Game-Game Football Manager Terbaik Di Android

Game-Game Football Manager Terbaik Di Android

Sepak bola adalah olahraga paling populer saat ini. Hampir semua lelaki suka sepak bola bahkan kaum hawa pun tak mau ketinggalan, dari mulai yang cuman ingin ikut-ikutan kekinian sampai yang benar-benar cinta dengan dunia si kulit bundar.

Orang yang benar-benar suka sepak bola pasti tahu banyak tentang seluk beluk dunia sepak bola. Dari mulai yang ada di dalam lapangan sampai di luar lapangan seperti yang paling menarik perhatian yakni transfer pemain. Tak jarang seorang fans sepak bola sejati ingin ikut terlibat dalam dunia sepak bola dan ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi salah satu elemen dari olahraga terpopuler tersebut, bukan hanya sebagai penonton. Ternyata kamu bisa loh mewujudkannya, meskipun dalam bentuk virtual alias game.

Jenis game yang akan membuat kamu merasa benar-benar masuk ke dunia para pelaku sepak bola adalah football manager. Mungkin kalian tahunya game-game sepak bola yang bermain di lapangannya seperti PES atau FIFA, itu memang seru tapi jika kalian ingin merasakan lebih nyata lagi bagaimana dunia sepak bola maka game berjenis football manager adalah jawabannya.

Singkatnya game football manager akan membuat kita menjadi manajer sebuah tim sepak bola dan mengembangkan tim sepak bola tersebut termasuk mengurus berbagai hal seperti transfer pemain.

Ada banyak game football manager termasuk di android. Ya, di android juga banyak game football manager dan masing-masing punya kekurangan dan kelebihannya. Lantas game football manager android manakah yang layak kalian mainkan.

Inilah game-game football manager terbaik di android yang harus kalian mainkan


1. Top Eleven

top-eleven.jpg
Top Eleven adalah game online football manager yang dikembangkan oleh Nordeus. Awalnya game ini adalah game Facebook yang di luncurkan pada tanggal 9 Mei 2010. Game ini kemudian di rilis untuk android pada tanggal 20 Oktober 2011 dan untuk iOS pada 23 November 2011. Selain itu, game yang menjadi sponsor Stoke City sejak Mei 2017 ini juga menjadi game sosial media asal Rusia, Odnoklassniki.

Dalam game ini kita akan membuat sebuah tim sepak bola dari awal. Di game ini kita akan mengelola sebuah tim untuk berkembang, dari mulai melatih pemain, pengembangan stadion, mengurus soal transfer, mengurus keuangan klub, mengembangkan pemain muda dan lain-lain.

Di game ini tingkatan kompetisinya berdasarkan level. Saat kalian pertama kali memainkan game ini kalian akan di satu kompetisikan di level 1 yaitu dengan orang-orang yang juga baru memainkan game ini. Jadi, persaingan di game ini sangat adil. Untuk bisa naik level kalian harus minimal berada di posisi 8 ke atas tapi ada beberapa faktor lain yang menentukan naik tidaknya level kalian namun tetap posisi kalian di klasemen yang paling berpengaruh.

Selain di promosikan ke level berikutnya, jika kalian finish di 4 besar di klasemen akhir maka kalian akan ikut Liga Champions di musim berikutnya dan jika finish di posisi 5-8 maka akan di ikut sertakan dalam Super Cup.

Kita di jadwal setiap hari ada satu pertandingan liga, jika ikut dalam kompetisi lainnya sehari kita bisa 3-4 pertandingan termasuk pertandingan asosiasi. Saat mode pertandingan kita bisa menyaksikan pemain kita bertanding meskipun hanya berbentuk bulat saja. Top Eleven memang tidak mengedepankan grafis tapi keseruan bersaing dengan pemain lainnya di liga, Liga Champions, Cup atau yang lainnya.

2. PES Club Manager

pes-club-manager.jpg
PES Club Manager adalah game manager dari Konami. Ya, ini memang salah satu seri game PES alias Pro Evolution Soccer namun dalam versi manajer. Kita di game ini akan membangun sebuah tim sepak bola dari mulai menamai tim, menamai stadion, memilih baju dan memilih logo. Di awal kita akan diberikan skuat yang di isi satu pemain dengan skill yang bagus seperti Luis Suarez atau Coutinho. Nantinya kalian bisa membeli pemain dengan nama asli pemainnya karena game ini sudah memiliki lisensi lebih dari 5000 pemain asli di dunia nyata.

PES Club Manager memiliki ukuran yang terbilang besar jika dibanding game manajer sepak bola lainnya di android. Game ini memiliki ukuran yang hampir 1GB. Ukuran game yang membengkak ini bukan tanpa alasan tapi karena game ini memiliki visualisasi 3D saat pertandingannya, grafisnya pun yang terbaik di antara game-game football manager lainnya. Jika kalian ingin merasakan menjadi manajer sepak bola dan menyaksikan tim kalian bermain seperti di dunia nyata maka kalian bisa mencoba PES Club Manager. Pertandingan di game ini sangat realistis karena setiap gerakan pemain di game ini akan di atur oleh kecerdasan buatan atau biasa di kenal dengan AI (Artificial Intelligence) yang mengikuti instruksi kita dan juga kemampuan pemain.

Game ini juga sedikit dibumbui nuansa genre building karena di game ini kita bisa membangun sebuah hometown atau kota tempat tim kita tinggal. Kita bebas menamainya dan mengelolanya untuk kepentingan tim seperti membangun fasilitas kesehatan untuk para pemain, fasilitas latihan, klub untuk para penggemar, fasilitas pengembangan pemain muda dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Game manajer sepak bola yang satu ini merupakan game online dan kekurangan dari game manajer sepak bola online selain harus selalu tersambung ke internet adalah format kompetisinya yang kadang tak realistis atau jauh dari yang kita kenal di dunia nyata, itu juga yang menjadi kekurangan di PES Club Manager, dimana game sebelumnya yakni Top Eleven juga mempunyai kekurangan yang serupa. Memang di game ini kita harus membuat tim kita naik dari divisi terendah sampai puncak kejayaan layaknya di dunia nyata tapi adanya beberapa mode kompetisi lainnya menurut saya pribadi malah mengurangi keseruan game PES Club Manager. Sayang sekali, setelah lebih dari 5000 pemain berlisensi dan visualisasi pertandingan yang 3D game ini tidak memiliki kompetisi seperti di dunia nyata. Namun, itu pendapat saya pribadi dan nyatanya di Google Play game ini mendapat rating 4,4/5 dari 750 ribu lebih pengguna android itu berarti banyak juga yang puas dengan game ini termasuk dari segi format kompetisinya.

3. Online Soccer Manager

online-soccer-manager.jpg
Online Soccer Manager atau biasa di singkat OSM adalah sebuah game simulasi manajer sepak bola yang sudah lama ada bahkan sebelum android merajalela seperti sekarang ini. Saya masih ingat dulu saya memainkan game ini dari ponsel symbian saya waktu saya masih SMP. Saat itu game ini masih berbasis web bukan aplikasi seperti sekarang ini.

Game ini dikembangkan oleh GameBasics dan merupakan game online. Jika dibandingkan dengan dua game sebelumnya OSM seperti terlihat kalah telak, sebut saja dari grafis dan visualisasi pertandingan. Di Top Eleven masih mending karena memperlihatkan visualisasi pertandingan di lapangan meskipun hanya titik-titik tapi di OSM saat pertandingan kita hanya di suguhkan rentetan-rentetan komentar pertandingan. Tapi, anehnya game ini memiliki user yang cukup banyak dan saya melihat di grup-grup Facebook OSM juga cukup ramai. Apa sih keunggulan game ini?

Gameplay yang disajikan OSM benar-benar fresh dan jauh berbeda dari game football manager kebanyakan. Alih-alih membuat sebuah tim dari awal dan terus mengembangkannya, dalam game ini kita akan menjadi manajer sebuah tim yang ada di dunia nyata hanya dalam semusim saja tapi kita bisa menjadi manajer di empat tim berbeda dalam waktu bersamaan. Tujuan di game ini adalah mencapai target yang ditetapkan oleh presiden klub, setiap tim memiliki target yang berbeda-beda seperti contohnya target Manchester United dan Stoke City pasti berbeda. Gameplay unik tersebut di tunjang dengan klub dan pemain dengan lisensi resmi hampir dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Jadi, kalian bisa menjadi manajer tim Indonesia seperti Persib, Persija, Arema atau Persipura.

Mungkin yang membuat game ini memiliki banyak pengguna adalah karena kita bisa dengan mudah tergabung dalam satu kompetisi bersama teman kita. Ya, saya yakin hal ini yang membuat banyak orang memainkan game OSM.

4. Football Manager Mobile 2018

football-manager-mobile-2018.jpg
Football Manager Mobile 2018 adalah game manajer sepak bola buatan developer Sports Interactive yang dipublikasikan oleh Sega. Game ini awalnya di rilis untuk PC pada 10 November 2017 kemudian menyambangi platform lainnya seperti Linux, macOS dan Nintendo Switch dengan judul Football Manager 2018.

Game ini adalah game offline jadi kalian bisa memainkannya tanpa terhubung ke internet. Ini adalah salah satu game football manager paling realistis dari segi gameplay dan kompetisinya. Jadwal transfernya juga di sesuaikan dengan jadwal dunia nyata yaitu transfer musim panas Juni-Juli dan transfer musim dingin di bulan Januari. Berbagai aspeknya juga diperhatikan sedetail mungkin untuk memberikan kita pengalaman terbaik menjadi manajer sepak bola di dunia nyata. Pemainnya juga sudah berlisensi resmi jadi pemain yang ada di Football Manager Mobile 2018 adalah pemain asli yang ada di dunia nyata begitu pun timnya.

Sayang seribu sayang kekurangan game ini adalah visualisasi pertandingannya yang masih menggunakan titik-titik seperti Top Eleven. Andai saja visualisasi pertandingannya 3D seperti PES Club Manager saya yakin game ini akan merajai game manajer sepak bola dan tak akan ada yang mampu menyainginya. Tapi, seperti yang saya bilang di atas setiap game football manager punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing tinggal bagaimana selera kita saja apakah lebih mementingkan gameplay realistis atau visualisasi pertandingan 3D.

Jika kalian ingin memainkan game Football Manager Mobile 2018 ini di ponsel android kalian maka siapkan uang Rp129.000 karena game ini bukan game gratis.

5. Underworld Soccer Manager 18

underworld-soccer-manager-18.jpg
Ketika mendengar namanya apa yang terpikir di benak kalian? Jika kalian berpikir ini adalah game tentang "dunia gelap" dari olahraga yang kita kenal sebagai sepak bola maka kalian benar.

Underworld Soccer Manager 18 adalah game football manager dengan gameplay terunik dan belum pernah ada sebelumnya. Dalam game ini fokus utamanya adalah membuat tim yang kita tangani berjaya tapi bukan dengan taktik dan strategi jitu, mengembangkan pemain muda atau menaikan skill pemain kita melainkan dengan cara-cara licik dan biadab. Di game ini kita bisa menyerang pemain lawan agar cedera, menyuapnya agar melakukan gol bunuh diri, menyerang stadion atau fasilitas lawan lainnya dan cara licik lainnya. Tapi, hati-hatilah pemain dan fasilitas kita juga bisa diserang lawan. Ini memang game yang gila.

This game just for fun karena visualisasi pertandingan game ini hanya berupa komentar layaknya OSM dan pemain dan timnya pun belum berlisensi, jadi jangan harap meraskan sensasi menjadi manajer sepak bola sungguhan di game ini. Ini adalah game online jadi kalian bisa saling serang dengan pemain asli lainnya dari seluruh dunia. Sepertinya banyak orang yang menyukai game ini karena di Play Store game Underworld Soccer Manager 18 mendapatkan rating 4,5/5.

6. True Football 3

true-football-3.jpg
Game ini mungkin cukup asing di telinga kalian karena game ini tak setenar PES Club Manager atau Top Eleven. Yang membuat saya tertarik dari game ini adalah hampir setiap liga di dunia ada di game ini termasuk dari negara kita tercinta Indonesia. Namun, game ini belum berlisensi, bisa dilihat dari nama pemainnya yang agak di rubah sedikit contohnya dari Ronaldo menjadi Reinaldo. Kompetisinya sih cukup realistis meskipun grafisnya kaku parah dan fiturnya yang sangat miskin. Ketika pertama kali memainkannya kalian pasti suka tapi semakin lama game ini akan tampak membosankan. Meskipun begitu kalian harus tetap mencoba game ini jika ingin mengelola tim-tim seperti Persib, Persipura, Arema atau tim Indonesia lainnya.

7. True Football National Manager

True Football National Manager
True Football National Manager dikembangkan oleh MKR Studio dan jika ditengok di Google Play ukurannya hanya 16 MB. Size yang memang amat sangat kecil jika kita mengharapkan sebuah game yang memuaskan dari semua lini. Namun, rating game ini di Google Play mencapai 4,2, rating yang harus di apresiasi untuk sebuah game dengan ukuran yang mini.

Gameplay True Football National Manager hampir 75% sama dengan game sebelumnya yakni True Football 3. Wajar sih, karena keduanya berasal dari developer yang sama. Bedanya dengan True Football 3 adalah di True Football National Manager kita bukan menjadi manajer sebuah tim tapi sebuah timnas alias tim nasional sebuah negara. Sistem turnamennya juga di buat sangat realistis dimana penyisihan Piala Dunia akan dilakukan menurut zonanya masing-masing seperti di dunia nyata. Di game ini juga ada kompetisi seperti UEFA European Championship, AFC Asian Cup dan turnamen lainnya. Yang lebih menariknya lagi hampir semua negara dari seluruh dunia tersedia di game ini termasuk Indonesia meskipun nama pemainnya masih di peleset-pelesetin. Karena kita mengelola timnas aktivitas transfer tentu tidak akan terjadi di game ini, diganti dengan aktivitas menyeleksi setiap pemain yang akan masuk skuad timnas yang kita kelola.

8. Football Chairman

Football Chairman
Football Chairman adalah game android yang dibuat oleh developer bernama Underground Creative. Sama dengan game sebelumnya game ini juga memiliki ukuran yang kecil yakni 11 MB namun memiliki rating yang besar yakni 4,4. Dengan ukuran yang sekecil itu tentu game ini bisa dimainkan di ponsel android dengan ram kecil sekalipun. Football Chairman ada yang bisa di install free alias gratis dan ada juga yang berbayar sebesar Rp43.000, namun saya sendiri tidak tahu apa perbedaannya dan menurut saya versi gratisnya sudah cukup memuaskan. Di lihat di deskripsinya game ini sudah mendapatkan lumayan banyak apresiasi diantaranya di App Store game ini menjadi salah satu game yang masuk "Best of 2016”, “Best of 2014” dan “Best of 2013” sementara di Google Play masuk ke "Best of 2015”. Game ini adalah game offline.

Di game ini kita bukan menjadi manajer sebuah tim melainkan menjadi presiden sebuah tim, presiden dan manajer dalam sebuah tim sepak bola itu beda. Di game ini kita akan menjadi presiden sebuah tim dimana tugas kita adalah membuat tim tersebut masuk ke divisi utama dan menjadi juara. Karena jabatan presiden tim lebih tinggi dari manajer maka kita bisa mengontrak atau memecat manajer tim kita. Kita juga harus mengatur sponsor dan aktivitas transfer tim kita, tapi aktivitas transfer di tim ini berbeda dengan game sebelum-sebelumnya yang pernah kita bahas di postingan ini, di Football Chairman kita hanya disuguhkan seorang pemain yang sudah ditentukan oleh manajer untuk dibeli dan tugas kita adalah menyetujui transfer tersebut atau menolaknya. Kadang kita juga harus menjaga tim kita tetap kondusif dimana kita harus adil pada pemain dan manajer, kalian akan mengerti apa maksud saya setelah memainkan game ini.

Gameplay unik tersebut menjadi senjata utama game Football Chairman untuk terlihat beda karena dari segi grafis atau visualisasi saat bertanding game ini masih belum sampai kata bagus.

Itulah tadi daftar game-game football manager terbaik di android. Game-game tersebut sangat layak kalian mainkan jika kalian ingin merasakan masuk ke dunia sepak bola lebih dalam lagi bukan hanya dalam lapangan saja.

Ada banyak sekali game football manager di android namun hanya game-game diatas yang berhasil memikat hati saya. Saat membuat daftar ini saya memainkan lebih dari 20 game bertemakan manajer sepak bola dan hanya game-game di atas yang pantas masuk daftar ini menurut saya. Jika disuruh untuk memilih satu di antara game-game di atas untuk dinobatkan sebagai yang terbaik saya tentu tidak bisa memilih karena setiap game football manager punya keunggulannya masing-masing ada yang punya grafis keren, gameplay unik, sistem turnamen seperti di dunia nyata dan lain-lain. Game Top Eleven adalah game football manager yang paling lama saya mainkan namun saya tidak bisa menyebutnya game football manager terbaik di android karena game buatan Nordeus tersebut masih punya kekurangan.

Semoga artikel sederhana ini bisa menjadi referensi jika kalian sedang mencari game football manager yang recommended di android.

(Note: Artikel ini akan terus diperbarui/diupdate)

Tags: The Best Game Football Manager In Android Ever, Permainan Manajer Sepak Bola Terbaik Sepanjang Masa, Sejarah, Terbaru, Gratis, Terlaris, Ponsel HP Smartphone, 2018, 2019, 2020, 2021

0 Response to "Game-Game Football Manager Terbaik Di Android"

Posting Komentar

IBX5A538CF69476E