Game Android Limbo, Game Puzzle Horror Sederhana Namun Seru


Di postingan ini saya akan membahas game Limbo versi android. Tapi, sebelum ke gameplay, grafis, plot dan lain-lain mari kita mengenal lebih dekat game ini terlebih dahulu.

Limbo adalah sebuah game puzzle-platform-horror yang di kembangkan oleh Playdead dan awalnya di rilis untuk Xbox 360 pada tanggal 21 Juli 2010. Kemudian game ini di rilis ke berbagai platform seperti PlayStation 3, Microsoft Windows, OS X, Linux, Xbox One, PlayStation 4, PlayStation Vita, iOS dan android.

Dalam Electronic Entertainment Expo 2010 atau dikenal juga dengan E3 2010, Limbo mendapatkan penghargaan "Best Downloadable Game" dari GameSpot. Limbo juga masuk nominasi dalam "Best Platformer" dari IGN dan "Most Original Game" dari G4 TV. Pada tahun 2010 game ini juga menjadi salah satu game yang menerima penghargaan Annie Award for Best Animated Video Game. Limbo juga menjadi satu dari sepuluh game yang masuk dalam daftar "Game of the Year" pada tahun 2011 di BAFTA Video Game Awards. Masih banyak penghargaan dan pencapaian lainnya yang berhasil di raih Limbo.

Seberapa mengagumkannya Limbo sampai-sampai mendapatkan banyak penghargaan?

Keseruan maksimal dengan kontrol dan gameplay minimalis


Limbo adalah sebuah game puzzle dengan gameplay yang sangat-sangat sederhana. Di game ini kita akan menggunakan seorang karakter anak kecil sekitar umur 6-7 tahun yang tak disebutkan namanya berpetualang di sebuah hutan yang di penuhi bahaya. Saat pertama kali memainkan game ini kita akan langsung di suguhkan karakter bocah tersebut terbangun di sebuah hutan, kita pun langsung masuk ke dalam gamenya dan mengambil alih karakter bocah tersebut. Ya, tanpa tutorial dan hanya disuguhkan sebuah penjelasan singkat tentang kontrol game ini.

Untuk menggerakan si bocah kita bisa menggeser atau mengelus (atau apalah disebutnya) layar bagian kiri ponsel kita sementara bagian kanan layar ponsel kita berguna agar si bocah meloncat. Sentuh dan geser bagian kanan layar ponsel kalian jika ingin si bocah meloncat. Kontrol lainnya adalah kalian bisa memegang, mendorong atau menarik suatu benda dengan menyentuh dan tahan di bagian kanan layar ponsel kalian. Di Limbo tidak ada tombol virtual yang di tampilkan, satu-satunya tombol virtual yang ada adalah tombol pause yang ada di pojok kiri atas layar, itu pun tidak selalu tampil melainkan kita harus menekannya terlebih dahulu di bagian tersebut untuk memunculkan tombol pause. Kurang sederhana, simple dan minimalis apalagi kontrol Limbo.

Checkpoint di game ini juga tidak terlihat dan tidak ada pemberitahuannya, jadi kita tidak tahu apakah kita sudah mencapai checkpoint atau belum. Kita hanya bisa tahu setelah karakter kita mati dan hidup kembali dari checkpoint terakhir yang kita lewati.

Di Limbo tidak ada batasan nyawa jadi kalian bisa mati sebanyak mungkin, sepuluh kali, seratus kali atau mungkin seribu kali. Kalian mungkin berpikir akan sangat mudah menamatkan game ini karena tidak ada batasan kematiannya. Tunggu, game ini tak semudah untuk di selesaikan meskipun dengan nyawa yang tak terbatas. Karena game ini bukan tentang seberapa banyak kalian mati tapi seberapa pintar otak kalian untuk menyelesaikan game ini karena untuk itulah game berjenis puzzle di buat. Coba saja, untuk yang pertama kali memainkan game ini minimal kalian akan mati 40-50 kali atau mungkin lebih untuk orang yang tak pernah memainkan game puzzle dan lebih sering bermain game adu jotos, balapan atau perang.

Gameplay game ini memang sangat sederhana dan tak ribet meskipun tanpa tutorial tapi tenang saja kalian akan mulai menguasainya kalau sudah sering memainkan game ini.

Meskipun gameplay-nya serba sederhana tapi Limbo tahu bagaimana membuat kesederhanaan itu menjadi sebuah keseruan. Ketika seseorang mendownload game puzzle yang mereka inginkan adalah sebuah game yang mampu menguras habis kemampuan otaknya dan Limbo berhasil melakukannya. Gameplay minimalis tersebut di dukung teka-teki yang di jamin membuat kalian tertantang. Hal sekecil apa pun harus di perhatikan di Limbo, perhatikan semua bagian layar ponsel kalian karena di situlah kadang jawaban untuk menyelesaikan tantangan di Limbo. Bukan hanya harus fokus terhadap apa yang tampil dan terjadi di layar ponsel kalian tapi timing untuk melakukan sesuatu di Limbo juga harus diperhatikan dengan sangat baik. Kadang terus berlari bukanlah jawabannya di Limbo.

Yang menarik di sini meskipun kontrolnya sederhana tapi kecepatan jari kalian akan tetap di uji. Selain itu, penglihatan, reflek, otak, logika dan kecepatan adalah hal-hal yang akan di uji di Limbo.

Nuansa horror dengan grafis hitam putih dan efek suara creepy



Tak jauh beda dengan gameplay-nya, Limbo juga cukup sederhana dari segi grafis yang hanya berlatarkan hitam putih. Sepertinya game ini mengambil latar tempat sebuah hutan misterius di malam hari karena itulah warnanya di buat hitam putih. Mau di warnai apalagi toh latarnya juga malam hari di tengah hutan antah berantah, namun pengaturan pencerahannya sangat diperhitungkan hingga bisa memberikan penggambaran hutan misterius di malam hari dengan pencahayaan yang minim. Tapi, grafis sederhana tersebut menjadi salah satu unsur paling penting yang membuat nuansa horor di game ini sangat terasa.

Berbicara tentang seberapa horor game ini maka selain grafisnya yang dipastikan cukup menjadi penunjang unsur creepy, kita juga tidak boleh melupakan efek-efek suaranya yang tak kalah menyeramkan. Jika kalian memainkan game ini di siang bolong sudah pasti kalian akan mengatakan kalau game ini tidak menyeramkan sama sekali tapi coba mainkan game ini di jam 10 malam ke atas di kamar dengan lampu di matikan maka kalian akan menarik kembali ucapan kalian. Apalagi kalau kalian memperbesar volumenya maka kalian akan mendengar suara-suara creepy dari game ini salah satunya adalah suara lalat yang seperti sedang mengerumuni sebuah bangkai. Lagi-lagi, sederhana namun bisa memaksimalkan rasa horor yang ada.

Masih berbicara tentang grafisnya, yag harus di puji lagi dari Limbo ini adalah pergerakannya yang sangat smooth dan seperti memiliki frame rate animasi yang tinggi.

Plot cerita yang sangat misterius


Plot cerita di game Limbo ini sangat misterius dan hampir tidak jelas bagaimana awal dan akhirnya. Di awal kita diperlihatkan seorang anak tanpa nama yang entah kenapa terbangun di sebuah hutan yang katanya tempat itu adalah "edge of hell" alias "tepi neraka". Judul game ini sendiri di ambil dari Bahasa Latin yakni limbus yang memiliki arti tepi.


Meskipun game ini memiliki latar awal hutan namun semakin lama kita akan dibawa ke sebuah pabrik dan perkotaan namun nuansa seramnya akan terus mengiringi game ini dari awal sampai akhir. Hal tersebut semakin membuat kita bertanya-tanya apa yang dilakukan anak kecil ini, dari hutan ke perkotaan lalu ke sebuah pabrik yang tidak jelas pabrik apa itu. Sepanjang perjalanan pun kita bertemu makhluk-makhluk aneh dan hanya beberapa manusia saja dan manusia itupun ada yang sudah mati dan sisanya ada yang malah menyerang kita.

Namun, jika kita sudah menyelesaikan game ini maka setidaknya kita bisa mengambil kesimpulan kalau anak kecil yang kita mainkan ini berpetualang untuk menyelamatkan seorang gadis yang entah siapa gadis tersebut. Alasan kenapa si anak bisa ada di tempat tersebut dan bagaimana nantinya si anak keluar dari dunia gelap tersebut juga tidak diceritakan di game ini. Sepertinya Playdead senang sekali ya membuat hal-hal misterius yang bisa membuat kita penasaran.

Itulah tadi review atau pembahasan singkat saya tentang game Limbo versi android. Limbo versi android sepertinya memiliki perbedaan dengan versi untuk platform lainnya. Jika kalian ingin mendownload Limbo di android maka siapkan uang sebesar Rp.67.389 karena game ini adalah game berbayar dan kalian bisa membelinya di Play Store. Di Play Store game ini mendapat rating 4,7/5, jadi di jamin deh uang kalian tidak akan keluar sia-sia karena kalian pasti terpuaskan dengan game Limbo khususnya kalian yang suka game puzzle. Jika kalian ingin yang gratis ya silahkan cari di Google ada ko.

Game Limbo juga tidak memerlukan spesifikasi ponsel android yang mewah, saya memainkan game ini di ponsel dengan RAM 2GB dan lancar jaya bahkan mungkin di ponsel dengan RAM 1GB juga akan lancar.

Overall, game Limbo adalah game puzzle misteri terbaik yang ada saat ini. Tidak ribet, sederhana, grafis oke, bisa dimainkan di ponsel spesifikasi minim, menantang dan tentu saja menyeramkan. Absurdnya cerita di game ini tak menjadi kekurangan untuk Limbo justru menambah misteri di game ini. So, nikmati dan taklukan teka-teki di Limbo, uji seberapa pintar otak kalian.

Keywords: Game Paling Misterius, Game Horor Terbaik, Game Kegelapan, Game Android Hantu, Hutan, Playdead, 2018, 2019, 2020, Terbaru, Informasi Lengkap, Trivia, Wikipedia, Review, Ulasan, Fakta Unik
.

0 Response to "Game Android Limbo, Game Puzzle Horror Sederhana Namun Seru"

Posting Komentar

IBX5A538CF69476E