Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Rekomendasi Film Horor Terbaik yang Menang Banyak Penghargaan

3 Rekomendasi Film Horor Terbaik yang Menang Banyak Penghargaan.jpg

Dalam kehidupan sehari hari, banyak orang yang mengalami kejadian supranatural yang tidak dapat dijelaskan oleh ilmu rasional. Pengalaman tersebut dapat berupa kejadian melihat penampakan, diganggu oleh makhluk halus, atau menyaksikan monster yang tidak berbentuk seperti manusia. Kejadian-kejadian tersebut sudah pasti menakutkan orang yang mengalaminya. Ketakutan tersebut yang menjadi inspirasi dari film horor. Sebuah studi oleh David Innes yang diterbitkan dalam Journal of Media Psychology menemukan, orang menonton film horor karena tiga alasan utama, yaitu ketegangan, relevansi, dan imajinasi.

Bagi sebagian orang, menonton film horor bisa menjadi pengalaman penuh ketegangan karena misteri dan kejutannya. Ada pula karena relevansinya alias menemukan unsur-unsur dalam film yang pernah mereka alami. Apapun alasannya, film horor memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Bagi penggemar film horor, berikut ini adalah rekomendasi film yang dapat ditonton secara daring atau online.

1. Pengabdi Setan

Film horor karya sutradara ternama, Joko Anwar, ini dirilis pada 2017. Bercerita tentang sebuah keluarga, Mawarni, Rini, ayahnya, neneknya, dan tiga saudara laki-lakinya, yang selama tiga tahun terakhir menyaksikan kesehatan ibu mereka terus menurun. Mawarni hanya terbaring di tempat tidur dan menggoyangkan loncengnya jika membutuhkan bantuan. Mawarni adalah seorang mantan penyanyi uang hasil royaltinya telah habis. Setelah meninggal, suaminya pergi untuk mencari uang dengan cepat. Rini sebagai anak tertua kini bertanggung jawab sendiri untuk merawat keluarganya.

Tidak lama setelah ayah mereka pergi, Rini dan adik-adiknya mengalami kejadian menakutkan serta dikunjungi oleh segala macam makhluk yang menyeramkan. Seluruh kejadian tersebut membawa Rini dan keluarganya menuju fakta kelam yang berasal dari masa lalu ibu dan ayah mereka. Dengan performa para aktor dan aktris yang luar biasa, serta penggunaan efek visual yang mampu membuat bulu kuduk merinding, "Pengabdi Setan" merupakan film yang harus ditonton para pecinta film horor. Total penghargaan yang diraih "Pengabdi Setan" adalah 11 penghargaan. Pada 2017, Pengabdi Setan memenangkan tujuh Piala Citra dalam Festival Film Indonesia, termasuk Best Theme Song untuk lagu “Kelam Malam”. Selain itu, "Pengabdi Setan" merupakan film dengan jumlah penonton terbanyak pada tahun tersebut. Filim ini dapat ditonton gratis di platform Viu.

2. Lights Out

Rekomendasi film horor terbaik yang selanjutnya adalah "Lights Out", karya David F Sandberg yang dirilis pada 2016 dan diadaptasi dari sebuah film pendek berjudul sama. Ceritanya tentang sebuah pabrik tekstil dengan seorang karyawan bernama Paul yang melihat siluet seorang wanita saat lampu dimatikan. Namun, ketika lampu dinyalakan, siluet tersebut menghilang. Wanita tersebut berusaha menangkap Paul hingga akhirnya ia tidak berhasil lolos dari wanita itu. Dia dibunuh oleh wanita tersebut. Setelah kejadian itu, anak Paul yang bernama Martin mulai mengalami hal-hal ganjil. Martin menceritakan pengalamannya kepada Rebecca, kakak tirinya tapi tidak percaya. Karena ketakutan, Martin jarang tidur saat malam dan membuat Rebecca khawatir.

Karena itu, Rebecca mengajak Martin untuk tinggal bersamanya, meninggalkan ibu mereka, Sophie. Namun, meninggalkan rumah ternyata tidak menghentikan kejadian menakutkan yang semakin sering mereka alami. Rebecca dan Martin berjuang melawan sebuah sosok yang ternyata ada hubungan dengan masa lalu ibu mereka. "Lights Out" menampilkan sebuah cerita menyeramkan yang mampu membuat penonton ketakutan. Dengan efek suara yang mencekam dan suasana yang suram, film ini sukses meraih tiga penghargaan termasuk penghargaan Fan Favorite di iHorror Awards 2017. Sang direktor, David F. Sandberg, juga memenangkan penghargaan Directors to Watch dalam ajang Palm Springs International Film Festival di tahun yang sama. Lights Out dapat ditonton online melalui HBO Go.

3. Munafik

Masih membahas film horor Asia Tenggara, rekomendasi film horor terbaik kali ini adalah Munafik, karya sutradara sekaligus aktor Malaysia bernama Syamsul Yusof. Rilis pada 2016, Munafik berkisah tentang seorang ustaz muda bernama Adam yang kehilangan istrinya.

Adam dan istrinya mengalami sebuah kecelakaan ketika berkendara menggunakan mobil. Adam masih sadar ketika mobilnya sudah terbalik dan tak jauh dari posisinya. Ia melihat istrinya, Zulaikha, tergeletak bersimbah darah. Adam lalu menghampiri tubuh istrinya yang sudah sekarat itu dan menyaksikannya mengembuskan napas terakhir setelah mengucapkan dua kalimat syahadat. Setelah kejadian tersebut, Adam masih belum merelakan kepergian istrinya. Ia sering bertanya kepada Tuhan mengapa kejadian berat itu menimpa istrinya? Masih dihantui rasa bersalah, Adam diminta untuk membantu seorang gadis bernama Maria yang menunjukan tanda-tanda kesurupan. Saat Adam membantu Maria, ia terlibat dalam konflik yang menguji keimanannya. Munafik merupakan film horor yang kental akan unsur Islam. Film ini memenangkan empat penghargaan dalam Malaysian Film Festival di 2016, termasuk penghargaan untuk Best Director. Kesuksesannya di Malaysia mampu menghasilkan keuntungan sebesar RM16,7 juta atau setara dengan Rp58 miliar. Munafik dapat ditonton melalui Disney+ Hotstar.

Itulah 3 rekomendasi film horor terbaik yang memenangkan banyak penghargaan. Genre horor dalam dunia perfilman memang tak lekang oleh waktu dan terus menarik banyak peminat dari seluruh dunia.

Keywords: crimson peak, conjuring, banyak jumpscare, bioskop, berdasarkan kisah nyata, full movie, sepanjang masa, hollywood, netflix 2021, 2020 indonesia, korea, terbaru, film horor terbaik indonesia

Posting Komentar untuk "3 Rekomendasi Film Horor Terbaik yang Menang Banyak Penghargaan"