Film-Film Tentang Hacker Terbaik Sepanjang Masa

film-film-tentang-hacker-terbaik-sepanjang-masa.jpg

"Hacker atau peretas adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan." ~ Wikipedia

Hacker atau peretas adalah orang yang mahir dengan dunia komputer terutama dalam urusan pemrograman. Sekarang ini, hacker memiliki konotasi negatif karena hacker lebih dikenal sebagai penerobos suatu sistem yang dapat merugikan orang lain. Padahal tidak semua hacker begitu, ada dua jenis hacker yaitu white hat hacker dan black hat hacker.

White hat hacker adalah jenis hacker yang tahu aturan dan tidak menyalahgunakan kemampuannya untuk hal-hal yang merugikan orang lain. Hacker jenis ini disebut juga sebagai hacker sejati. Sementara black hat hacker adalah jenis hacker yang sering kali menyalahgunakan kemampuannya untuk kepentingan atau kepuasannya semata. Hacker jenis ini lebih sering disebut sebagi cracker dibanding hacker. Sudah jelas, black hat hacker adalah jenis hacker yang membuat nama hacker dipandang negatif oleh masyarakat. Jadi, mulai sekarang berhenti memandang hacker sebagai seorang penjahat atau kriminal karena tidak semua hacker itu memiliki sifat jahat.

Saya termasuk orang yang sangat kagum dengan seorang hacker, terlepas dari baik atau jahatnya hacker tersebut saya tetap menganggap seorang hacker adalah orang yang pintar karena tidak semua orang bisa menjadi hacker. Bukan saya saja sepertinya yang menganggap seorang hacker itu keren karena diluar sana banyak orang-orang yang sok jadi hacker karena ingin terlihat keren padahal mereka itu lupa kata sandi Facebook saja sudah panik setengah mati.

Banyak orang yang tertarik dengan dunia hacker karena itulah banyak film yang menjadikan dunia hacker sebagai tema utamanya. Tidak semua film hacker mampu membuat kita terkesan, hanya karena temanya yang tentang hacker bukan berarti film tersebut otomatis menjadi film berkualitas. Jalan cerita, akting, visualisasi dan lain sebagainya tetap berpengaruh terhadap kualitas film hacker tersebut. Lalu mana sajakah film-film yang layak masuk daftar film hacker terbaik sepanjang sejarah?

Inilah daftar film-film hacker terbaik sepanjang masa versi RegenciPedia


WarGames (1983)

wargames-1983.jpg
WarGames (1983) adalah film bergenre sci-fi yang dirilis pada tanggal 3 Juni 1983 namun film ini terlebih dulu diputar di Cannes Film Festival pada tanggal 7 Mei 1983. Film ini memang sudah sangat jadul bahkan saat film ini dirilis saya belum lahir.

David Lightman (Matthew Broderick) seorang hacker muda yang hobi bermain game tak sengaja meretas superkomputer milik militer Amerika Serikat. Awalnya David menganggap itu hanya sebuah permainan namun ternyata itu adalah sebuah simulasi penyerangan nuklir yang dibuat serealistis mungkin oleh penciptanya. Walaupun hanya sebuah simulasi namun kepanikan terjadi di pihak militer Amerika Serikat sampai-sampai hampir meluncurkan serangan nuklir yang akan memicu perang dunia ke-3.

Ada beberapa scene keren di film ini salah satunya saat David meretas data komputer sekolahnya untuk mengganti nilai ujiannya ada juga saat David mengakali telepon umum agar bisa menelepon gratis.

WarGames (1983) dibeberapa momen cukup menegangkan namun film ini juga menyelipkan unsur komedi di dalamnya. Teknologi di film ini tentu saja tidak bisa disandingkan dengan film masa kini, harap maklum film ini dibuat lebih dari 3 dekade yang lalu. Meskipun di awal film ini sedikit boring tapi perlahan setelah aksi peretasan pertama di perlihatkan kita akan mulai menikmati film ini.

Film ini disutradarai oleh John Badham untuk produsernya ada Leonard Goldberg, Rich Hashimoto, Harold K. Schneider dan Bruce McNall sementara naskah ceritanya dipercayakan pada Lawrence Lasker dan Walter F. Parkes. Untuk jajaran pemainnya ada Matthew Broderick, Dabney Coleman, John Wood, Ally Sheedy, Barry Corbin, Juanin Clay, Dennis Lipscomb dan lain-lain.

Film WarGames (1983) berhasil mendapatkan tiga nominasi Oscar atau Academy Awards pada tahun 1984 yakni di kategori Best Cinematography, Best Sound dan Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen. Film ini juga mendapatkan rating 93% di Rotten Tomatoes yang menjadi bukti kalau ini adalah film bertemakan hacker yang sangat layak kalian tonton.

Sneakers (1992)

sneakers-1992.jpg
Sneakers (1992) adalah sebuah film yang diarahkan oleh sutradara Phil Alden Robinson dan dirilis pada tanggal 11 September 1992. Selain menjadi sutradara, Phil Alden Robinson juga menjadi penulis naskah film ini bersama dengan Lawrence Lasker dan Walter Parkes, sementara Lawrence Lasker dan Walter Parkes sendiri juga menjadi produser di film ini. Untuk para pemainnya di isi oleh Robert Redford, Dan Aykroyd, Ben Kingsley, Mary McDonnell, River Phoenix, Sidney Poitier dan David Strathairn. Film ini sangat laris di bioskop, dengan budget $30 juta film yang berdurasi 126 menit ini berhasil meraih pendapatan sebesar $105 juta.

Sneakers (1992) menceritakan seorang peretas bernama Martin (Robert Redford) yang membentuk kelompok hacker yang bekerja untuk mengetes keamanan sebuah perusahaan. Suatu ketika Martin dan teman-temannya terlibat masalah serius karena ikut terlibat dalam perebutan sebuah kotak yang mampu memecahkan semua kode. Masalah semakin sulit bagi Martin karena ia harus berhadapan dengan sahabat lamanya yang juga menginginkan kotak tersebut.

Teknologi di film ini pastinya lebih maju dibanding film WarGames (1983) yang dibuat sembilan tahun sebelumnya, bahkan kalau bukan karena kualitas gambar dan penampilan para pemainnya saya tidak akan tahu kalau ini film tahun 90-an. Di film ini kita akan diperkenalkan dengan teknologi keamanan yang sudah sangat canggih seperti password dengan suara dan alarm canggih yang akan berbunyi hanya karena perubahan suhu. Saya lumayan terkejut, ternyata di tahun 1992 sudah ada yang seperti itu meskipun mungkin baru ada di film.

Film hacker yang satu ini lebih berfokus pada pembobolan keamanan sebuah gedung daripada sebuah website.

Di beberapa scene film ini cukup lucu dan menghibur. Ketegangannya yang sangat terasa hanya ada di bagian ending film ketika Martin dan teman-temannya melakukan pembobolan keamanan gedung perusahaan mainan yang memiliki sistem keamanan tingkat tinggi. jalan ceritanya menarik dan di beberapa poin cukup mengejutkan.

Hackers (1995)

hackers-1995.jpg
Dade Murphy (Jonny Lee Miller) yang memiliki nama panggilan Zero Cool adalah seorang hacker jenius, di usianya yang baru 11 tahun ia bertanggung jawab atas rusaknya 1507 sistem komputer. Alhasil, keluarganya pun di denda $45.000 dan Dade tak boleh menggunakan komputer sampai usianya 18 tahun. Tujuh tahun kemudian saat ia kembali diperbolehkan menggunakan komputer, Dade kembali masuk ke dunia hacker. Kali ini Dade dan teman-temannya harus berhadapan dengan Eugene Belford (Fisher Stevens) atau dikenal juga dengan The Plague. Eugene merupakan seorang hacker yang dipekerjakan oleh perusahaan Ellingson Mineral. Eugene punya rencana jahat dan menjadikan Dade dan teman-temannya sebagai kambing hitam.

Dari judulnya saja, Hacker (1995), sudah bisa ditebak kalau film ini akan penuh dengan aksi peretasan dan benar saja kita akan disuguhkan aksi dan perang hacker yang seru di film ini. Momen ketika Dade cs menyerang sistem perusahaan Ellingson Mineral dengan bantuan para hacker dari berbagai belahan dunia benar-benar luar biasa epik. Masih dengan formula yang sama seperti film WarGames (1983) dan Sneakers (1992), film ini juga menambahkan unsur komedi di dalamnya.

Hackers (1995) dirilis pada tanggal 15 September 1995 dan turut dibintangi aktris seksi, Angelina Jolie. Selain Angelina Jolie, film yang di distribusikan oleh United Artists ini juga dibintangi Jonny Lee Miller, Renoly Santiago, Matthew Lillard, Laurence Mason, Jesse Bradford, Fisher Stevens, Lorraine Bracco, Alberta Watson dan Penn Jillette. Di kursi sutradara ada Iain Softley sementara naskah ceritanya dikerjakan oleh Rafael Moreu.

Takedown (2000)

takedown-2000.jpg
Yang menarik dari film ini adalah fakta bahwa film Takedown (2000) ini diadaptasi dari kisah nyata seorang hacker bernama Kevin Mitnick a.k.a The Condor, ia adalah sosok yang wajib diketahui oleh kalian yang seorang hacker. Kevin Mitnick merupakan seorang hacker paling kontroversial di Amerika Serikat dan sempat menjadi buronan FBI selama dua setengah tahun. Setelah ditangkap ia dipenjara selama kurang lebih lima tahun. Sekarang ia menggunakan keahliannya pada jalan yang benar. Untuk lebih mengetahui siapa itu Kevin Mitnick silahkan kalian buka halaman Kevin Mitnick di Wikipedia.

Takedown (2000) akan menceritakan Kevin Mitnick (Skeet Ulrich) yang selalu berhasil lolos dari kejaran FBI karena keahliannya. Sampai pada suatu ketika Mitnick berurusan dengan Tsutomu Shimomura (Russell Wong) yang juga seorang hacker handal. Perang hacker antara Mitnick dan Shimomura tak terelakkan lagi. Siapa yang akan kalah?

Takedown (2000) dirilis pada tanggal 15 Maret 2000 dan disutradarai oleh Joe Chappelle. Film yang diproduksi oleh Millennium Films serta di distribusikan oleh Dimension Films ini dibintangi oleh Skeet Ulrich, Russell Wong, Angela Featherstone, Donal Logue, Christopher McDonald, Percy Robert Miller dan Amanda Peet.

Swordfish (2001)

swordfish-2001.jpg
Meskipun judulnya seperti itu tapi film Swordfish (2001) ini bukan film tentang ikan loh ya. Swordfish (2001) adalah sebuah film bertemakan hacker yang disutradarai oleh Dominic Sena serta di produseri oleh Joel Silver dan Jonathan D. Krane sementara untuk penulis naskah ceritanya ada Skip Woods. Saya menaruh ekspektasi besar terhadap film ini pada saat melihat jajaran pemainnya yang di isi nama-nama kelas wahid di ranah film Hollywood, sebut saja Hugh Jackman aktor yang terkenal lewat perannya sebagai manusia bercakar Wolverine di X-Men Series. Di film ini, sebagai lawan main Jackman ada John Travolta yang juga merupakan aktor berbakat di Hollywood.

Stanley Jobson (Hugh Jackman) merupakan seorang hacker dengan kemampuan yang luar biasa. Sayangnya, ia menggunakan kemampuannya itu untuk merusak situs pemerintah dan ia pun sempat di penjara. Kini, hidup Stanley sangat kacau. Ia juga harus bercerai dengan istrinya dan membuat Stanley tak bisa bebas bertemu putrinya. Suatu ketika Stanley bekerja sama dengan Gabriel Shear (John Travolta) dan membuatnya kembali terlibat dalam masalah serius.

Selain dari segi akting yang sudah pasti tidak gagal, film ini punya kekuatan dari ceritanya sama seperti film-film hacker sebelumnya. Film ini juga menyuguhkan beberapa adegan aksi yang menegangkan dan kejar-kejaran yang seru. Tapi, scene ketika helikopter meledak itu editannya harus di akui masih kasar. Namun, yang harus di garis bawahi adalah film ini memiliki beberapa adegan nudity alias vulgar yang menurut saya pribadi malah mengganggu dan menjadi poin negatif film yang dirilis tanggal 8 Juni 2001 ini. Jadi, jangan biarkan bocah di bawah 18 tahun menonton film Swordfish (2001).

Kita mungkin di sepanjang film akan menganggap apa yang dilakukan karakter Gabriel itu untuk kepentingannya sendiri termasuk uang yang ia dapatkan juga kita anggap akan ia gunakan untuk bersenang-senang tapi di ending kita akan tahu kalau ternyata ia memanfaatkan uang tersebut untuk hal lain.

Live Free or Die Hard (2007)

live-free-or-die-hard-2007.jpg
Live Free or Die Hard (2007) atau di kenal juga dengan judul Die Hard 4.0 (2007) adalah installment ke-4 dari Die Hard Series. Untuk kalian penggemar film action pasti tidak asing dengan seri film Die Hard karena seri film yang satu ini adalah tontonan wajib untuk kalian penyuka film action dengan ketegangan ekstra. Die Hard Series memang bukanlah seri film seputar hacker tapi di seri ke-4 ini tema hacker coba di angkat dan di padukan dengan aksi-aksi menegangkan khas Die Hard Series.

Thomas Gabriel (Timothy Olyphant) adalah mantan programmer di DOD (Department of Defense) yang usaha dan karyanya tidak di hargai oleh pemerintah. Ia bersama para hacker lainnya melakukan sebuah peretasan besar-besaran pada jaringan komputer Amerika Serikat yang membuatnya bisa mengontrol lalu lintas, komunikasi dan lain-lain. Seorang detektif bernama John McClane (Bruce Willis) dan seorang hacker muda bernama Matthew Farrell (Justin Long) harus berusaha menghentikan aksi Gabriel dan teman-teman hackernya. Farrell sendiri merupakan orang yang tanpa sengaja turut andil membantu Gabriel sampai bisa melakukan peretasan besar-besaran tersebut.

Konsep dunia peretasan yang di padukan dengan aksi-aksi menegangkan seperti kejar-kejaran mobil, ledakan dan baku tembak membuat film yang dirilis pada tanggal 27 Juni 2007 ini tidak akan membuat kita bosan dari awal sampai akhir. Dialog-dialog di film ini menjadi sisi lain dari film Live Free or Die Hard (2007), cukup banyak lelucon yang di selipkan di dialognya dan saya rasa itu cukup menghibur. Tapi, setelah saya menonton film ini saya jadi berpikir kalau film ini layak masuk genre superhero. Bagaimana tidak, karakter John McClane sudah seperti Captain America, jatuh dari mobil dengan kecepatan tinggi, terkena ledakan gas dan ia masih bisa hidup. Ia memang sempat terlihat terluka namun beberapa saat kemudian ia terlihat baik-baik saja dan melakukan aksi berbahaya lainnya. Apa mungkin ia memiliki kemampuan menyembuhkan diri seperti Wolverine di X-Men Series? Tapi, jika melihat judul filmnya itu bisa masuk akal. Terlepas dari itu, film yang disutradarai oleh Len Wiseman ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang suka film hacker yang penuh aksi.

Untraceable (2008)

untraceable-2008.jpg
Jennifer Marsh (Diane Lane) dan Griffin Dowd (Colin Hanks) adalah dua agen FBI yang bertugas di divisi cybercrime atau kasus kejahatan di internet. Suatu ketika mereka mendapatkan laporan tentang sebuah situs aneh bernama KillWithMe.com yang awalnya hanya menampilkan sebuah video pembunuhan seekor kucing secara live namun selanjutnya yang menjadi objek pembunuhannya adalah manusia. Pembunuhan manusia tersebut juga ditayangkan secara live di situs tersebut dan kapan korban tewas tergantung jumlah penonton, jika penonton semakin banyak maka korban akan semakin cepat tewas dengan cara-cara yang sadis. Situs tersebut memiliki keamanan berlapis dan membuat polisi kesulitan melacaknya. Dibantu Detektif Eric Box (Billy Burke), Marsh dan Griffin mencoba mengungkap dan menangkap siapa hacker yang membuat situs tersebut namun hacker misterius tersebut justru mulai mengincar mereka.

Film Untraceable (2008) bisa dibilang Saw versi hacker-nya karena pembunuhan-pembunuhannya mengingatkan saya pada Saw Series. Selain tergolong film hacker, film yang memiliki durasi 101 menit ini juga bisa di bilang film tentang psikopat. Menyeramkan memang ketika seorang psikopat memiliki kemampuan hacker yang luar biasa maka pembunuhan berantai akan tersaji begitu saja di internet.

Untraceable (2008) di rilis pada tanggal 25 Januari 2008. Film ini di produksi oleh Lakeshore Entertainment serta di distribusikan oleh Screen Gems dan Universal Pictures. Sementara di kursi sutradara ada Gregory Hoblit dan untuk jajaran pemerannya di isi Diane Lane, Colin Hanks, Billy Burke, Joseph Cross, Mary Beth Hurt dan Jesse Tyler Ferguson.

Eagle Eye (2008)

eagle-eye-2008.jpg
Jerry Shaw (Shia LaBeouf) dan Rachel Holloman (Michelle Monaghan) mendapatkan telepon dari seorang wanita misterius yang memaksa mereka untuk melakukan hal-hal yang berbahaya. Orang yang menelepon mereka bisa meretas apa saja seperti kereta api, lampu lalu lintas bahkan sampai pesawat tempur. Shaw dan Holloman pun terpaksa melakukan apa pun yang di perintahkan karena orang tersebut bisa membahayakan mereka berdua dan orang-orang yang mereka cintai.

Eagle Eye (2008) adalah sebuah film yang di distribusikan oleh DreamWorks Pictures dan Paramount Pictures serta di rilis pada tanggal 26 September 2008. Posisi sutradara film ini di duduki oleh D. J. Caruso sementara di jajaran produser ada Alex Kurtzman, Roberto Orci dan Pat Crowley. Para aktor dan aktris yang bermain di film ini antara lain Shia LaBeouf, Michelle Monaghan, Rosario Dawson, Michael Chiklis, Anthony Mackie dan Billy Bob Thornton.

Jika melihat rating film ini di situs Rotten Tomatoes yang hanya 27% saja akan membuat kita malas menontonnya. Entah kenapa film ini bisa mendapatkan rating sekecil itu padahal film ini tidak buruk. Plot ceritanya cukup menarik apalagi kejutan siapa sebenarnya yang meneror Shaw dan Holloman benar-benar di luar dugaan tapi harus di akui itu juga kurang masuk akal dan sedikit mustahil. 'Bumbu lain yang di taburkan' di film ini cukup efektif mengusir kejenuhan ketika menonton Eagle Eye (2008) seperti aksi kejar-kejaran dan ledakannya. Akting di film ini juga menjanjikan, aktor sekaliber Shia LaBeouf sudah pasti aktingnya tidak mengecewakan.

Meskipun mendapat review yang sangat buruk dari kritikus tapi film berdurasi 118 menit ini tidak merugi, dari modal $80 juta film Eagle Eye (2008) berhasil mengumpulkan pendapatan sebanyak $178 juta. Tidak begitu buruk untuk film dengan rating mengenaskan.

Underground: The Julian Assange Story (2012)

underground-the-julian-assange-story-2012.jpg
Film ini menceritakan tentang seorang hacker muda bernama Julian Assange (Alex Williams) yang menjadi incaran pihak kepolisian. Pemerintah Australia sampai-sampai membuat tim khusus yang di pimpin oleh Detektif Ken Roberts (Anthony LaPaglia) untuk menangkap Julian. Ia mulai menjadi incaran setelah meretas situs militer Amerika Serikat dan menemukan beberapa bukti mengejutkan tentang militer Amerika Serikat.

Underground: The Julian Assange Story (2012) adalah sebuah film televisi Australia yang ditayangkan di channel Network Ten pada tanggal 7 Oktober 2012. Saat penayangan perdananya di televisi, film ini di tonton oleh lebih dari 1,3 juta orang dan menjadi trending topic Twitter di Australia. Namun, film yang di produksi oleh Matchbox Pictures ini terlebih dulu diputar di Toronto International Film Festival pada tanggal 8 September 2012.

Sama seperti Takedown (2000), Underground: The Julian Assange Story (2012) juga mengangkat kisah seorang hacker ternama di dunia nyata. Kali ini sosok tersebut adalah Julian Assange, salah satu pendiri situs WikiLeaks. Untuk kalian yang seorang hacker atau hanya sebatas tertarik dengan dunia hacker tentu tak asing dengan situs WikiLeaks. Situs tersebut sangat kontroversial karena membagikan dokumen-dokumen rahasia termasuk dokumen pemerintah.

Film ini di sutradarai oleh Robert Connolly yang juga merangkap sebagai penulis naskah cerita sementara untuk jajaran pemainnya ada Rachel Griffiths, Callan McAuliffe, Anthony LaPaglia, Alex Williams, Laura Wheelwright, Benedict Samuel dan Jordan Raskopoulos.

The Fifth Estate (2013)

the-fifth-estate-2013.jpg
Tak bisa dipungkiri kalau Julian Assange dengan situs WikiLeaks-nya adalah salah satu fenomena terbesar di dunia hacker. Setelah film Underground: The Julian Assange Story (2012), kali ini ada The Fifth Estate (2013) yang juga mengangkat kisah Julian. Bisa dibilang ini sekuel Underground: The Julian Assange Story (2012), jika di film Underground: The Julian Assange Story (2012) menceritakan Julian yang masih muda maka di The Fifth Estate (2013) menceritakan Julian yang sudah dewasa dan sudah mendirikan situs WikiLeaks.

Film ini terinspirasi dari buku berjudul WikiLeaks: My Time with Julian Assange at the World's Most Dangerous Website dan WikiLeaks: Inside Julian Assange's War on Secrecy. Di film ini Julian diperankan oleh Benedict Cumberbatch dan film ini sendiri berfokus pada konflik Julian dan privasi para narasumber yang memberikan informasi untuk diterbitkan di WikiLeaks.

Untuk kalian yang tidak tertarik dengan dunia hacker dan tidak tahu apa itu situs WikiLeaks tentu akan merasa bosan menonton film ini. Karena daya tarik film ini hanya berdasarkan kisah nyata yang populer di dunia hacker. Tidak ada aksi menegangkan apalagi adegan ledakan seperti di film Live Free or Die Hard (2007). Film berdurasi 128 menit ini lebih menjurus ke drama. Beda cerita jika kalian tertarik dengan dunia hacker dan sudah tahu bagaimana kontroversialnya situs WikiLeaks.

The Fifth Estate (2013) di sutradarai oleh Bill Condon sementara naskah ceritanya di tulis oleh Josh Singer. Film yang di rilis pada tanggal 18 Oktober 2013 ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch, Daniel Brühl, Anthony Mackie, David Thewlis, Alicia Vikander, Stanley Tucci dan Laura Linney.

Who Am I (2014)

who-am-i-2014.jpg
Film ini akan menceritakan kisah Benjamin Engel (Tom Schilling) dan ketiga temannya yakni Max (Elyas M'Barek), Stephan (Wotan Wilke Möhring) dan Paul (Antoine Monot, Jr.). Mereka berempat membuat kelompok hacker bernama CLAY. Kelompok CLAY ini memiliki konflik dengan aparat hukum dan juga kelompok hacker lain karena aksi-aksi mereka.

Who Am I (2014) adalah film hacker paling populer dan mayoritas orang akan menjawab film ini ketika ditanya film bertemakan hacker. Itu semua bukan tanpa alasan, aksi-aksi hacker yang seru, kualitas akting yang bagus, cerita yang apik, alur maju mundur yang bikin penasaran plus ditunjang twist berlapis di akhir yang di jamin akan membuat kalian tercengang.

Saya pernah membuat artikel tentang film Who Am I (2014) di blog ini. Jadi, daripada memperpanjang postingan ini silahkan kalian baca selengkapnya tentang film Who Am I (2014) di artikel Who Am I (2014), Salah Satu Film Hacker Terbaik Yang Pernah Dibuat.

Open Windows (2014)

open-windows-2014.jpg
Nick Chambers (Elijah Wood) berhasil memenangkan sebuah kontes online dan berkesempatan makan malam dengan aktris idolanya, Jill Goddard (Sasha Grey 😱). Namun, Jill malah membatalkan makan malam tersebut. Nick mulai di teror oleh hacker bernama Chord (Neil Maskell) yang menyuruh Nick melakukan hal-hal gila yang berhubungan dengan Jill.

Film ini diarahkan oleh sutradara Nacho Vigalondo yang juga merangkap sebagai penulis naskah ceritanya sementara di jajaran produser ada Belén Atienza, Enrique López Lavigne dan Mercedes Gamero. Film berdurasi 100 menit ini di rilis pertama kali pada tanggal 4 Juli 2014 di Spanyol dan di distribusikan oleh Aurum Producciones.

Film ini memiliki cerita yang sangat seru dan jujur saya sangat menikmati jalan ceritanya. Aksi-aksi teror dari sang hacker benar-benar keren dan gila. Sama seperti Who Am I (2014), film ini juga memiliki twist di akhir yang pasti tak akan kalian duga sebelumnya.

Cyberbully (2015)

cyberbully-2015.jpg
Film Cyberbully (2015) adalah salah satu film bertemakan hacker yang tak boleh kalian lewatkan. Film ini akan menceritakan Casey Jacobs (Maisie Williams) yang di teror oleh seorang hacker. Teror tersebut merupakan pembalasan atas apa yang pernah Casey lakukan dulu yaitu membully orang di internet atau istilahnya cyberbully.

Yang harus kalian tahu, film ini hanya ber-setting di kamar Casey saja. Mendengar hal tersebut mungkin ada di antara kalian yang sudah underrated sama film ini tapi tunggu dulu enggak semua film yang ber-setting di satu lokasi itu buruk. Cyberbully (2015) dengan setting satu lokasinya tidak membuat kita jenuh karena nuansa ketegangan berhasil dibangun di film ini.

Baca juga: 3 Film Terbaik Maisie Williams

Selain dibintangi pemeran Arya Stark di Game of Thrones, Cyberbully (2015) juga turut dibintangi Ella Purnell, Haruka Abe, Daisy Waterstone, Wilson Haagens dan Anthony Shuster. Film yang di rilis pada tanggal 15 Januari 2015 di Channel 4 ini disutradarai oleh Ben Chanan dan di posisi penulis naskah ceritanya juga di isi Ben Chanan dibantu David Lobatto.

Cyberbully (2015) tersedia dalam bentuk DVD sejak 8 Februari 2016.

Blackhat (2015)

blackhat-2015.jpg
Bermula dari ledakan reaktor nuklir di Tiongkok yang di duga karena ulah hacker, pemerintah Tiongkok memutuskan untuk bekerja sama dengan pihak Amerika Serikat untuk menangkap hacker tersebut. Kapten Chen Dawai (Leehom Wang) ditugaskan pemerintah Tiongkok pergi ke Amerika Serikat untuk bertemu pihak Amerika Serikat. Ketika sampai disana Kapten Chen meminta agar pemerintah Amerika Serikat mengizinkan teman sekamarnya dulu saat sekolah di M.I.T. yakni Nicholas Hathaway (Chris Hemsworth) untuk ikut membantu penangkapan hacker tersebut. Nicholas adalah seorang peretas ahli yang sedang menjadi tahanan karena aksinya meretas sebuah bank yang membuat bank tersebut merugi besar. Pemerintah Amerika Serikat akhirnya mengizinkannya dan dimulailah pengejaran hacker tersebut.

Menggunakan istilah yang sudah tak asing di dunia hacker sebagai judul tentu banyak orang yang memiliki ekspektasi besar terhadap film ini apalagi pemeran utamanya sekelas Chris Hemsworth. Sayang sekali saat perilisannya banyak kritikus yang memberikan review negatif terhadap film yang di distribusikan oleh Universal Pictures ini bahkan film Blackhat (2015) merugi dengan dana $70 juta film ini hanya mampu mengumpulkan pendapatan sebanyak $19.7 juta. Mengenaskan sekali bukan, sudah mendapat review buruk pendapatannya pun tidak mampu menutupi modal yang sudah dikeluarkan.

Tapi, film ini tidak 100% ancur karena tertolong dengan konsep hacker-nya yang cukup menarik. Meskipun masuk ke seperempat akhir film konsep hacker-nya mulai memudar.

Film yang di rilis dibioskop pada tanggal 16 Januari 2015 ini di arahkan oleh sutradara Michael Mann dengan naskah cerita yang ditulis Morgan Davis Foehl sementara di jajaran produsernya ada Thomas Tull, Michael Mann dan Jon Jashni. Untuk aktor dan aktris yang bermain di dalamnya ada Chris Hemsworth, Tang Wei, Viola Davis, Ritchie Coster, Holt McCallany, Yorick van Wageningen dan Wang Leehom.

Film Blackhat (2015) ini beberapa adegannya di ambil di Jakarta.

The Throwaways (2015)

the-throwaways-2015.jpg
Drew Reynolds (Sam Huntington) seseorang yang sangat ahli dalam hal peretasan ditangkap oleh CIA. Ia diberi pilihan untuk menghabiskan sisa hidupnya di penjara atau membantu CIA menyelesaikan masalahnya. Drew akhirnya memilih membantu CIA untuk menyelesaikan sebuah misi namun Drew meminta agar dirinya yang memilih timnya sendiri. Drew pun membuat sebuah tim yang berisikan agen-agen yang terbuang dan dinilai gagal. Misi Drew dan timnya adalah mengambil kembali kunci sebuah program bernama Pantheon yang diciptakan Drew dulu. Dengan program Pantheon seseorang bisa memadamkan listrik, mengatur kereta api, meledakkan sebuah kota dengan mengacaukan pipa gas, singkatnya dengan program tersebut bisa menghancurkan dunia.

Film yang berdurasi 90 menit ini kental dengan unsur komedi meskipun beberapa jokes-nya agak garing alias tidak lucu sama sekali. Namun, ada juga beberapa adegan yang sangat lucu dan pasti bisa menghibur.

Yang saya suka dari film yang di produksi oleh The Combine dan UFO International Productions ini adalah pesannya yang memberikan arti sebuah tim yang sebenarnya. Tim adalah sekumpulan orang dengan kelebihan dan kekurangannya yang saling melengkapi, itulah arti sebuah tim yang saya tangkap setelah menonton film ini. Tonton saja dulu pasti kalian tahu apa yang saya maksud.

The Throwaways (2015) di sutradarai oleh Tony Bui dan dibintangi oleh Sam Huntington, Katie McGrath, Christian Hillborg, Jack Kesy, Kevin Dillon dan James Caan. Film ini dirilis pada 30 Januari 2015.

Snowden (2016)

snowden-2016.jpg
Film Snowden (2016) ini berdasarkan buku The Snowden Files karya Luke Harding dan Time of the Octopus karya Anatoly Kucherena. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang mantan anggota Central Intelligence Agency (CIA) dan National Security Agency (NSA) yakni Edward Snowden yang membocorkan data-data yang mengungkapkan kalau pemerintah Amerika Serikat sudah menyadap semua alat komunikasi dan kamera untuk memata-matai warganya.

Film ini akan berfokus pada kisah Snowden yang diperankan oleh Joseph Gordon-Levitt. Dari mulai ia masuk CIA kemudian ke NSA sampai ia menemukan sesuatu yang melanggar hak privasi setiap orang yang di lakukan oleh pemerintah Amerika Serikat. Merasa harus bertindak ia pun mengumpulkan keberanian untuk membocorkan semuanya pada The Guardian dan The Washington Post.

Film ini menarik karena selain di angkat dari kisah nyata, kita juga akan disuguhkan dengan realita bahwa di jaman teknologi yang super canggih seperti sekarang ini tidak ada yang menjamin privasi kita 100% aman. Di dunia nyata, Snowden sempat menjadi buronan pihak Amerika Serikat namun diberikan perlindungan suaka oleh Rusia dengan catatan tidak akan membuat aksi yang merugikan Amerika Serikat lagi. Ada yang menganggap Snowden sebagai pahlawan tapi ada juga yang menganggapnya sebagai pengkhianat. Disamping semua kontroversinya, Snowden sudah melakukan hal yang benar dan ia patut di apresiasi.

Selain dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt film yang di rilis pada 16 September 2016 ini juga turut dimeriahkan oleh Shailene Woodley, Melissa Leo, Zachary Quinto, Tom Wilkinson, Scott Eastwood, Logan Marshall-Green, Timothy Olyphant, Ben Schnetzer, LaKeith Lee Stanfield, Rhys Ifans dan Nicolas Cage.

Di penghujung film yang di sutradarai oleh Oliver Stone ini, sosok asli dari Edward Snowden sempat tampil sebagai cameo.

I.T. (2016)

it-2016.jpg
Mike Regan (Pierce Brosnan) adalah seorang miliarder industri penerbangan yang hidup mewah bersama istri dan putrinya di sebuah rumah berteknologi canggih. Namun, kehidupan bahagia Mike di usik oleh seorang hacker yang merupakan konsultan I.T. di perusahaannya yang ia pecat karena mencoba mendekati keluarganya. Sang hacker yakni Ed Porter (James Frecheville) meretas rumah berteknologi canggih milik Mike dan membuat keluarganya dalam bahaya.

Film ini disutradarai oleh John Moore sementara di bagian produser ada David T. Friendly dan Beau St. Clair. Untuk naskahnya ditulis oleh Dan Kay dan William Wisher. Film yang di rilis pada tanggal 23 September 2016 ini dibintangi oleh Pierce Brosnan, James Frecheville, Anna Friel, Stefanie Scott dan Michael Nyqvist.

Film ini berhasil menyuguhkan aksi peretasan yang keren dan juga saling mempermainkan antara Ed dan pihak yang membantu Mike. Meskipun aksi peretasannya tidak secetar membahana seperti di film Who Am I (2014) tapi film yang di distribusikan oleh RLJ Entertainment ini cukup seru dan menegangkan setelah mencapai bagian akhir.

Hacker (2016)

hacker-2016.jpg
Alex (Callan McAuliffe) adalah seorang imigran asal Ukraina yang membantu keuangan keluarganya dengan melakukan tindakan-tindakan ilegal di internet. Bersama temannya Sye (Daniel Eric Gold), Alex melakukan banyak kejahatan di internet hingga ia menarik perhatian banyak pihak dari mulai hacker terkenal sampai pihak FBI.

Film yang dikenal juga dengan judul Anonymous ini di sutradarai oleh Akan Satayev dan di rilis pada 2 Desember 2016. Film ini harus kalian tonton karena aksi peretasannya juga cukup keren. Film yang berdurasi 95 menit ini dibintangi oleh Callan McAuliffe, Lorraine Nicholson, Daniel Eric Gold, Clifton Collins Jr., Zachary Bennett dan Vlada Verevko.

The Fate of the Furious (2017)

The Fate of the Furious (2017)
The Fate of the Furious (2017) atau dikenal juga dengan judul Fast & Furious 8 (2017) adalah salah satu dari serial film The Fast and the Furious. Ya, kita memang mengenal serial film The Fast and the Furious sebagai sebuah serial film balapan yang di penuhi aksi-aksi menegangkan. Tapi, di seri The Fate of the Furious (2017) ini mengambil tema hacker di mana antagonis utamanya di film yang di distribusikan oleh Universal Pictures ini adalah seorang hacker yang memiliki kemampuan tingkat dewa.

Dominic Toretto (Vin Diesel) berkhianat tanpa sebab pada teman-temannya setelah kedatangan seorang cyberterrorist wanita bernama Cipher (Charlize Theron). Ternyata, Dom berkhianat karena ancaman dari Cipher. Teman-teman Dom pun harus mati-matian melawan Cipher dan komplotannya tanpa Dom.

Aksi-aksi menegangkan tetap menjadi sajian utama di film ini tapi aksi hackernya juga tak kalah kerennya seperti saat Cipher meretas hampir semua mobil di kota dan yang paling luar biasa ketika ia meretas kapal selam. Memang sih nuansa hackernya tak terasa karena film ini lebih menonjolkan aksinya.

Film yang di sutradarai F. Gary Gray dan naskah ceritanya di tulis oleh Chris Morgan ini di rilis pada tanggal 14 April 2017 sementara untuk jajaran pemainnya ada Vin Diesel, Dwayne Johnson, Jason Statham, Michelle Rodriguez, Tyrese Gibson, Chris "Ludacris" Bridges, Scott Eastwood, Nathalie Emmanuel, Elsa Pataky, Kurt Russell dan Charlize Theron.

Fabricated City (2017)

Kwon Yoo (Ji Chang-wook) di dunia nyata adalah seorang pengangguran yang kerjaannya hanya bermain game online. Tapi, di dunia game dia adalah ketua yang dikagumi oleh anggota kelompoknya. Kwon Yoo dijebak dan dijadikan tersangka atas kasus pembunuhan yang tidak ia lakukan. Setelah kabur dari penjara ia dibantu teman-teman sesama pemain game lainnya untuk mencari kebenaran tentang kasus pembunuhan yang menimpa Kwon Yoo. Salah satu orang yang membantu Kwon Yoo adalah seorang gadis hacker bernama Yeo-wool (Shim Eun-kyung).

Film ini awalnya tidak terasa nuansa hackernya namun setalah Kwon Yoo bertemu Yeo-wool barulah perang hacker antara kelompok Kwon Yoo dan sang antagonis utama di mulai. Ini adalah film yang cukup komplit, diawal film ini seperti film drama karena kita dibuat pilu atas apa yang menimpa Kwon Yoo lalu masuk ke pertengahan kita mulai disuguhkan aksi-aksi peretasan yang keren kemudian di akhir film kita akan diberikan sentuhan ala serial The Fast and the Furious dengan aksi kejar-kejaran di jalanan.

Film Fabricated City (2017) di sutradarai oleh Park Kwang-hyun yang juga merangkap sebagai penulis naskah ceritanya sementara di jajaran produser ada Kim Hyun-cheol dan Jang Yeong-hwan. Film ini di rilis pada tanggal 9 Februari 2017.

iBoy (2017)

iBoy (2017)
iBoy (2017) adalah sebuah film yang ditayangkan di Netflix pada tanggal 27 Januari 2017. Film ini merupakan adaptasi novel berjudul sama karya Kevin Brooks yang di rilis pada tahun 2010. Adam Randall menjadi sutradaranya dengan jajaran produser di isi Gail Mutrux, Nate Bolotin, Emily Leo, Oliver Roskill dan Lucan Toh sementara penulisan naskah ceritanya ditangani oleh Joe Barton, Mark Denton dan Jonny Stockwood. Untuk para pemainnya ada Bill Milner, Maisie Williams, Jordan Bolger, Charley Palmer Rothwell, Aymen Hamdouchi, Miranda Richardson dan Rory Kinnear.

Tom Harvey (Bill Milner) adalah seorang remaja yang bisa dibilang cupu dan lemah. Ia menyimpan perasaan pada seorang gadis bernama Lucy Walker (Maisie Williams). Pada suatu malam ketika Tom pergi kerumah Lucy ia mendapati Lucy sedang mengalami pelecehan seksual oleh beberapa orang, Tom ketahuan dan orang-orang tersebut mengejar Tom dan menembak kepala Tom. Tom tersadar di rumah sakit dan beberapa bagian ponselnya masuk ke kepala Tom. Semenjak kejadian tersebut Tom punya kemampuan untuk meretas berbagai alat elektronik hanya dengan menggunakan pikirannya. Ia pun bertekad membalas dendam pada orang-orang yang pernah menyakiti Lucy.

Sebuah film peretasan dengan konsep yang fresh. Tak aneh sih film adaptasi novel memang selalu punya cerita yang lain daripada yang lain.

Itulah tadi daftar film-film hacker terbaik sepanjang masa. Mana menurut kalian yang paling keren?

Saya sempat menanyakan tentang film bertemakan hacker mana yang terbaik di beberapa grup film di Facebook dan hasilnya film Who Am I (2014) adalah yang paling sering disebut. Tak aneh sih, film tersebut memang booming di jaman sekarang dimana istilah hacker sudah sangat populer, beda lagi dengan film-film hacker yang dibuat di tahun 90-an dimana saat itu teknologi tak secanggih sekarang dan istilah hacker juga belum begitu terkenal. Setiap orang punya penilaiannya masing-masing.

Semoga daftar ini bisa menjadi referensi untuk kalian yang sedang mencari film hacker yang seru untuk ditonton.

(Artikel ini akan terus diperbarui/diupdate)

Keywords: The Best Hacker Movie All Time Ever, Sejarah Film Hacker Terbaru, Terlaris, Terjelek, Terkini, Terupdate, Termahal, Paling Keren, Kumpulan List Film Peretasan, Download, Fakta Unik, Trivia, IMDb, Wikipedia
.

0 Response to "Film-Film Tentang Hacker Terbaik Sepanjang Masa"

Posting Komentar

IBX5A538CF69476E