Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

21 Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa.jpg

Film zombie berkembang seiring zaman. Begitu pula zombie-nya.

Dahulu, zombie merupakan sebuah cerita rakyat dari Haiti yang merupakan mayat hidup yang difungsikan lewat sihir.

Tapi seiring perkembangannya, kini zombie tidak harus melulu harus berasal dari sihir. Melainkan dari metode fiksi sains yang salah. Apakah itu virus, radiasi, parasit, patogen, kecelakaan sains, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, zombie di film-film awalnya, memiliki karakteristik berbeda dari film zombie modern.

Di film awal, zombie biasanya berjalan dengan lambat. Sementara di film modern, zombie bisa bergerak dengan cepat sehingga lebih mematikan.

Karenanya, ada banyak versi film zombie sepanjang sejarah perfilman. Bahkan, jenis zombienya pun berbeda-beda. Mulai dari mereka yang berjalan pelan, hingga mereka yang bisa berlari. Semuanya mengerikan.

Kini kami rangkum beberapa pilihan film zombie terbaik yang bisa kamu tonton bersama teman, pasangan, atau bahkan (kalau mau) keluarga.

Karena seperti yang kita ketahui bersama, tidak semua film zombie harus murni horor. Ada juga genre film zombie komedi yang keren.

Ini dia daftarnya.

I Walked with a Zombie (1943)

Sutradara: Jacques Tourneur | Pemain: James Ellison, Frances Dee, Tom Conway, Edith Barrett | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 69 menit

Premis I Walked with a Zombie: Seorang suster dipekerjakan untuk merawat istri seorang pemilik pabrik gula, yang kini bertingkah aneh, di sebuah pulau di Karibia.

Penyutradaraan dari Jacques Tourneur sangat mengesankan mengingat film ini dibuat dengan ongkos produksi yang minim. Ketika dirilis, tidak banyak orang yang menyangka bahwa film ini akan menjadi sebuah film legendaris dalam genre film zombie.

The Last Man on Earth (1964)

Sutradara: Sidney Salkow, Ubaldo B. Ragona | Pemain: Vincent Price, Franca Bettoia, Emma Danieli, Giacomo Rossi Stuart | Negara: Amerika Serikat, Italia | Durasi: 86 menit

Premis The Last Man on Earth: Ketika sebuah penyakit mengubah manusia menjadi mayat hidup, orang terakhir di bumi mencoba untuk menjadi pemburu vampir.

Sama seperti I Am Legend, film ini sebenarnya diangkat dari buku yang sama karya Richard Matheson. Walau begitu, kisahnya cukup berbeda sehingga sang zombie adalah benar zombie. Tapi, Matheson kurang puas dengan film ini karena melambung jauh dari bukunya, sehingga minta ditulis sebagai Logan Swanson pada kredit. Walau begitu, film ini tetap menawarkan kengerian yang tidak main-main.

Night of the Living Dead (1968)

Sutradara: George A. Romero | Pemain: Judith O’Dea, Duane Jones, Marilyn Eastman, Karl Hardman | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 96 menit

Premis Night of the Living Dead: Sekelompok sampah masyarakat Pennsylvania membarikade mereka di dalam sebuah lumbung untuk menyelamatkan diri dari monster haus darah yang memakan daging. Monster tersebut sudah menguasai pesisir Timur Amerika Serikat.

Film ini disebut-sebut sebagai salah satu film cult classic oleh para peneliti dan kritikus film. Walaupun sempat dikritik saat pertama kali ditayangkan karena sangat eksplisit menyajikan adegan gore. Tapi, film ini berhasil menarik perhatian dan menjadi salah satu pionir dalam genre film zombie. Kesuksesannya membuat film ini dibuat ke dalam lima film lain, dan juga remake oleh sutradara lain.

Rabid (1977)

Sutradara: David Cronenberg | Pemain: Marilyn Chambers, Frank Moore, Joe Silver, Howard Ryshpan | Negara: Kanada, Amerika Serikat | Durasi: 91 menit

Premis Rabid: Seorang perempuan jadi menyukai darah manusia setelah menjalani eksperimen operasi plastik, dan korbannya berubah menjadi zombie haus darah, seketika kota terjangkit pandemi zombie.

Saking populernya, film ini menjadi salah satu film Kanada paling laris sepanjang masa. Mendapatkan penghasilan sebesar $1 juta saat dirilis pertama kali. Kesuksesannya juga menjadikan film ini dibuat ulang (remake) dalam film berjudul yang sama dirilis tahun 2019 lalu.

Dawn of the Dead (1978)

Sutradara: George A. Romero | Pemain: David Emge, Ken Foree, Scott Reiniger, Gaylen Ross | Negara: Amerika Serikat, Italia | Durasi: 127 menit

Premis Dawn of the Dead: Karena epidemi zombie yang terus meluas dan, dua orang anggota S.W.AT, seorang reporter, dan pacarnya yang seorang eksekutif stasiun TV mencari tempat berlindung di sebuah pusat perbelanjaan.

Film ini merupakan film sekuel dari seri Night of the Living Dead (1968). Dalam film ini, kita bisa melihat betapa besarnya efek zombie apocalypse di masyarakat. Di tahun 2008, bersama dengan Night of the Living Dead, film ini dipilih masuk ke dalam daftar 500 film terbaik sepanjang masa majalah Empire.

Zombi 2 (1979)

Sutradara: Lucio Fulci | Pemain: Tisa Farrow, Ian McCulloch, Richard Johnson, Al Cliver | Negara: Italia | Durasi: 91 menit

Premis Zombi 2: Orang-orang asing yang mencari seorang ayah dari anak perempuan muda tiba di sebuah pulau tropis di mana seorang dokter mencari penyebab dan pengobatan untuk menyembuhkan epidemi zombie.

Film ini merupakan sekuel dari Dawn of the Dead yang dirilis di Italia. Pada mulanya, film ini juga mendapatkan kontroversi ketika dirilis, terutama di Inggris. Hal ini karena masuk kedalam daftar “video nasty” di mana di dalamnya terdapat adegan-adegan yang sangat mengganggu bagi banyak orang. Hanya saja, seiring waktu, film ini mendapatkan pujian dari kritikus film dan penggemarnya.

Re-Animator (1985)

Sutradara: Stuart Gordon | Pemain: Bruce Abbott, Barbara Crampton, David Gale, Robert Sampson | Negara: Inggris, Jerman | Durasi: 86 menit

Premis Re-Animator: Setelah seorang mahasiswa kedokteran aneh tiba di kampus, seorang lokal dan kekasihnya ikut ambil bagian dalam eksperimen aneh yang berfokus pada penghidupan kembali jaringan yang mati.

Film ini awalnya dibuat sebagai sebuah pertunjukan teater, namun kemudian diubah menjadi pilot TV berdurasi setengah jam, namun kemudian dijadikan sebuah naskah film panjang. Karena kengeriannya, film ini sempat mendapatkan X rating, sebelum akhirnya direvisi menjadi R rating. Sejak peluncurannya, film ini disebut-sebut sebagai salah satu cult film.

The Return of the Living Dead (1985)

Sutradara: Dan O’Bannon | Pemain: Clu Gulager, James Karen, Don Calfa, Thom Mathews | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 91 menit

Premis The Return of the Living Dead: Saat dua karyawan kikuk di sebuah gudang suplai obat-obatan secara tidak sengaja melepaskan gas mematikan ke udara, uap gas tersebut menyebabkan mayat kembali hidup sebagai zombie.

Film yang merupakan komedi horor ini disambut baik oleh para penggemar film. Karena, selain mengundang tawa di tengah adegan mengerikan, film ini juga menawarkan deretan soundtrack yang sangat memorable. Lagu-lagunya diambil dari band punk rock dan deathrock legendaris Los Angeles.

Dead Alive (1992)

Sutradara: Peter Jackson | Pemain: Timothy Balme, Diana Peñalver, Elizabeth Moody, Ian Watkin | Negara: Selandia Baru | Durasi: 104 menit

Premis Dead Alive (Braindead): Seorang ibu dari pemuda digigit oleh rat-monkey asal Sumatera. Ia sakit, kemudian mati. Namun ia kembali hidup, membunuh dan memakan anjing, perawat, teman, dan tetangganya.

Dead Alive dikenal juga dengan judul Braindead dalam rilis pertamanya. Film komedi slapstick ini tidak terlalu terkenal pada saat pertama kali dirilis. Namun film ini mulai dikenal secara internasional setelah Peter Jackson dengan sukses meluncurkan film-film The Lord of the Rings.

Cemetery Man (1994)

Sutradara: Michele Soavi | Pemain: Rupert Everett, François Hadji-Lazaro, Anna Falchi, Mickey Knox | Negara: Italia, Perancis, Jerman | Durasi: 100 menit

Premis Cemetery Man: Seorang penjaga pemakaman harus membunuh mayat untuk kedua kalinya ketika mereka berubah menjadi zombie.

Film komedi horor ini merupakan film produksi internasional antara Italia, Jerman dan Perancis. Film ini banyak dipuji karena menawarkan cerita yang walaupun mengerikan tetap memberikan tawa. Tidak hanya itu, bahkan di dalamnya juga ada banyak memunculkan pertanyaan filosofis. Tidak tanggung-tanggung, Martin Scorsese yang merupakan sutradara kawakan dunia menyebut film ini sebagai salah satu film Italia terbaik di tahun 1990-an.

28 Days Later (2002)

Sutradara: Danny Boyle | Pemain: Cillian Murphy, Naomie Harris, Christopher Eccleston, Brendan Gleeson | Negara: Inggris | Durasi: 113 menit

Premis 28 Days Later: Empat minggu setelah sebuah virus misterius yang tidak bisa diobati menyebar di Inggris, sekelompok penyintas mencoba untuk mencari tempat berlindung.

Saat dirilis film ini langsung mendapat pujian, bukan hanya dari para penggemar film zombie, tapi banyak pecinta film lain. Pujian diberikan pada akting para pemainnya, naskah, atmosfir film, dan juga soundtrack yang dimainkan. Film ini menjadi film yang mempopulerkan kembali zombie yang bergerak cepat; setelah sebelumnya diperkenalkan dalam The Return of the Living Dead. Film ini bahkan masuk ke urutan 97 dari daftar film Inggris terbaik yang dirilis oleh majalah Time Out.

Dawn of the Dead (2004)

Sutradara: Zack Snyder | Pemain: Sarah Polley, Ving Rhames, Jake Webber, Mekhi Phifer | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 100 menit
Premis Dawn of the Dead: Seorang suster, sepasang pengantin muda, seorang salesman, dan penyintas lain dari wabah mematikan di dunia berlindung di dalam sebuah pusat perbelanjaan besar. Mereka berlindung dari serangan zombie pemakan daging yang ganas.

Film ini merupakan film panjang debut dari sutradara kawakan Zack Snyder. Kesuksesan film ini berhasil melambungkan nama Zack Snyder sebagai salah satu sutradara kawakan Hollywood. Film yang merupakan remake dari film tahun 1978 ini memiliki beberapa perbedaan. Film ini memiliki lebih banyak karakter, dan zombie di dalam film ini bergerak dengan lebih cepat dan gesit dibandingkan dengan film orisinalnya.

Shaun of the Dead (2004)

Sutradara: Edgar Wright | Pemain: Simon Pegg, Kate Ashfield, Lucy Davis, Nick Frost | Negara: Inggris, Perancis, Amerika Serikat | Durasi: 99 menit

Premis Shaun of the Dead: Kehidupan membosankan seorang lelaki berakhir mengerikan ketika zombie apocalypse tiba.

Tidak hanya menjadi salah satu film zombie terbaik sepanjang masa, film ini juga merupakan sebuah film komedi terbaik sepanjang masa. Saking bagusnya, film ini dijadikan beragam bahasan studi perfilman. Film ini disebut sebagai model dari komedi transnasional. Tidak hanya itu, penyebaran zombiisme dalam film ini juga digunakan sebagai contoh model kontrol penyebaran penyakit menular.

REC (2007)

Sutradara: Jaume Balagueró, Paco Plaza | Pemain: Manuela Velasco, Ferrán Terraza, Jorge-Yamam Serrano, Pablo Rosso | Negara: Spanyol | Durasi: 78 menit

Premis REC: Seorang reporter TV dan kameramen mengikuti pekerja darurat ke dalam sebuah bangunan apartemen gelap dan terjebak di dalamnya bersama sesuatu yang mengerikan.

Disajikan dengan mode pengambilan gambar ala found footage, film ini tampak seperti sebuah film nyata. Kengeriannya seakan ikut dirasakan oleh penonton. Dipuji ketika pertama kali dirilis, film ini disebut sebagai salah satu film horor found footage terbaik yang pernah ada.

Dead Snow (2009)

Sutradara: Tommy Wirkola | Pemain: Vegar Hoel, Stig Frode Henriksen, Charlotte Frogner | Negara: Norwegia | Durasi: 92 menit

Premis Dead Snow: Liburan ski berubah menjadi mengerikan bagi sekelompok mahasiswa kedokteran, saat mereka harus menghadapi hal yang sangat mengerikan: zombie Nazi.

Premis film ini sangat mirip dengan draugr, sebuah kisah rakyat Skandinavia tentang mayat hidup yang mencoba menjaga harta karun. Film ini mendapatkan kritik beragam. Tapi, film ini sangat menghibur sekaligus menakutkan, dan merupakan salah satu film Norwegia yang berhasil menembus banyak penonton di dunia internasional.

Zombieland (2009)

Sutradara: Ruben Fleischer | Pemain: Woody Harrelson, Jesse Eisenberg, Emma Stone, Abigail Breslin | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 88 menit

Premis Zombieland: Seorang mahasiswa pemalu mencoba berkunjung ke keluarganya, seorang lelaki kuat pecinta senjata mencoba mencari Twinkie, dan sepasang kakak beradik mencoba untuk pergi ke taman bermain, semua bergabung untuk pergi keliling Amerika yang dipenuhi zombie.

Pada saat dirilis, film ini langsung populer dan mendapatkan banyak pujian. Terlebih karena film ini “mengajarkan” dan “menjelaskan” tips menghadapi dan jenis-jenis zombie. Semuanya disajikan dengan kengerian dan juga lelucon yang menyenangkan. Sekuelnya, Zombieland: Double Tap (2019) juga mendapatkan kritik positif dari para penggemar film.

One Cut of the Dead (2017)

Sutradara: Shin’ichirô Ueda | Pemain: Takayuki Hamatsu, Mao, Harumi Syuhama, Yuzuki Akiyama | Negara: Jepang | Durasi: 97 menit

Premis One Cut of the Dead: Segalanya berubah menjadi kacau ketika seorang sutradara sewaan dan kru film melakukan syuting sebuah film zombie low budget di sebuah fasilitas bekas Perang Dunia II, dan mereka diserang oleh zombie beneran.

Film zombie yang lain dari pada yang lain, One Cut of the Dead perlu masuk dalam daftar ini. Film ini sungguh mengerikan di menit awal, tapi menggelikan seiring waktu berjalan. Menyajikan sebuah hiburan kelas atas yang tidak terduga. Menyenangkan.

ParaNorman (2012)

Sutradara: Sam Fell, Chris Butler | Pemain: Kodi SMit-McPhee, Tucker Albrizzi, Anna Kendrick, Casey Affleck | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 92 menit

Premis ParaNorman: Norman, seorang anak laki-laki yang bisa berkomunikasi dengan hantu diberi tugas untuk menyelesaikan kutukan penyihir selama 300 tahun di kota Massachussets.

Film ini mendapatkan banyak kesuksesan saat dirilis. Bahkan berhasil meraih nominasi Best Animated Feature Piala Oscar hingga BAFTA. ParaNorman disebut bisa menghibur sekaligus menakut-nakuti anak-anak maupun orang dewasa, namun tetap hadir dengan pesan yang mendalam.

World War Z (2013)

Sutradara: Marc Forster | Pemain: Brad Pitt, Mireille Enos, James Badge Dale, Matthew Fox | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 116 menit

Premis World War Z: Mantan pegawai PBB Gerry Lane melintasi dunia dan berpacu melawan waktu untuk menghentikan pandemi zombie yang menghancurkan militer juga pemerintahan dan mengancam kehidupan manusia.

World War Z disebut-sebut sebagai film yang memperkenalkan zombie modern ke dunia. Film ini menampilkan zombie yang membentuk koloni dan pasukan, juga bergerak dengan sangat cepat sehingga sangat mematikan. Walau sempat terseok-seok ketika diproduksi, film ini mendapatkan banyak pujian dari banyak penonton di seluruh dunia.

Ojuju (2014)

Sutradara: C.J. Obasi | Pemain: Gabriel Afolayan, Omowunmi Dada, Kelechi Udegbe, Chidozie Nzeribe | Negara: Nigeria | Durasi: 95 menit

Premis Ojuju: lingkungan Romero sedang dalam masalah. Orang-orang tiba-tiba mengidap gejala kebutaan gila. Bersama temannya Emmy dan Peju mereka mengetahui bahwa air di dekat tempat tinggal mereka telah terinfeksi. Tapi, tidak ada waktu selain untuk menyelamatkan diri mereka sendiri.

Ojuju termasuk ke dalam kategori film zero budget; yaitu film yang tidak memiliki biaya produksi sama sekali. Karenanya, walaupun terdapat beberapa keterbatasan, film ini sangatlah menegangkan dan menarik ketika ditonton. Beberapa orang bahkan menyebut film ini sebagai film Nigeria terbaik sepanjang masa.

Train to Busan (2016)

Sutradara: Yeon Sang-ho | Pemain: Gong Yoo, Ma Dong-seok, Jung Yu-mi, Kim Su-an | Negara: Korea Selatan | Durasi: 118 menit.

Premis Train to Busan: Ketika sebuah virus Zombie menyebar di Korea Selatan, penumpang mencoba menyelamatkan diri di atas kereta yang berangkat dari Seoul menuju Busan.

Film ini dipuji karena memberikan hiburan yang mengerikan dan menegangkan sekaligus juga bisa menjadi media kritik sosial untuk masyarakat. Zombie di dalam film ini juga bisa bergerak dengan cepat dan sangat mengerikan. Sutradara Shaun of the Dead, Edgar Wright, bahkan mengaku sebagai fans berat film ini, dan menyebutnya sebagai "best zombie movie I’ve ever seen in forever."

Keywords: nama film zombie terbaru, daftar nama film zombie korea, dulu, asli, nyata, beneran, buatan indonesia, box office, anak pramuka, sub indo, amerika, asia, alive, terbaik, barat, terbaru 2021, korea, terseram, film zombie terbaru

Posting Komentar untuk "21 Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa"