau-suatu-tempat-terbaik-sepanjang-masa.jpg

Game android saat ini berkembang sangat pesat dan tak terbendung. Banyak game-game android dari berbagai macam genre yang berkualitas dan menarik salah satunya dari genre simulation. Jenis game simulasi yang saat ini semakin banyak adalah jenis building atau game yang memungkinkan kita untuk membangun kota atau suatu tempat. Game jenis building akan membuat kita ketagihan karena kita bisa membuat kota impian kita sendiri yang sangat mustahil kita lakukan di dunia nyata. Namun, memainkan game jenis ini juga membutuhkan strategi dan akan membuat kita berpikir.

Biasanya game android membangun kota atau desa ini tak membutuhkan spesifikasi ponsel smartphone android yang terlalu tinggi. Ditambah ukuran gamenya juga yang rata-rata berukuran kecil. Tapi, setahu saya sepertinya tak banyak orang yang suka dengan game membangun kota atau desa, khususnya ditempat saya.

Sekarang ini banyak sekali game android membangun kota atau desa yang sudah dirilis dan bisa kita download baik itu di Google Play atau di situs-situs download game android. Kebanyakan setahu saya gratis tapi mungkin ada juga yang berbayar. Kali ini saya akan merekomendasikan kepada kalian beberapa game android yang bertemakan membangun kota dan desa terbaik yang pernah saya mainkan. Selain membangun kota atau desa ada juga yang lainnya seperti membangun suatu tempat tertentu.

Untuk game seperti Clash of Clans saya tidak akan memasukkannya ke dalam daftar ini. Karena meskipun game tersebut memiliki unsur building gamenya tapi fokus utama game tersebut adalah berperang melawan pemain lain bukan membangun sebuah kota atau desa. Sementara game-game yang ada dalam daftar ini fokus utamanya adalah membangun dan mengembangkan kota, desa atau sebuah tempat. Kalaupun ada mode yang lainnya itu hanya sebatas pemanis atau mini-game.

Berikut daftar Game-Game Android Membangun Kota, Desa Atau Suatu Tempat Terbaik Sepanjang Masa versi RegenciPedia:

SimCity: BuildIt
simcity-buildit.jpg
Yang pertama tentu mana lagi kalau bukan SimCity: BuildIt. Game ini merupakan bagian dari SimCity Series yakni sebuah serial game yang bisa dibilang pelopor game city building. Kebanyakan gamer pasti akan menjawab SimCity ketika ditanya mana game membangun kota terbaik karena selain di android game-game SimCity juga dirilis di iOS, PC, Nintendo 64, Nintendo DS, PlayStation 3 dan lain-lain. Tak aneh jika SimCity merupakan seri permainan city building terpopuler saat ini.

Game SimCity yang pertama dirilis pada tanggal 2 Februari 1989. Sementara SimCity: BuildIt yang dibuat khusus untuk ponsel smartphone dirilis pada tanggal 22 Oktober 2014 untuk android dan untuk iOS lebih lambat dua hari yakni tanggal 24 Oktober 2014. Game ini tersedia secara gratis di Google Play dan Apps Store.

Dalam game ini kita akan menjadi seorang wali kota yang akan mencoba mengembangkan kotanya yang awalnya sebuah kota kecil menjadi kota yang megah. Game ini sangat realistis dengan adanya mode siang dan malam serta trafik lalu lintas yang kelihatan sangat nyata. Ini adalah game yang dikembangkan oleh EA jadi jangan ditanya lagi kalau soal kualitas grafiknya. Di game ini kita tidak hanya terus membangun perumahan saja tapi kita juga dituntut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para warga kota seperti listrik dan air selain itu kita juga diharuskan membangun kantor polisi dan pemadam kebakaran di kota kita agar para warga merasa aman dan nyaman. Kita juga harus memikirkan kebutuhan lainnya para warga kota seperti pendidikan dan hiburan maka dari itu kita harus membangun sekolah atau perpustakaan dan beberapa fasilitas hiburan. Pokoknya di game ini kita akan merasa menjadi wali kota sungguhan.

Gameplay SimCity: BuildIt sangat menarik, seru dan menantang karena ternyata memainkan game ini tak mudah, butuh kesabaran dan strategi yang baik dalam membangun kota di game ini. Banyaknya jenis bangunan di game ini juga membuat kita tidak akan bosan memainkannya untuk jangka waktu yang lama. Di game ini kita bisa membangun stadion sepak bola, bandara, tempat kemah, lapangan voli pantai dan masih banyak lainnya.

Game ini bisa dimainkan tanpa terhubung ke internet alias offline tapi ada beberapa fitur yang hanya bisa diakses melalui mode online. SimCity: BuildIt juga tersedia dalam bahasa Indonesia jadi kita bisa lebih mudah memainkannya.

Little Big City 2
little-big-city-2.jpg
Gameloft adalah salah satu produsen game android terbaik yang sudah menelurkan berbagai macam game yang seru dan berkualitas. Sebelumnya, saat ponsel dengan sistem operasi android belum berjaya seperti sekarang ini atau saat ponsel java atau symbian masih eksis Gameloft sudah mengeluarkan banyak game-game dengan kualitas yang mempuni untuk ukuran game java. Bahkan lewat game-game java jugalah Gameloft meraih ketenarannya. Sekarang ini, Gameloft memiliki banyak saingan di ranah game android karena bermunculannya produsen-produsen game baru yang tak kalah bagusnya tapi Gameloft masih punya game-game andalannya di android yang masih bisa mendongkrak popularitas perusahaan yang didirikan oleh Michel Guillemot ini dan salah satunya adalah game Little Big City 2.

Little Big City 2 adalah sebuah game simulasi membangun kota yang seru. Kalau kalian sudah memainkan beberapa game dari Gameloft pasti kalian tak akan asing dengan grafik game ini. Entah kenapa saya merasa grafik game Gameloft itu punya ciri khas tersendiri, dari dulu sejak masih memproduksi game java sampai sekarang ke android Gameloft masih mempertahankan ciri khas grafik uniknya. Grafiknya tak serealistis SimCity: BuildIt tapi tetap enak dipandang mata, sangat ceria dan penuh warna. Sekilas dari grafiknya game ini seperti lebih cocok untuk anak-anak tapi tunggu dulu gameplay Little Big City 2 tidak cukup simple untuk anak-anak. Kita akan merubah sebuah pulau yang awalnya sepi menjadi sebuah kota yang penuh dengan kesibukan serta tak lupa gedung-gedung pencakar langitnya dan bangunan-bangunan unik lainnya. Gameplaynya hampir mirip dengan game SimCity: BuildIt.

Saya lihat di Google Play Game Little Big City 2 mendapatkan penghargaan Best of 2016 Game dalam kategori Most Irresistible. Itu menjadi bukti kalau game ini sangat layak dimainkan. Game ini bisa dimainkan secara online ataupun offline tapi tentu saja online lebih direkomendasikan.

Virtual City Playground
virtual-city-playground.jpg
Di Google Play game ini menjadi game dengan size terbesar dibanding game-game membangun kota lainnya yang ada di daftar ini yakni 363 MB. Tapi, ukuran sebesar itu terbayar lunas dengan keseruan yang kita dapatkan ketika memainkan game ini.

Virtual City Playground adalah sebuah game yang dikembangkan oleh G5 Entertainment. Meskipun buatan vendor yang namanya tak sebesar EA atau Gameloft tapi Virtual City Playground cukup memuaskan dari berbagai aspek. Kalian bisa memainkan game ini secara offline alias tanpa terhubung ke internet.

Dalam game ini kita akan membangun sebuah kota dan menjalankannya. Grafiknya cukup baik meskipun agak kartun. Ada lebih dari 200 bangunan yang bisa kita bangun di game ini termasuk beberapa fasilitas seperti rumah sakit, kebun binatang, pemadam kebakaran dan lain-lain. Juga ada 100 challenging achievements yang akan membuat game ini semakin menantang.

Megapolis
megapolis.jpg
Megapolis memiliki grafik 3D yang tak kalah bagusnya dengan SimCity: BuildIt. Selain itu game buatan Social Quantum Ltd ini juga memiliki hampir 700 bangunan yang bisa kalian bangun untuk mempercantik kota kalian. Seperti game city building pada umumnya, diawal kita akan diberikan sepetak lahan yang sangat terbatas yang harus kita kelola agar bisa memperluas lahan tersebut dan nantinya menjadi sebuah kota yang megah dengan gedung-gedung tingginya. Selain bandara, terminal dan stasiun kereta api kalian bisa membangun tambang minyak dan gas. Cukup unik dan jarang ditemui di game city building yang lain. Game ini juga memiliki banyak challenging tasks, rewards dan achievements yang harus sobat selesaikan sepanjang bermain game Megapolis.

Kita harus terhubung ke internet saat memainkan game ini karena Megapolis tidak bisa dimainkan secara offline tapi dengan mode online ini kita bisa terhubung dengan pemain lain dan bisa saling bersaing untuk membuktikan kota siapa yang lebih baik dan berkembang. Game ini sebenarnya sudah sangat terkenal karena sudah banyak orang yang memainkannya di jejaring sosial Facebook.

Miracle City 2
miracle-city-2.jpg
Miracle City 2 sebenarnya memiliki gameplay yang biasa ada di game membangun kota dan grafik yang disuguhkan di game buatan developer DroidHen ini juga standar untuk sekelas game android. Tapi, keunikan game ini adalah bangunan yang tersedia lain dari yang lain, di game ini kita tidak akan menemui gedung pencakar langit layaknya di SimCity: BuildIt ataupun Little Big City 2 tapi di game ini bangunan yang tersedia adalah bangunan-bangunan yang ada di dunia dongeng seperti istana yang megah. Itulah yang membuat game ini bisa bersaing dengan game city building yang lain meskipun baik itu developernya ataupun gamenya belum terkenal di kalangan para gamer.

Untuk kalian yang sangat menyukai dengan dunia fantasi dan ingin membuat kota indah layaknya di negeri dongeng maka Miracle City 2 akan mewujudkan hal tersebut. Di game ini tersedia juga banyak dekorasi yang akan membuat kota yang kita bangun semakin cantik. Selain membangun kota, Miracle City 2 juga merupakan game bertani jadi kita bisa menanam beberapa jenis tanaman dan memanennya. Sayangnya game ini hanya bisa dimainkan jika kita terhubung ke internet.

Big Business Deluxe
big-business-deluxe.jpg
Permainan android yang dikembangkan oleh Game Insight ini merupakan salah satu game membangun kota yang cukup seru karena selain membangun perumahan kita dituntut menyelesaikan berbagai misi yang berorientasi pada bisnis. Seperti judulnya kita harus pandai berbisnis dan menghasilkan laba yang sebesar-besarnya. Bangun juga beberapa perkantoran dan pabrik agar menjadi lapangan kerja untuk para warga kota. Tujuan utama game ini selain membuat kota yang megah adalah membuat kita menjadi seorang miliarder di dalam game ini dengan menyelesaikan misi-misi yang tersedia.

Grafik cukup baik sementara gameplay juga menarik dan tidak terlalu ribet untuk sebuah game bisnis. Game yang mendapatkan rating 4,4 di Google Play ini bisa dimainkan secara offline tapi memainkannya dengan mode online memungkinkan kita bersaing dengan pemain lain di game ini.

City Mania
city-mania.jpg
Saya merasa game City Mania ini sangat mirip dengan SimCity: BuildIt terutama dari segi gameplay seperti cara membangun gedung yang membutuhkan item-item tertentu yang bisa didapat dari pabrik yang kita bangun sampai mode siang dan malamnya. Namun, tentu saja game ini tidak 100% sama dengan SimCity: BuildIt, kalau game ini hanya menjiplak SimCity: BuildIt tidak ada alasan untuk saya memasukkan City Mania ke daftar ini.

City Mania adalah game besutan Gameloft yang dirilis pada 24 April 2017. Game ini bisa dibilang versi kartun dari SimCity: BuildIt yang sangat cocok dimainkan anak-anak. Grafiknya sangat kartun dan di game ini orang-orang yang memenuhi kota adalah karakter-karakter lucu dan imut. Walaupun dari grafik terlihat lebih pas untuk bocah tapi City Mania bukanlah game simple bahkan gameplay City Mania tak kalah ribet dari game city building yang lain. Di game ini juga kita bisa merekrut karakter yang lucu nan imut tersebut untuk dipekerjakan di kota kita. Soal bangunan, game ini menyediakan berbagai macam bangunan dan juga landmark yang keren.

Paradise Island 2
paradise-island-2.jpg
Untuk kalian yang suka dengan suasana pantai maka game city building yang saya rekomendasikan adalah Paradise Island 2. Di game ini kita akan diberikan keindahan pantai dan cahaya mataharinya. Game ini dikembangkan oleh Game Insight, developer yang sama dengan pengembang game Big Business Deluxe jadi jangan heran grafiknya agak-agak mirip.

Tujuan kita di Paradise Island 2 adalah membangun sebuah resort megah di tepi pantai agar para turis banyak berdatangan dan menghasilkan uang untuk kita. Memang game ini gameplay dan grafiknya terbilang standar tapi seperti yang saya bilang di atas temanya yang tentang pantai menjadi daya tarik lebih untuk game ini. Selain itu, adanya beberapa mini-game membuat game yang sudah di download 5 juta kali di Google Play ini tidak monoton.

Westbound
westbound.jpg
Jika Paradise Island 2 bertemakan sisi pantai, Westbound juga punya konsep yang tak kalah menarik yaitu era koboi jaman dulu. Bangunannya pun menyesuaikan dengan bangunan western, meskipun bukan bangunan yang megah tapi tetap keren.

Rockyou Inc. berhasil membuat inovasi dalam jagat game city building. Ketika banyak game city building tampil dengan semua kemegahannya, Westbound tampil sederhana dengan semua hal berbau western-nya. Tak aneh meskipun lahir dari pengembang yang belum memiliki reputasi mentereng tapi Westbound sudah di download sebanyak 10 juta kali di Google Play dan ratingnya juga cukup bagus yakni 4,3 dengan rating fitur alur game 4,6, grafis 4,6 dan kontrol 4,5. Di game ini kita akan merubah sebuah tempat yang awalnya tempat yang tandus dan gersang menjadi sebuah kota yang berkembang pesat, kalian bisa semakin memperindah kota dengan berbagai macam dekorasi. Selain membangun kota, kalian juga bisa mencari harta karun yang tersembunyi. Tapi, jangan terlalu nyaman membangun perhatikan juga keamanan kotamu karena para penjahat bisa datang kapan saja.

Township
township.jpg
Seperti keterangan singkat game ini di Google Play, "Township adalah perpaduan unik antara permainan membangun kota dan bertani!", Township memadukan game membangun kota dan bertani yang membuat game ini sangat seru untuk dimainkan. Perpaduan kedua hal tersebut di imbangi dengan bangunan yang banyak dan tanamannya juga yang bervariasi. Di game ini kita harus menanam tanaman lalu menjualnya atau mengolahnya terlebih dahulu agar mendapatkan uang untuk mengembangkan kota, selain bertani di Township kita juga diharuskan untuk berternak ayam, kambing dan sapi. Kota yang ada di Township berbeda dengan kota yang ada di SimCity: BuildIt atau Little Big City 2 yang sibuk dan penuh aktivitas melainkan sebuah kota yang tenang dan santai. Kita juga bisa membangun beberapa bangunan keren di game ini, yang paling menarik adalah kita bisa membangun sebuah kebun binatang dan mengisinya dengan berbagai binatang. Berbicara soal grafik, Township cukup berhasil menyuguhkan tampilan yang enak dipandang mata.

Game yang dikembangkan Playrix ini dirilis di Google Play pada tanggal 13 November 2013. Di Google Play, Township sudah di download sebanyak 50 juta kali dan mendapatkan rating yang sangat baik yaitu 4,6, rating sebesar itu hanya bisa didapat oleh game-game yang terbukti berkualitas. Dilansir dari Wikipedia, total Township sudah di download sebanyak 120 juta kali di semua platform dan lebih dari 3,5 juta orang memainkannya setiap hari. Game ini hanya bisa dimainkan dalam mode online saja.

Green Farm 3
green-farm-3.jpg
Kalian pasti tidak asing dengan game yang satu ini. Di game ini kita tidak akan membangun kota ataupun desa melainkan sebuah peternakan dan tempat bertani. Green Farm 3 merupakan sebuah game yang dikembangkan oleh Gameloft. Ya, Gameloft menjadi penyumbang game terbanyak di daftar ini setelah sebelumnya ada game Little Big City 2 dan City Mania. Okelah, lagi pula tidak akan ada yang protes karena kita semua tahu bagaimana reputasi Gameloft di kancah game mobile.

Saya sudah dari dulu memainkan game ini, bahkan ketika saya masih punya ponsel java saya sudah memainkan game Green Farm.

Kalau kita berbicara mana game bertani yang terbaik tentu semua orang setuju kalau game Harvest Moon adalah rajanya, tapi game Harvest Moon di android yaitu Harvest Moon: Seeds of Memories tidak bisa didownload secara gratis, harganya di Google Play sebesar Rp 129.000. Maka Green Farm 3 menjadi alternatif banyak orang untuk merasakan sensasi bertani dan berternak di android secara gratis.

Mungkin kalian lebih menganggap game ini sebagai game farming ketimbang game building tapi dilihat dari banyaknya dekorasi dan gameplaynya juga yang agak berbau game building maka saya yakin Green Farm 3 masuk dalam kategori game building meskipun yang dikembangkan di sini bukan kota atau desa melainkan peternakan dan ladang. Grafik di game ini menurut saya tidak berbeda jauh dengan yang ada di java dulu, kecewa juga sih kenapa Gameloft tidak mau meningkatkan grafik game ini. Tapi, itu tidak menjadi masalah karena nilai minus tersebut tertutupi oleh kelebihan lainnya di game ini.

DragonVale
dragonvale.jpg
Dari namanya saja pasti kalian sudah bisa menyimpulkan kalau game ini bukanlah game membungan kota seperti game-game yang sudah saya sebutkan di atas. DragonVale adalah game dimana dalam game ini kita akan mengembangkan sebuah desa yang penuh dengan berbagai macam naga. Desa tersebut berada di sebuah pulau terapung dan jika kita akan melakukan perluasan maka kita harus membeli lagi sebuah pulau.

DragonVale adalah game yang dibuat oleh Backflip Studios dan dirilis untuk android pada 9 November 2012.

Berbagai macam naga tersedia di game ini dari mulai naga jenis air, angin, es, tanah, api dan lain sebagainya. Kita bisa mengawinkan dua naga beda jenis untuk mendapatkan jenis naga yang langka. Kita akan mendapatkan uang dari setiap naga yang ada di desa kita, semakin tinggi level naganya maka semakin banyak juga uang yang dihasilkan. Untuk menaikkan level naga kita diharuskan memberi makan naga dan untuk mendapatkan makanan naga maka kita diharuskan untuk bertani. Di game ini banyak sekali dekorasi yang tersedia yang bisa mempercantik desa naga kita.

Kelebihan game ini selain dari banyaknya naga yang tersedia dan fitur yang lumayan menarik, musik latar di game ini menurut saya yang terbaik dari semua game yang ada di daftar ini. Musiknya sangat menenangkan cocok dengan suasana desa dan akan membuat kita betah berlama-lama memainkan game ini.

Selain DragonVale, ada juga DragonVale World yang merupakan versi 3D dari DragonVale. Tapi, entah kenapa saya masih lebih suka sama DragonVale walaupun grafiknya belum 3D. Untuk urusan game bagi saya grafik nomor sekian yang pertama tentu saja gameplay dan fiturnya harus mempuni.

Wonder Zoo
wonder-zoo.jpg
Namanya sudah menyiratkan kalau game ini akan berhubungan dengan kebun binatang. Ya, Wonder Zoo adalah sebuah game mengelola kebun binatang dari Gameloft.

Memang banyak game android mengelola kebun binatang tapi Wonder Zoo adalah yang paling saya rekomendasikan. Selain karena dibuat oleh developer terbaik di ranah game android, Wonder Zoo juga mendapatkan rating 4,3 di Google Play yang menjadi bukti banyak orang yang menyukai game ini. Selain membangun dan mengembangkan kebun binatang, kita bisa mencari langsung binatangnya di habitatnya sekaligus mencegah pemburuan liar. Kita bisa mencari binatang di sabana, hutan, gunung dan kutub. Buatlah kebun binatangmu ramai di kunjungi pengunjung dengan terus mengisinya dengan hewan-hewan yang menarik serta fasilitas-fasilitas yang bisa membuat kebun binatangmu semakin berkualitas.

Gilanya di game ini, binatang yang tersedia bukan hanya binatang yang umum ada di kebun binatang seperti singa, beruang atau buaya tapi di game ini kita juga bisa memasukkan dinosaurus ke kebun binatang kita.

Gameplay dan grafiknya sudah sangat memuaskan dan akan membuat kita serasa menjadi pengelola kebun binatang sungguhan.

Ice Age Village
ice-age-village.jpg
Kalian tahu sama film Ice Age? Film tersebut berlatar pada jaman es yang menceritakan hewan-hewan pada masa tersebut.

Ice Age Village adalah sebuah game membangun desa yang penghuninya adalah hewan-hewan yang ada di film Ice Age. Di game ini diceritakan para hewan kehilangan tempat tinggalnya karena bencana alam dan tugas kita di game ini adalah membangun sebuah desa untuk hewan-hewan tersebut. Di game ini kalian juga bisa memainkan beberapa mini game yang tersedia. Kalian juga bisa melihat atau mengunjungi desa pemain lain di game ini dengan mode online alias harus memakai jaringan internet. Game ini bisa dimainkan tanpa jaringan internet.

Game Ice Age Village merupakan game buatan Gameloft yang dirilis untuk perangkat mobile termasuk android pada tanggal 15 April 2012. Game ini juga pernah di rilis di java, sama seperti game Green Farm. Saya juga pernah memainkan game ini di java dulu dan saya merasa game ini tidak menunjukkan kemajuan yang signifikan, baik itu dari grafik, gameplay maupun fitur lainnya. Terlepas dari itu semua saya yakin kalian yang suka sama filmnya pasti juga suka sama game ini apa lagi buat kalian yang sangat menyukai salju.

Sebenarnya game ini tidak benar-benar 'jalan di tempat' karena saya melihat jenis hewan yang tersedia bertambah banyak dan pihak Gameloft mungkin akan mengupdate game ini di masa mendatang.

Itulah tadi daftar Game-Game Android Membangun Kota, Desa Atau Suatu Tempat Terbaik Sepanjang Masa versi RegenciPedia.

Selain game-game di atas ada beberapa game city building lainnya yang bisa kalian mainkan jika kalian merasa belum puas dengan daftar di atas. Berikut gamenya!

- Ancient Aliens: The Game
- Zoo Craft
- Country Friends
- Village And Farm
- City Story
- Virtual City 2: Paradise Resort
- The Simpsons™: Tapped Out
- Smurfs Village
- Townsmen
- Village: City Simulation
- Dream City: Metropolis
- Designer City: Building Game
- Space City
- City Island
- Let's Farm
- Dragon Mania Legends
- Dragon City

Saya sempat bertanya di beberapa grup gamers di Facebook tentang game membangun kota atau desa mana yang terbaik dan kebanyakan menjawab SimCity: BuildIt. Jadi saya sangat merekomendasikan SimCity: BuildIt untuk kalian mainkan terlebih dahulu dari daftar di atas.

Seperti yang saya bilang diawal kalau memainkan game jenis city building itu butuh strategi dan akan membuat kita berpikir jadi jangan anggap remeh game jenis ini. Bisa-bisa kalian menyerah sebelum menyelesaikan gamenya. Bahkan ada sebagian orang yang memilih memainkan game city building hasil modifan atau yang sudah di hack agar lebih mudah memainkannya. Saran saya jangan dulu memilih untuk memainkan versi hacknya karena tantangannya tidak akan terasa dan jika kalian sudah memainkan versi hacknya dijamin kalian tidak akan mau lagi memainkan versi aslinya karena kalian sudah terbiasa dengan kemudahan-kemudahan yang ada di versi hacknya seperti unlimited money atau yang lainnya. Tapi, kalau kalian memang sudah sangat kesal dan menyerah dengan game aslinya atau ingin segera menyelesaikannya bisa saja menggunakan versi hacknya.

Note: Artikel ini akan terus diperbarui/diupdate

Tags: Game Membangun Kota Terbaik, Terbaru, Terkini, Terpopuler, Terlaris, Paling Keren, Seru, Paling Banyak Di Download, The Best City Building Game In Android, Most Download, Wikipedia, Informasi Lengkap

3 Responses to "Game-Game Android Membangun Kota, Desa Atau Suatu Tempat Terbaik Sepanjang Masa"

  1. Mantap Gan. Yang game green farm3 ini ane pernah coba cuma kadang agak ngelag.. hapeny kurang ajib nih ane hahaha

    BalasHapus

IBX5A538CF69476E