Fakta-Fakta Unik Cristiano Ronaldo

fakta-fakta-unik-cristiano-ronaldo.jpg

Penggemar sepak bola mana yang tak mengenal seorang Cristiano Ronaldo? Dia sudah menjadi ikon sepak bola di jaman sekarang.

Nama panjangnya adalah Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, ia lahir di Funchal, Madeira, Portugal pada 5 Februari 1985. Ronaldo pernah bermain untuk Sporting CP, Manchester United dan saat ini bermain untuk Real Madrid. Ronaldo memiliki julukan CR7 yang merupakan inisial namanya dan nomor yang ia kenakan saat di Manchester United dulu dan di Real Madrid saat ini. Ronaldo adalah salah satu striker terbaik di dunia saat ini.

Ronaldo pernah menjuarai Premier League sebanyak 3 kali bersama Manchester United, 2 kali La Liga bersama Real Madrid, 4 kali UEFA Champions League masing-masing bersama Real Madrid 3 kali dan 1 kali bersama Manchester United. Di Timnas Portugal Ronaldo juga berhasil mempersembahkan trofi EURO 2016. Masih banyak kompetisi yang pernah Ronaldo taklukan. Untuk penghargaan individu, Ronaldo pernah mendapatkan 5 kali penghargaan Ballon d'Or.

Tak aneh banyak orang yang mengidolakan Ronaldo. Apakah kamu salah satunya?

Yang kebanyakan orang tahu tentang Ronaldo adalah skill-nya yang luar biasa dan hartanya yang melimpah hingga membuatnya hidup mewah. Tapi, apakah kamu tahu beberapa fakta unik tentang Ronaldo berikut ini. Fans CR7 wajib tahu nih.

Inilah fakta-fakta unik Cristiano Ronaldo yang belum banyak orang tahu


- Jika kalian beranggapan kalau nama Ronaldo diambil dari nama legenda Brazil yaitu Ronaldo Luís Nazário de Lima kalian benar-banar salah. Sang legenda Brazil terkenal saat ia membela PSV dari tahun 1994 sementara CR7 lahir di tahun 1985. Ternyata sang ayah Jose Dinis Aveiro mengambil nama Ronaldo dari mantan presiden Amerika Serikat yakni Ronald Reagan. Namun, menariknya sang ayah justru mengenal Ronald Reagan sebagai aktor, bukan presiden AS. Sebelum jadi presiden Reagan memang sempat merintis karier sebagai bintang Hollywood.

- Ronaldo sangat membenci Alkohol. Tahu alasannya kenapa? Ayah Ronaldo dulu adalah pecandu alkohol dan alkohol juga lah yang merenggut nyawanya pada usia 52 tahun. Karena itulah Ronaldo sangat membenci alkohol dan tak mau menyentuh alkohol.

- Ronaldo pernah melelang sepatu emas miliknya dan hasil dari pelelangan tersebut ia sumbangkan pada anak-anak korban perang di Gaza.

- Di tahun 2013 Ronaldo pernah menyumbang uang sebanyak €100 ribu atau sekitar Rp1,39 milyar kepada korban perang di Afghanistan.

- Ronaldo pernah membiayai pengobatan seorang fans ciliknya berusia 9 tahun yang terkena kanker.

- Tato dan sepak bola sepertinya sudah menjadi sesuatu yang tak bisa dipisahkan khususnya di daratan Eropa. Lihat saja di liga-liga Eropa, mayoritas pemain bola punya tato di tubuhnya. Tapi, Ronaldo adalah pengecualian. Kalian pernah melihat tato di tubuh Ronaldo? Tidak kan. Ronaldo memang tidak menghiasi tubuhnya dengan tato itu karena Ronaldo sering kali mendonorkan darahnya. Tato akan mengganggu Ronaldo dalam mendonorkan darahnya karena tato bisa merusak kualitas darah dan seseorang yang mentato tubuhnya harus menunggu enam bulan sampai satu tahun untuk bisa mendonorkan darahnya.

- Ronaldo pernah sukses menurunkan berat badannya mencapai 23,055 kg dalam sebuah rangkaian latihan di gym.

- Dikutip dari media asal Spanyol, Marca, Mesut Ozil yang merupakan mantan rekan setim Ronaldo mengungkapkan bahwa Ronaldo ternyata hafal huruf hijaiyah dan surat Al-Fatihah.

- Saat ini, dikabarkan kandungan lemak di dalam tubuh Ronaldo hanya 10%. Jumlah ini lebih baik dibanding standar peragawan-peragawan di atas catwalk yang mensyaratkan lemak di tubuh mereka hanya 13,8% lemak.

- Ronaldo pernah memiliki masalah jantung saat berusia 15 tahun dan itu hampir menghancurkan masa depannya sebagai pemain sepak bola. Namun, untungnya operasi yang dijalani Ronaldo berjalan lancar dan sukses hingga ia bisa melanjutkan karir sepak bolanya.

- Saat kecil, Ronaldo tidak memiliki satupun mainan ditambah ia harus berbagi kamar dengan saudara-saudaranya. Ya, Ronaldo di masa kecilnya memang hidup dalam kemiskinan. Untuk meraih kesuksesan seperti sekarang ini juga bukan hal yang gampang. Ronaldo harus rela berpisah dengan keluarganya saat ia masih berusai 14 tahun untuk mengejar cita-citanya sebagai pemain sepak bola.

- Ronaldo berlari lebih dari 900 kali, lebih banyak dari pelari lainnya dalam satu musim.

- Pada saat kecil Ronaldo dipanggil "Si Cengeng", sebab ia seringkali menangis saat temannya tidak mengoper bola padanya

- Ia memecahkan rekor transfer untuk pemain seusianya pada tahun 2003, saat diboyong Manchester United dari Sporting CP dengan mahar sebesar £12 juta.

- Saat pindah ke Manchester United, Ronaldo sebenarnya tidak menginginkan nomor 7 melainkan nomor 28. Tapi, Sir Alex Ferguson pelatih Manchester United kala itu yang memberikannya nomor 7, yang juga sempat di gunakan David Beckham dan Eric Cantona.

- Saat masih bersekolah Ronaldo pernah melempari gurunya dengan kursi lantaran gurunya menghina keluarga Ronaldo. Perbuatannya tersebut membuatnya di keluarkan dari sekolah dan semenjak itu ia fokus untuk menjadi pemain sepak bola.

- Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak kedua di La Liga dibawah Lionel Messi.

- Ada dua kompetisi dimana Ronaldo belum mampu membuat gol. Pertama adalah Community Shield dimana dia sempat tampil sekali bersama Manchester United, kedua adalah Liga Europa, dimana CR7 sempat tampil dua kali.

- Ronaldo adalah top skor sepanjang masa untuk Portugal.

- Sevilla adalah tim yang paling sering di bobol CR7.

- Gorka Iraizoz adalah kiper yang paling sering dibobol Ronaldo.

- Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah untuk Real Madrid. Ia juga menjadi pencetak gol terbanyak di La Liga, UEFA Champions League, UEFA Super Cup dan FIFA Club World Cup untuk Real Madrid.

- Pada musim 2014/2015, Ronaldo mencetak 61 gol di semua kompetisi menjadikannya pemain dengan gol terbanyak dalam satu musim.

- Ronaldo sudah membuat 18 gol dari 13 final pada level klub.

- Ronaldo sudah enam kali jadi top skorer Liga Champions. Lima kali bersama Madrid, sekali dengan Manchester United.

- Ronaldo merupakan pemain dengan eksekusi penalti terbanyak di La Liga.

- Ronaldo sudah membuat lebih dari 50 gol dari tendangan bebas dan lebih dari 100 gol dari kepala.

- Debut Ronaldo saat menjadi pemain sepak bola profesional terjadi pada 2002 bersama Sporting CP. Ketika berhadapan dengan Inter di kualifikasi Liga Champions.

- Pada musim 2014/2015 Ronaldo pernah membuat 19 gol dari 10 pertandingan.

- Ronaldo menjalani debut bersama timnas senior Portugal pada usia 17 tahun, kala Portugal menghadapi Kazakhstan.

- Pemain yang paling sering bermain bersama Ronaldo adalah Karim Benzema. Keduanya sudah bermain bersama dalam lebih dari 320 laga.

- Gol pertama Ronaldo sebagai pemain profesional terjadi pada 7 Oktober 2002. Itu terjadi saat Sporting menghadapi Morierense di liga.

- Sejak menjadi pemain profesional, CR7 pernah dipimpin 10 pelatih/manajer yang berbeda diantaranya Manuel Pellegrini, Jose Mourinho, Carlo Ancelotti, Rafael Benitez, Zinedine Zidane dan tentu saja Sir Alex Ferguson yang berjasa dalam membesarkan nama Ronaldo hingga setenar sekarang ini.

- Kemenangan terbesar yang pernah dirasakan Ronaldo adalah 10-2 ketika Real Madrid mengalahkan Rayo Vallecano pada tahun 2015.

- Ronaldo mencatat rekor gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions dengan 17 gol pada musim 2013/2014.

- Sepanjang kariernya, Ronaldo sudah melawan lebih dari 125 lawan berbeda. Itu termasuk level klub maupun timnas.

- Ronaldo tercatat membuat lebih dari 90 kali brace alias mencetak dua gol dalam satu pertandingan.

- CR7 menjadi pesepakbola keempat setelah Steven Gerrard, Pelé, dan David Beckham yang dibuatkan patung lilin dirinya di Madame Tussauds London

- Di bulan Juni 2015, para astronom yang dipimpin David Sobral dari Lisbon dan Leiden menemukan sebuah galaksi yang mereka beri nama CR7 (Cosmos Redshift 7) sebagai bentuk penghargaan pada Ronaldo yang dikenal dengan julukan CR7.

- Menyusul keberhasilan Portugal menjuarai Euro 2016, bandara Madeira di Funchal diganti namanya menjadi Cristiano Ronaldo International Airport.

- Ronaldo menjadi pemain berkewarganegaraan Portugal pertama yang bergabung dengan Manchester United.

- Ronaldo melakukan debutnya di Premier League saat masuk menggantikan Nicky Butt di menit 60 pada 16 Agustus 2003.

- Ronaldo mencetak gol terakhirnya di Premier League dalam laga derby Manchester pada 10 Mei 2009.

- Trofi FA Cup menjadi trofi pertama baginya bersama Manchester United.

- Ronaldo tak pernah memberitahukan ke publik siapa ibu kandung dari anak pertamanya.

Itulah tadi fakta-fakta unik seorang Cristiano Ronaldo. Ternyata bukan hanya memukau di lapangan, mega bintang Real Madrid tersebut juga memiliki sifat yang mulia di luar lapangan. Sungguh sosok yang wajib ditiru.

Selain sifat mulianya, perjuangan Ronaldo untuk meraih kesuksesan juga bisa menjadi inspirasi. Berawal dari keluarga yang biasa-biasa saja, dengan perjuangan dan pantang menyerah sekarang Ronaldo masuk dalam jajaran atlet terkaya di dunia.

Sumber referensi: bangka.tribunnews.com, bola.tempo.co, detik.com, ligalaga.id

Keywords: Fakta Unik Cristiano Ronaldo, Berita, Biodata, Biografi, Informasi Lengkap, Terupdate, Profil Karier, Perjalanan, Keluarga, Kabar Terbaru, Terkini, Trivia

0 Response to "Fakta-Fakta Unik Cristiano Ronaldo"

Posting Komentar

IBX5A538CF69476E