Manfaat-Manfaat Mendengarkan Musik

manfaat-manfaat-mendengarkan-musik.jpg

Musik adalah sebuah hiburan yang banyak disenangi orang-orang. Bahkan, sebagian orang di dunia ini menjadikan musik sebagai bagian dari hidupnya. Musisi adalah jenis pekerjaan yang membuat seseorang selalu dekat dengan yang namanya musik. Orang-orang yang bukan musisi pun juga banyak yang tak bisa lepas dari musik.

Saya sendiri merupakan orang yang sangat suka mendengarkan musik. Setiap hari saya selalu mendengarkan musik terutama ketika menulis postingan di blog ini, musik yang saya dengarkan ketika menulis adalah musik instrumental piano atau suling karena bisa menenangkan pikiran dan membuat saya lebih fokus menulis. Setiap orang punya musik favoritnya masing-masing, ada yang suka dangdut, rock, metal, pop atau reggae. Saya lebih suka musik rock dan dan hip hop. Jenis musik apa yang kalian suka?

Ada yang suka musik karena suara penyanyinya yang indah atau permainan musiknya yang keren, pokoknya musik sudah tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Itulah kenapa musik di anggap sebagai bahasa universal karena dengan musik kita bisa menyampaikan pesan ke seluruh dunia. Sebuah ungkapan perasaan akan mudah diterima jika disampaikan dengan musik.

Selain untuk hiburan, musik memiliki banyak manfaat yang mungkin belum kalian ketahui. Apa saja manfaat itu?

Berikut daftar Manfaat-Manfaat Mendengarkan Musik yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber di internet dan dari apa yang saya rasakan sebagai penikmat musik.

- Mendengarkan musik kesukaan terbukti bisa memperbaiki mood dan suasana hati. Penilitian yang dilakukan para peneliti McGill University di Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang menyenangkan memicu pelepasan hormon bahagia yaitu dopamin. Untuk poin yang pertama ini sepertinya tak perlu dilakukan penelitian pun kalian pasti setuju.

- Musik dapat membantu kita lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Seperti yang saya bilang di atas kalau saya sering mendengarkan musik instrumental suling atau piano ketika menulis postingan di blog ini dan hasilnya saya merasa bisa lebih nyaman dan konsentrasi saya menjadi lebih baik ketika menulis di blog ini. Ini mungkin juga bisa berlaku ketika kita belajar atau membaca tapi musik yang didengarkan harus musik tanpa lirik alias hanya instrumen saja karena jika ada liriknya konsentrasi kita akan terpecah kepada lirik tersebut. Mendengarkan musik ternyata juga dapat meningkatkan produktivitas seorang pekerja. Sebuah survei menunjukkan, karyawan yang mendengarkan musik lebih banyak melakukan pekerjaan dan menyelesaikannya dalam waktu lebih singkat.

- Kalian pasti pernah atau bahkan sering melihat orang yang jogging sambil mendengarkan musik, menurut kalian apa itu sekedar gaya saja atau ada manfaatnya? Ternyata mendengarkan lagu yang sesuai dengan tempo kita berjalan akan membuat kita bisa berjalan lebih lama. Sebuah studi di Brunel University di London telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebanyak 15%, membantu menurunkan persepsi usaha selama olahraga, serta meningkatkan efisiensi energi hingga satu atau tiga persen. Selain itu, musik mengalihkan perhatian kita dari kelelahan dan segala bentuk ketidaknyamanan saat berolahraga.

- Sesudah berolahraga kita pasti memerlukan istirahat. Mendengarkan musik slow dapat membuat pikiran rileks dan meringankan otot-otot kita dari rasa sakit sehingga proses pemulihan pasca olahraga berlangsung cepat.

- Musik kerap kali dipakai sebagai sarana pengobatan untuk orang-orang yang mengalami gangguan mental. Seseorang sangat mungkin menggunakan musik untuk mengekspresikan hal-hal yang tidak dapat mereka ungkapkan dengan kata-kata. Hal ini juga bisa bertindak sebagai stimulus untuk membangkitkan kenangan lama yang telah terkubur atau untuk membangkitkan tanggapan emosional yang mungkin akan memakan waktu berminggu-minggu untuk bisa disampaikan.

- Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara untuk menghadapi stres baik karena pekerjaan atau hal lainnya. Satu dari empat orang mengatakan bahwa dengan mendengarkan musik ketika dalam perjalanan ke tempat kerja telah membantu mereka menghilangkan stres. Selain itu, Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres. Penilitian lainnya yang dilakukan Para ilmuwan dari University of Missouri yang dipublikasikan dalam The Journal of Positive Psychology mengungkapkan bahwa perbaikan mood dan penurunan tingkat stres tampak terlihat setelah 2 minggu rutin mendengarkan musik.

- Kita semua mungkin setuju jika mendengarkan musik dalam volume yang tinggi akan merusak pendengaran. Tapi, sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkap bahwa orang yang sering bermain musik selama hidup mereka memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik. Ya, para musisi dipercaya memiliki pendengaran yang sangat baik. Namun, kita harus tetap hati-hati mendengarkan musik dengan volume yang tinggi apalagi saat menggunakan headset.

- Banyak percobaan telah menunjukkan bahwa musik bisa membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah, membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup seorang pasien. Musik bisa sangat berdampak positif untuk pasien yang harus tinggal lama di dalam ruangan. Selain itu, musik juga sekarang dipakai untuk terapi penghilang rasa sakit untuk pasien-pasien tertentu. Sebuah Penelitian di University of Utah Pain Research Center mengungkapkan bahwa mendengarkan musik bisa membantu partisipan untuk menurunkan rasa sakit dan nyeri. Ini disebut dengan pengalihan, musik ditengarai bisa membuat partisipan melupakan rasa sakit fisik mereka.

- Musik sangat cocok untuk orang-orang yang menderita penyakit jantung. Tempo, intensitas dan kecepatan musik terbukti mampu mempengaruhi kinerja jantung. Musik dengan tempo tinggi dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan sedangkan musik slow menurunkan denyut jantung dan pernapasan. Dengan pilihan musik yang tepat musik bisa menyehatkan jantung mereka. Ada juga Penelitian di University Maryland Medical Center yang menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian tersebut mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26%. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga 6%.

- Pendidikan musik yang diberikan kepada anak-anak pada usia dini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak, keterampilan visual dan verbal anak tersebut. Memainkan alat musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan IQ seseorang.

- Berdasarkan penelitian dari Hong Kong, musik bisa digunakan untuk meningkatkan daya ingat. Orang yang mengambil kelas musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan orang yang tidak mendengarkan musik.

- Mendengarkan musik pada usia senja dapat membantu dalam mempertahankan kesehatan otak serta mencegah penuaan otak atau kepikunan. Penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang terkait dengan musik, seperti belajar musik dan terbiasa mendengarkan musik memiliki otak yang lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik.

- Mendengarkan musik slow secara teratur dapat membantu kita mengontrol tekanan darah. Sebuah studi mengungkapkan bahwa mendengarkan musik klasik setiap hari terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

- Untuk orang yang mengalami insomnia musik bisa menjadi cara mengatasi masalah tidur tersebut. Musik bisa menenangkan pikiran dan jiwa kita sehingga membantu kita tidur nyenyak.

- Mendengarkan jenis musik tertentu menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, mendengarkan musik tempo tinggi selama 50 menit dapat meningkatkan kadar antibodi dalam tubuh serta menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stres.

- Kalian pernah melihat seorang wanita hamil memperdengarkan musik pada anaknya yang masih di dalam kandungan? Ternyata janin yang selalu diperdengarkan musik sejak dalam kandungan memiliki perkembangan fisik dan mental yang lebih positif setelah lahir. Selain itu, mereka akan memiliki kecerdasan motorik, intelektual dan linguistik yang lebih baik.

- Musik ternyata bisa mengembalikan ingatan atau kenangan yang sempat terlupakan yang berkaitan dengan lagu tersebut. Itu karena bagian otak yang berfungsi memproses musik bersebelahan dengan memori di otak. Sekarang terjawab sudah kenapa lagu menjadi hal pertama yang sering mengingatkan kita pada mantan. 😂

Itulah tadi Manfaat-Manfaat Mendengarkan Musik yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber di Internet.

Baca juga: 9 Manfaat Menonton Film

Ternyata musik banyak manfaatnya ya terutama bagi kesehatan. Tapi, jangan keseringan juga mendengarkan musik karena itu juga tidak baik. Dengarkanlah musik secukupnya saja ingat segala sesuatau yang berlebihan itu tidak baik.

Sumber referensi: carakhasiatmanfaat.com, magwuzz.com, merdeka.com, lifestyle.kompas.com, hellosehat.com

Tags: Keuntungan Atau Manfaat Mendengarkan Musik Lagu, Dampak Positif

2 Responses to "Manfaat-Manfaat Mendengarkan Musik"

  1. Balasan
    1. Musik rock pasti juga ada manfaatnya disamping buat hiburan juga bisa dipake buat jogging apalagi musik rock itukan semangat ya...

      Hapus

IBX5A538CF69476E