Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Psikopat: Definisi, Gejala, Tanda

Apa Penyebab Psikopat Sebenarnya?

Definisi dan penyebab psikopat kadang-kadang diperdebatkan di kalangan ilmiah, tetapi merupakan hal yang bijak untuk memahami gejala dan tanda-tanda psikopat yang mungkin terjadi. Penyebab psikopat dapat mencakup faktor genetika dan kehidupan awal dan tanda-tanda dan gejala psikopat biasanya terlihat sebelum ulang tahun ke-16 karena gejala-gejala ini dianggap cukup stabil sepanjang hidup. Pelajari lebih lanjut tentang psikopati di bawah ini.

Definisi Psikopat

Definisi psikopat dapat menjadi berbeda – beda karena tergantung pada peneliti, psikopat didefinisikan sedikit berbeda dan seringkali banyak sifat psikopat yang dipertimbangkan. Definisi sederhana psikopat yang bersumber dari Society for the Scientific Study of Psychopathy. Psikopat adalah:

"A constellation of traits that comprises affective features, interpersonal features, as well as impulsive and antisocial behaviors. The affective features include lack of guilt, empathy, and deep emotional attachments to others; the interpersonal features include narcissism and superficial charm; and the impulsive and antisocial behaviors include dishonesty, manipulativeness, and reckless risk-taking. Although psychopathy is a risk factor for physical aggression, it is by no means synonymous with it. In contrast to individuals with psychotic disorders, most psychopaths are in touch with reality and seemingly rational. Psychopathic individuals are found at elevated rates in prisons and jails, but can be found in community settings as well."

Atau dalam terjemahan bahasa Indonesianya:

"Sebuah konstelasi sifat yang terdiri dari fitur afektif, fitur interpersonal, serta perilaku impulsif dan antisosial. Fitur afektif termasuk kurangnya rasa bersalah, empati, dan ikatan emosional yang mendalam dengan orang lain; fitur interpersonal termasuk narsisme dan pesona dangkal; dan impulsif dan perilaku antisosial termasuk ketidakjujuran, memanipulasi, dan pengambilan risiko yang ceroboh. Meskipun psikopat merupakan faktor risiko untuk agresi fisik, itu tidak berarti sama dengan itu. Berbeda dengan individu dengan gangguan psikotik, kebanyakan psikopat berhubungan dengan kenyataan dan tampaknya rasional. Individu psikopat sering ditemukan di penjara, tetapi dapat ditemukan di lingkungan masyarakat juga."

Penyebab Psikopat

Tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan psikopat tetapi dapat menjadi kemungkinan berasal dari kombinasi faktor genetika, lingkungan dan interpersonal. Sebagai contoh, anak-anak psikopat lebih cenderung menjadi psikopat sendiri, menunjukkan pengaruh genetik.

Selain itu, beberapa pengalaman awal kehidupan telah terbukti meningkatkan risiko menjadi seorang psikopat. Pola asuh yang buruk, pola asuh yang berfokus pada hukuman (bukan hadiah) dan pola asuh yang tidak konsisten tampaknya membantu menyebabkan sifat psikopat. Faktor risiko tambahan untuk psikopati meliputi:

- Penyalahgunaan zat oleh orang tua
- Perpisahan dari orang tua atau kurangnya keterlibatan orang tua
- Kekerasan fisik atau kelalaian anak

Tanda dan Gejala Psikopat: Penyebab Psikopat

Tanda-tanda dan gejala-gejala psikopati diidentifikasi paling umum dalam studi ilmiah; “scientific studies by Hare’s 20-item Psychopathy Checklist-Revised”. Berikut adalah gejala dan tanda-tanda psikopat:

- Pesona dan kebahagiaan yang dangkal
- Rasa harga diri meningkat
- Kebutuhan konstan untuk stimulasi
- Berbohong secara patologis
- Menipu orang lain; menjadi manipulatif
- Kurangnya penyesalan atau rasa bersalah
- Emosi dangkal
- Sifat berkulit tebal; kurangnya empati
- Menggunakan orang lain (gaya hidup parasit)
- Kontrol perilaku yang buruk
- Perilaku seksual bebas
- Masalah perilaku di awal kehidupan
- Kurang realistis, tujuan jangka panjang
- Menjadi impulsif
- Tidak bertanggung jawab
- Menyalahkan orang lain dan menolak untuk menerima tanggung jawab
- Memiliki beberapa hubungan perkawinan
- Kenakalan saat muda
- Pencabutan pembebasan bersyarat
- Tindak pidana di beberapa bidang (fleksibilitas kriminal)

Apakah Psikopat Penyakit Mental?: Penyebab Psikopat

Psikopat juga kadang-kadang dikenal sebagai gangguan kepribadian psikopat dan dianggap sebagai penyakit mental. Seperti halnya penyakit mental pada umumnya, tidak ada penyembuhan yang diketahui untuk psikopat dan perawatan psikopat dewasa telah terbukti tidak efektif. Namun, perawatan anak-anak dengan sifat-sifat psikopat telah menunjukkan beberapa harapan.

Reviewed by: dr. Sylvani Gani

Keywords: psikopat apa artinya, apa psikopat itu ada, apa psikopat bisa sembuh, apa saja yang termasuk psikopat, siapa saja psikopat di drama mouse, apakah aku psikopat, adalah, tes, itu apa, cantik, indonesia

Posting Komentar untuk "Penyebab Psikopat: Definisi, Gejala, Tanda"