10 Top Skor Atau Pencetak Gol Terbanyak Liverpool Sepanjang Masa

10-top-skor-atau-pencetak-gol-terbanyak-liverpool-sepanjang-masa.jpg

Liverpool adalah sebuah tim sepak bola dari Inggris yang bermain di kompetisi Premier League yakni kompetisi sepak bola tertinggi di Inggris. Klub yang memiliki julukan "The Reds" ini bermarkas di Anfield. Liverpool didirikan pada tanggal 3 Juni 1892.

Liverpool merupakan klub sepak bola yang memiliki sejarah yang panjang. Liverpool punya masa jayanya, itu terbukti dengan raihan 18 kali juara Football League First Division/Premier League, 7 kali juara FA Cup, 8 kali juara League Cup, 5 kali juara European Cup/UEFA Champions League dan prestasi lainnya. Sekarang ini, Liverpool masih memegang predikat sebagai klub sepak bola Inggris yang paling banyak memenangkan European Cup/UEFA Champions League (UCL).

Jujur, sebenarnya saya adalah fans Manchester United yang merupakan rival abadi Liverpool. Tapi, walalupun saya fans Manchester United yang sudah pasti anti terhadap Liverpool tapi di lain sisi saya juga tidak bisa mengelak kalau Liverpool adalah tim dengan sejarah yang panjang dan deretan prestasi gemilang jika dibandingkan kompetitor Manchester United lainnya seperti si tetangga berisik Manchester City, Arsenal ataupun Chelsea. Kalau bicara sejarah Liverpool juaranya. 😂

Selain itu, walaupun sudah cukup lama tak meraih gelar juara bergengsi seperti Premier League atau UCL tapi basis suporter The Reds masih banyak. Salut untuk para fans Liverpool.

Seperti tim besar dengan segudang prestasi lainnya, banyak pemain top dunia yang masuk dan keluar dari skuat Liverpool termasuk para mesin gol kelas dunia. Berikut 10 Top Skor Atau Pencetak Gol Terbanyak Liverpool Sepanjang Masa:

10. Jack Parkinson (130 Gol)
jack-parkinson.jpg
Jack Parkinson adalah seorang pesepakbola berkebangsaan Inggris yang lahir pada September 1883. Pria yang lahir di Bootle, Inggris ini meninggal pada tanggal 13 September 1942 dan semasa hidupnya ia biasa berposisi sebagai striker.

Jack membela Liverpool sejak tahun 1903-1914 dan berhasil mencatatkan 130 gol dari 220 penampilannya bersama The Reds. 125 gol yang diciptakan Jack untuk Liverpool ia cetak di League sementara 5 gol lainnya di FA Cup. Debutnya bersama Liverpool pada tanggal 3 Oktober 1903 berbuah manis dengan hasil kemenangan 2-1 atas Small Heath, Jack juga menyumbang satu gol pada pertandingan debutnya tersebut. Setelah performanya menurun, Jack pindah ke Bury F.C. dan pensiun pada saat terjadi Perang Dunia I.

Jack Parkinson adalah kakek dari Direktur Operasi Liverpool saat ini, Andrew Parkinson.

9. Harry Chambers (151 Gol)
harry-chambers.jpg
Harry Chambers lahir pada tanggal 17 Desember 1896 di Willington Quay, Inggris dan meninggal pada tanggal 29 Juni 1949 di usianya yang ke-52.

Harry membela Liverpool sejak tahun 1915-1928 setelah di masa juniornya ia sempat bermain untuk Willington United Methodists dan North Shields Athletic. Setelah bermain untuk Liverpool selama 13 tahun lamanya ia pindah ke West Bromwich Albion. Di Liverpool ia mencetak total 151 gol dari 339 penampilannya. Ia juga berperan penting saat Liverpool merengkuh gelar juara Liga Inggris dua kali berturut-turut yakni pada musim 1921/1922 dan 1922/1923.

8. Michael Owen (158 Gol)
michael-owen.jpg
Jika dua nama sebelumnya agak asing ditelinga kita maka untuk pemain yang satu ini saya yakin kalian juga tahu. Untuk penggemar sepak bola di jaman sekarang pasti tahu dengan Michael Owen. Selain bermain untuk Liverpool, pemain yang lahir tanggal 14 Desember 1979 ini juga pernah berseragam Real Madrid, Newcastle United, Stoke City bahkan musuh bebuyutan Liverpool, Manchester United.

Michael James Owen atau lebih dikenal dengan Michael Owen saja dipromosikan ke tim utama Liverpool pada tahun 1996 karena seperti yang kita tahu Owen adalah produk asli akademi The Reds dan sebelumnya bermain untuk skuat Liverpool muda. Meskipun pernah bermain di tim raksasa lainnya seperti Real Madrid dan Manchester United tapi masa keemasan Owen adalah saat ia membela Liverpool. Bersama The Reds ia berhasil mencetak 158 gol dari 297 penampilan dan pada tahun 2001 ia menyabet gelar Ballon d'Or. Meskipun ia tampil gemilang bersama Liverpool tapi ia justru berhasil menjuarai Premier League bersama Manchester United pada musim 2010/2011.

Bersama Timnas The Three Lions sebenarnya Owen tampil memukau dengan 89 caps dan 40 gol, menempatkannya di posisi ke-5 sebagai top skor Timnas Inggris sepanjang sejarah. Sayangnya ia tak pernah berhasil membawa Timnas Inggris meriah prestasi yang gemilang.

7. Kenny Dalglish (172 Gol)
kenny-dalglish.jpg
Kenny Dalglish yang memiliki nama panjang Kenneth Mathieson Dalglish ini adalah seorang pemain bola yang berkiprah dari tahun 1969 sampai tahun 1990 dan selama periode tersebut Kanny hanya membela dua tim yaitu Celtic dan Liverpool. Kenny lahir pada tanggal 4 Maret 1951 di Glasgow, Skotlandia.

Setelah tampil gemilang bersama Celtic, Kenny pindah ke Liverpool pada tahun 1977. Bersama Liverpool, Kenny berhasil menjuarai Liga Inggris sebanyak enam kali, FA Cup satu kali, European Cup atau sekarang bernama UCL sebanyak 3 kali dan prestasi lainnya. Bukan hanya sebagai pemain tapi sebagai pelatih pun Kenny berhasil membawa Liverpool juara Liga Inggris tiga kali. Penghargaan individunya pun sangat luar biasa, Kenny mendapatkan penghargaan PFA Players' Player of the Year pada tahun 1983, FWA Footballer of the Year pada tahun 1979 dan 1983 serta pada tahun 2002 ia juga masuk dalam English Football Hall of Fame (Player). Total bersama The Reds, Kenny membekukan 172 gol dari 515 pertandingan di semua kompetisi. Tak heran kalau Kenny sangat di agung-agungkan para suporter Liverpool.

Tahukah kalian, pemain yang mendapatkan julukan King Kenny dari para kopites ini ternyata juga masuk dalam daftar 10 besar top skor Celtic sepanjang sejarah. Ia juga tercatat sebagai top skor dan pemain dengan jumlah caps terbanyak sepanjang masa untuk Timnas Skotlandia.

6. Robbie Fowler (183 Gol)
robbie-fowler.jpg
Robert Bernard Fowler lahir di Toxteth, Liverpool, Inggris pada tanggal 9 April 1975. Ia mengawali karir sepak bolanya sebagai pemain di tim muda Liverpool dan pada tahun 1993 ia menjalani pertandingan pertamanya bersama skuat utama Liverpool. Sampai pada tahun 2001 ia pindah ke Leeds United, lalu pindah lagi ke Manchester City dan pulang lagi ke Liverpool pada tahun 2006. Namun, ketika kembali lagi ke Anfield ia tak sesangar dulu. Tercatat di liga ia hanya mampu membuat 8 gol dari 30 pertandingan. Setelah keluar dari Liverpool pada tahun 2007, ia membela beberapa tim semenjana seperti Cardiff City, Blackburn Rovers, North Queensland Fury, Perth Glory dan terakhir Muangthong United sebelum akhirnya pensiun di tahun 2012.

Karirnya bersama Liverpool pada tahun 1993-2001 adalah masa keemasannya. Meskipun tak pernah membawa Liverpool juara Premier League tapi Fowler berhasil melesakkan total 183 gol dari 369 pertandingan ketika berseragam The Reds. Selain itu, Fowler juga tercatat sebagai pemain dengan hat-trick tercepat untuk Liverpool, Fowler berhasil mencetak hat-trick dalam waktu 4 menit 33 detik dan ia melakukannya ke gawang Arsenal pada tanggal 28 Agustus 1994. Untuk raihan individunya ia pernah menyabet penghargaan PFA Young Player of the Year Award dua tahun berturut-turut yakni pada tahun 1995 dan 1996 sementara karirnya bersama Timnas Inggris tidak begitu menakjubkan, ia hanya pernah membawa Timnas Inggris menjuarai UEFA European Under-18 Football Championship pada tahun 1993.

5. Steven Gerrard (186 Gol)
steven-gerrard.jpg
Gerrad lahir dan tumbuh di Whiston, Merseyside, Inggris dan bergabung dengan akademi sepak bola Liverpool pada saat usianya baru 9 tahun. Pada saat usianya 17 tahun ia sudah mendapatkan kontrak profesional bersama Liverpool dan barulah pada tahun 1998 ia menjalani debutnya bersama tim utama Liverpool.

Saya yang bahkan seorang fans Manchester United menaruh respect besar terhadap Gerrard karena saya kagum dengan loyalitasnya terhadap Liverpool. Saya agak kecewa saat ia pindah ke LA Galaxy pada tahun 2015, Seharusnya dia menjadi One Man Club-nya Liverpool.

Pemain yang memiki nama asli Steven George Gerrard ini menempati posisi ke-5 dalam daftar ini dengan total 186 gol dari 710 pertandingan. Gerrard juga menempati posisi ke-3 sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak untuk Liverpool sepanjang masa dibawah Jamie Carragher dengan 737 penampilan dan Ian Callaghan dengan 857 penampilan. Selain itu pemain yang berposisi sebagai Midfielder ini juga menjadi pencetak gol lewat penalti terbanyak untuk Liverpool dengan 47 gol. Prestasi terbaiknya bersama Liverpool adalah menjadi juara UCL pada musim 2004/2005.

4. Billy Liddell (228 Gol)
billy-liddell.jpg
Billy Liddell yang memiliki nama asli William Beveridge Liddell ini lahir di Townhill, Fife, Skotlandia pada 10 Januari 1922. Pemain yang biasa berposisi sebagai winger ini meninggal pada tanggal 3 Juli 2001 di usianya yang ke-79.

Ia membela Liverpool dari tahun 1938 sampai tahun 1961 dan mencetak 228 gol dari 534 pertandingan. Liddell berhasil mempersembahkan gelar Liga Inggris untuk Liverpool pada musim 1946/1947. Sementara karir internasionalnya bersama Skotlandia tidak begitu mentereng, Liddell hanya mempu membuat 8 gol dari 29 penampilannya.

Liddell seharusnya bisa membuat gol yang lebih banyak andai manusia tidak membuat peristiwa bodoh yang dinamakan Perang Dunia II. Saat peristiwa tersebut meletus ia menjadi navigator Royal Air Force.

3. Gordon Hodgson (247 Gol)
gordon-hodgson.jpg
Gordon Hodgson lahir di Johannesburg, Afrika Selatan pada tanggal 16 April 1904 dan meninggal di Stoke-on-Trent, Inggris pada tanggal 14 Juni 1951. Hodgson adalah satunya-satunya pemain yang lahir di luar Eropa dalam daftar ini.

Gordon Hodgson hanya pernah membela tiga tim sepanjang karir seniornya sebagai pemain sepak bola yakni Liverpool, Aston Villa dan Leeds United. Liverpool adalah tim yang paling lama ia bela dan bersama Liverpool juga Hodgson meraih puncak karirnya. Ia berhasil membuat total 241 gol dari 377 pertandingan untuk Liverpool dan ia juga menjadi pemain Liverpool dengan jumlah hat-trick terbanyak yakni 17 kali hat-trick.

Ternyata selain menjadi pemain sepak bola, Hodgson pernah menjadi pemain kriket untuk Lancashire County Cricket Club.

2. Roger Hunt (286 Gol)
roger-hunt.jpg
Pemain kelahiran 20 Juli 1938 ini menjadi bagian skuat Timnas Inggris ketika menjadi juara Piala Dunia 1966. Selama periode 1958-1969 bermain sebagai pemain Liverpool, Hunt berhasil mempersembahkan dua gelar Liga Inggris, satu gelar FA Cup, satu gelar Divisi Dua atau sekarang setara dengan EFL Championship dan satu gelar FA Charity Shield. Ia mengakhiri karirnya di Bolton Wanderers setelah pindah dari Liverpool pada tahun 1969.

Bersama Liverpool, Hunt mencetak 286 gol dari 492 pertandingan dan 245 gol diantaranya ia buat ketika bermain di liga menjadikannya pemain Liverpool dengan jumlah gol terbanyak di liga. Pada musim 1961/1962 ia membuat 41 gol di liga yang menjadikannya sebagai pemain dengan gol terbanyak di liga selama satu musim untuk Liverpool.

1. Ian Rush (346 Gol)
ian-rush.jpg
Ian Rush yang memiliki nama lengkap Ian James Rush ini lahir di St Asaph, Wales pada tanggal 20 Oktober 1961. Sebelum berseragam Liverpool, Rush terlebih dulu bermain untuk Chester City. Pada tahun 1987, Rush sempat pindah dari Liverpool ke Juventus namun sepertinya Liga Itali kurang cocok baginya hingga ia "CLBK" lagi dengan Liverpool pada tahun 1988. Ia akhirnya benar-benar meninggalkan Liverpool pada tahun 1996 lalu berkelana ke berbagai tim seperti Leeds United, Newcastle United, Sheffield United, Wrexham dan terakhir Sydney Olympic sampai akhirnya ia gantung sepatu pada tahun 2000. Bersama Timnas Wales ia berhasil mencetak total 28 gol sekaligus menjadikannya top skor sepanjang masa Timnas Wales. Sayangnya ia tak pernah bisa memberikan trofi apa-apa untuk Wales.

Rush menjadi top skor sepanjang masa Liverpool dengan torehan 346 gol dari 660 penampilan. Ia juga menjadi pencetak gol terbanyak bagi Liverpool di FA Cup dengan 39 gol dan 5 diantaranya ia lesakkan di final yang membuatnya memecahkan rekor pemain dengan gol terbanyak di final FA Cup. Dalam Merseyside Derby, Rush juga menjadi pemain dengan gol terbanyak sepanjang sejarah dengan 25 gol. Jumlah penampilannya bersama Liverpool yang mencapai angka 660 penampilan juga membawanya menduduki peringkat 6 dalam dalam daftar pemain dengan penampilan terbanyak sepanjang masa untuk Liverpool.

Untuk melengkapi catatan dan rekornya, Rush bersama Liverpool berhasil menjuarai Liga Inggris sebanyak lima kali, FA Cup tiga kali, League Cup lima kali, FA Charity Shield tiga kali dan European Cup satu kali. Untuk penghargaan individunya ia pernah mendapatkan penghargaan PFA Young Player of the Year, PFA Players' Player of the Year dan European Golden Boot.

Itulah tadi 10 Top Skor Atau Pencetak Gol Terbanyak Liverpool Sepanjang Masa. Semoga bisa menambah wawasan untuk kalian pendukung Liverpool. Dukunglah tim sepak bola favorit kalian masing-masing dengan cara yang positif dan sewajarnya jangan sampai menghilangkan akal sehat dan rasa manusiawi kalian.

Sumber referensi: wikipedia.org

Tags: Top Score Liverpool All Time, Rekor, Fakta Unik, Informasi Lengkap & Terbaru, Sejarah, Prestasi
.

1 Response to "10 Top Skor Atau Pencetak Gol Terbanyak Liverpool Sepanjang Masa"

  1. Menambah pengetahuan tth bola...artikel bermanfaat

    Mampir kembali

    www.miqer.web.id

    BalasHapus

IBX5A538CF69476E