Review dan Sinopsis Film Tetris (2023)

Review dan Sinopsis Film Tetris (2023).jpg



Video Trailer



Gambar





Sinopsis


Henk Rogers (Taron Egerton) yang merupakan pendiri Bullet-Proof Software sedang mempromosikan game barunya di Las Vegas ketika ia akhirnya malah terpikat dengan game Tetris. Game Tetris sendiri dibuat oleh Alexey Pajitnov (Nikita Yefremov), seorang programmer asal Uni Soviet. Dari ketertarikan inilah, Henk mencoba mendapatkan hak cipta dari game Tetris. Dalam upayanya itu ia akan menghadapi berbagai masalah, dari mulai persaingan mendapatkan hak cipta dengan Mirrorsoft sampai berurusan dengan KGB.


Informasi & Review


Review No Spoiler!


"Tetris" adalah sebuah film biografi yang disutradarai oleh Jon S. Baird dengan naskah skenarionya ditulis oleh Noah Pink. Di jajaran produsernya ada Matthew Vaughn, Gillian Berrie, Claudia Schiffer, Len Blavatnik, dan Gregor Cameron. Sementara para pemainnya ada Taron Egerton, Nikita Efremov, Sofia Lebedeva, dan Anthony Boyle. Ini kali kelima aktor Taron Egerton dan produser Matthew Vaughn berkolaborasi setelah sebelumnya mereka bekerjasama di film "Kingsman: The Secret Service", "Eddie the Eagle", "Kingsman: The Golden Circle", dan "Rocketman".


"Tetris" pertama kali ditayangkan di SXSW Film Festival pada tanggal 15 Maret 2023 lalu kemudian dirilis di Apple TV+ pada tanggal 31 Maret 2023.


"Tetris" secara umum mendapatkan penilaian yang positif. Film ini mendapatkan rating 7,4/10 di IMDb, 82% tomatometer di Rotten Tomatoes, dan 61 metascore di Metacritic.


"Tetris" ini mengangkat cerita tentang perjalanan game Tetris, fokus utamanya pada karakter Henk Rogers. Meskipun ini memang based on true story, tapi sudah jadi rahasia umum walaupun sebuah film diangkat dari kisah nyata, pastinya ada bagian-bagian yang ditambahkan atau diubah untuk kepentingan dramatisasi cerita. Ini bukan masalah bagi saya, tapi bisa jadi semacam informasi agar tidak menjadikan sebuah film based on true story sebagai gambaran asli apa yang sebenarnya terjadi. Jadi, jangan heran kalau ada bagian yang membuat kalian bertanya-tanya apakah benar begini cerita di balik perjalanan dan terciptanya game Tetris? Seperti yang saya bilang, pasti ada bagian yang ditambah-tambahkan untuk menyajikan unsur drama.


Untuk kalian para gamer, saya rasa film ini sangat layak atau mungkin harus kalian tonton. Film ini berhasil menjadikan perebutan hak cipta sebuah game sebagai cerita yang padat dan berisi. Membuat kita tahu bagaimana ribetnya urusan hak cipta sebuah game untuk nantinya sampai di tangan kita sebagai konsumen.


"Tetris" menyuguhkan cerita yang seru meskipun ada bagian yang terasa tidak perlu dihadirkan namun justru malah muncul dan tidak menguatkan plotnya sama sekali. Meskipun begitu, cerita "Tetris" secara keseluruhan sangatlah bagus, setidaknya di mata saya yang memang tertarik tentang industri game.


Sebenarnya diawal sampai pertengahan saya kurang suka bagaimana film ini menggambarkan pihak Uni Soviet atau orang-orang dari pihak itu, mereka digambarkan sangatlah buruk namun untungnya menjelang akhir ceritanya menggiring kita pada pemikiran yang berbeda, "Tetris" tidak menjadikan Uni Soviet atau KGB sebagai 'musuh utamanya', tapi memilih menjadikan satu karakter saja yang jadi antagonis dari pihak Uni Soviet, karakter lainnya mulai menunjukkan moralitas yang lebih baik.


Penampilan Taron Egerton sebagai Henk disini sangatlah memukau. Karakternya berhasil dimainkan dengan sangat baik lewat kebimbangan serta ambisi yang ditunjukkan, khas karakter biografi orang-orang sukses lainnya. Kuatnya karakter ini saya rasa sampai menutupi penampilan karakter lain, karakter Alexey Pajitnov (pencipta Tetris) dimainkan Nikita Yefremov, yang saya pikir akan dibuat setara porsinya dengan Henk juga pada akhirnya tidak mampu mengimbanginya. Ini tidak masalah sih, toh film ini memang berfokus pada karakter Henk bukan Alexey. Karakter lainnya memang tidak ada yg mencolok namun setidaknya mampu mendukung film ini untuk menampilkan karakter Henk secara sempurna.


Saya suka di bagian scene dimana film ini menampilkan visual pixel, ini seakan menguatkan jati diri "Tetris" sebagai sebuah film tentang game. Sinematografinya yang ditangani Alwin H. K├╝chler sudah sangat lumayan, namun musiknya saya rasa agak kurang merepresentasikan "Tetris" sebagai film tentang game, saya mengharapkan banyak scoring khas game-game klasik disini, apalagi film ini di ceritanya juga menyinggung Game Boy, konsol genggam klasik dari Nintendo.


Overall, "Tetris" menambah daftar tontonan wajib para gamer, bukan adaptasi game tapi sebuah cerita dibalik perjalanan sebuah game sederhana namun sangat fenomenal. Cerita yang bagus dan bisa sangat menarik untuk kalian yang tertarik pada industri game, akting berkualitas khususnya dari pemeran utamanya, serta visual unik lewat suguhan beberapa adegan pixel menjadikan film ini bisa sangat dinikmati para gamer dari berbagai aspek.


Rating: 8/10


Sumber Referensi:

https://m.imdb.com/, https://en.m.wikipedia.org/


Sumber Gambar:

https://m.imdb.com/, https://www.themoviedb.org/


Keywords: Review & Ulasan Sinopsis Alur Cerita Film Tetris (2023), Informasi Lengkap, Daftar Pemain Kru, Fakta Unik, Trivia, Penghargaan, Full Movie Download Subtitle Bahasa Indonesia, Bluray, Mp4, Mkv, Avi, DVDRip, HD, IMDb, Wikipedia, Rotten Tomatoes, Review, Ulasan, Rating, Nilai, Plot, Sub Indo, Nonton Online Streaming, Trailer, LK21, Pahe, HBO Max Go, Netflix, Disney Plus Hotstar

Posting Komentar untuk "Review dan Sinopsis Film Tetris (2023)"