Apa itu Deskripsi Penelusuran? Inilah Cara Menggunakan Deskripsi Penelusuran Yang Baik Dan Benar

deskripsi-penelusuran.jpg

Untuk seseorang yang sudah lama menjadi blogger alias sudah pro tentu sudah hapal semua fitur yang ada di platform Blogger aka Blogspot dan sudah tahu untuk apa gunanya fitur tersebut. Namun, untuk orang-orang yang baru terjun ke dunia blogging tentu masih banyak pertanyaan tentang fitur-fitur yang ada di Blogger. Salah satunya adalah fitur deskripsi penelusuran.

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara singkat apa itu deskripsi penelusuran dan bagaimana cara yang benar untuk memanfaatkannya.

Pengertian deskripsi penelusuran


Deskripsi penelusuran adalah fitur yang memungkinkan kita membuat deskripsi singkat untuk sebuah postingan yang akan tampil jika postingan tersebut muncul di hasil pencarian Google.

Biasanya jika salah satu postingan blog kita muncul di hasil pencarian Google maka deskripsi yang ditampilkan di bawah judul postingan adalah beberapa kalimat awal postingan tersebut. Contohnya seperti gambar di bawah ini.


Nah, dengan adanya fitur ini kalian bisa mengatur deskripsi singkat tersebut. Lalu, bagaimana cara menggunakan deskripsi penelusuran di Blogger?

Tutorial cara menggunakan deskripsi penelusuran yang baik dan benar


Saat membuat blog, deskripsi penelusuran secara default belum aktif dan kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya kalian masuk ke Setelan lalu pilih Preferensi penelusuran.


Cari opsi untuk mengaktifkan deskripsi penelusuran lalu pilih Ya. isi kolom yang tersedia dengan deskripsi singkat tentang blog kalian selanjutnya klik Simpan perubahan.


Deskripsi tersebut adalah deskripsi singkat jika blog kalian muncul di halaman hasil pencarian Google.


Yang kalian lakukan barusan adalah mengaktifkan deskripsi penelusuran dan mengisi deskripsi penelusuran halaman utama atau home page blog kalian. Untuk mengisi deskripsi penelusuran di setiap postingan yang kalian buat ikuti langkah selanjutnya di bawah.

Di dalam halaman menulis postingan ada beberapa opsi yang tertera di sebelah kanan seperti gambar berikut.


Kalian pasti sudah tahu mana yang harus kalian pilih. Ya, pilih Deskripsi Penelusuran lalu isi deskripsi penelusuran dengan deskripsi singkat tentang postingan kalian.


Inilah contoh hasil postingan blog ini yang menggunakan deskripsi penelusuran saat muncul di hasil pencarian Google.


Itulah tadi tutorial sederhana cara menggunakan deskripsi penelusuran.

Tapi, ada sebagian orang yang menggunakan deskripsi penelusuran dengan cara yang salah. Mereka malah mengisi deskripsi penelusan dengan keyword padahal itu bukan tempatnya. Deskripsi penelusuran harusnya merupakan satu atau dua kalimat singkat yang menjelaskan isi dari postingan bukan rentetan keyword seperti game android, terbaru, terkeren, terlaris, paling banyak di download dan keyword lainnya. Mengisi deskripsi penelusuran dengan rentetan keyword tidak akan membuat postingan kalian lebih SEO justru malah membuat postingan kalian terlihat aneh di hasil pencarian Google.

Selain mengisi deskripsi penelusuran dengan rentetan keyword, kesalahan yang sering di lakukan kebanyakan blogger dalam mengisi deskripsi penelusuran sebuah postingan adalah mengisinya dengan deskripsi yang terlalu panjang. Kalian hanya boleh memasukkan 160 karakter saja di deskripsi penelusuran. Sebenarnya kalian bisa memasukkan lebih dari 160 karakter namun saat tampil di hasil pencarian Google akan di potong dan hanya tampil 160 karakter saja.

Bagaimana sih cara mengisi deskripsi penelusuran postingan yang benar?

Caranya sebenarnya sudah saya sebutkan di atas yaitu hindari dua kesalahan di atas. Tentang keyword, kalian sebenarnya bisa memasukkan keyword tapi bukan berjejer dengan tidak jelas melainkan menjadi sebuah kalimat yang relevan dan bisa menjelaskan keseluruhan isi artikel.

Apa gunanya mengisi deskripsi penelusuran? Apakah berpengaruh pada SEO?

Sebenarnya saya sendiri tidak tahu apakah mengisi deskripsi penelusuran akan berpengaruh pada SEO atau tidak. Tapi, mengisi deskripsi penelusuran dengan benar bisa meningkatkan CTR blog kalian di hasil pencarian Google.

Sebagai contoh ada dua artikel yang memiliki judul yang hampir sama dan isinya juga hampir sama di hasil pencarian Google, hampir sama bukan 100% sama ya. Dua artikel tersebut tentang cara membuat cilok. Artikel pertama deskripsi penelusurannya di atur dan menampilkan deskripsi "Inilah cara dan resep membuat cilok yang enak dengan cara yang mudah. Bisa bermacam-macam rasa dan di jamin anti gagal". Sementara artikel kedua deskripsi penelusurannya tidak di atur dan menampilkan kalimat-kalimat awal artikel yaitu "Halo sobat semua. Bagaimana kabarnya? Buat yang lagi sakit cepet sembuh ya. Sudah lama nih saya tidak membagikan...". Kalian bisa menilai sendiri artikel mana yang akan di pilih lebih dulu untuk dibaca orang-orang.

Deskripsi penelusuran akan sangat berguna untuk kalian yang suka basa-basi terlebih dahulu di awal artikel.

Di beberapa kasus ada yang deskripsi penelusurannya tidak tampil seperti yang di inginkan meskipun sudah di atur. Kejadian ini bisa terjadi jika orang mengisi kata kunci di kolom pencarian Google dan kata kunci tersebut tidak ada di deskripsi penelusuran yang kalian tulis melainkan ada di dalam postingan kalian. Otomatis yang akan tampil adalah beberapa kalimat yang mengandung kata kunci yang terdapat dalam postingan kalian. Tenang saja itu hal yang wajar dan tak perlu tindakan apapun.

Kalau saya sendiri selalu mengatur setiap deskripsi penelusuran postingan saya di blog ini, setidaknya setelah saya tahu kalau mengisi deskripsi penelusuran itu ada manfaatnya.

Semoga postingan tentang deskripsi penelusuran ini bisa menambah pengetahuan kalian seputar dunia blogging.

Tags: Tutorial Simple Menggunakan Deskripsi Penelusuran Yang Tepat Bisa meningkatkan SEO, Kesalahan Umum, Kesehatan Blog, CTR, Terbaru, 2018, 2019, 2020
.

2 Responses to "Apa itu Deskripsi Penelusuran? Inilah Cara Menggunakan Deskripsi Penelusuran Yang Baik Dan Benar"

IBX5A538CF69476E

FANSPAGE FACEBOOK