Daftar Soundtrack Terbaik Anime Naruto & Naruto Shippuden

daftar-soundtrack-terbaik-anime-naruto-&-naruto-shippuden.jpg

Siapa sih yang tidak tahu Naruto? Dari anak kecil sampai orang tua pasti tahu sama Naruto.

Naruto adalah sebuah anime yang di adaptasi dari manga yang berjudul sama karya Masashi Kishimoto. Anime Naruto sendiri terbagi menjadi dua bagian yakni Naruto dan Naruto Shippuden. Anime Naruto menceritakan kisah Naruto kecil yang mulai menjadi ninja, anime Naruto berakhir di episode 220. Melanjutkan anime Naruto, Naruto Shippuden menceritakan Naruto yang sudah mulai remaja dan beranjak dewasa. Naruto Shippuden memiliki total 500 episode dan sekarang sudah tamat. Episode terakhirnya ditayangkan pada 30 Maret 2017 sementara manganya sudah lebih dulu selesai pada 10 November 2014. Sekarang ini ada anime Boruto: Naruto Next Generations yang merupakan sekuel dari anime Naruto Shippuden.

Saya bukan anime lover yang sampai tahu puluhan judul anime tapi saya punya beberapa anime favorit dan salah satunya Naruto. Tapi untuk Boruto: Naruto Next Generations saya kurang suka dan saya hanya sempat menonton beberapa episodenya saja karena dari awal ada kabar bahwa Naruto Shippuden akan memiliki sekuel saya sudah tidak setuju. Kalau saya bisa bertemu dengan Kishimoto, saya akan menyarankan agar dia tidak menyetujui pembuatan sekuel Naruto. Mungkin mayoritas fans Naruto semringah dengan kehadiran Boruto: Naruto Next Generations tapi untuk saya pribadi malah kecewa.

Apa sih di dunia ini yang tidak memiliki akhir? Seharusnya kisah Naruto juga sudah selesai tidak perlu ada ini ada itu lagi. Boruto: Naruto Next Generations tak lebih dari perwujudan fantasi para fans-fans Naruto yang ingin melihat keluarga Naruto dan Hinata, Sasuke dan Sakura atau yang lainnya. Apalagi kisah Boruto: Naruto Next Generations tak se-epik kisah Naruto dan malah terkesan di paksakan.

Itu hanya opini saya saja, tolong kalian yang menyukai Boruto: Naruto Next Generations jangan terlalu baper menanggapinya.

Oke, kita tinggalkan Boruto: Naruto Next Generations. Kembali ke inti postingan ini yaitu soundtrack-soundtrack terbaik di Naruto & Naruto Shippuden.

Anime memang selalu punya daya tarik tersendiri salah satunya dari soundtrack-nya. Setiap elemen anime memang di perhatikan dengan sangat serius bahkan opening dan ending-nya. Lagu latar untuk opening dan ending-nya selalu memorable untuk yang pernah mendengarnya termasuk di anime Naruto & Naruto Shippuden.

Untuk kalian yang ngaku fans Naruto tentu saja harus tahu sama soundtrack Naruto & Naruto Shippuden. Buat kalian fans Naruto yang tidak tahu, yuk simak daftar soundtrack terbaik Naruto & Naruto Shippuden di bawah ini.

Inilah daftar 28 soundtrack opening serta ending terbaik di anime Naruto & Naruto Shippuden versi RegenciPedia


28. If (Kana Nishino)

If adalah sebuah lagu yang dibawakan oleh seorang penyanyi perempuan asal Jepang, Kana Nishino. Lagu ini merupakan single ke-11 Nishino yang dirilis pada tanggal 4 Agustus 2010 dan masuk ke album yang berjudul Thank You, Love.

Lagu If ini memang bukan lagu soundtrack opening ataupun ending Naruto & Naruto Shippuden melainkan sebuah soundtrack dari Naruto Shippuden The Movie 4 yang berjudul Naruto Shippuden the Movie: The Lost Tower. Lagu yang berdurasi 4 menit 42 detik ini terdengar sangat merdu walaupun dengan bahasa yang saya tidak mengerti bahkan cocok untuk pengantar tidur.

Jika di lihat dari arti liriknya, yang sudah di terjemahkan ke Bahasa Indonesia tentunya, lagu If ini sepertinya tentang cinta. Harapan seseorang untuk bisa melihat masa depan bersama orang yang ia cintai.

27. Tōmei Datta Sekai (Motohiro Hata)

Tōmei Datta Sekai menjadi soundtrack opening ke-7 Naruto Shippuden dari episode 154-179 saat Pein menyerang Konoha. Lagu yang di rilis pada tanggal 11 Agustus 2010 ini adalah single ke-10 dari penyanyi bernama Motohiro Hata. Penyanyi yang satu ini memang terkenal sering mengisi soundtrack anime bahkan ia juga mengisi soundtrack film Stand by Me Doraemon (2014) lewat lagunya yang berjudul Himawari no Yakusoku. Lagu Tōmei Datta Sekai ini bercerita tentang perpisahan, cocok sekali karena saat lagu ini menjadi soundtrack Naruto Shippuden masih dalam suasana sedih akibat kepergian Jiraiya.

26. Assault Rock (The Cro-Magnons)

The Cro-Magnons adalah sebuah band rock asal Jepang yang dibentuk pada Juli 2006 yang beranggotakan Hiroto Kōmoto, Masatoshi Mashima, Masaru Kobayashi dan Katsuji Kirita. Lagu The Cro-Magnons yang berjudul Assault Rock menjadi lagu untuk soundtrack opening Naruto Shippuden yang ke-11 dari episode 257 sampai 281 pada awal di mulainya Perang Dunia Ninja 4. Lagu ini dibawakan dengan penuh semangat dan juga bisa memicu semangat pendengarnya.

25. Lovers (7!!)

Lovers adalah single ke-3 dari 7!!, biasa disebut Seven Oops. 7!! merupakan grup musik yang di bentuk pada tahun 2004 dengan anggotanya yaitu Nanae, Michiru, Keita dan Maiko. Lagu Lovers ini liriknya di tulis oleh personil 7!! sendiri yaitu Maiko. Lagu ini berhasil menduduki peringkat 26 di tangga lagu Oricon, semacam Billboard-nya Jepang, dan bertahan selama lima pekan.

Lagu Lovers yang di rilis pada tanggal 29 Juni 2011 ini menjadi soundtrack opening ke-9 Naruto Shippuden dari episode 206 sampai 230.

24. Viva Rock (Orange Range)

Orange Range adalah sebuah band rap rock yang berdiri sejak 2001 dan masih aktif sampai sekarang sementara untuk para personilnya saat ini adalah Naoto Hiroyama, Ryo Miyamori, Yamato Ganeko, Hiroki Hokama dan Yoh Miyamori. Band yang satu ini sudah sangat terkenal kalau urusan mengisi soundtrack, Orange Range pernah mengisi soundtrack untuk anime, j-drama sampai film. Selain lagu Viva Rock ini, lewat lagu Asterisk mereka mengisi lagu latar untuk opening pertama anime Bleach.

Viva Rock menjadi soundtrack ending ke-3 Naruto di episode 52-64. Lagu yang di rilis pada tanggal 22 Oktober 2003 ini sangat populer terbukti dengan pencapaiannya yang mampu menduduki posisi 3 chart Oricon dan terjual sebanyak 163 ribu salinan lebih.

23. Kotoba no Iranai Yakusoku (Sana)

Sana mungkin tak sepopuler Orange Range atau Motohiro Hata tapi penyanyi yang lahir pada tanggal 22 Maret 1995 ini juga turut menyumbangkan lagunya dalam jajaran soundtrack Naruto Shippuden tepatnya di ending ke-33 Naruto Shippuden di episode 406 sampai 417. Lagu tersebut berjudul Kotoba no Iranai Yakusoku atau dalam Bahasa Indonesia artinya Janji Yang Tak Memerlukan Kata-Kata. Dari judulnya aja udah keren kan?

Lagu Kotoba no Iranai Yakusoku ini di rilis pada tanggal 27 Mei 2015 dan masuk ke album berjudul Suki ni Naru Shunkan wo.

Lagu ini terasa pas di jadikan soundtrack ending ke-33 Naruto Shippuden karena video ending tersebut fokus kepada Hashirama Senju dan Uciha Madara. Lagu Kotoba no Iranai Yakusoku ini sendiri adalah lagu tentang sahabat yang selalu bersaing alias rival, sangat cocok dengan kisah Hashirama dan Madara yang juga sepasang sahabat yang menjadi rival. Mereka juga punya janji dan harapan yang sama yaitu untuk membuat dunia diselimuti dengan kedamaian tapi cara mereka berdua mewujudkannya sangat berbeda.

22. Hajimete Kimi to Shabetta (GaGaGa SP)

GaGaGa SP adalah sebuah band punk yang berasal dari Kobe, Jepang. Band yang mulai aktif pada tahun 1997 ini sekarang beranggotakan Kozak Maeda, Satoshi Yamamoto, Yasunobu Kuwahara dan Bachelor Satoru Tajima.

Lagu Hajimete Kimi to Shabetta adalah single ke-8 GaGaGa SP yang menjadi lagu ending ke-8 Naruto dari episode 116 sampai 128. Lagu ini di tulis sendiri oleh bassist GaGaGa SP yakni Yasunobu Kuwahara dan di rilis pada tanggal 2 Februari 2005. Lagu yang terjual sebanyak 18 ribu salinan lebih ini sempat duduk di posisi 28 di chart Oricon dan bertahan selama tujuh minggu.

Hajimete Kimi to Shabetta artinya adalah "Aku Bicara Padamu Untuk Pertama Kalinya". Lagu ini bercerita tentang seseorang yang berkenalan dan berbicara untuk pertama kalinya pada orang yang ia sukai. Ia sempat dilanda keraguan karena menganggap kalau dirinya tidak setara dengan orang yang ia sukai. Jika di lihat dari video klipnya sepertinya lagu ini tentang cinta. Jujur, ketika melihat video klipnya saya jadi ilfeel dengan lagu ini, ko videonya kaya gini. Lebih baik video ending ke-8 Naruto yang Naruto cuma jalan-jalan doang dengan sekilas ada beberapa foto flashback.

21. Seishun Kyōsōkyoku (Sambomaster)

Sambomaster merupakan sebuah band asal Jepang yang beranggotakan Takashi Yamaguchi, Yasufumi Kiuchi dan Yoichi Kondo. Nama band ini terinspirasi dari nama seni bela diri asal Rusia yang disebut Sambo. Lagu Sambomaster yang menjadi soundtrack Naruto opening ke-5 dari episode 104-128 adalah Seishun Kyōsōkyoku. Sebuah lagu yang dinyanyikan penuh semangat ciptaan vokalis Sambomaster sendiri, Takashi Yamaguchi. Lagu yang menjadi single ke-3 Sambomaster ini di rilis pada tanggal 1 Desember 2004.

Band yang dibentuk pada tahun 2000 dan berada di bawah naungan label Sony Music Japan ini juga pernah mengisi soundtrack ending ke-19 Bleach lewat lagu Kimi wo Mamotte, Kimi wo Aishite.

Saat pertama kali mendengar lagu ini di ending Naruto saya menggambarkan sang vokalis Sambomaster itu penampilannya punk rock abis, rambut di cat, celana sobek-sobek, pake anting pokoknya penampilan badboy deh. Itu karena dari suaranya sendiri terdenger sangat rock tapi ketika melihat video klipnya saya tertegun ternyata vokalis Sambomaster itu lebih seperti seorang nerd, pake kacamata, rambut biasa saja dan agak gendut. Tapi, bukannya kecewa saya justru kagum, orang yang berpenampilan biasa yang tidak terlihat rock-nya sedikitpun ternyata punya suara yang keras namun enak di dengar.

20. Ima Made Nando Mo (The Mass Missile)

The Mass Missile adalah sebuah band yang beraliran alternative rock dan dibentuk pada September 2000 di Tokyo, Jepang. Single debut mereka yang berjudul Ima Made Nando Mo menjadi lagu latar untuk ending ke-5 Naruto dari episode 78 sampai 89. Lagu tersebut di rilis pada tanggal 19 Mei 2004 dan masuk ke album mereka yang bertajuk Ningen de Yokatta. Ima Made Nando Mo sempat menduduki posisi 22 di chart Oricon dan bertahan selama tujuh pekan.

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang selalu berusaha mengejar mimpi jadi sangat cocok untuk pelecut semangat kita meskipun kita tidak tahu artinya tapi cara The Mass Missile membawakannya sudah cukup membuat kita kembali bersemangat.

19. Cascade (UNLIMITS)

Dibentuk pada tahun 2002, UNLIMITS saat ini beranggotakan Yoko Shimizu, Yoko Gunjima, Naokazu Ishijima dan Yoshitaka Otsuki. Selain mengisi soundtrack Naruto Shippuden, UNLIMITS juga pernah mengisi soundtrack untuk ending ke-28 anime Bleach lewat lagu Haruka Kanata.

Lagu Cascade ini menjadi soundtrack ending ke-21 Naruto Shippuden dari episode 257 sampai 268. Salah satu video ending terbaik menurut saya apalagi saat lagu ini memasuki bagian reff di video endingnya ditampilkan pertarungan antara Naruto dan Sasuke, kalian yang pernah menonton video ending-nya pasti setiap kali mendengar bagian reff lagu ini akan langsung terbayang pertarungan Naruto dan Sasuke tersebut.

18. Namikaze Satellite (Snowkel)

Snowkel adalah band rock asal Odaiba, Jepang. Band ini dibentuk pada tahun 2004 dan sempat bubar pada tahun 2010 sebelum akhirnya memutuskan reuni pada tahun 2014 dan masih terus aktif sampai sekarang. Selain lagu Namikaze Satellite ini, lagu mereka lainnya yang berjudul Kiseki juga dijadikan soundtrack anime yakni di anime Gintama dalam ending ke-6 Gintama.

Namikaze Satellite di rilis pada tanggal 1 Januari 2006 dan masuk ke album mereka yang berjudul Snowkel Snorkel yang di rilis pada tanggal 26 April 2006. Lagu yang ditulis sendiri oleh vokalis Snowkel yakni Nishimura Shinya ini menjadi soundtrack opening ke-7 Naruto.

17. Silhouette (Kana-Boon)

Kana-Boon adalah sebuah band yang dibentuk pada tahun 2008 dan untuk saat ini beranggotakan Maguro Taniguchi, Hayato Koga, Yuuma Meshida dan Takahiro Koizumi. Lagu Silhouette ini memang lagu pertama mereka yang dijadikan soundtrack anime namun setelah itu mereka juga mengisi soundtrack film Boruto: Naruto The Movie (2015) lewat lagu berjudul Diver dan buat kalian yang tidak tahu siapa yang mengisi soundtrack opening pertama Boruto: Naruto Next Generations ternyata Kana-Boon juga lah yang mengisinya dengan lagu berjudul Baton Road.

Lagu Silhouette ini di rilis pada 26 November 2014 dan menjadi soundtrack opening ke-16 Naruto Shippuden dari episode 380-405. Jujur saat pertama mendengar lagu ini saya kira vokalisnya wanita.

16. Haruka Kanata (Asian Kung-Fu Generation)

Asian Kung-Fu Generation atau biasa disingkat AKFG adalah sebuah band yang berasal dari Yokohama yang dibentuk pada tahun 1996 dan masih aktif sampai sekarang. Band yang beranggotakan Masafumi Gotō, Kensuke Kita, Takahiro Yamada dan Kiyoshi Ijichi ini memang sudah beberapa kali mengisi soundtrack film maupun anime. Selain Naruto, band AKFG ini juga pernah mengisi soundtrack anime Fullmetal Alchemist dan Bleach. Soundtrack Naruto the Movie: Road to Ninja juga di isi oleh lagu AKFG yang berjudul Sore dewa, Mata Ashita.

Lagu Haruka Kanata masuk ke album AKFG yang berjudul Hōkai Amplifier. Lagu yang berdurasi 4 menit 2 detik ini menjadi soundtrack opening Naruto ke-2 dari episode 26-53.

15. Kanashimi wo Yasashisa ni (Little by Little)

Setelah soundtrack opening ke-2 Naruto di isi Asian Kung-Fu Generation dengan lagu Haruka Kanata, di opening ke-3 ada Little by Little dengan lagu berjudul Kanashimi wo Yasashisa ni. Little by Little terdiri dari dua personil yaitu Hideco dan Tetsuhiko, Hideco menjadi vokalis sementara Tetsuhiko menjadi komposer.

Lagu Kanashimi wo Yasashisa ni di rilis pada tanggal 17 Desember 2003 dan berhasil mencapai posisi 6 di chart Oricon. Little by Little juga mengisi soundtrack ending ke-3 Naruto Shippuden dengan lagu berjudul Kimi Monogatari.

Ini adalah salah satu lagu yang sangat memorable untuk orang yang pernah menonton Naruto semasa kecilnya di TV Indonesia. Karena musik, suara dan awalan lagu ini sangat mudah di ingat dan langsung nge-stuck di kepala. Mustahil kalian yang pernah menonton Naruto dulu lupa dengan lagu ini, kecuali kalian mengalami amnesia atau kalian terlalu banyak menonton sinetron yang bisa mencuci otak kalian. 😂

14. My Answer (Seamo)

Seamo adalah nama panggung untuk seorang rapper asal Jepang yang bernama Naoki Takada. Naoki lahir pada tanggal 31 Oktober 1975 dan mulai aktif dari tahun 1995 sampai sekarang.

Rapper yang sekarang berada di bawah naungan label Universal J sejak tahun 2011 ini merilis lagu My Answer pada tanggal 19 Agustus 2009. Lagu ini menjadi lagu pengiring untuk ending ke-10 Naruto Shippuden dari episode 116 sampai 128.

Lagu My Answer memiliki lirik yang berupa penyemangat untuk orang-orang yang belum mencapai apa yang mereka inginkan. Percayalah, walaupun tidak sekarang suatu hari nanti semuanya akan tercapai asalkan kita terus berusaha. Itulah yang coba di sampaikan Seamo di lagu My Answer.

13. Hero’s Come Back!! (Nobodyknows)

Nobodyknows adalah grup hip-hop yang di bentuk pada tahun 1999 dan sekarang beranggotakan Hidden Fish, Crystal Boy, Yasu Ichiban, Nori da Funky Shibire-sasu dan DJ Mitsu. Kalian pasti tahu kan film Kung Fu Hustle (2004)? Itu loh film yang terkenal dengan jurus Tapak Budha-nya. Ternyata Nobodyknows juga mengisi soundtrack untuk film yang dibintangi Stephen Chow tersebut dengan lagunya yang berjudul Shiawase Nara Te o Tatakō.

Hero’s Come Back!! di rilis pada tanggal 25 April 2007 dan menjadi soundtrack opening pertama Naruto Shippuden dari episode pertama sampai ke-30. Lagu ini menjadi lagu opening yang paling lama di pakai dengan 30 episode di susul lagu Haruka Kanata dari Asian Kung-Fu Generation dengan 28 episode.

Hero’s Come Back!! sangat pas menjadi soundtrack opening pertama Naruto Shippuden karena dari judul lagunya saja sudah sangat cocok dengan cerita awal Naruto Shippuden yang menceritakan sang jagoan Uzumaki Naruto kembali setelah berlatih cukup lama dengan Jiraiya. Lagu ini akan selalu di ingat karena lagu ini mengiringi kembalinya Naruto untuk melanjutkan kisah epiknya yang sangat di nanti-nanti para fans.

12. Distance (Long Shot Party)

Setelah lagu Hero’s Come Back!! dari Nobodyknows menjadi soundtrack opening pertama Naruto Shippuden selanjutnya di opening ke-2 ada lagu Distance dari Long Shot Party yang manjadi soundtrack dari episode 31 sampai 53. Lagu ini menjadi lagu mereka yang menempati posisi chart Oricon tertinggi yakni posisi 25 dan bertahan selama delapan minggu.

Lagu yang di rilis pada tanggal 23 Januari 2008 ini merupakan referensi untuk ikatan persahabatan antara Naruto dan Sasuke serta ikatan baru dengan Sai. Opening ke-2 Naruto Shippuden menurut saya adalah opening terbaik yang menceritakan hubungan Naruto dan Sasuke, dari mulai lagunya yang tentang persahabatan sampai videonya yang memperlihatkan Naruto dan Sasuke saling berhadapan benar-benar tak bisa dilupakan. Lagu ini juga menjadi lagu opening yang paling banyak menggunakan bahasa Inggris di liriknya dibandingkan lagu-lagu opening yang lain.

Sayangnya, band Long Shot Party yang dibentuk pada tahun 1998 ini sudah bubar pada tahun 2010.

11. Hotaru no Hikari (Ikimono-gakari)

Ikimono-gakari adalah sebuah band yang di bentuk pada bulan Februari 1999. Band ini beranggotakan Kiyoe Yoshioka, Hotaka Yamashita dan Yoshiki Mizuno. Pada tahun 2017 mereka memutuskan untuk vakum sementara waktu.

Lagu Hotaru no Hikari adalah single ke-14 Ikimono-gakari dan masuk ke album bertajuk Hajimari no Uta. Lagu yang liriknya di tulis oleh Yoshiki Mizuno ini berhasil mencapai posisi ke-5 di tangga lagu Oricon dan mampu bertahan di chart selama 14 minggu. Lagu ini terjual sebanyak 47.964 salinan dan menempati tempat ke-137 dalam Single of the Year yang di rilis Oricon pada tahun 2009.

Lagu yang di rilis pada tanggal 15 Juli 2009 ini menjadi soundtrack untuk opening ke-5 Naruto Shippuden dari episode 103-128.

10. Bluebird (Ikimono-gakari)

Selain Hotaru no Hikari, Ikimono-gakari juga menyumbangkan lagunya untuk soundtrack opening ke-3 Naruto Shippuden dari episode 54 sampai 77. Sama seperti lagu Hotaru no Hikari, lagu ini juga ditulis oleh Yoshiki Mizuno. Sementara untuk tanggal rilisnya lagu ini di rilis pada tanggal 9 Juli 2008 dan berhasil terjual sebanyak 90 ribu lebih salinan. Single ke-10 Ikimono-gakari ini berhasil mencapai posisi ke-3 di chart Oricon dan bertahan di chart selama 29 pekan.

9. Closer (Joe Inoue)

Berbeda dengan kebanyakan pengisi soundtrack Naruto yang lahir di Jepang, Joe Inoue lahir dan dibesarkan di Los Angeles, California, USA. Namun, penyanyi yang lahir pada tanggal 30 Agustus 1985 ini masih memiliki darah keturunan Jepang karena kedua orang tuanya adalah imigran dari Jepang. Joe Inoue mengawali karirnya pada tahun 2007.

Lagu Closer ini di rilis pada tanggal 17 Desember 2008 dan menjadi lagu tersukses Joe Inoue dengan mampu menduduki posisi 22 di chart Oricon. Lagu yang masuk ke album Me! Me! Me! ini menjadi soundtrack di opening ke-4 Naruto Shippuden dari episode 78-102.

Ini adalah salah satu lagu soundtrack Naruto Shippuden yang memiliki makna yang keren dan mendalam. Joe Inoue dalam lagu ini mencoba mengingatkan kita untuk selalu bersyukur atas kebahagian yang kita dapat dan selalu berjuang dalam hidup ini. Kadang ketika kita terlalu banyak di selimuti kebahagiaan kita lupa untuk bersyukur dan tak melihat itu sebagai sesuatu yang pantas untuk di syukuri.

8. Niji no Sora (Flow)

Kalau kalian ngaku fans berat Naruto tapi tidak tahu sama band Flow itu sih keterlaluan ya. Bukan hanya untuk fans Naruto namun untuk orang yang pecinta anime sudah pasti tak asing dengan band yang didirikan pada tahun 1998 ini. Sudah banyak anime yang soundtrack-nya dipercayakan pada Flow dan memang lagu mereka itu keren-keren.

Saat ini personil Flow terdiri dari Keigo Hayashi, Kōshi Asakawa, Takeshi Asakawa, Hiroshi Iwasaki dan Yasutarō Gotō.

Niji no Sora adalah single ke-28 mereka yang di rilis pada tanggal 12 Agustus 2015 dan menjadi soundtrack ending ke-34 Naruto Shippuden. Lagu ini bukan lagu satu-satunya dari Flow yang menjadi soundtrack Naruto & Naruto Shippuden tapi masih ada yang lain. Itulah kenapa saya bilang fans berat Naruto harusnya tahu dengan band yang satu ini karena Flow menjadi pengisi lagu terbanyak untuk soundtrack Naruto & Naruto Shippuden.

7. Go (Flow)

Lagu berjudul Go yang menjadi soundtrack opening Naruto ke-4 dari episode 78-103 ini juga merupakan maha karya band Flow. Salah satu lagu Flow yang pasti tak asing di telinga pecinta Naruto. Lagu ini merupakan single ke-4 Flow yang di rilis pada 28 April 2004. Go pernah menduduki posisi ke-6 chart Oricon dan bertahan di chart selama 22 minggu.

Video klip lagu Go cukup unik karena merupakan parodi film Terminator. Dari judulnya saja sudah bisa ditebak kalau lagu ini akan dibawakan penuh semangat, pasti aneh kalau lagu berjudul Go tapi ternyata itu lagu mellow. Kalian bisa menjadikan lagu ini sebagai pendorong semangat kalian ketika semangat kalian nge-drop, memang sih liriknya kita tidak dapat dimengerti tapi mendengarkan lagu ini pasti mengingatkan kita dengan Naruto yang pantang menyerah mengejar cita-citanya menjadi hokage dan itu bisa melecut semangat kita.

6. Remember (Flow)

Masih dari Flow, kali ini ada lagu berjudul Remember. Lagu ini merupakan single ke-9 mereka dan dirilis pada tanggal 31 Mei 2006. Lagu yang ditulis oleh Asakawa bersaudara yakni Kōshi Asakawa dan Takeshi Asakawa ini sempat menduduki posisi ke-12 di tangga lagu Oricon.

Lagu ini menjadi soundtrack opening ke-8 Naruto dari episode 179 sampai 202.

Sama seperti Go, Remember juga di bawakan dengan penuh semangat. Kalian yang suka lagu rock pasti suka lagu ini, setidaknya dari aransemen musiknya walaupun liriknya mungkin tidak kalian mengerti.

5. Nagareboshi Shooting Star (Home Made Kazoku)

Home Made Kazoku adalah trio hip-hop asal Nagoya, Jepang. Grup ini dibentuk pada tahun 1996 dan beranggotakan Micro, Kuro dan DJ U-Ichi.

Lagu Nagareboshi Shooting Star masuk ke album Home Made Kazoku yang berjudul Familia. Lagu ini sendiri di rilis pada tanggal 7 Maret 2007 dan menjadi soundtrack ending pertama Naruto Shippuden dari episode 1 sampai 18.

Setelah di opening pertama Naruto Shippuden soundtrack-nya di isi Hero’s Come Back!! dari Nobodyknows yang penuh semangat, di ending pertamanya ada lagu santai namun tidak lebay Nagareboshi Shooting Star dari Home Made Kazoku. Lagu ini memang easy listening banget, enak didengarkan di malam hari yang penuh bintang. Apalagi bagian rap-nya juga cukup menarik.

4. Nakushita Kotoba (No Regret Life)

No Regret Life adalah band rock yang dibentuk pada tahun 2001 di Kanoya, Jepang. Band ini sudah bubar pada Juli 2013 dan formasi terakhirnya adalah Kazusō Oda, Ryūta Hashiguchi dan Genta Matsumura.

Lagu Nakushita Kotoba di rilis pada tanggal 8 Juni 2005 dan merupakan single kedua No Regret Life. Lagu yang di tulis sendiri oleh sang vokalis Kazusō Oda ini sempat menduduki posisi 40 di chart Oricon dan terjual lebih dari 6 ribu salinan.

Nakushita Kotoba memang lagu rock tapi maknanya sangat menyentuh. Lagu yang menjadi soundtrack ending Naruto ke-9 ini memiliki makna tentang sebuah kehilangan yang sangat mendalam. Jika di artikan ke dalam Bahasa Indonesia maka Nakushita Kotoba artinya adalah "Kalimat Yang Hilang". Lagu ini seakan menggambarkan bagaimana kehilangan yang dialami oleh Naruto dan Sakura saat Sasuke memutuskan pergi dari Desa Konoha karena lagu ini menjadi soundtrack saat momen kepergian Sasuke. Kalau kalian menonton video ending-nya kalian akan semakin terbawa kedalam suasana kehilangan karena video ending-nya sangat bernuansa sedih.

3. Wind (Akeboshi)

Lagu ini merupakan karya dari seorang penyanyi Jepang bernama Akeboshi. Nama aslinya adalah Yoshio Akeboshi, ia lahir di Yokohama, Jepang pada tanggal 1 Juli 1978. Ia sempat menjalani pendidikan musiknya di Liverpool, Inggris dan memulai karirinya pada tahun 2001. Tak heran Akeboshi kerap membuat lagu dengan lirik berbahasa Inggris dan salah satunya lagu Wind ini.

Lagu Wind menjadi soundtrack ending pertama Naruto dari episode pertama sampai episode 25. Lagu ini banyak disukai penggemar Naruto di seluruh dunia karena liriknya Bahasa Inggris jadi mudah untuk dinyanyikan, setidaknya jika dibandingkan Bahasa Jepang.

Lagu ini memiliki pesan agar kita menjadi diri kita sendiri dan jangan pernah mencoba untuk menjadi sesuatu yang tidak kita suka karena pada akhirnya kita akan membencinya.

2. Sign (Flow)

Setelah Remember, Go dan Niji no Sora, Flow masih punya satu lagi lagu andalannya yang menjadi soundtrack Naruto yakni Sign. Lagi ini adalah single ke-18 Flow dan dirilis pada tanggal 13 Januari 2010. Lagu yang di tulis Takeshi Asakawa ini sempat mencapai posisi 4 di chart Oricon dan bertahan di chart selama 6 minggu.

Sign menjadi soundtrack opening ke-6 Naruto Shippuden dari episode 129-153. Lagu ini sendiri menceritakan rasa sakit yang amat sangat sakit sampai-sampai ia tak bisa merasakan rasa sakit yang lain. Lagu ini sangat relevan dengan video opening-nya yang bertemakan rasa sakit Naruto karena kepergian Jiraiya dan rasa sakit Sasuke karena kepergian kakaknya Itachi. Lagu ini menjadi soundtrack bertepatan dengan salah satu momen yang tak akan pernah di lupakan oleh para penggemar Naruto yaitu kematian Jiraiya ditangan Pain, jadi wajar saja jika fans Naruto mendengar lagu ini akan langsung teringat Jiraiya dan pertarungannya dengan Pain.

1. Alive (Raiko)

Inilah soundtrack terbaik Naruto & Naruto Shippuden versi RegenciPedia. Ya, lagu berjudul Alive dari band Raiko yang di rilis pada tanggal 18 Februari 2004. Di chart Oricon lagu ini pernah menduduki posisi 40 dan bertahan di chart selama 9 pekan. Sayangnya, band yang dibentuk pada tahun 2000 ini sudah bubar pada tahun 2007.

Meskipun sudah bubar tapi lagunya yang berjudul Alive akan terus di ingat oleh fans Naruto selamanya. Alive menjadi soundtrack ending ke-4 Naruto dari episode 65-77.

Ketika saya kecil dan menonton Naruto di salah satu stasiun TV Indonesia saya selalu menonton ending ke-4 Naruto yang soundtrack-nya lagu Alive ini sampai selesai. Kalau opening wajar ya di tonton tapi ini kan ending, pasti kebanyakan orang kalau nonton Naruto di TV saat masuk bagian video ending akan mengganti saluran TV-nya tapi bagi saya ending ke-4 Naruto menjadi pengecualian. Entah mengapa bahkan ketika saya masih SD saya sudah menyukai soundtrack Naruto yang satu ini. Musik yang enak di dengar ditambah cara nge-rap yang keren benar-benar membuat lagu ini susuh di lupakan.

Uniknya, video ending Naruto ke-4 hanya memperlihatkan Naruto yang sedang menatap Monumen Hokage yang merupakan wajah-wajah para hokage di sebuah gunung. Ini adalah video ending Naruto ter-simple yang pernah dibuat dibandingkan ending atau opening Naruto yang lain. Saat mendengarkan lagu ini kita akan langsung dibawa bernostalgia dengan membayangkan adegan Naruto memandang Monumen Hokage tersebut.

Itulah tadi daftar soundtrack opening serta ending Naruto & Naruto Shippuden terbaik versi RegenciPedia.

Kalau kalian ngaku fans berat Naruto pastinya harus punya dong minimal satu lagu dari daftar di atas. Tapi, sepertinya kebanyakan fans Naruto tidak tahu dengan lagu-lagu yang menjadi soundtrack Naruto. Itu terbukti ketika saya bertanya soundtrack Naruto favorit masing-masing di beberapa grup Facebook fans Naruto ternyata yang menjawab sedikit sekali. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat kalian tahu soundtrack-soundtrack Naruto yang terbaik dan enak di dengar.

Daftar di atas dibuat berdasarkan opini dan selera saya saja jadi tentu tidak bersifat objektif. Kalau kalian, mana soundtrack Naruto favorit kalian?

Tags: Daftar Lagu Soundtrack Naruto Shippuden Terbaik Sepanjang Masa, Terbaru, List, Terlengkap, Terkini, Fakta Unik, Link Download, Paling Enak Di Dengar
.

0 Response to "Daftar Soundtrack Terbaik Anime Naruto & Naruto Shippuden"

Posting Komentar

IBX5A538CF69476E

FANSPAGE FACEBOOK